Khutbah jumat | 28 Rajab 1437 H | Dimensi Isra' dan Mi'raj | di Mesjid taqwa Pampangan
§
الْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِي
أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ
الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ
السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
أَشْهَدُ
أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ
وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
§
اَللَّهُمَّ
صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ
أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ
§
فَيَا
أَيُّهَا الْحَاضِرُوْن رَحِمَكُمُ اللهُ, أُوْصِكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ
فَقَدْ فَازَ اْلمُتُّقُوْنَ, إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ
إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
قَالَ
اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ اْلعَظِيْمِ : يَا أَيُّهَا اَّلذِيْنَ أَمَنُوْا
إِتَّقُوْا اللهَ وَابْتَغُوْا اْلوَسِيْلَةَ وَجَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ
لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. أَمَّابَعْدُ
ISRA’ DAN
MI’RAJ
(Jumat
tanggl 28 Rajab 1437 H)
سُبْحَانَ
الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى
الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا
إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Isra’ adalah berjalan pada waktu malam,
perjalanan Nabi Muhammada SAW pada malam hari dari Masjidil haram di Makkah ke
masjidil aqsha di Yerussalem (Palestina)
Mi’raj adalah tangga untuk naik, naik
Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aksha langit terus ke baitul makmur, sidratul
muntaha, arasy dan menerima wahyu dari allah.
Di dalam Isra’ mi’rat tersimpul pesan yang berdimensi :
1.
Insaniah
2.
Ilahiah
Hal itu terlihat sebelum Rasulullah
diisra’kan dan dimi’ratkan. Beliau lebih dahulu mengalami pembedahan dengan
maksud membersihakan batin Nabi dari sifat – sifat Mazmumah (tercela), :
a.
Sifat-sifat penghalang Hablum minan nan an-nas seperti :
sifat Hasud, Iri, bakhil dsb
Sifat-sifat ini juga penyebab terjadinya tragedi
kemanusiaan
Iri : Tidak senang orang lain mendapat nikmat
Hasad
(dengki) :Menginginkan nikmat yang diperolehi oleh orang
lain hilang atau berpindah kepadanya.
Bakhil : Menahan haknya daripada dibelanjakan atau
digunakan kepada jalan yang dituntut oleh agama.
b.
Sifat-sifat penghalang Hablum minan nanallah seperti riya’, ujub, dsb
Riya’
: Memperlihatkan dan menunjuk-nunjuk amalan
kepada orang lain.
‘Ujub (bangga diri):
Merasai atau menyangkakan dirinya
lebih sempurna
Kaum Muslimin Rahimakumullha
Setelah proses pembedahan selesai,
selanjutnya Nabi diisra’kan dan dimi’rajkan, untuk menerima lansung kewajiban
salat lima waktu. Ini menunjukkan betapa pentingnya salat dan betapa besarnya
hikmah serta manfaat salat itu bagi manusia. Karena salat merupakan mi’rajnya
orang beriman sekaligus sebagai latihan rohani batin manusia agar dapat
membangun Hablum minan nanalla dan
Hablum minan nan an-nas, karena ini menjadi
tolak ukur jati diri kemuliaan manusia, sebagaimana firman Allah :
ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا
بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ
Mereka diliputi kehinaan di mana saja
mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali
(perjanjian) dengan manusia
(Ali Imbran : 112)
Kaum Muslimin Rahimakumullha
Dalam
sabda Nabi disebutkan : “salat itu adalah kunci segala kebaikan” ini
mengandung makna bahwa dari salat akan terpancar kesadaran untuk berbuat baik,
memberi manfaat kepada sesama insan dan bangkit rasa tunduk kepada Allah SWT.
Selain
itu salat juga merupakan kekuatan yang dapat melawan kejahatan dan kekejian
sebagaimana firman Allah :
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ
الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِوَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat
itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya
mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat
yang lain).
(al-Ankabut : 45)
Sesungguhnya beruntunglah orang yang
membersihkan diri (dengan beriman), 15. dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia
sembahyang. (al-a’laa : 14-15)
§
الْحَمْدَ
لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ
بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ
اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
أَشْهَدُ
أَنْ لَا إِلَهَ إِلّاَ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ
سَيِّدَنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
§
اَللَّهُمَّ
صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ النَّبِيِ اْلأُمِّي
وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْن. أَمَّا بَعْدُ
§
فَيَا عِبَادَ
الله, إِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهَوا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَرَ,
فَقَالَ اللهُ تَعَالَى وَلَمْ يَزَلْ قَائِمًا . إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ
يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَاأَيُّهَا اَّلذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ
وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ, وَارْضَ عَنْهُمْ
بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.
§
اَلَّلهُمَّ
اغْفِرْلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ
اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ,
رَبَّنَا
اغْفِرْلَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَ بِاْلإِيْمَانِ
وَلَاتَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلَّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ
رَؤُفُ الرَّحِيْمِ
عِبَادَ
اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِى
اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ
لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, اُذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ
وَاسْئَلَوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَيَهْدِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر.
Komentar
Posting Komentar