KISI-KISI BAHASA ARAB KELAS XII MA | SEMESTER GANJIL 2017/2018


KISI-KISI BAHASA ARAB
SEMESTER GANJIL (1) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jenjang Pendidikan                : Madrasah Aliyah (MA)         
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab Reguler          
Kelas/Program                        : XII / IPA/IPS/IPK                  
Kurikulum                                : 2013 (Lama)                        
                                                                                                                                                                                                 

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1.   Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
الحضارة الإسلامية
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat yang tepat untuk melengkapinya
4.1.   Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الحضارة الإسلامية
Disajikan sebuah gambar terkait topik, siswa dapat menghubungkan gambar dengan pernyataan yang tepat
3.2.   Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
الحضارة الإسلامية
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan yang tepat dari mufradat yang bergaris bawah
4.2.   Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الحضارة الإسلامية
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
3.3.   Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
الحضارة الإسلامية
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis bacaan yang tepat dari  kata yang bergaris bawah
4.3.  Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الحضارة الإسلامية
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
3.4.   Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
الحضارة الإسلامية
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
4.4.   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الحضارة الإسلامية
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar



NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1.   Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat yang tepat untuk melengkapinya
4.1.   Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan sebuah kata terkait topik, siswa dapat menghubungkannya dengan sinonim atau antonim yang tepat
3.2.   Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan yang tepat dari mufradat yang bergaris bawah
4.2.   Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
3.3.   Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.

الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis i’rab kata yang bergaris bawah
4.3.  Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
3.4.   Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
4.4.   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
الرحلات والثقافة الإسلامية
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1.   Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.


من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan kalimat yang rumpang, siswa dapat menentukan mufradat yang tepat untuk melengkapinya
4.1.   Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan sebuah kata terkait topik, siswa dapat menghubungkannya dengan sinonim atau antonim yang tepat
3.2.   Memahami lafal kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat menganalisis terjemahan yang tepat dari mufradat atau ungkapan yang bergaris bawah
4.2.   Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan dialog sederhana, siswa dapat menentukan pernyataan atau pertanyaan yang tepat untuk melengkapinya
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
3.3.   Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
baik secara lisan maupun tulisan.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat menganalisis i’rab kata yang bergaris bawah
4.3.  Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan sebuah kalimat terkait topik, siswa dapat merumuskan terjemahan yang tepat ke dalam Bahasa Indonesia
3.4.   Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan sebuah kata atau ungkapan dalam Bahasa Indonesia, siswa dapat membandingkan penulisan yang tepat dalam Bahasa Arab
4.4.   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر ابن الخطاب)
Disajikan beberapa buah mufradat terkait topik, siswa dapat menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dan benar



Komentar

Postingan Populer