Contoh RPP Kurtilas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                               : ………….
Matapelajaran                  : Ekonomi
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi Pokok     : 
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit (2 pertemuan)

A.     Kompetensi Inti :
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung  (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator :
Kompetensi Dasar
Indikator
3.

4.


C.     Materi  Pembelajaran:        
        ……………………………………………………….
………………………………………………………………….
……………………………………………………………………
 (Materi lengkap terlampir)

D.     Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan 1
Indikator:
3.1.1.
3.1…

a.   Kegiatan Pendahuluan
·        Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
·        Guru meminta peserta didik untuk berdoa.
·        Guru menanyakan kehadiran siswa.
·        Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·     Apersepsi dengan tanya jawab tentang …………...
·        Motivasi: dengan ………………………………..

b.   Kegiatan Inti
     Mengamati tayangan video ………………….
     Memberi tanggapan dan pertanyaan tentang ……………………
     Secara berkelompok berdiskusi tentang ………………………..
     Membuat mind mapping tentang  hasil diskusi

c.   Kegiatan Penutup
·     melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
·     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·     Penugasan untuk mempersiapkan penyajian mind mapping pada pertemuan berikutnya
·     menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.


  1. Pertemuan 2
Indkator:
4.. 
4.

a.   Kegiatan Pendahuluan
·        Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
·        Guru meminta peserta didik untuk berdoa.
·        Guru menanyakan kehadiran siswa.
·         Apersepsi dengan tanya jawab
·        Motivasi: dengan mengemukakan manfaat mempelajari ………………

b.   Kegiatan Inti
·     Menyajikan hasil diskusi dengan menggunakan mind mapping
     Setiap kelompok menganalisis dan mengevaluasi mind mapping yang dibuat kelompok lain dengan metode gallery walk

c.   Kegiatan Penutup
·     melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
·     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·     menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

E.      Teknik Penilaian      
1.        Teknik Penilaian:
a.    Penilaian proses belajar mengajar oleh guru (rubrik dan jurnal)
b.    Penilaian antar teman (rubrik)
c.    Ulangan Harian (tes tulis, uraian)


2.        Instrumen Penilaian
Terlampir

F. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/Alat 
a.      LCD
b.     Mind Mapping

2.      Bahan
a. Video masalah ekonomi
b.   Hand out
c.   Power point

3.      Sumber Belajar
a.    Internet : www.youtube.com/watch?v=MXJRGqrZieI
b.   Buku Ekonomi:  Alam, S., 2013. Mandiri Ekonomi untuk SMA dan MA Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga
c.   Sumber lain yang relevan



Mengetahui,                                                                                                 …………………., ……………….2016
Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran



............................                                                .............................................
 

 

Komentar

Postingan Populer