Kisi-kisi Aqidah Akhlak XII MA | Semester Ganjil 2017-2018


Madrasah Aliyah
Aqidah Akhlak
Kurikulum 2013
Kelas XII
Semester ganjil 2017-2018



NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR

3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Memahami  
 makna tujuh Asmaul   Husna al-Gaffar,     al-Razzaq, al-  Malik,
al-Hasib, al-Hadi,
al-Khaliq dan al Karim
arti Asmaul Husna  al-Gaffar,     al- Razzaq, al-Malik, al-hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al- Karim

Siswa dapat menunjukan dalil arti Asma’ul Husna

Siswa dapat mengidentifikasi pengertian Asma,ul Husna

makna tujuh Asmaul   Husna
al-Gaffar,     al-
Razzaq, al-Malik, al-hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Karim

Siswa dapat mengidentifikasi makna tujuh asmaul husna


hikmah meneladani Asmaul Husna  al-Gaffar,   al-Razzaq, al-Malik, al-hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al- Karim
Siswa dapat menunjukan hikmah asmaul Husna

Siswa dapar menganalisi cara meneladani   asma’ul husna


3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  Memahami
  pengertian dan
  pentingnya
  amal saleh,
  toleransi,
   musawah dan
    ukhuwwah

pengertian dan pentingnya
amal saleh,
toleransi,
musawah dan
ukhuwwah

Siswa dapat menunjukan pengertian amal saleh
Siswa dapat mengidentifikasi dalil tentang amal saleh

Siswa dapat menganalisis pentingnya amal saleh

Siswa dapat menganalisis Syarat sebuah amal saleh



Siswa dapat menunjukan Ciri ciri perilaku amal saleh


Siswa dapat mengidentifikasi dalil Toleransi 

Siswa dapat menunjukan Ciri ciri orang yang berperilaku toleransi

1
Siswa dapat menunjukan Nilai nilai positif toleransi

Siswa dapat menunjukan pengertian toleransi



Siswa dapat menunjukan Dalil naqli toleransi

Siswa dapat menunjukan perilaku terpuji musawwah


Siswa dapat menganalisis Tujuan Ukhuwah

Siswa dapat menunjukan Pentingnya ukhuwah

Siswa dapat menunjukan Nilai nilai positif Ukhuwah

Siswa dapat menunjukan Dalil ukhuwah

Siswa dapat mengidentifikasi Macam-macam ukhuwah

3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 3.3 Memahami  
       pengertian nifaq
       dan keras hati
       (pemarah)

pengertian nifaq dan keras hati (pemarah)
Siswa dapat menunjukan Contoh munafiq


Siswa dapat menunjukan Macam-macam nifaq



Siswa dapat mengidentifikasi Cirri cirri munafiq


Siswa dapat menunjukan dalil  menghidari perilaku ghadab


Siswa dapat menunjukan Nilai negative ghadab


3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 3.4 Memahami
       adab
       bergaul dengan
       orang yang
       sebaya,
     
yang lebih tua
      yang lebih muda
      dan lawan jenis

adab bergaul dengan orang yang sebaya,
yang lebih tua
yang lebih muda dan lawan jenis

Siswa dapat menunjukan dalil Tata cara bergaul teman sebaya


Siswa dapat menunjukan Pengertian teman sebaya

Siswa dapat menunjukan Pengertian orang tua


Siswa dapat menunjukan Nilai negative bergaul dengan orang tua


Siswa dapat menunjukan Adab adab bergaul dengan orang yang lebih tua


Siswa dapat mengidentifikasi Nilai positif adab bergaul dengan yang lebih muda


Siswa dapat mengidentifikasi Contoh pergaulan yang dilarang dalam teman sebaya

Siswa dapat mengidentifikasi Nilai positif pergaualan teman sebaya

Siswa dapat menunjukan Tata cara bergaul dengan lawan jenis

Siswa dapat menunjukan Prinsip-prinsip bergaul dengan lawan jenis

3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
phenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.5 Menganalisis
       kisah
       keteladanan
       Al- Gazali dan
      Ibnu Sina
kisah
keteladanan
 Al- Gazali dan  Ibnu Sina
Siswa dapat menunjukan kisah keteladanan al-Ghazali



Siswa dapat menunjukan keteladan Ibnu Sina



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer