KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) Bahasa Arab Kelas XII Madrasah Aliya
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR
(KD)
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam.
|
1.1.
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro -aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraks i secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
|
|
|
2.2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
|
||
|
2.3.
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tah unya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesua i dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
|
Memahami
cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الحضارة الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من
رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
|
3.2.
|
Mengidentifikasi
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
الحضارة الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من
رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
||
|
3.3.
|
Menganalisis
sederhana tentang unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الحضارة الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من
رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
baik secara lisan maupun tertulis
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret da n ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
|
Mensimulasikan
dialog tentang cara merespon ungkapan terkait topik :
الحضارة الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من
رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
|
|
4.2.
|
Mendemonstrasikan
ungkapkan tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap,
serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik :
الحضارة الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من
رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
||
|
4.3.
|
Menyusun teks lisan dan tulis yang mengungkapkan
informasi terkait topik :
الحضارة
الإسلامية ؛ الرحلات والثقافة الإسلامية ؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن
سينا وعمر بن الخطاب)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
||
Tarkib:
|
الفعل المضارع المنصوب بأن ولن ولام التعليل ؛ الفعل
المضارع المجزوم بلم ولا الناهية ولام الأمر ؛ الفعل المبني للمجهول ونائب
الفاعل
|
|||
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam.
|
1.1.
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro -aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraks i secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
|
|
|
2.2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
|
||
|
2.3.
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tah unya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesua i dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
|
Memahami
cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
|
3.2.
|
Menganalisis
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
||
|
3.3.
|
Mengidentifikasi
sederhana tentang unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
baik secara lisan maupun tertulis
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret da n ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
|
Mensimulasikan
dialog tentang cara merespon terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
|
|
4.2.
|
Mendemonstrasikan
tentang ungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap,
serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
||
|
4.3.
|
Menyusun
teks lisan dan tulis yang mengungkapkan informasi terkait topik :
الأعياد في
الإسلام ؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
dengan memperhatikan
unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
dengan konteks.
|
||
Tarkib:
|
مراجعة لمرفوعات الأسماء - المفعول المطلق والمفعول
لأجله - مراجعة لسائر منصوبات الأسماء
|
|||
Komentar
Posting Komentar