Contoh RPP Bahasa Arab Istima' MA | Kurtilas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     :  .................................
Mata Pelajaran           :   Bahasa Arab
Kelas/ Semester         :   XI / 1
Materi Pokok                :    آمال المراهقين والصحة (المفردات والإستمعاع)
Alokasi Waktu            :   2 X 45 Menit

A.     Kompetensi Inti:
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait pe nyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan m ampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.
3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: آمال المراهقين والصحة baik secara lisan maupun tertulis
Indikator:
 3.1.1.  Menunjukkan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar
 3.1.2. Menunjukkan tulisan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar


3.2. Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
Indikator:
3.2.1. Menyusun huruf hijaiyah menjadi kosa kata sesuai topik dengan baik dan benar.
3.3.2.   Menyusun kata acak menjadi kalimat sesuai topik dengan baik dan benar
3.3.3.  Menjawab pertanyaan dari teks yang di dengar
4.
4.1.  Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: آمال المراهقين والصحة
Indikator:
 4.1.1.  Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang didengar sesuai topik dengan tepat dan benar
 4.1.2.  Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa arab yang didengar sesuai topik  secara tepat dan benar

C.   Tujuan Pembelajaran
Setalah mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasikan siswa  mampu:
3.1.1. 
Menunjukkan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar
3.1.2. 
Menunjukkan tulisan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar
3.2.1. 
Menentukan makna kosa kata sesuai topik
3.3.2. 
Menemukan makna kosa kata dalam ungkapan sesuai topik
3.3.3.
Menjawab pertanyaan dari teks yang didengar
4.1.1. 
Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang didengar sesuai topik dengan tepat dan benar
4.1.2.  
Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa arab yang didengar sesuai topik  secara tepat dan benar
D.      Materi Pembelajaran
آمال المراهقين والصحة
مفردات :
الكلمة
معنى
الكلمة
معنى
طبيب
Dokter
قابلة
Bidan
شرطي
Polisi
متسابق
Pembalap
جيش
Tentara
رياضي
Olahragawan/atlet
طيار
Pilot
محامي
Pengacara
رئيس
Presiden
بحار
Pelaut
مدرس
Guru/Dosen
داعي
Dai/ustazd
موظف
Pegawai
فنان
Seniman
رجال الإطفاء
Pemadam
مغني
Penyanyi
رائد فضاء
Astronot
ممثل
Artis
سائق
Masinis
طباخ
Chef
رجل أعمال
Pebisnis/Pengusaha
مذيع
Penyiar
مدير
Direktur
صحافي
Jurnalis/wartawan
ممرض
Perawat
ربة البيت
Ibu rumah tangga
وزير
Mentri
غني
Orang kaya
مفردات الصحة
الكلمة
معنى
الكلمة
معنى
طبيب معروف
Dokter terkenal
الرأس
Kepala
عيادة الطبيب
Klinik dokter
المعدة
Lambung
صيدلية
Apotek
القلب.
Jantung
مرض – أمراض
Sakit-penyakit
يعالج
Mengobati
الإستماع
إستمع إلى ما يالى !
ذهب على مع زملاءه إلى المدرسة بنشاط. يريد على أن يكون طبيبا ليعالج المرضى فى المستشفى. وأحمد يتمنى أن يكون محاميا لأنه ماهر فى الخطابة. وأما خالد يتمنى أن يكون مهندسا ليبنى البيوت والعمارات. وسوجى تحب أن تكمل دراستها فى جامعة دينية لتكون داعية لاسلام.
ولعلي عم، اسمه عثمان، هو يعمل فى إحدى المستشفيات بجاكرتا، يذهب العم إلى المستشفى فى الصباح، وفى المساء يذهب إلى عيادة. كل يوم يعالج الأمراض المختلفة: فى الراس أو المعدة أو القلب.
تدريب على الإستماع:
تدريب 1:  إستمع إلى قراءة الأستاذ ثم أعدها!
1.  بلغ الطلاب والطالبات مرحلة المراهقة
2.  وهى مرحلة بعد مرحلة الطفولة
3.  ينموا جسمهم وعقلهم نموا سريعا
4.  منهم من يريد أن يكون طبيبا
5.  منهم من يريد أن يكون داعيا لاسلام
6.  منهم من يتمنى أن يكون محاميا
 تدرب 2: إختر الكملة التى تسمها!      
‌أ-       أ- مراهق            ب-مراهقة              ج- مراهقين
‌ب-    أ- أمل              ب- عمل               ج- آمال
‌ج-     أ-يريد              ب- يتمنى              ج- يحب
‌د-      أ- مهندس         ب- محندس            ج- مهندص
‌ه-       أ- صحفيا          ب- سحافيا            ج- صهافيا
تدريب 3: اختر الجملة التى تسمعها!
1.  أ- أتمنى أن أكون مدرسا                 ب- أتمنى أن أكون مدرسة
2.  أ- أفضل ان أكون لاعبا                 ب- أفضل ان أكون لاعبا مشهورا
3.  أ- يجب عليكم أن تنظموا يومكم       ب- يجب عليكم أن تنظموا حياتكم
4.  أ- هل تقسمون بين العمل والراحة      ب- هل تقسمون بين الراحة والعمل
تدريب 4 : إختر صورة آتية تناسبها للجملة التى تسمها!
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ1wwmLlQxRqAtZ0HV2C57vWZqyd0YNelYONYbHXQwHAhMcIv2_
https://keperawatanreligionhilawati.files.wordpress.com/2013/04/perawat-jadi_pengusaha.jpg
http://obatinfeksilambung.com/wp-content/uploads/2014/10/nyeri-perut.jpg
أ
ب
ج
http://us.images.detik.com/content/2012/08/09/1168/sakitkepala3dalamts.jpg?w=500
http://bintangpos.com/wp-content/uploads/2014/05/apotik.jpg
http://farm4.static.flickr.com/3233/2988065689_2c57546fb4.jpg?v=0
د
هـــ
فــ
‌أ-       يتمنى عائشة أن تعمل فى المستشفى
‌ب-    الطبيب يفحص المريض
‌ج-     أنا اشعر بألم خفيف فى معدتى
‌د-      يشتر المريض بعد الأدوية فى الصيدلية
‌ه-       عند صداع عند ألم خفيف فى الرأس.
تدريب 5: ترجم ما يالى إلى اللغة العربية!

Dokter
6
قابلة= قابل
Bidan
1

Polisi
7

Pembalap
2

Tentara
8

Olahragawan/atlet
3

Pilot
9

Pengacara
4

Presiden
10

Pelaut
5
تدريب 6 : أغلق الكتاب ثم اكتب الكلمة التى تسمعها!
1
رجال الاطفاء
5
ممثل
9
صحافي
2
رائد فضاء
6
طباخ
10
ربة البيت
3
سائق
7
مذيع


4
مدير
8
ممرض


تدريب 7 : استمع إلى قراءة الأستاذ ثم أجب عن الأسئلة الأتية شفهيّا
1.  من ذهب إلى المدرسة صباح اليوم؟
2.  ما أمل على ؟
3.  من يريد أن يعمل فى المستشفى  وما أماله
4.  ما أمل سوجى فى المستقبل؟
5.  ما امل خالد؟
6.  أين يعمل العم
E.     Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan                : Pendekatan Scientific
2.   Metode /Teknik         : sam’iyah safawiyah, Tanya jawab

F.    Media, Alat dan Sumber Belajar
1.   Media
a.   Ict.
2.   Alat
               a.In Focus, laptop, sound system, papan tulis,
3. Sumber Belajar
    a.  Buku Bahasa Arab kls x Kemenag tahun 2014, halaman 52-53.
    b.  Buku Al ‘arabiyah baina yadaik  abdurahman bin Ibrahim dkk, 2003.jilid 1 h262
         c. Kamus Al Munawwir

G.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran          
Tahap
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.     Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis
2.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a dan  membaca Basmallah
3.     Bertanya khabar serta mengecek kehadiran peserta didik
4.     Guru melakukan Apersepsi
5.     Guru menyampaikan tujuan

10 menit
Inti
a.     Mengamati
1.     Peserta didik mendengarkan ujaran kosa kata
2.     Peserta didik mendengarkan ujaran serta mencermati pada gambar yang berkaitan dengan kosa kata
3.     Peserta didik mendengarkan ujaran serta mencermati pada tulisan kosa kata
b.     Menanya
1.     Peserta didik bertanya tetang cara melafalakan kosa - kata yang benar dan tepat
c. Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1.     Peserta didik mendengar ujaran, melihat gambar serta melafalakan mufradat dengan tepat dan benar
2.     Peserta didik mendengar ujaran, melihat gambar serta mecermati makna mufradat
3.     Peserta didik mengidentifikasi kosa kata sesuai dengan jenisnya
4.     Peserta didik membuat klasifikasi kosa kata sesuai dengan jenisnya
d. Mengasosiasi/menalar
1.     Peserta didik mencocokkan ujaran yang didengar dengan gambar dan tulisan
2.     Peserta didik menyusun huruf hijaiyah menjadi kata dari ujuran yang di dengar
3.     Peserta didik menyusun kata menjadi kalimat yang tepat dari ujaran yang di dengar
e. Mengkomunikasikan               
1.     Peserta didik menirukan pelafalan kosa kata sesuai makhraj, secara klasikal, kelompok maupun individual
  1. Peserta didik  menentukan makna kosa kata secara tepat dan benar. Dan sebaliknya yaitu menentukan kosa kata dari makna yang  di ujarkan.
  2. Mengevaluasi demonstrasi pelafalan huruf hijaiyah
4.     Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
5.     Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa


70 menit
Penutup
1.     Peserta didik Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
2.     Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara lisan dan tulisan dengan konsisten dan terprogram,
3.     Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.     Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
5.     Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya

10 menit


H.  Penilaian
1.   Sikap Spiritual
a.   Teknik Penilaian                    : observasi
b.   Bentuk Instrumen                 : pedoman observasi
c.    Kisi-kisi                                   :
No.
Sikap/Nilai
Instrumen
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
Terlampir
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
Terlampir
3
Memberi salam sebelum menyampaikan pendapat/presentasi
Terlampir
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
Terlampir
2.   Sikap Sosial
a.   Teknik Penilaian                    : observasi
b.   Bentuk Instrumen                 : lembaran observasi
a.   Kisi-kisi                                   :
No.
Sikap/Nilai
Instrumen


1.
Memakai seragam sesuai tata tertib
Terlampir

2.
Aktif dalam pembelajaran
Terlampir

3.
Berkejasama dalam kelompok dengan baik
Terlampir

4.
Mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
Terlampir

3.   Pengetahuan
               a.    Teknik Penilaian                   : Tes tertulis
               b.    Bentuk Instrumen                : menghubungkan
               c.    Kisi-kisi                                  :
No.
Indikator
Instrumen
1.
Menghubungkan ujaran kata dengan kata
Terlampir
2.
Menghubungkan ujuran kata dengan gambar
Terlampir
3.
Menghubungkan kata dengan gambar
Terlampir
4.
Menyusun ujaran huruf  hijaiyah menjadi sebuah kata
Terlampir
5.
Menyusun kata menjadi sebuah kalimat
Terlampir
6.
Menjawab pertanyaan terkait dengan teks yang didengar
Terlampir
4.   Keterampilan
a.   Teknik Penilaian                   : tes  lisan
b.   Bentuk Instrumen                : daftar cek dan skala penilaian
c.Kisi-kisi                                    :
No.
Indikator
Instrumen
1.
Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang didengar sesuai topik dengan tepat dan benar
Terlampir
2.
Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa arab yang didengar sesuai topik  secara tepat dan benar
Terlampir
           

                                                                       

Mengetahui
Kepala                                                                                                          


........................
NIP:
Padang, 7 Juli  2015
Guru Bahasa Arab




.............................
NIP:

Komentar

Postingan Populer