PEMETAAN MATERI TAFSIR KELAS XI MA
PEMETAAN
KOMPETENSI MATERI
Satuan Pendidikan : MAN
Mata Pelajaran : Tafsir Ilmu Tafsir
Kelas :
XI
Semester :
Satu (I)
Tahun Ajaran :
Alokasi Waktu : 3 x 45
Standar Kompetensi
: 1.
Menerapkan ilmu tafsir pada ayat-ayat
sederhana. Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu-ilmu bantu tafsir Al-qur’an,
metode-metode tafsir serta
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
1.
1
|
Menjelaskan
pengertian tafsir Al-Qur’an
|
·
Menyebutkan
pengertian tafsir Al-Qur’an
|
C1
|
·
Pengertian
tafsir Al-Qur’an baik berbahas Arab maupun berbahasa Indonesia
|
Informasi
dan Tanya Jawab
|
Chart
|
Test
tertulis
|
|
|
·
Memberikan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
C2
|
·
Contoh
tafsir ayat Al-Qur’an
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Tes
tertulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Menyebutkan
pengertian Ilmu tafsir Al-Qur’an
|
·
Menyebutkan
pengertian tafsir Al-Qur’an
|
C1
|
·
Pengertian
tafsir Al-Qur’an baik berbahas Arab maupun berbahasa Indonesia
|
Informasi
dan Tanya Jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
·
Memberikan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
C2
|
·
Contoh
tafsir ayat Al-Qur’an
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
1.3
|
Membedakan
tafsir dan ilmu tafsir
|
·
Menyebutkan
pengertian tafsir dan ilmu tafsir
|
C1
|
·
Pengertian
tafsir Al-Qur’an
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
|
·
Memberikan
contoh tafsir dan ilmu tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
C2
|
·
Pengertian
ilmu tafsir
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Tes
tertulis
|
|
|
·
Menyebutkan
perbedaan tafsir dan ilmu tafsir
|
C1
|
·
Ciri-ciri
kajian ilmu tafsir Al-Qur’an dan ilmu tafsir
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
|
·
Menyebutkan
perbedaan tafsir dan ilmu tafsir
|
C3
|
·
Contoh
kajian tafsir dan ilmu tafsir
|
Diskusi
|
Chart
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
kajian tafsir dan ilmu tafsir
|
C1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar
kompetensi : Menganalisis Menganalisis sejarah penafsiran Al-qur’an sejak pada
masa nabi, sahabat, tabi’in hingga masa tadwin
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
2.1
|
Mendeskripsikan
sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa periode nabi
|
·
Menjelaskan
kondisi tafsir pada masa rasul
|
C1
|
·
Tafsir
pada masa nabi Muhammad SAW
|
Diskusi
|
Chart
|
Test
tertulis
|
|
·
Menunjukkan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa rasul)
|
C1
|
·
Q.S
Ibrahim : 4
·
Q.S
Yusuf : 2
|
Informasi
dan tanya jawab Informasi dan tanya jawab
|
Chart
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Mendeskripsikan
sejarah tafsir Al-Qur’an
|
·
Menjelaskan
kondisi tafsir pada masa sahabat
|
C1
|
·
Tafsir
pada masa sahabat
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
·
Menunjukkan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa sahabat)
|
C1
|
·
Q.S
Alqiyamah : 17
·
Q.S
An-Nahl : 44
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3
|
Mendiskripsikan
sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode Tabi’in
|
·
Menjelaskan
kondisi tafsir di masa tabi’in
|
C1
|
·
Tafsir
pada masa tabiin
·
Perkembangan
tafsir di Madinah
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
·
Menunjukkan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa tabi’in
|
C
|
·
Perkembangan
tafsir di Makkah
·
Beberapa
tokoh tafsir pada masa tabiin
|
Informasi
dan Tanya Jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
2.4
|
Mendiskripsikan
sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tadwin (pembukuan)
|
·
Menjelaskan
kondisi tafsir pada masa tadwin
|
C1
|
·
Tafsir
pada masa tadwin
·
Tafsir
pada masa Muawiyah
|
Infromasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Test
tertulis
|
|
·
Menunjukkan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa tadwin)
|
C1
|
·
Tafsir
diawal Abbasiyah
·
Tabaqat
mufasir
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Tes
tertulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar
Kompetensi : Memahami Qiraat Al-qur’an
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
3.1
|
Menjelaskan
macam-macam Qiraat Al-Qur’an
|
·
Menjelaskan
pengertian qiraat
|
C1
|
·
Pengertian
bacaan (qiraat) dalam Al-Qur’an
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
·
Mengidentifikasi
7 bacaan dalam Al-qur’an
|
C1
|
·
Tabaqatul
Qurra dalam Al-Qur’an
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
|
·
Memberikan
contoh 7 model bacaan Al-qur’an
|
|
·
Contoh
qiraat dalam Al-Qur’an
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Menjelaskan
kaidah qiraat yang shahih
|
·
Menyebutkan
macam-macam qiraat
|
C1
|
·
Macam-macam
qiraat, hukum dan kaidahnya
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
·
Menjelaskan
hukum dan kaidah qiraat
|
C1
|
|
|
|
|
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Mengidentifikasi
faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-qur’an
|
·
Menyebutkan
7 imam qiraat Al-qur’an
|
C1
|
·
Perbedaan
dan faedah beraneka ragamnya qiraat Al-Qur’an
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Portulis
|
|
·
Menyebutkan
perbedaan 7 Qiraat Al-Qur’an
|
C1
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
faedah beraneka ragamnya qiraat Al-Qur’an
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-qur’an tentang yang halal, sehat dan bergizi serta bahaya
minuman keras
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4.1
|
Menjelaskan
makanan yang hakal dan bergizi
Ø
Q.S. Al-Baqarah
: 172-173
Ø
Q.S Al-Maidah
: 87-88
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
|
C1
|
·
Q.S Al-Baqarah
172-173
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Maidah : 87-88
|
C1
|
·
Q.S
Al-Maidah : 87-88
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
|
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S Al-baqarah : 172-173 dan Al-maidah : 87-88
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Menjelaskan
pentingnya makanan sehat dan bergizi
|
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S An-nahl : 66, 68, 69
|
C1
|
·
Q.S.
An-nahl : 66, 68 dan 69
|
Informasi
dan Tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
|
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S An-nahl : 66, 68 dan 69
|
C1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
4.3
|
Menghindari
bahaya minuman keras dan perbuatan keji
Q.S. Al-Baqarah
: 219
Q.S Al-Maidah :
90-91
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 219
|
C1
|
·
Q.S Al-Baqarah
219
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Tes
tertulis
|
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Maidah : 90-91
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 219 dan Al-Ma’idah: 90-91
|
C1
|
·
Q.S
Al-Maidah : 90-91
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Tes
Tertulis
|
Standar Kompetensi : Memahami ayat Al-Qur’an tentang Taat kepada
Allah dan Rasulnya
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERPIKIR
|
MATERI PELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
5.1
|
Mengartikan
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan RasulNya
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S An-Nuur: 54
|
C1
|
·
Q.S An-Nuur:
54
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S An-Nisaa’: 80
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80
|
|
·
Q.S An-Nisaa’:80
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
|
|
5.2
|
Menjelaskan
kandungan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan
RasulNya.
|
·
Menjelaskan
defenisi taat kepada Allah dan Rasul
|
C1
|
·
Q.S
An-Nuur: 54
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
|
·
Menjelaskan
ruang lingkup taat kepada Allah dan Rasul menurut Q.S An-Nisaa’: 80
|
C1
|
·
Q.S
An-Nisaa’:80
|
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
SATUAN PENDIDIKAN : MAN
MATA PELAJARAN : Tafsir Ilmu Tafsir
KELAS : XI
SEMESTER : GANJIL
TAHUN AJARAN :
ALOKASI WAKTU : 3X45 menit
Standar
Kompetensi : Menerapkan
ilmu tafsir pada ayat-ayat sederhana. Memahami tafsir dan ilmu tafsir,
ilmu-ilmu
bantu tafsir Al-Quran, metode tafsir serta
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
|
Menjelaskan pengertian tafsir Al-Qur’an
|
·
Pengertian
tafsir Al-Qur’an baik berbahasa Arab maupun berbahasa Indonesia
·
Contoh
tafsir ayat Al-Qur’an
|
·
Membaca,
menulis, menghafal, memahami dan menjelaskan
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang pengertian tafsir
Al-Qur’an
|
·
Menyebutkan
pangertian tafsir Al-Qur’an
·
Memberikan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.2
|
Menyebutkan pengertian ilmu tafsir
Al-Qur’an
|
·
Pengertian
ilmu tafsir Al-Qur’an baik berbahasa Arab maupun berbahasa Indonesia
·
Contoh
ilmu tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menyebutkan pengertian ilmu tafsir Al-Qur’an
baik berbahasa Arab maupun Indonesia
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang pengertian Al-Qur’an
|
·
Menyebutkan
pangertian Ilmu Tafsir Al-Qur’an
·
Memberikan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.3
|
Mengidentifikasi faedah beraneka ragamnya
Qiraat Al-Qur’an
|
Perbedaan dan faedah beraneka ragamnya
Qiraat Al-Qur’an
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menjelaskan faedah beragam qiraat Al-Qur’an
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang faedah beraneka
ragamnya Qiraat Al-Qur’an
|
·
Menyebutkan
7 imam qiraat Al-Qur’an
·
Menyebutkan
perbedaan 7 Qiraat Al-Qur’an
·
Menjelasakan
faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-Qur’an
|
Kuis
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
|||||||
6.3
|
Menunjukan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan
Al-Isra’: 12
|
·
Mengemukakan
contoh orang yang selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·
Membandingkan
orang yang selalu mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164,
Al-Anbiya’: 30, dan Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
|
C2
C2
|
·
Q.S
An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
Diskusi
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Kuis
Kuis
|
|||||||
6.2
|
Menjelaskan kandungan Q.S An-Nahl:
65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12 tentang kebesaran
dan kakuasaan Allah
|
·
Menerangkan
maksud kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl:
65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30, dan Al-Isra’: 12
·
Menggambarkan
bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan Allah
|
C2
C1
|
·
Q.S
An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
Diskusi
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
|
Penugasan
Penugasan
|
|||||||
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
|||||||
7.5
|
Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat
Allah seperti yang terkandung dalam Qur’an surat Az-Zuhruf:
9-13, Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
·
Menjelaskan
cara-cara mensyukuri nikmatAllah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S
Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17
·
Menerapkan
rasa syukur atas nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
C1
C3
|
·
Q.S Az-Zuhruf:
9-13, Q.S Al-Ankabut: 17, tentang syukur
|
Diskusi
Informasi
dan tanya jawab
|
CD
|
Penugasan
Penugasan
|
|||||||
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
2.1
|
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an
pada masa periode nabi
|
·
Tafsir
pada masa nabi Muhammad SAW
· Q.S Ibrahim: 4
· Q.S Yusuf: 2
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menceritakan dan menunjukkan contoh kondisi
tafsir dimasa nabi
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang sejarah tafsir
Al-Qur’an pada masa nabi
|
·
Menjelaskan
kondisi tafsir pada masa rasul
·
Menunjukkan
contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an masa rasul
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
2.2
|
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an
pada periode sahabat
|
· Tafsir pada masa sahabat
· Q.S Al-Qiyamah: 17
· Q.S An-Nahl: 44
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menceritakan dan menujjukkan contoh kondisitafsir di maqsa sahabat
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa sahabat
|
· Menjelaskan kondisi tafsir pada masa sahabat
· Menujjukan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
masa sahabat
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
2.3
|
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an
pada periode tabi’in
|
· Tafsir pada masa tabiin
· Perkembangan tafsir di Madinah
· Perkembangan tafsir di Makkah
· Beberapa tokoh tafsir padamasa tabi’in
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menceritakan dan menunjukkan contoh kondisi tafsir di masa tabi’in
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa tabi’in
|
· Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada
periode tabi’in
· Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
masa tabi’in
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
2.4
|
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an
pada periode tadwin (pembukuan)
|
· Tafsir pada masa tadwin
· Tafsir pada masa Muawiyah
· Tafisr di awal Abbasiyah
· Tabaqat musafir
|
· Secara berkelompok atau individu siswa menceritakan
dan menunjukkan contoh kondisi tafsir di masa tadwin
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada peroide tadwin
|
· Menjelaskan kondisi tafsir pada masa tadwin
· Menunjukan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
(masa tadwin)
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
|
Menjelaskan macam-mavcam Qiraan Al-Qur’an
|
· Pengertian bacaan (qiraat) dalam Al-Qur’an.
· Tabaqatul Qurra dalam Al-Qur’an
· Contoh qiraat dalam Al-Qur’an tafsir pada
masa sahabat
· Q.S Al-Qiyamah : 17
· Q.S An-Nahl: 44
|
· Membaca, menulis, menghafal, memahami dan
menjelaskan
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi tentang macam-macam qiraat qur’an
|
· Menjelaskan pengertrian qiraat
· Mengidentifikasi 7 bacaan dalam Al-Qur’an
· Memberikan contoh 7 model bacaan Al-Qur’an
|
Tes
terltulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
3.2
|
Menjelaskan kaidah qiraat yang shahih
|
Macam-macam qiraat hukum dan kaidahnya
|
· Secara kelompok atau individu siswa
menceritakan dan menunjukkan contoh kaidah qiraat yang shalih
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi tentang kaidah qiraat yang shalih
|
· Menyebutkan macam-macam qiraat
· Menjelaskan hukum dan kaidah qiraat
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
Standar Kompetensi : Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
makanan yang halal dan bergizi serta bahaya minuman keras.
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.1
|
Menjelasakan makanan yang halal dan
bergizi
QS. Al-Baqarah: 172-173
Q.S Al-Ma’idah: 87-88
|
·
Q.S
Al-Baqarah: 172-173
·
Q.S
Al-Mai’dah: 87-88
|
·
Secara
berkelom-pok atau individu siswa menterje-mahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah:
172-173
·
Q.S
Al-Maidah: 87-88
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan ber-diskusi tentang menjelaskan makanan
yang hala dan bergizi
|
·
Menerjemah
secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
·
Menerjamah
secara mufradat Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 172-1`73 dan Al-Maidah: 87-88
|
Tes
terltulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||||||||
5.3
|
Menunjukkkan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80
|
· Mengemukakan contoh tentang orang-orang yang
taat kepada Allah dan rasulnya
· Membandingkan perilaku orang yang mengamal-kan
Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yangtidak mengamalkannya
|
C2
C2
|
· Q.S An-NUUR: 54
Q.S An-Nisaa’: 80
|
Diskusi
Diskusi
|
|
Tertiulis
Tertulis
|
||||||||
5.4
|
Menerapkan dalam kehidupan perilaku taat
kepada Allah dan Rasul seperti yang terkandung dalamQ.S An-NUUR: 54 dan An-Nisaa’:
80
|
·
Mencontohkan
bentuk-bentuk perilaku taat kepada Allah dan Rasul
·
Mengemukakan
hikmah penerapan perilaku taat kepada Allah dan rasul
|
|
· Q.S An-Nuur: 54
· Q.S An-Nisaa’: 80
|
Informasi
dan tanya jawab
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
Chart
|
Penugasan
Penugasan
|
||||||||
Standar Kompetensi: Memahami
ayat Al-Qur’an tentang kebesaran dan kekuasan Allah
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
6.1
|
Mengartikan Q.S An-Nahl: 65-70, 72,
Al-Baqarah: 164, Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S An-Nahl: 65-70, 72
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 164
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Anbuya’: 30
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Al-Isra’: 12
·
Mengambil
makna ijmali pada Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiyaa’: 30
dan Al-Isra’: 12
|
C1
C1
C1
C1
C1
|
· Q.S An-Nahl: 65-70, 72,
· Q.S Al-Baqarah: 164,
· Q.S Al-Anbiyaa’: 30
· Q.S Al-Isra’: 12
|
Informasi
Informasi
Informasi
Informasi
Diskusi
|
Chart
Chart
Chart
Chart
|
Tertuli
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Kuis
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
7.2
|
Menjelaskan kandungan Q.S Az-Zuhruf:
9-13, Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukkur
|
·
Menjelaskan
maksud syukur nikmat yang terdapat dalam surat Az-Zuhruf:
9-13 dan Al-Ankabut: 17
·
Menerangkan
hikmah mensyukuri nikmat Allah yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan
Q.S Al-Ankabut: 17 dan akibat dari kufur nikmat
|
C1
C2
|
· Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17
tentang sukur
|
Diskusi
|
-
|
Kuis
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
6.4
|
Menerapkan dalam kehidupan untuk meningkatkan
keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung
dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan q.s
Al-Isra’: 12
|
· Mencontohkan bentuk-bentuk perilaku mengingat
kebesaran dan kekuasaan Allah
· Membandingkan orang yang selalu mengamalkan
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan q.s
Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkan
|
C1
C1
|
·
Macam-macam
qiraat, hukum dan kaidahnya
|
Informasi
dan tanya jawab
Informasi
dan tanya jawab
|
|
Tertulis
Tertulis
|
Standar Kompetensi: Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
7.1
|
Mengartikan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S
Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S Az-Zuhruf:
9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17
· Mengambil makna ijmali pada QS Az-Zuhruf:
9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
C1
C1
|
·
Q.S
Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
Informasi
dan tanya jwab
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
Chart
|
Tertulis
Tertulis
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TAHAPAN BERFIKIR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELAJARAN
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
7.3
|
Menunjukan perilaku orang
mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan
Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
·
Mengemukakan
contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·
Membandingakan
orang yang selalu mengamalkan Q.S Az-Zuhrif: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17
dengan yang tidak mengamalkannya
|
C2
C2
|
·
Q.S
Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
|
Informasi
dan tanya jwab
Diskusi
|
Chart
Chart
|
Penugasan
Penugasan
|
7.4
|
Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah
sebagaimana yang terkandung dalam QS. Az-Zuhruf: 9-13
|
·
Mengemukakan
contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·
Membandingkan
orang yang mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 dengan yang
tidak mengamalkannya
|
C1
C1
|
· Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17
tentang syukur
|
Informasi
dan tanya jwab
Informasi
dan tanya jawab
|
Chart
Chart
|
Kuis
Kuis
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.2
|
Menjelaskan pentingnya makanan sehat dan
bergizi
Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
|
Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang pentingnya makanan sehat dan bergizi
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl:
666, 68, 69
· Mengambil makna ijmali pada Q.S An-NAHL: 66,
68, 69
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
4.3
|
Menjelaskan makanan yang halal dan
bergizi
Q.S Al-Baqarah: 172-173
Q.S Al-Ma’idah: 87-88
|
·
Q.S
Al-Baqarah: 172-173
·
Q.S
Al-Ma’idah: 87-88
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S
Al-Baqarah: 172-173
·
Q.S
Al-Ma’idah: 87-88
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang makanan yang halal
dan bergizi
|
·
Menerjemahkan
secara mufradat Q.S Q.S Al-Baqarah: 172-173
·
Menerjemahkan
secara mufradat
Q.S
Al-Ma’idah: 87- 88
· Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah:
172-173 Q.S Al-Ma’idah: 87-88
|
Kuis
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.3
|
Menghindari bahaya minuman keras dan
perbuatan keji Q.S Al-Baqarah: 219
Q.S Al-Ma’idah: 90-91
|
· Q.S Al-Baqarah: 219
· Q.S Al-Ma’idah: 90-91
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 219
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang bahaya minuman keras dan perbuatan keji
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah:
219
· Menerjemahkan secara mufradat
Q.S Al-Ma’idah: 90-91
· Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah:
219
Q.S Al-Ma’idah: 90-91
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
Tes
TertuliS
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.1
|
Mengartikan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S
An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan Rasulnya
|
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang taat kepada Allah dan rasulNya
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54
· Menerjemahkan secara mufradat
Q.S An-Nisaa’:
80
· Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nuur: 54
dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
5.2
|
Menjelaskan kandungan Q.S An-Nuur: 54 dan
Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan rasulNya
|
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang ruang lingkup taat kepada Allah dan rasulnya
|
· Mejelaskan defenisi taat kepada Allah dan
Rasul
· Menjelaskan ruang lingkup taat kepada Allah
dan Rasul Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.3
|
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah
dan rasulNya
|
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menunjukkan perilaku orangyang mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’:
80
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi serta membandingkan perilaku orang yang mengamalkan
Q.S. An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yang tidak mengamalkannya
|
· Mengemukakan contoh tentang orang-orang yang
taat kepada Allah dan rasul
· Membandingkan perilakuorang yang mengamalkan
Q.S. An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yang tidak mengamalkannya
|
Tertulis
Tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.4
|
Menerapkan dalam kehidupan perilaku taat
kepada Allah dan rasul seperti yang terkandung dalamsurat Q.S An-Nuur: 54 dan
Q.S An-Nisaa’: 80
|
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
mencontohkan bentuk-bentuk perilaku taat kepada Allah dan rasul
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi serta mengemukakan hikmah penerapan perilaku taat
kepada Allah dan rasul
|
· Mencontohkan bentul-bentuk perilaku taat
kepada Allah dan rasul
· Mengemukakan hikmah penerapan perilaju tat
kepada Allah dan rasul
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
Standar Kompetensi : Memahami ayat-0ayat Al-Qur’an tentang kebesaran
dan kekuasaan Allah
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
6.1
|
Mengartikan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S
Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
· Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164,
· Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
· Secara berkelompok atau individu siswa menerjemahkan
secara mufradat Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’:
30 dan Al-Isra’: 12 dan mengambil makna ijmalinya
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl:
65-70, 72,
· Menterjemahkan secara mufradat Q.S
Al-Baqarah: 164
· Menterjemahkan secara mufradat Q.S
Al-Anbiyaa’: 30
· Menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Isra’:
12
· Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nahl:
65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
6.2
|
Menjelaskan kandungan Q.S An-Nahl: 65-70,
72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Q.S Al-Isra’: 12 tentang
kebesaran dan kekuasaan Allah
|
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah:
164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
· Secara berkelompok atau individu siswa menerangkan
maksud kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70,
72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan Allah
|
· Menerangkan maksud kebesaran dan kekuasaan
Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164
Q.S
Al-Anbiyaa’: 30 Q.S Al-Isra’:
12
· Mengambarkan bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan
Allah
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
6.3
|
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30
dan Al-Isra’: 12
|
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah:
164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
mengemukakan contoh orang yang selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S
Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi serta membandingkan orang yang selalu mengamalkan
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan
Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
|
· Mengemukakan contoh orang yang selalu
mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
· Membandingkan orang yang selalu mengamalkan
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan
Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.4
|
Menerapkan dalam kehidupan bentuk
meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti
yang terkandung dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S
Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah:
164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
mencontohkan bentuk perilaku mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi cara mempraktekkan sikap selalu mengingat kebesaran
dan kekuasaan Allah untuk meningkatkan keimanan
|
· Mencontohkan bentuk-bentuk perilaku mengingat
kebesaran dan kekuasaan Allah
· Mempraktekkan dalam kehidupan sikap selalu
mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah untuk meningkatkan keimanan
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
Standar Kompetensi: Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
No
|
KOMPETENSI 2DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BEAJAR
|
7.1
|
Mengartikan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secar mufradat Q.S Az-Zuhruf:
9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dan mengambil makna ijmalinya
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang syukur kepada Allah
|
· Menerjemahkan secara mufradat Q.S Az-Zuhruf:
9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
· Mengambil makna ijmali pada Q.S Az-Zuhruf:
9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
7.2
|
Menjelaskan kandungan Q.S Az-Zuhruf: 9-13
dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
|
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menjelaskan maksud syukur nikmat yang
terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang hikmah mensyukuri
nikmat Allah yang tetdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
dan kufur nuikmat
|
·
Menjelaskan
maksud syukur nikmat yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S
Al-Ankabuut: 17
·
Menerangkan
hikmah mensyukuri nikmat Allah yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan
Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
7.3
|
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
|
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
mengemukakan contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji
dan berdiskusi serta membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S
Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
|
· Mengemukakan contoh orang yang selalu
mensyukuri nikmat Allah
· Membandingkan orang yang selalu mengamalkan
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
7.4
|
Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah
sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
tentang syukur
|
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
·
Secara
berkelompok atau individu siswa menyebutkan bentuk-bentuk nikmat Allah yang
diberikan kepada makhluknya
·
Mengerjakan
tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi serta mengidentifikasi
macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf:
9-13
|
·
Menyebutkan
bentuk-bentuk nikmat Allah yang diberikan kepada makhlukNya
·
Menunjukkan
macam-macam nikmat Allah yang diberikan kepada makhluknya
|
Penugasan
Penugasan
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
7.5
|
Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat
Allah seperti yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut:
17 tentang syukur
|
· Secara berkelompok atau individu siswa
menjelasakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah sebagai man yang terkandung
dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
· Mengerjakan tugas mandiri/ struktur,
mengakaji dan berdiskusi tentang implementasi serta mengidentifikasi
macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf:
9-13
|
· Menjelaskan car-cara mensyukuri nikmat Allah
sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
· Menerapkan rasa syukur atas nikmat Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kuis
Kuis
|
3x40
Menit
|
Al-Qur’an
dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
|
|
Mengetahui :
Kepala MAN
NIP.
|
........, Juli 2013
Guru Mata Pelajaran
|
|
Komentar
Posting Komentar