Khutbah jumat | 28 Rajab 1437 H | Dimensi Isra' dan Mi'raj | di Mesjid taqwa Pampangan



§       الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
§       اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ
§       فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْن رَحِمَكُمُ اللهُ, أُوْصِكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ اْلمُتُّقُوْنَ, إِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ اْلعَظِيْمِ : يَا أَيُّهَا اَّلذِيْنَ أَمَنُوْا إِتَّقُوْا اللهَ وَابْتَغُوْا اْلوَسِيْلَةَ وَجَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. أَمَّابَعْدُ

ISRA’ DAN MI’RAJ
(Jumat tanggl 28 Rajab 1437 H)
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Isra’ adalah berjalan pada waktu malam, perjalanan Nabi Muhammada SAW pada malam hari dari Masjidil haram di Makkah ke masjidil aqsha di Yerussalem (Palestina)
Mi’raj adalah tangga untuk naik, naik Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aksha langit terus ke baitul makmur, sidratul muntaha, arasy dan menerima wahyu dari allah.
Di dalam Isra’  mi’rat tersimpul pesan yang berdimensi :
1.      Insaniah
2.      Ilahiah
Hal itu terlihat sebelum Rasulullah diisra’kan dan dimi’ratkan. Beliau lebih dahulu mengalami pembedahan dengan maksud membersihakan batin Nabi dari sifat – sifat Mazmumah (tercela), :
a.      Sifat-sifat penghalang Hablum minan nan an-nas seperti : sifat Hasud, Iri, bakhil dsb
Sifat-sifat  ini juga penyebab terjadinya tragedi kemanusiaan
Iri : Tidak senang orang lain mendapat nikmat
Hasad (dengki) :Menginginkan nikmat yang diperolehi oleh orang lain hilang atau berpindah kepadanya.
Bakhil : Menahan haknya daripada dibelanjakan atau digunakan kepada jalan yang dituntut oleh agama.
b.      Sifat-sifat penghalang Hablum minan nanallah  seperti riya’, ujub, dsb
Riya’ : Memperlihatkan dan menunjuk-nunjuk amalan kepada orang lain.
‘Ujub (bangga diri):  Merasai atau menyangkakan dirinya lebih sempurna

Kaum Muslimin Rahimakumullha
Setelah proses pembedahan selesai, selanjutnya Nabi diisra’kan dan dimi’rajkan, untuk menerima lansung kewajiban salat lima waktu. Ini menunjukkan betapa pentingnya salat dan betapa besarnya hikmah serta manfaat salat itu bagi manusia. Karena salat merupakan mi’rajnya orang beriman sekaligus sebagai latihan rohani batin manusia agar dapat membangun  Hablum minan nanalla dan Hablum minan nan an-nas, karena ini menjadi tolak ukur jati diri kemuliaan manusia, sebagaimana firman Allah :
ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ
Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia (Ali Imbran : 112)
Kaum Muslimin Rahimakumullha
Dalam sabda Nabi disebutkan : “salat itu adalah kunci segala kebaikan” ini mengandung makna bahwa dari salat akan terpancar kesadaran untuk berbuat baik, memberi manfaat kepada sesama insan dan bangkit rasa tunduk kepada Allah SWT.
Selain itu salat juga merupakan kekuatan yang dapat melawan kejahatan dan kekejian sebagaimana firman Allah :
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِوَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). (al-Ankabut : 45)
 قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى (14) وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى (15)
Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), 15. dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang. (al-a’laa : 14-15)

§     الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلّاَ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
§     اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ النَّبِيِ اْلأُمِّي وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْن. أَمَّا بَعْدُ
§     فَيَا عِبَادَ الله, إِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهَوا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَرَ, فَقَالَ اللهُ تَعَالَى وَلَمْ يَزَلْ قَائِمًا . إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَاأَيُّهَا اَّلذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّْمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ, وَارْضَ عَنْهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.
§     اَلَّلهُمَّ اغْفِرْلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ,
رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَ بِاْلإِيْمَانِ وَلَاتَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلَّا لِلَّذِيْنَ اَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُفُ الرَّحِيْمِ
عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِى اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشَاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ, اُذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْئَلَوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَيَهْدِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر.

Komentar

Postingan Populer