PEMETAAN MATERI TAFSIR KELAS XI MA



PEMETAAN KOMPETENSI MATERI

Satuan Pendidikan       :      MAN
Mata Pelajaran             :      Tafsir Ilmu Tafsir
Kelas                            :      XI
Semester                       :      Satu (I)
Tahun Ajaran               :     
Alokasi Waktu             :      3 x 45
Standar Kompetensi     : 1. Menerapkan ilmu tafsir pada ayat-ayat sederhana. Memahami tafsir dan ilmu tafsir, ilmu-ilmu bantu tafsir Al-qur’an, metode-metode tafsir serta      

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
1. 1
Menjelaskan pengertian tafsir Al-Qur’an
·     Menyebutkan pengertian tafsir Al-Qur’an
C1
·    Pengertian tafsir Al-Qur’an baik berbahas Arab maupun berbahasa Indonesia
Informasi dan Tanya Jawab
Chart
Test tertulis


·     Memberikan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
C2
·    Contoh tafsir ayat Al-Qur’an
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Tes tertulis








1.2
Menyebutkan pengertian Ilmu tafsir Al-Qur’an
·     Menyebutkan pengertian tafsir Al-Qur’an
C1
·    Pengertian tafsir Al-Qur’an baik berbahas Arab maupun berbahasa Indonesia
Informasi dan Tanya Jawab
Chart
Penugasan


·     Memberikan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an
C2
·    Contoh tafsir ayat Al-Qur’an
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Penugasan



No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
1.3
Membedakan tafsir dan ilmu tafsir
·     Menyebutkan pengertian tafsir dan ilmu tafsir
C1
·    Pengertian tafsir Al-Qur’an
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Kuis


·     Memberikan contoh tafsir dan ilmu tafsir pada ayat Al-Qur’an
C2
·    Pengertian ilmu tafsir
Informasi dan tanya jawab
Chart
Tes tertulis


·     Menyebutkan perbedaan tafsir dan ilmu tafsir
C1
·    Ciri-ciri kajian ilmu tafsir Al-Qur’an dan ilmu tafsir
Informasi dan tanya jawab
Chart
Kuis


·     Menyebutkan perbedaan tafsir dan ilmu tafsir
C3
·    Contoh kajian tafsir dan ilmu tafsir
Diskusi
Chart



·     Mengidentifikasi kajian tafsir dan ilmu tafsir
C1














Standar kompetensi : Menganalisis Menganalisis sejarah penafsiran Al-qur’an sejak pada masa nabi, sahabat, tabi’in hingga masa tadwin
                                                                                                               
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
2.1
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa periode nabi
·     Menjelaskan kondisi tafsir pada masa rasul
C1
·    Tafsir pada masa nabi Muhammad SAW
Diskusi
Chart
Test tertulis

·     Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa rasul)
C1
·    Q.S Ibrahim : 4

·    Q.S Yusuf : 2
Informasi dan tanya jawab Informasi dan tanya jawab
Chart
Tes tertulis

Tes tertulis








2.2
Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an
·     Menjelaskan kondisi tafsir pada masa sahabat
C1
·    Tafsir pada masa sahabat
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Penugasan


·     Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa sahabat)
C1
·    Q.S Alqiyamah : 17
·    Q.S An-Nahl : 44
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan








2.3
Mendiskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode Tabi’in
·     Menjelaskan kondisi tafsir di masa tabi’in
C1
·    Tafsir pada masa tabiin
·    Perkembangan tafsir di Madinah
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Kuis

·     Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa tabi’in
C
·    Perkembangan tafsir di Makkah
·    Beberapa tokoh tafsir pada masa tabiin
Informasi dan Tanya Jawab


Chart
Kuis
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
2.4
Mendiskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tadwin (pembukuan)
·     Menjelaskan kondisi tafsir pada masa tadwin
C1
·    Tafsir pada masa tadwin
·    Tafsir pada masa Muawiyah
Infromasi dan Tanya jawab
Chart
Test tertulis

·     Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa tadwin)
C1
·    Tafsir diawal Abbasiyah
·    Tabaqat mufasir
Informasi dan tanya jawab
Chart
Tes tertulis











Standar Kompetensi : Memahami Qiraat Al-qur’an

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
3.1
Menjelaskan macam-macam Qiraat Al-Qur’an
·     Menjelaskan pengertian qiraat
C1
·    Pengertian bacaan (qiraat) dalam Al-Qur’an
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan

·     Mengidentifikasi 7 bacaan dalam Al-qur’an
C1
·    Tabaqatul Qurra dalam Al-Qur’an
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan



·     Memberikan contoh 7 model bacaan Al-qur’an

·    Contoh qiraat dalam Al-Qur’an
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Penugasan








3.2
Menjelaskan kaidah qiraat yang shahih
·     Menyebutkan macam-macam qiraat
C1
·    Macam-macam qiraat, hukum dan kaidahnya
Informasi dan tanya jawab
Chart
Kuis

·     Menjelaskan hukum dan kaidah qiraat
C1






·      





3.3
Mengidentifikasi faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-qur’an
·     Menyebutkan 7 imam qiraat Al-qur’an
C1
·    Perbedaan dan faedah beraneka ragamnya qiraat Al-Qur’an
Informasi dan tanya jawab
Chart
Portulis

·     Menyebutkan perbedaan 7 Qiraat Al-Qur’an
C1






·     Menjelaskan faedah beraneka ragamnya qiraat Al-Qur’an





Standar Kompetensi : Memahami ayat-ayat Al-qur’an tentang yang halal, sehat dan bergizi serta bahaya minuman keras

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
4.1
Menjelaskan makanan yang hakal dan bergizi
Ø Q.S. Al-Baqarah : 172-173
Ø Q.S Al-Maidah : 87-88
·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
C1
·    Q.S Al-Baqarah 172-173
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan

·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Maidah : 87-88
C1
·    Q.S Al-Maidah : 87-88
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan


·     Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-baqarah : 172-173 dan Al-maidah : 87-88













4.2
Menjelaskan pentingnya makanan sehat dan bergizi
·     Mengambil makna ijmali pada Q.S An-nahl : 66, 68, 69
C1
·     Q.S. An-nahl : 66, 68 dan 69
Informasi dan Tanya jawab
Chart
Kuis


·     Mengambil makna ijmali pada Q.S An-nahl : 66, 68 dan 69
C1














No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
4.3
Menghindari bahaya minuman keras dan perbuatan keji

Q.S. Al-Baqarah : 219

Q.S Al-Maidah : 90-91
·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 219
C1
·    Q.S Al-Baqarah 219
Informasi dan tanya jawab
Chart
Tes tertulis

·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Maidah : 90-91
·     Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 219 dan Al-Ma’idah: 90-91
C1
·    Q.S Al-Maidah : 90-91
Informasi dan tanya jawab
Chart
Tes Tertulis



Standar Kompetensi   : Memahami ayat Al-Qur’an tentang Taat kepada Allah dan Rasulnya

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERPIKIR
MATERI PELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
5.1
Mengartikan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan RasulNya
·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54
C1
·    Q.S An-Nuur: 54
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan

·     Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nisaa’: 80
·     Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80

·    Q.S An-Nisaa’:80
Informasi dan tanya jawab
Chart
Penugasan

5.2
Menjelaskan kandungan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan RasulNya.
·     Menjelaskan defenisi taat kepada Allah dan Rasul
C1
·    Q.S An-Nuur: 54
Informasi dan tanya jawab
Chart
Kuis

·     Menjelaskan ruang lingkup taat kepada Allah dan Rasul menurut Q.S An-Nisaa’: 80
C1
·    Q.S An-Nisaa’:80
Informasi dan tanya jawab
Chart
Kuis






SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
SATUAN PENDIDIKAN        : MAN
MATA PELAJARAN              : Tafsir Ilmu Tafsir       
KELAS                                     : XI
SEMESTER                             : GANJIL
TAHUN AJARAN                    :
ALOKASI WAKTU                 : 3X45 menit
Standar Kompetensi                   : Menerapkan ilmu tafsir pada ayat-ayat sederhana. Memahami tafsir dan ilmu tafsir,
ilmu-ilmu bantu tafsir Al-Quran, metode tafsir serta

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1









Menjelaskan pengertian tafsir Al-Qur’an
·    Pengertian tafsir Al-Qur’an baik berbahasa Arab maupun berbahasa Indonesia
·    Contoh tafsir ayat Al-Qur’an
·  Membaca, menulis, menghafal, memahami dan menjelaskan
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang pengertian tafsir Al-Qur’an
·    Menyebutkan pangertian tafsir Al-Qur’an
·    Memberikan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an

Tes tertulis



Tes tertulis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan







No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.2









Menyebutkan pengertian ilmu tafsir Al-Qur’an
·    Pengertian ilmu tafsir Al-Qur’an baik berbahasa Arab maupun berbahasa Indonesia
·    Contoh ilmu tafsir pada ayat Al-Qur’an
·    Secara berkelompok atau individu siswa menyebutkan pengertian ilmu tafsir Al-Qur’an baik berbahasa Arab maupun Indonesia
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang pengertian Al-Qur’an
·    Menyebutkan pangertian Ilmu Tafsir Al-Qur’an

·    Memberikan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an

Penugasan



Penugasan
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan


No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.3









Mengidentifikasi faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-Qur’an
Perbedaan dan faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-Qur’an
·  Secara berkelompok atau individu siswa menjelaskan faedah beragam qiraat Al-Qur’an
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-Qur’an
·    Menyebutkan 7 imam qiraat Al-Qur’an
·    Menyebutkan perbedaan 7 Qiraat Al-Qur’an
·    Menjelasakan faedah beraneka ragamnya Qiraat Al-Qur’an
Kuis


Kuis


Kuis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan



No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN

6.3









Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Mengemukakan contoh orang yang selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·    Membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30, dan Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
C2




C2
·    Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12
Diskusi




Informasi dan tanya jawab





Chart

Kuis




Kuis

6.2
Menjelaskan kandungan Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12 tentang kebesaran dan kakuasaan Allah
·     Menerangkan maksud kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30, dan Al-Isra’: 12
·     Menggambarkan bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan Allah
C2









C1
·     Q.S An-Nahl: 65-70-72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiya’: 30 dan Al-Isra’: 12
Diskusi









Informasi dan tanya jawab










Chart
Penugasan









Penugasan
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN

7.5









Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti yang terkandung dalam Qur’an surat Az-Zuhruf: 9-13, Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukur
·  Menjelaskan cara-cara mensyukuri nikmatAllah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17
·  Menerapkan rasa syukur atas nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
C1







C3
·       Q.S Az-Zuhruf: 9-13, Q.S Al-Ankabut: 17, tentang syukur
Diskusi







Informasi dan tanya jawab








CD

Penugasan







Penugasan

























No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.1









Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa periode nabi
·    Tafsir pada masa nabi Muhammad SAW
·    Q.S Ibrahim: 4
·    Q.S Yusuf: 2
·    Secara berkelompok atau individu siswa menceritakan dan menunjukkan contoh kondisi tafsir dimasa nabi
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa nabi
·    Menjelaskan kondisi tafsir pada masa rasul
·    Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an masa rasul

Kuis


Kuis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
2.2









Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode sahabat
·  Tafsir pada masa sahabat
·  Q.S Al-Qiyamah: 17
·  Q.S An-Nahl: 44
·    Secara berkelompok atau individu siswa menceritakan dan menujjukkan contoh kondisitafsir di maqsa sahabat
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa sahabat
·  Menjelaskan kondisi tafsir pada masa sahabat
·  Menujjukan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an masa sahabat

Tes Tertulis


Tes Tertulis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan








No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.3









Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tabi’in
·    Tafsir pada masa tabiin
·    Perkembangan tafsir di Madinah
·    Perkembangan tafsir di Makkah
·    Beberapa tokoh tafsir padamasa tabi’in
·    Secara berkelompok atau individu siswa menceritakan dan menunjukkan contoh kondisi tafsir di masa tabi’in
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada masa tabi’in
·    Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tabi’in
·    Menunjukkan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an masa tabi’in

Penugasan



Penugasan
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
2.4









Mendeskripsikan sejarah tafsir Al-Qur’an pada periode tadwin (pembukuan)
·       Tafsir pada masa tadwin
·       Tafsir pada masa Muawiyah
·       Tafisr di awal Abbasiyah
·       Tabaqat musafir
·    Secara berkelompok atau individu siswa menceritakan dan menunjukkan contoh kondisi tafsir di masa tadwin
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang sejarah tafsir Al-Qur’an pada peroide tadwin
·  Menjelaskan kondisi tafsir pada masa tadwin
·  Menunjukan contoh tafsir pada ayat Al-Qur’an (masa tadwin)
Kuis


Kuis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1









Menjelaskan macam-mavcam Qiraan Al-Qur’an
·    Pengertian bacaan (qiraat) dalam Al-Qur’an.
·    Tabaqatul Qurra dalam Al-Qur’an
·    Contoh qiraat dalam Al-Qur’an tafsir pada masa sahabat
·    Q.S Al-Qiyamah : 17
·    Q.S An-Nahl: 44
·    Membaca, menulis, menghafal, memahami dan menjelaskan
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang macam-macam qiraat qur’an
·    Menjelaskan pengertrian qiraat
·    Mengidentifikasi 7 bacaan dalam Al-Qur’an
·    Memberikan contoh 7 model bacaan Al-Qur’an

Tes terltulis

Tes tertulis


Tes tertulis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan
3.2









Menjelaskan kaidah qiraat yang shahih
Macam-macam qiraat hukum dan kaidahnya
·  Secara kelompok atau individu siswa menceritakan dan menunjukkan contoh kaidah qiraat yang shalih
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi tentang kaidah qiraat yang shalih
·    Menyebutkan macam-macam qiraat
·    Menjelaskan hukum dan kaidah qiraat

Penugasan


Penugasan
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan



Standar Kompetensi   : Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang makanan yang halal dan bergizi serta bahaya minuman keras.

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1









Menjelasakan makanan yang halal dan bergizi
QS. Al-Baqarah: 172-173
Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·  Q.S Al-Baqarah: 172-173
·  Q.S Al-Mai’dah: 87-88
·    Secara berkelom-pok atau individu siswa menterje-mahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
·    Q.S Al-Maidah: 87-88
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan ber-diskusi tentang menjelaskan makanan yang hala dan bergizi
·    Menerjemah secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
·    Menerjamah secara mufradat Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·    Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 172-1`73 dan Al-Maidah: 87-88

Tes terltulis



Tes tertulis



Tes tertulis
3x40
Menit





Al-Qur’an dan terjemahan, Al-Qur’an dan tafsirnya. Ilmu tafsir manna’ Qathan


No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR

5.3









Menunjukkkan perilaku orang yang mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80
·  Mengemukakan contoh tentang orang-orang yang taat kepada Allah dan rasulnya
·  Membandingkan perilaku orang yang mengamal-kan Q.S An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yangtidak mengamalkannya
C2




C2
·  Q.S An-NUUR: 54



Q.S An-Nisaa’: 80

Diskusi




Diskusi

Tertiulis




Tertulis

5.4









Menerapkan dalam kehidupan perilaku taat kepada Allah dan Rasul seperti yang terkandung dalamQ.S An-NUUR: 54 dan An-Nisaa’: 80
·    Mencontohkan bentuk-bentuk perilaku taat kepada Allah dan Rasul
·    Mengemukakan hikmah penerapan perilaku taat kepada Allah dan rasul

·    Q.S An-Nuur: 54




·    Q.S An-Nisaa’: 80
Informasi dan tanya jawab



Informasi dan tanya jawab
Chart




Chart

Penugasan




Penugasan



















Standar Kompetensi: Memahami ayat Al-Qur’an tentang kebesaran dan kekuasan Allah

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
6.1









Mengartikan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 65-70, 72
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 164
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Anbuya’: 30
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Isra’: 12
·    Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Al-Baqarah: 164, Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
C1



C1



C1



C1


C1
·  Q.S An-Nahl: 65-70, 72,


·  Q.S Al-Baqarah: 164,


·  Q.S Al-Anbiyaa’: 30


·  Q.S Al-Isra’: 12
Informasi



Informasi



Informasi



Informasi


Diskusi
Chart



Chart



Chart



Chart

Tertuli



Tertulis



Tertulis



Tertulis


Kuis




No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
7.2

Menjelaskan kandungan Q.S Az-Zuhruf: 9-13, Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukkur
·    Menjelaskan maksud syukur nikmat yang terdapat dalam surat Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17
·    Menerangkan hikmah mensyukuri nikmat Allah yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 dan akibat dari kufur nikmat
C1






C2
·    Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 tentang sukur
Diskusi
-

Kuis





No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
6.4









Menerapkan dalam kehidupan untuk meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan q.s Al-Isra’: 12
·    Mencontohkan bentuk-bentuk perilaku mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·    Membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan q.s Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkan
C1




C1

·                 Macam-macam qiraat, hukum dan kaidahnya
Informasi dan tanya jawab



Informasi dan tanya jawab

Tertulis




Tertulis














Standar Kompetensi: Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
7.1

Mengartikan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukur
·  Menerjemahkan secara mufradat Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17
·  Mengambil makna ijmali pada QS Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 tentang syukur
C1




C1
·  Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
Informasi dan tanya jwab



Informasi dan tanya jawab
Chart




Chart

Tertulis




Tertulis





No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TAHAPAN BERFIKIR
MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN
7.3

Menunjukan perilaku orang mengamalkan  Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
·  Mengemukakan contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·  Membandingakan orang yang selalu mengamalkan Q.S Az-Zuhrif: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
C2



C2
·               Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
Informasi dan tanya jwab


Diskusi
Chart



Chart

Penugasan



Penugasan

7.4

Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam QS. Az-Zuhruf: 9-13
·  Mengemukakan contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·  Membandingkan orang yang mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
C1



C1
·    Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Al-Ankabut: 17 tentang syukur
Informasi dan tanya jwab


Informasi dan tanya jawab
Chart



Chart

Kuis



Kuis




No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.2








Menjelaskan pentingnya makanan sehat dan bergizi
Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
·    Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 66, 68, 69
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang pentingnya makanan sehat dan bergizi
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 666, 68, 69
·    Mengambil makna ijmali pada Q.S An-NAHL: 66, 68, 69

Penugasan



Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
4.3








Menjelaskan makanan yang halal dan bergizi
Q.S Al-Baqarah: 172-173
Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·    Q.S Al-Baqarah: 172-173
·    Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·    Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 172-173
·    Q.S Al-Ma’idah: 87-88
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang makanan yang halal dan bergizi
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S Q.S Al-Baqarah: 172-173
·    Menerjemahkan secara mufradat
Q.S Al-Ma’idah:  87- 88
·    Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 172-173 Q.S Al-Ma’idah: 87-88
Kuis


Kuis




Kuis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.3








Menghindari bahaya minuman keras dan perbuatan keji Q.S Al-Baqarah: 219
Q.S Al-Ma’idah: 90-91
·    Q.S Al-Baqarah: 219
·    Q.S Al-Ma’idah: 90-91
·    Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 219
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang bahaya minuman keras dan perbuatan keji
·    Menerjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 219
·    Menerjemahkan secara mufradat
    Q.S Al-Ma’idah:     90-91
·    Mengambil makna ijmali pada Q.S Al-Baqarah: 219
    Q.S Al-Ma’idah:        90-91
Tes Tertulis



Tes Tertulis



Tes TertuliS
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan



No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.1








Mengartikan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan Rasulnya
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·  Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang taat kepada Allah dan rasulNya
·  Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54
·  Menerjemahkan secara mufradat
Q.S An-Nisaa’: 80
·  Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
Penugasan


Penugasan


Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
5.2








Menjelaskan kandungan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan rasulNya
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·    Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secara mufradat Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang ruang lingkup taat kepada Allah dan rasulnya
·    Mejelaskan defenisi taat kepada Allah dan Rasul
·    Menjelaskan ruang lingkup taat kepada Allah dan Rasul Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
Kuis



Kuis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan
No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.3








Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80 tentang taat kepada Allah dan rasulNya
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·  Secara berkelompok atau individu siswa menunjukkan perilaku orangyang mengamalkan Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi serta membandingkan perilaku orang yang mengamalkan Q.S. An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yang tidak mengamalkannya
·  Mengemukakan contoh tentang orang-orang yang taat kepada Allah dan rasul
·  Membandingkan perilakuorang yang mengamalkan Q.S. An-Nuur: 54 dan An-Nisaa’: 80 dengan yang tidak mengamalkannya
Tertulis




Tertulis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan



No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.4








Menerapkan dalam kehidupan perilaku taat kepada Allah dan rasul seperti yang terkandung dalamsurat Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
Q.S An-Nuur: 54 dan Q.S An-Nisaa’: 80
·    Secara berkelompok atau individu siswa mencontohkan bentuk-bentuk perilaku taat kepada Allah dan rasul
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi serta mengemukakan hikmah penerapan perilaku taat kepada Allah dan rasul
·    Mencontohkan bentul-bentuk perilaku taat kepada Allah dan rasul
·    Mengemukakan hikmah penerapan perilaju tat kepada Allah dan rasul
Penugasan




Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan










Standar Kompetensi   : Memahami ayat-0ayat Al-Qur’an tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.1








Mengartikan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164,
·    Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·  Secara berkelompok atau individu siswa menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12 dan mengambil makna ijmalinya
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
·  Menerjemahkan secara mufradat Q.S An-Nahl: 65-70, 72,
·  Menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Baqarah: 164
·  Menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Anbiyaa’: 30
·  Menterjemahkan secara mufradat Q.S Al-Isra’: 12
·  Mengambil makna ijmali pada Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
Tes tertulis



Tes tertulis



Tes tertulis



Tes tertulis


Tes tertulis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan






No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.2








Menjelaskan kandungan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Q.S Al-Isra’: 12 tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Secara berkelompok atau individu siswa menerangkan maksud kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan Allah
·  Menerangkan maksud kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164
Q.S Al-Anbiyaa’: 30 Q.S Al-Isra’:
12
·  Mengambarkan bentuk-bentuk kebesaran dan kekuasaan Allah
Penugasan










Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan










No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.3








Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Secara berkelompok atau individu siswa mengemukakan contoh orang yang selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah yang terdapat dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi serta membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
·    Mengemukakan contoh orang yang selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·    Membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12 dengan yang tidak mengamalkannya
Kuis




Kuis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan

No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.4








Menerapkan dalam kehidupan bentuk meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung dalam Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
Q.S An-Nahl: 65-70, 72, Q.S Al-Baqarah: 164, Q.S Al-Anbiyaa’: 30 dan Al-Isra’: 12
·    Secara berkelompok atau individu siswa mencontohkan bentuk perilaku mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi cara mempraktekkan sikap selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah untuk meningkatkan keimanan
·       Mencontohkan bentuk-bentuk perilaku mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah
·       Mempraktekkan dalam kehidupan sikap selalu mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah untuk meningkatkan keimanan
Tes tertulis





Tes tertulis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan









Standar Kompetensi: Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

No
KOMPETENSI 2DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BEAJAR
7.1








Mengartikan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
·    Secara berkelompok atau individu siswa menterjemahkan secar mufradat Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dan mengambil makna ijmalinya
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang syukur kepada Allah
·  Menerjemahkan secara mufradat Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·  Mengambil makna ijmali pada Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Penugasan




Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan











No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
7.2








Menjelaskan kandungan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
·  Secara berkelompok atau individu siswa menjelaskan maksud syukur nikmat yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·  Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang hikmah mensyukuri nikmat Allah yang tetdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dan kufur nuikmat
·    Menjelaskan maksud syukur nikmat yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·    Menerangkan hikmah mensyukuri nikmat Allah yang terdapat dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Kuis






Kuis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan






No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
7.3








Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
·    Secara berkelompok atau individu siswa mengemukakan contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengkaji dan berdiskusi serta membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
·  Mengemukakan contoh orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah
·  Membandingkan orang yang selalu mengamalkan Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 dengan yang tidak mengamalkannya
Tes tertulis



Tes tertulis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan










No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
7.4








Mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
·    Secara berkelompok atau individu siswa menyebutkan bentuk-bentuk nikmat Allah yang diberikan kepada makhluknya
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi serta mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13
·    Menyebutkan bentuk-bentuk nikmat Allah yang diberikan kepada makhlukNya
·    Menunjukkan macam-macam nikmat Allah yang diberikan kepada makhluknya
Penugasan




Penugasan
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan









No
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
7.5








Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17 tentang syukur
·    Secara berkelompok atau individu siswa menjelasakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah sebagai man yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·    Mengerjakan tugas mandiri/ struktur, mengakaji dan berdiskusi tentang implementasi serta mengidentifikasi macam-macam nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13
·  Menjelaskan car-cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam Q.S Az-Zuhruf: 9-13 dan Q.S Al-Ankabuut: 17
·  Menerapkan rasa syukur atas nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari
Kuis







Kuis
3x40
Menit
Al-Qur’an dan terjemahan Al-Qur’an dan tafsir ilmu tafsir Manna’ Qathan


Mengetahui :
Kepala MAN





NIP.
........,  Juli 2013
Guru Mata Pelajaran








Komentar

Postingan Populer