Aqidatul Islam | Sifat 20 yang wajib bagi Allah SWT
KATA PENGANTAR
بسم
الله الرحمن الرحيم
Berkat limpahan rahmat, hidayah dan inayah
dari Allah SWT., Alhamdulillah Penulis telah selesai membukukan tausiah
yang penulis sampaikan di Majelis Ta’lim Masjid Istiqamah Pampangan dan Masjid
Nurussa’adah Lubuk Begalung Padang. Tausiah ini bertema Aqidatul Islam, sub
materi sifat-sifat Allah yang 20 yang wajib bagi Allah SWT, dengan landasan kitab
kitab dasar pembelajaran tauhid di pondok pesantren-pondok perantren ahlisunnah
waljamah. Tausiah ini disampaikan 4 bulan dengan empat kali pertemuan, mulai
bulan januari sampai Mei 2016.
Harapan penulis, semoga tulisan ini bisa
bermanfaat bagi jamaah sehingga dapat dibaca-baca kembali apa yang telah di
sampaikan ketika Majelis Ta’lim ba’da Maghrib sampai isa dalam pertemuan sekali
sebulan.
Penulis menyadari, terdapat kelemahan,
kekurangan dalam penulisan. Koreksi konstruktif dari berbagai pihak sangat
penulis tunggu demi penyempurnaan buku ini. Kepada Allah SWT penulis mohon
Ridha-Nya, ampun-Nya.
Padang, 27 Mei 2016
Penulis
Eri Gusnedi, P.St., M.A
A Q I D A T
U L I S L A M
disampaikan
oleh:
ERI
GUSNEDI, P.St., M.A.
الـمُــــــقَدِّمَةُ
وَتَشْتَمِلُ
عَلَى أَرْبَعِ مَسَائِلَ
PENGANTAR AKIDAH ISLAMIYYAH
Terdiri atas 4 masalah
س:
مَا مَعْنَى اْلعَقِيْدَةِ اْلاِسْلَامِيَّةِ
ج:
اْلعَقِيْدَةُ اْلاِسْلَامِيَّةُ هِيَ اْلأُمُوْرُ الَّتِي يَعْتَقِدُهَا أَهْلُ
اْلإِسْلَامِ أَيْ يَجْزِمُوْنَ بِصِحَّتِهَا.
Soal Apakah
makna 'aqidah
Islamiyyah ?
Jawab 'Aqidah Islamiyyah ialah perkara2 yg wajib diyakini oleh orang Islam yakni hal hal yg diyakini secara mantap oleh
orang Islam akan
kebenarannya
س:
مَا مَعْنَى اْلإِسْلَامِ
ج:
اَلْإِسْلَامُ هُوَ اْلإِقْرَارُ بِاللِّسَانِ وَ التَّصْدِيْقِ بِاْلقَلْبِ
بِأَنَّ جَمِيْعَ مَا جَاءَ نَبِيِّنَا محمد ص.م حَقٌّ وَصِدْقٌ.
Soal Apakah
makna Islam ?
Jawab Islam adalah mengucapkan dengan
lisan
(Bershahadat),
Membenarkan dengan hati
bahwa segala sesuatu yg dibawa oleh
Nabi
Muhammad Shallallaahu 'Alihi Wasallam
itu
haq dan benar.
س:
مَا أَرْكَانُ اْلعَقِيْدَةِ اْلاِسْلَامِيَّةِ ؟
ج:
أَرْكَانُ اْلعَقِيْدَةِ اْلاِسْلَامِيَّةِ سِتَّةُ اَشْيَاءَ, وَهِيَ: الإِيْمَانِ
بِاللهِ تَعَالَى, وَ الإِيْمَانِ بِمَلَائِكَتِهِ وَ الإِيْمَانِ بِكُتُبِهِ وَ الإِيْمَانِ
بِاْليَوْمِ اْلآخِرِ, وَ الإِيْمَانِ بِاْلقَدَرِ.
Soal Apakah
rukun2 Akidah Islamiyyah atau asas2nya ?
Jawab Rukun2 akidah Islamiyyah ada 3nam perkara :
1. Beriman kepada Allah Ta'ala
2. Beriman kepada Malaikat Allah
3. Beriman kepada Kitab yg diturunkan
Allah
4. Beriman kepada Utusan2
Allah
5. Beriman kepada hari Kiamat
6. Beriman kepada ketentuan Allah, baik yg baik
maupun yg buruk
البحث
الأول
في
الإِيْمَانِ بالله تَعَالَى
PEMBAHASAN PERTAMA
IMAN KEPADA ALLAH SUBHAANAHU WATA'ALA
س:
كَيْفَ اْلإِيْمَانُ بِاللهِ تَعَالَى إِجْمَالًا
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مُتَّصِفٌ بـِجَمِيْعِ صِفَاتِ اْلكَمَالِ وَمُنَزَّهٌ عَنْ
جَمِيْعِ صِفَاتِ النُّقْصَانِ.
Soal Bagaimana cara beriman kepada Allah
Subhaanahu Wata'ala ?
Jawab
Yaitu hendaklah
meyakini bahwa Allah
Subhaanahu Wata'ala
memiliki segala sifat yg sempurna dan
jauh dari
sifat kekurangan.
س:
كَيْفَ اْلإِيْمَانُ بِاللهِ تَعَالَى تَفْصِيْلًا؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مَوْصُوْفٌ بِاْلوُجُوْدِ وَاْلقِدَمِ
وَاْلبَقَاءِ وَالْمُخَالَفَةِ لِلْحَوَادِثِ وَاْلقِيَامُ بِنَفْسِهِ وَاْلوَحْدَانِيَّةِ
وَالْحَيَاةِ وَاْلعِلْمِ وَالْقُدْرَةِ وَاْلاِرَادَةِ وَالسَّمْعِ وَاْلبَصَرِ وَاْلكَلَامِ
وَأَنَّهُ حَيٌّ, عَلِيْمٌ, قَادِرٌ, مُرِيْدٌ, سَمِيْعٌ, بَصِيْرٌ, مُتَكَلِّمٌ.
Soal
Bagaimana cara beriman kepada Allah
Subhaanahu Wata'ala secara
lebih rinci ?
Jawab
Hendaklah
meyakini bahwa Allah Subhaanahu Wata'ala memiliki
sifat : Wujud (Ada), Qidam (dahulu), Baqa (Kekal), Mukhaalafatu Lilhawaadits (Berbeda dengan Makhluk), Qiyaamuhu Binafsih (Mandiri dan tidak
membutuhkan yg lain), Wahdaaniyyah (Maha Esa),
Hayah (Hidup), 'Ilm (Mengetahui), Qudrah (Berkuasa), Iraadah
(Berkehendak), Sama' (Mendengar), Bashar (melihat), Kalam
(Berbicara). Dan
meyakini
bahwasanya
Allah
itu
adalah Al Hayyu (Maha Hidup), 'Aliimun (Maha Mengetahui), Qaadirun (Maha
Berkuasa), Muriidun (Maha Berkehendak) Samii'un (Maha Mendengar) Bashiirun (Maha
Melihat) dan Mutakallimun (Maha
Berbicara)
س:
كَيْفَ اْلِاعْتِقَادُ بِاْلوُجُوْدِ لله تَعَالَى؟
ج: هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى مَوْجُوْدٌ
وَأَنَّ وُجُوْدَهُ بِذَاتِهِ لَيْسَ بِوَاسِطَةِ شَيْءٍ, وَأَنَّ وُجُوْدَهُ وَاجِبٌ
لاَ يُمْكِنُ أنْ يَلْحَقَهُ عَدَمٌ.
Soal
Bagaimana cara meyakini Wujud (Keberadan) Allah
?
Jawab
Hendaklah
meyakini bahwa Allah itu ada, dan
keberadaanNya DzatNya
itu ada dengan sendirinya tanpa
memerlukan wasilah atau perantara.
Dan meyakini bahwa keberadaanNya itu wajib
adanya, tidak mungkin Dia pernah tiada.
اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمْا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ مَا لَكُمْ
مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا شَفِيعٍ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ (سجدة: 4)
س:
كَيْفَ اْلِاعْتِقَادُ بِالقِدَمِ للهِ تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى قَدِيْمٌ, أَعْنِى أَنَّهُ مَوْجُوْدٌ
قَبْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَأَنَّهُ لَـمْ يُمْكِنْ مَعْدُوْمًا فِيْ وَقْتٍ مِنَ اْلأَوْقَاتِ
وَأَنَّ وُجُوْدَهُ لَيْسَ لَهُ أَوَّلٌ بِخِلَافِ عُمَرَ مَثَلًا فَوُجُوْدُهُ لَهُ
أَوَّلٌ وَهُوَ خَلْقُ النُّطْفَةِ الَّتِي خَلَقَ مِنْهَا.
Soal Bagaimana cara meyakini Dahulu
(Qidam)
nya Allah ?
Jawab Hendaklah
kita meyakini
bahwasanya Allah itu Maha Dahulu
adaNya,
yakni
Allah
itu ada sebelum adanya sesuatu selainNya, dan
bahwasanya Dia
tidak terikat waktu dan
keberadaanNya tanpa awal
هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآَخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ
بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ( الحديد: 3)
Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan
Yang Bathin[1452]; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
[1452].
Yang dimaksud dengan: Yang Awal ialah, yang telah ada sebelum segala
sesuatu ada, Yang Akhir ialah yang tetap ada setelah segala sesuatu
musnah, Yang Zhahir ialah, Yang nyata adanya karena banyak bukti-
buktinya dan Yang Bathin ialah yang tak dapat digambarkan hikmat zat-Nya
oleh akal
س:
كَيْفَ اْلِاعْتِقَادُ بالبقاء لله تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى بَاقٍ, وَأَنَّ بَقَاءَهُ لَيْسَ لَهُ
نِهَايَة فَمَعْنَى كَوْنه تَعَالَى بَاقِيًا أَنَّهُ لَا آخِر لِوُجُوْدِهِ
Soal
Bagaimana cara meyakini Kekekalan
(Baqa') Allah ?
Jawab
Hendaklah meyakini bahwasanya Allah itu Dzat yg kekal abadi dan kekekalanNya tersebut tanpa batas akhir.
Dan hendaklah meyakini
bahwasanya Dia tidak
pernah berubah sama sekali serta Dia tidak
pernah bersifat
tiada
pada pada waktu tertentu (kekekalanNya tidak terikat ruang dan waktu).
وَلَا تَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آَخَرَ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ
كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ (القصص:
88)
Janganlah kamu sembah di samping
(menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak
disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah.
Bagi-Nyalah segala penentuan, dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِمُخَالَفَتِهِ تَعَالَى لِلْحَوَادِثِ, أَيِ اْلـمَخْلُوْقَاتِ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى لَايُشَابِهُهَ شَيْءٌ: لَا فِيْ ذَاتِهِ
وَلَا فِيْ صِفَاتِهِ وَلَا فِيْ أَفْعَالِهِ.
Soal Bagaimana
cara meyakini
bahwa
Allah itu bersifat
Mukholafatu
Lil
Hawaadits (Berbeda
dengan segala hal yg baru / makhluk
)?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah
tidak menyerupai sesuatu pun,
baik DzatNya, sifatNya maupun
perbuatanNya
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِمُخَالَفَةِ ذَاتِهِ سُبْحَانَهُ لِلْحَوَادِثِ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ ذَاتَ اللهِ سُبْحَانَهُ وتَعَالَى لاَ تُشَابِهُ
شَيْئًا مِنَ اْلـمَخْلُوْقَاتِ بِوَجْهِ مِنَ اْلوُجُوْهِ, فَكُلُّ مَا تَرَاهُ
أَوْ يـَخْطُرُ بِبَالِكَ, فَاللهُ لَيْسَ كَذَالَكَ, (لَيْسَ
كَمِثْلِهِ شَيْءٌ)
Soal Bagaimana
cara meyakini
bahwa
Dzat
Allah itu
berbeda dengan
segala hal yg baru
/ makhluk ?
Jawab Hendaklah
meyakini bahwasanya Dzat Allah
itu
tidaklah
sama
dengan makhluk ciptaanNya, berupa
wajah misalnya. Segala
hal yang kita lihat
atau bayangkan dalam hati maka Allah tidaklah
seperti bayangan tersebut.
Laitsa Kamitslihi Syaiun (Tiada
satupun yg serupa denganNya)
“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang
Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syura, 11)
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِأَنَّ صِفَاتِهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى مـُخَالِفَةٌ
لِصِفَاتِ اْلحَوَادِثِ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ عِلْمَ اللهِ تَعَالَى لَايُشَابِهُ عِلْمَنَا,
وَأَنَّ قُدْرَتَهُ لَايُشَابِهُ قُدْرَتَنَا, , أَنَّ إِرَادَتَهُ لَايُشَابِهُ
إِرَادَتَنَا, وَ أَنَّ حَيَاتَهُ لَايُشَابِهُ حَيَاتَـنَا, وَأَنَّ سَمْعَهُ
لَايُشَابِهُ سَمْعَنَا, وَأَنَّ بَصَرَهُ لَايُشَابِهُ بَصَرَنَا, وَأَنَّ
كَلَامَهُ لَايُشَابِهُ كَلَامَـنَا.
Soal Bagaimana
cara meyakini
bahwa Sifat Allah itu
berbeda dengan sifat segala hal yg baru
/ makhluk ?
Jawab Hendaklah meyakini bahwasanya 'ilmu (pengetahuan)
kita
tidak
sama dengan pengetahuan Allah, Qudrah
(Kekuasaan) kita tidak
sama
dengan kekuasaan Allah, Iradah (kehendak)
kita tidak sama dengan kehendak Allah, Hayah (sifat hidup) kita tidak sama dengan sifat hidupnya Allah,
sifat
mendengar (Sama') kita tidak sama dengan sifat mendengar Allah, Bashar (sifat melihat) kita tidak sama dengan
pendengaran Allah dan Kalam (sifat berbicara)
kita tidak sama dengan
sifat kalam Allah.
س:
كَيْفَ اْلاِعْتِقَادُ بِأَنَّ أَفْعَالَ اْلـمَوْلَى سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى مُخَالَفَةٌ لِأَفْعَالِ اْلحَوَادِثِ ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ أَفْعَالَ اْلـمَوْلَى سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى لَا
تُشَابَهُ أَفْعَالَ شَيْءٍ مِنَ اْلـمَوْجُوْدَاِت. لِأَنَّ المـَوْلَى
سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَفْعَلُ اْلأَشْيَاءَ بِلَا وَاسِطَةٍ وَلَا آلَةٍ "إِنَّمَا
أَمْرُهُ اِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ" وَأَنَّهُ
لَا يَفْعَلُ شَيْئًا لِاحْتِيَاجِهِ إِلَيْهِ, وَأَنَّهُ لَا يَفْعَلُ شَيْئًا
عَبَثًا أَيْ بِغَيْرِ فَائِدَةٍ لِأَنَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى حَكِيْمًا.
Soal Bagaimana cara meyakini bahwa Perbuatan
Allah
itu berbeda
dengan perbuatan segala
hal
yg baru / makhluk ?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya perbuatan Allah Subhanahu Wata'ala tidak serupa dengan
perbuatan
makhluqNya,
karena Dia dalam berbuat sesuatu tidak membutuhkan perantara maupun alat.
Firman
Allah
dalam surat yasin
Ayat 82 :
Sesungguhnya
perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu
hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka
terjadilah ia.
Dan hendaklah meyakini, bahwasanya Allah menciptakan sesuatu tidak berarti
karena Dia membutuhkannya. Juga kita harus meyakini bahwa Dia tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia atau
tanpa guna, karena
Dia bersifat Maha
Bijaksana.
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِقِيَامِهِ تَعَالَى بِنَفْسِهِ ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ
سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى لاَ يـَحْتَاجُ إِلَى شَيْءٍ مِنَ اْلأَشْيَاءِ: فَلَا
يَحْتَاجُ إِلَى مَكَانٍ وَلَا إِلَى مَحَالٍ وَلَا إِلَى شَيْءٍ مِنَ
اْلـمَخْلُوْقَاتِ أَصْلًا. وَكُلُّ شَيْءٍ مُحْتَاجٌ إِلَيْهِ سُبْحَانَهُ
وَتَعَالَى.
Soal Bagaimana cara meyakini Kemandirian Allah
(Qiyamuhu Binafsihi)
?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah Subhaanahu Wata'ala tidak membutuhkan sesuatu apapun, Dia tidak butuh tempat dan tidak
membutuhkan makhluk sama sekali. Dia Maha Kaya dan tidak
membutuhkan apapun, bahkan segala sesuatu lah yang membutuhkan
Allah
Subhaanahu Wata'ala
Al-ankabut
6
…إِنَّ اللَّهَ لَغَنِيٌّ
عَنِ الْعَالَمِينَ
“…..Sesungguhnya Allah benar-benar
Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِحَيَاتِهِ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى حَيٌّ وَأَنَّ حَيَاتَهُ سُبْحَانَهُ
لَيْسَتْ كَحَيَاتِنَا: فَإِنَّ حَيَاتَنَا بِوَسَائِطَ كَجَرَيَانِ الدَّمِ
وَالنَّفَسِ. وَحَيَاةُ اللهِ سُبْحَانَهُ لَيْسَتْ بِوَاسِطَةِ شَيْءٍ, وَهِيَ
قَدِيْمَةٌ بَاقِيَةٌ لَا يَلْحَقُهَا اْلعَدَمُ وَالتَّغْيِرُ أَصْلًا.
Soal Bagaimana cara meyakini Kehidupan Allah (Hayah) ?
Jawab
Hendaklah kita meyakini
bahwasanya Allah Subhaanahu Wata'ala Maha Hidup dan
bahwa kehihidupan Allah tidak seperti hidup kita.
Karena sesungguhnya kehidupan kita membutuhkan
perantara seperti
mengalirnya darah dan nafas
sedangkan kehidupan Allah tanpa memerlukan apapun.
Kehidupan Allah
itu
bersifat dahulu
(Qodim),
kekal (Baqo') dan kehidupanNya tiada
pernah hilang maupun berubah sama sekali.
وَتَوَكَّلْ عَلَى الْحَيِّ الَّذِي
لَا يَمُوتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهِ وَكَفَى بِهِ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا ( al-Furqan
58 )
“Dan bertawakkallah kepada Allah
yang hidup (kekal) Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan
cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.”
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بِوَحْدَانِيَةِ اللهِ تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى وَاحِدٌ لَيْسَ لَهُ شَرِيْكٌ وَلَا
نَظِيْرٌ وَلَامُمَاثِلٌ وَلَا ضِدٌّ وَلَا مُعَانِدٌ.
Soal Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu bersifat Wahdaniyyah (Maha
Esa) ?
Jawab Hendaklah
kita meyakini
bahwasanya Allah itu Satu
dan
tidak memiliki teman atau sekutu.
Tidak ada yg menyamai maupun menyerupaiNya.
Tiada
lawan yg sebanding
maupun penggantiNya
لَوْ كَانَ فِيهِمَا آَلِهَةٌ إِلَّا
اللَّهُ لَفَسَدَتَا فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ (( Al-Anbiyak 22
“Sekiranya ada di langit dan di
bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka
Maha Suci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.”
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (( Al-Ikhlas 1 Katakanlah: "Dia-lah
Allah, Yang Maha Esa
س: كَيْفَ الاِعْتِقَادُ
بعلم الله تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى موصوف بالعلم وأنه بكل شيء عليم: يعلم
الأشياء كلّها ظاهرها وباطنها, ويعلم عدد حبّلت الرمل وعدد قطرات الـمطر و أوراق
الشجرو ويعلم السرّ وأخفى. لا تخفى عليه خافية, وعلمه ليس بمكتسب, بل يعلم الأشياء
في الأزل قبل وجودها.
Soal
Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu bersifat 'Ilm (Maha Berpengetahuan)
?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah
itu memiliki sifat Maha Berpengetahuan
dan Dia Maha
Mengetahui segala
sesuatu. Mengetahui
segala hal,
baik yang tampak maupun yg tidak. Dia
mengetahui jumlah pasir, titik air hujan maupun daun pepohonan. Dia
Mengetahui hal yg rahasia
maupun yg jelas. Tidak
ada
yg bisa bersembunyi dari Nya. Dan
hendaklah kita meyakini bahwasanya
pengetahuan Allah itu tidak membutuhkan usaha meraihnya, namun pengetahuan Allah akan segala sesuatu itu telah ada sejak
zaman azali sebelum sesuatu
itu
ada
Al-Baqarah
231
وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ
اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
“…Dan bertakwalah kepada Allah
serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
Al-Hujurat
18
إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ غَيْبَ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
“Sesungguhnya Allah mengetahui apa
yang ghaib di langit dan bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بإرادة الله تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى موصوف بالإرادة وأنه مريد لايقع شيء
إلا بإرادته: فأيّ شيء أراده كان, وأيّ شيء لم يريده فإنه لايمكن أَنْ يَكُوْنَ.
Soal
Bagaimana
cara meyakini
bahwa
Allah
itu Maha
Berkehendak
(Iradah)?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwa Allah itu memiliki sifat Iradah (Maha
Berkehendak) dan Dia lah segala tujuan, tidak
ada sesuatupun yg
dapat terjadi tanpa
kehendak Nya. Maka apa saja yang Dia kehendaki maka akan terjadi
dan apapun yg tiada dikehendakiNya, maka tidak
mungkin akan ada atau terjadi.
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بسمع الله تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى موصوف بالسمع وأنه يسمع كلّ شيء سرّا
كان أو جهرا, لكنّ سمعه سبحانه وتعالى ليس كسمعنا فإنّ سمعنا بواسطة الأذن, وسمعه
سبحانه ليس بواسطة شيء.
Soal Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu
Maha Mendengar (Sama')?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah itu bersifat
Maha
Mendengar dan sesungguhnya Allah mendengar segala sesuatu
baik
nampak atau pun yg tersembunyi. Namun, pendengaran Allah Subhanaahu Wata'ala tidak seperti pendengaran kita , karena pendengaran kita sebagai makhluk memerlukan alat perantara berupa telinga
sedangkan pendengaran Allah
tanpa memerlukan perantara apapun.
Al-Maidah
76
قُلْ أَتَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ
مَا لَا يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا وَاللَّهُ هُوَ السَّمِيعُ
الْعَلِيمُ
“Katakanlah: "Mengapa kamu
menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat
kepadamu dan tidak (pula) memberi manfaat?" Dan Allah-lah Yang Maha
Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ ببصر الله تَعَالَى؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ تَعَالَى موصوف بالبصر وأنه بكل شيء بصير, يبصر
حتّى النملة السوداء في الليلة الظلماء وأصغر من ذلك, لايخفى عن بصره شيء في ظاهر
الأرض وباطنها, وفوق السماء وما دونها, لكن بصره تَعَالَى ليس كبصرنا: فإن بصرنا
يكون بواسطة العين, وبصره تَعَالَى ليس بواسطة شيء.
Soal Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu
Maha Melihat (Bashar)?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwasanya Allah itu bersifat Maha Melihat,
dan Dia Maha Melihat atas segala sesuatu. Dia Maha Melihat hingga
semut hitam kecil berjalan di malam
gelap gulita sekalipun, bahkan
yg lebih
kecil dari itu
(atom). Tidak ada
yg dapat bersembunyi dari penglihatan Allah, baik yg ada di bumi maupun di luarnya, baik yg ada di langit maupun di luarnya. Namun, penglihatan Allah berbeda dengan
kita
sebagai makhluk. Sesungguhnya penglihatan kita membutuhkan
perantara yakni
mata, sedangkan penglihatan Allah tanpa
membutuhkan alat perantara
Asy-Syura,
11
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ
السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang
Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy-Syura, 11)
س:
كَيْفَ الاِعْتِقَادُ بكلامه الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى ؟
ج:
هُوَ أَنْ نَعْتَقِدَ أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ موصوف بالكلام وأن كلامه لايشبه
كلامنا: فإن كلامنا مخلوق فينا وبواسطة آلة من فم ولسان وشفتين, وكلامه
سُبْحَانَهُ ليس كذلك.
Soal Bagaimana cara meyakini bahwa Allah itu
Maha Berbicara (Kalam)?
Jawab Hendaklah kita meyakini bahwa Allah itu bersifat Maha Berbicara. Akan
tetapi kalam Allah tidak sama dengan kita sebagai makhluk Nya.
Sesungguhnya pembicaraan kita diciptakan
dalam diri kita dan
membutuhkan alat perantara berupa
mulut, lidah serta kedua
bibir. Sedangkan
Kalam
Allah tidak
seperti itu (tidak
butuh alat perantara)
Annisa’
164
…وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا
“…Dan
Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.”
Komentar
Posting Komentar