KISI-KISI BAHASA ARAB KELAS XII MA | SEMESTER GANJIL 2017/2018
KISI-KISI BAHASA ARAB
SEMESTER GANJIL (1) TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Jenjang Pendidikan :
Madrasah Aliyah (MA)
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab Reguler
Kelas/Program :
XII / IPA/IPS/IPK
Kurikulum :
2013 (Lama)
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat
yang tepat untuk melengkapinya
|
4.1.
Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar
terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan sebuah gambar terkait topik, siswa dapat menghubungkan
gambar dengan pernyataan yang tepat
|
||
3.2.
Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan
yang tepat dari mufradat yang bergaris bawah
|
||
4.2.
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan
atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
3.3.
Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis
bacaan yang tepat dari kata yang
bergaris bawah
|
4.3.
Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan
terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
|
||
3.4.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa
dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
|
||
4.4.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الحضارة الإسلامية
|
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat
menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar
|
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat
yang tepat untuk melengkapinya
|
4.1.
Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar
terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan sebuah kata terkait topik, siswa dapat menghubungkannya
dengan sinonim atau antonim yang tepat
|
||
3.2.
Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan
yang tepat dari mufradat yang bergaris bawah
|
||
4.2.
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan
atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
3.3.
Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis i’rab
kata yang bergaris bawah
|
4.3.
Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan
terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
|
||
3.4.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa
dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
|
||
4.4.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الرحلات والثقافة
الإسلامية
|
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat
menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar
|
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat
yang tepat untuk melengkapinya
|
4.1.
Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar
terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan sebuah kata terkait topik, siswa dapat menghubungkannya
dengan sinonim atau antonim yang tepat
|
||
3.2.
Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan
yang tepat dari mufradat atau ungkapan yang bergaris bawah
|
||
4.2.
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan
atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
3.3.
Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis
i’rab kata yang bergaris bawah
|
4.3.
Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan
terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
|
||
3.4.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن
الخطاب)
|
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa
dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
|
||
4.4.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan
informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
من رجال الإسلام
(البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
|
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat
menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar
|
Komentar
Posting Komentar