Kisi-kisi Bahasa Arab X MA | Semester Genap 2016/2017 | Sumatera Barat
KISI-KISI PENULISAN TES PRESTASI BELAJAR
Jenjang
Pendidikan : Madrasah Aliyah
(MA) Jumlah
dan Jenis Soal : 50 Butir dan
Objektif
Mata Pelajaran : Bahasa Arab Bahan
kelas/ Semester : X/ Genap
Kurikulum : 2013
NO.
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1
Mengidentifikasi
bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ
وَالْمَعْرِض
Baik secara
lisan maupun tertulis.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menganalisis isi teks
tentang hobi siswa dan pameran
|
1-3
|
3.2.
Memahami
lafal kata,frasa, dan kalimat Bahsa Arab yang berkaitan dengan :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ
وَالْمَعْرِض
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menganalisis makna kata
yang berbeda dengan kata lainnya
|
4-5
|
||
Menentukan makna fi’il
dan masdar
|
6-7
|
||||
3.3.Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan
dengan :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Baik secara lisan maupun tertulis
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan fi’il dan
masdar dalam sebuah kalimat
|
8-9
|
||
3.4.Memahami secara
sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ
وَالْمَعْرِض
Yang sesuai dengan konteks penggunaanya.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan masdar dari
fi’il yang telah disediakan
|
10
|
||
Memilih huruf jar yang
tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
11-12
|
||||
2
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog
sederhana sesuai
konteks dengan tepat dan lancer terkait topik :
هِوَايَةُ
الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan kalimat yang
tepat untuk melengkapi hiwar tentang hobi siswa dan pameran
|
13
|
4.2.Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana tentang :
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ
وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara
benar dan sesuai konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menentukan tema sebuah
teks qira’ah tentang hobi siswa dan pameran
|
14
|
||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang ada di dalam teks ke dalam bahasa Indonesia yang
benar
|
15
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
16-17
|
||||
4.3.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait
topic :
هِوَايَةُ
الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
Dengan memperhatikan
unsure kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai
konteks.
|
هِوَايَةُ الطُّلاَّبِ وَالْمَعْرِض
|
Menyusun kata menjadi
kalimat sempurna
|
18-19
|
||
Memilih kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat rumpang
|
20
|
||||
3
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1.Mengidentifikasi
bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
Baik secara
lisan maupun tertulis.
|
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
Mengaitkan gambar
dengan kalimat yang sesuai
|
21
|
3.2.Memahami lafal kata,frasa, dan kalimat
Bahsa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
Mengaitkan gambar
dengan kalimat yang sesuai
|
22
|
||
3.3.Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan
dengan :
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
Baik secara lisan maupun tertulis.
|
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
|
Menemukan makna huruf
athaf yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang
|
23
|
||
3.4.Memahami secara
sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
Yang sesuai dengan konteks penggunaanya.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menentukan huruf athaf
yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang
|
24-25
|
||
4
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog
sederhana sesuai
konteks dengan tepat dan lancer terkait topik :
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menemukan jawaban yang
tepat dari hiwar yang disajikan.
|
26-28
|
4.2.Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana tentang :
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara
benar dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menentukan ma’thuf
dalam sebuah kalimat
|
29
|
||
Menentukan ma’thuf
alaih dalam sebuah kalimat
|
30
|
||||
Menentukan tema dari
teks qira’ah tentang profesi dan kehidupan
|
31
|
||||
Memilih jawaban yang
sesuai menurut teks yang disajikan
|
32
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang bergaris bawah di dalam teks ke dalam bahasa
Indonesia yang benar.
|
33
|
||||
4.3.Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait
topik :
الْمِهْنَةُ
وَالْحَيَاةُ
Dengan
memperhatikan unsure kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالْحَيَاةُ
|
Menyusun kata menjadi
kalimat sempurna
|
34
|
||
Memilih dhamir dan
fi’il yang cocok untuk melengkapi
kalimat rumpang
|
35-36
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
37
|
||||
5
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisa dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dangan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1.Mengidentifikasi
bunyi kata,frasa,dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2.Memahami lafal
kata,frasa, dan kalimat Bahsa Arab yang berkaitan dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
Memilih kata yang
sesuai untuk melengkapi kalimat tentang profesi dan aturan
|
38-40
|
3.3.Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata,frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan
dengan :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Baik secara
lisan maupun tertulis
|
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
Menentukan khabar di
dalam kalimat
|
41
|
||
3.4.Memahami secara
sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Yang sesuai
dengan konteks penggunaanya.
|
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
Menentukan mubtada di
dalam kalimat
|
42
|
||
6
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah konkret dan ramah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1.Melakukan dialog
sederhana sesuai
konteks
dengan tepat dan lancer terkait
topik :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Dengan
memperhatikan unsur kabahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
Memilih kata ganti
milik yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang
|
43
|
4.2.Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana tentang :
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
Dengan memperhatikan unsur kabahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara
benar dan sesuai konteks.
|
الْمِهْنَةُ وَالنِّظَامُ
|
Memilih jawaban yang
sesuai menurut teks yang disajikan
|
44-45
|
||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat yang bergaris bawah di dalam teks ke dalam bahasa
Indonesia yang benar.
|
46
|
||||
Menyusun kata menjadi
kalimat sempurna
|
47-48
|
||||
Menafsirkan/
menerjemahkan kalimat berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab yang benar
|
49-50
|
Assalamualaikum, mohon maaf, apa ada soalnya sekalian? hehe
BalasHapusSemester satu nya ada?
BalasHapus