Contoh RPP Kurtilas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: ………….
Matapelajaran
: Ekonomi
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok :
Alokasi
Waktu : 6
x 45 menit (2 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
Tujuan Kurikulum mencakup empat
Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan
Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
|
||
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator :
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.
|
|
4.
|
C.
Materi
Pembelajaran:
……………………………………………………….
………………………………………………………………….
……………………………………………………………………
(Materi lengkap terlampir)
D. Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan 1
Indikator:
3.1.1.
3.1…
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
·
Guru meminta peserta didik untuk berdoa.
·
Guru menanyakan
kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan KD dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
· Apersepsi
dengan tanya jawab tentang …………...
·
Motivasi: dengan ………………………………..
b. Kegiatan Inti
•
Mengamati tayangan video ………………….
•
Memberi tanggapan dan pertanyaan tentang ……………………
•
Secara berkelompok berdiskusi tentang ………………………..
•
Membuat mind mapping tentang hasil diskusi
c. Kegiatan Penutup
· melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
· memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
· Penugasan
untuk mempersiapkan penyajian mind mapping pada pertemuan berikutnya
· menutup pelajaran
dengan mengucapkan salam.
- Pertemuan 2
Indkator:
4..
4.
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
·
Guru meminta peserta didik untuk berdoa.
·
Guru menanyakan
kehadiran siswa.
·
Apersepsi dengan tanya jawab
·
Motivasi: dengan
mengemukakan manfaat mempelajari ………………
b. Kegiatan Inti
·
Menyajikan hasil diskusi dengan
menggunakan mind mapping
•
Setiap kelompok menganalisis dan
mengevaluasi mind mapping yang dibuat kelompok lain dengan metode gallery walk
c. Kegiatan Penutup
· melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
· memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
· menutup pelajaran
dengan mengucapkan salam.
E.
Teknik Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
(rubrik dan jurnal)
b. Penilaian antar teman (rubrik)
c. Ulangan Harian (tes tulis, uraian)
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
F. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
a.
LCD
b.
Mind Mapping
2.
Bahan
a. Video masalah ekonomi
b.
Hand out
c.
Power point
3.
Sumber Belajar
a.
Internet :
www.youtube.com/watch?v=MXJRGqrZieI
b.
Buku Ekonomi: Alam, S., 2013. Mandiri Ekonomi untuk SMA dan MA Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga
c.
Sumber lain yang relevan
Mengetahui, ………………….,
……………….2016
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
............................ .............................................

Komentar
Posting Komentar