Kisi-kisi Aqidah Akhlak XII MA | Semester Ganjil 2017-2018
Madrasah Aliyah
Aqidah Akhlak
Kurikulum 2013
Kelas XII
Semester ganjil 2017-2018
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
Memahami
makna
tujuh Asmaul Husna al-Gaffar, al-Razzaq, al- Malik,
al-Hasib, al-Hadi,
al-Khaliq
dan al Karim
|
arti Asmaul Husna al-Gaffar, al- Razzaq, al-Malik, al-hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al- Karim
|
Siswa dapat menunjukan dalil arti Asma’ul
Husna
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian
Asma,ul Husna
|
||||
makna tujuh Asmaul Husna
al-Gaffar, al-
Razzaq, al-Malik, al-hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan
al-Karim
|
Siswa dapat mengidentifikasi makna tujuh
asmaul husna
|
|||
hikmah meneladani Asmaul Husna al-Gaffar,
al-Razzaq, al-Malik, al-hasib,
al-Hadi, al-Khaliq dan al- Karim
|
Siswa dapat menunjukan hikmah asmaul
Husna
|
|||
Siswa dapar menganalisi cara meneladani asma’ul husna
|
||||
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
Memahami
pengertian dan
pentingnya
amal saleh,
toleransi,
musawah dan
ukhuwwah
|
pengertian
dan pentingnya
amal saleh,
toleransi,
musawah
dan
ukhuwwah
|
Siswa dapat menunjukan pengertian amal saleh
|
|
Siswa dapat
mengidentifikasi dalil tentang amal saleh
|
||||
Siswa dapat menganalisis
pentingnya amal saleh
|
||||
Siswa dapat menganalisis
Syarat sebuah amal saleh
|
||||
Siswa dapat menunjukan
Ciri ciri perilaku amal saleh
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi dalil Toleransi
Siswa dapat menunjukan
Ciri ciri orang yang berperilaku toleransi
|
||||
1
|
Siswa dapat menunjukan
Nilai nilai positif toleransi
|
|||
Siswa dapat
menunjukan pengertian toleransi
|
||||
Siswa dapat menunjukan
Dalil naqli toleransi
|
||||
Siswa dapat menunjukan perilaku terpuji musawwah
|
||||
Siswa dapat menganalisis
Tujuan Ukhuwah
|
||||
Siswa dapat menunjukan Pentingnya ukhuwah
|
||||
Siswa dapat menunjukan Nilai nilai positif Ukhuwah
|
||||
Siswa dapat menunjukan Dalil ukhuwah
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi Macam-macam ukhuwah
|
||||
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.3 Memahami
pengertian nifaq
dan keras hati
(pemarah)
|
pengertian nifaq dan keras hati
(pemarah)
|
Siswa dapat menunjukan Contoh munafiq
|
|
Siswa dapat menunjukan Macam-macam nifaq
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi Cirri cirri munafiq
|
||||
Siswa dapat menunjukan dalil menghidari perilaku
ghadab
|
||||
Siswa dapat menunjukan Nilai negative ghadab
|
||||
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.4
Memahami
adab
bergaul dengan
orang yang
sebaya,
yang lebih tua
yang lebih muda
dan lawan jenis
|
adab bergaul dengan orang yang sebaya,
yang lebih tua
yang lebih
muda dan lawan
jenis
|
Siswa dapat menunjukan dalil Tata cara bergaul teman sebaya
|
|
Siswa dapat menunjukan Pengertian teman sebaya
|
||||
Siswa dapat menunjukan Pengertian orang tua
|
||||
Siswa dapat menunjukan Nilai negative bergaul dengan orang tua
|
||||
Siswa dapat menunjukan Adab adab bergaul dengan orang yang lebih tua
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi Nilai positif adab bergaul dengan yang
lebih muda
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi Contoh pergaulan
yang dilarang dalam teman sebaya
|
||||
Siswa dapat
mengidentifikasi Nilai positif
pergaualan teman sebaya
|
||||
Siswa dapat menunjukan Tata cara bergaul
dengan lawan jenis
|
||||
Siswa dapat menunjukan Prinsip-prinsip
bergaul dengan lawan jenis
|
||||
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.5 Menganalisis
kisah
keteladanan
Al- Gazali dan
Ibnu Sina
|
kisah
keteladanan
Al- Gazali dan Ibnu Sina
|
Siswa dapat menunjukan kisah keteladanan al-Ghazali
Siswa dapat menunjukan keteladan Ibnu Sina
|
Taek kucinglah
BalasHapus