SILABUS SKI KELAS VII MTS KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Satuan Pendidikan     : Madrasah Tsanawiyah                                Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam                                       Kelas   : VII (tujuh) Ganjil

Kompetensi Inti          :
(K1)
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2)
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3)
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4)
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt. untuk membangun umat.
1.2     Meyakini misi  dakwah Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
1.3     Meyakini kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah dan Medinah
1.4     Menghayati nilai-nilai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah



Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian.

Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan keyakinan.
Penilaian Sejawat:
Guru menyiapkan pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan

Jurnal-catatan Anecdot :
Rekam jejak anak dalam kegiatan sehari-hari



2.1.   Membiasakan sikap mandiri sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan   
2.2.   Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta.
2.3.   Meneladani sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah.
2.4.   Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw.




Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian.

Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan keyakinan.
Penilaian Sejawat:
Guru menyiapkan pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan

Jurnal-catatan Anecdot :
Rekam jejak anak dalam kegiatan sehari-hari



3.1 Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan




















4.1.Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan







3.1.1 Menjelaskan  peta wilayah Jazirah Arab
3.1.2 Menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat Mekah sebelum mengenal Islam
3.1.3 Mengindentifikasi kondisi sosial masyarakat Medinah sebelum mengenal Islam
3.1.4 Menganalisis  prioritas dakwah  Nabi saw di Mekah dan Madinah
3.1.5 Menyimpulkan usaha Nabi Muhammad   dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi

4.1.1 Menceritakan sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

Sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
      Mengamati
-        Menyimak penjelasan guru tentang Dakwah Nabi Muhammad SAW.
-        Mengamati gambar peta wilayah Jazirah Arab  periode Nabi Muhammad SAW.
-        Mengamati film berkaitan dengan  Dakwah Nabi Muhammad SAW
      Menanya
-          Memberikan tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW  
-          Mengajukan pertanyaan terkait gambar peta wilayah Jazirah Arab  periode Nabi Muhammad SAW dan film tentang dakwah Nabi Muhammad .Saw.
      Mengeksplorasi
-      Mendiskusikan tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah
-      Mendiskusikan tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW.  Periode Medinah
      Mengasosiasi
-      Merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah, Medinah dan usaha Nabi Muhammad dalam membangun  masyarakat   melalui  kegiatan ekonomi dan perdagangan.
      Mengkomunikasikan:
-      Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan tema masing-masing
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·     Tes tulis
·     Lisan

         
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

3.2 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat





















4.2. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat


















3.2.1. Menjelaskan prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekkah
3.2.2.  Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. Medinah
3.2.3.  Menganalisis  bentuk-bentuk perjanjian yang pernah dilakukan Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.4.  Mengevaaluasi  tujuan dan manfaat  dibentuknya perjanjian oleh Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.5.Menyimpulkan  misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta,

4.2.1. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

Misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
      Mengamati
-        Menyimak  penjelasan guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW
-        Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam  periode Nabi Muhammad SAW
      Menanya
-      Memberikan tanggapan/  respon terhadap penjelasan guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW  
      Mengeksplorasi
-        Mendiskusikan tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah  dan Medinah
-        Mendiskusikan misi Nabi Muhammad dalam membangun  masyarakat   melalui  kegiatan ekonomi dan perdagangan
      Mengasosiasi
-        Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah, Medinah dan usaha Nabi Muhammad dalam membangun  masyarakat   melalui  kegiatan ekonomi dan perdagangan
-        Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
      Mengkomunikasikan:
-        Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema masing-masing

Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§  Keaktifan dalam  diskusi
§  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan

Tes
·     Tes tulis
·     Lisan


4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet


3.3 Memahami  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah




















4.3. Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah













3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum Islam datang
3.3.2Mengidentifikasi keadaan masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang
3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah
3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan Medinah
3.2.5. Menyimpulkan  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw

4.3.1Menyusun peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah


Strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah















      Mengamati:
-      Mencermati bacaan teks tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
-      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya) :
-      Mengapa Allah memerintahkan dakwah secara sembunyi sembunyi dan terang terangan
-      Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait dengan metode dakwah tersebut
      Mengeksplorasi
-      Peserta didik mendiskusikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
-      Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
-      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
      Mengasosiasi
Menyusun  kesimpulan materi pembelajaran.
      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan/ menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
      Tugas
        Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Observasi
-      Mengamati gambar, berita, artikel tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah melalui lembar pengamatan.
-      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§    isi diskusi
§    sikap yang ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
      Portofolio
-      Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Tes tulis
-      Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  gambar, berita, artikel strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Tes lisan
-      Menjelaskan hasil pengamatan tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

3.4 Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Medinah























4.4 Memaparkan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah dalam bentuk tulis atau lisan.


3.4.1    Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah
3.4.2     Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah
3.4.3     Menganalisis  bentuk-bentuk  ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dihadapi Nabi Muhammad dalam berdakwah
3.4.4    Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah dan Medinah
3.4.5    Menyimpulkan  pola dakwah Nabi Muhammad

4.4.1 Mempresentasikan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekkah dan Medinah
Pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah



















Strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah
      Mengamati
-      Mencermati bacaan teks tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
-      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
      Menanya
      (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-      Mengapa  kita harus mencotoh perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw?
-      Apa yang harus dilakukan oleh orang yang melakukan dakwah Islam?
      Mengeksplorasi
-      Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw.
-      Guru mengamati perilaku  siswa  melalui lembar pengamatan di sekolah.
-      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  siswa di rumah.
      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan/menyampaikan hasil diskusi tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Tugas
        Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Observasi
-      Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku dakwah di  melalui lembar pengamatan di lingkungan masyarakat sekitarnya, misalnya; lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
      Portofolio
-      Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
-      Membuat paparan analisis tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah.
      Tes tulis
-      Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah
      Tes lisan
-      Memaparkan hasil pengamatan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah


4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet




DRAF SILABUS SKI KLS 7 SMT 2
Satuan Pendidikan      : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran           : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                           : VII (tujuh) Genap
Kompetensi Inti          :
(K1)
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2)
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3)
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4)
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.      Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
1.2.      Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah pada masa dinasti bani Umayah.
1.3.      Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan kebudayaan dan peradaban umat.
1.4.      Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz




Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian.

Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan keyakinan.
Penilaian Sejawat:
Guru menyiapkan pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan

Jurnal-catatan Anecdot :
Rekam jejak anak dalam kegiatan sehari-hari



2.1.     Menunjukkan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman mengenai kepemimpinan  Khulafaur Rasyidin
2.2.     Memiliki sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
2.3.     Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman mengenai peran ilmuwan muslim dalam memajukan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah.
2.4.     Menunjukkan perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis




Observasi
Kegiatan ini dilakukan dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian.

Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan keyakinan.
Penilaian Sejawat:
Guru menyiapkan pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan

Jurnal-catatan Anecdot :
Rekam jejak anak dalam kegiatan sehari-hari



3.1.   Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Khulafaur Rasyidin

























4.1.   Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin

3.1.1. Menjelaskan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Abu Bakar Ash Shiddiq RA
3.1.2.  Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Umar bin Khattab RA
3.1.3.  Menganalisis berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Utsman bin Affan RA
3.1.4.  Mendiskripsikan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Ali bin Abi Thalib RA
3.1.5.  Menyimpulkan hikmah kemajuan ummat Islam pada masa Khulafaur Rasyidin

4.1.1.  Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
Kemajuan yang dicapai Khulafaur Rasyidin
      Mengamati
-        Menyimak  penjelasan guru tentang berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa khulafaurrasyidin
        Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam  pada periode khulafaurrasyidin
      Menanya
-      Memberikan tanggapan/  respon terhadap penjelasan guru tentang kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin
      Mengeksplorasi
-        Mendiskusikan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin
-        Mendiskusikan kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam
      Mengasosiasi
-        Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan kemajuan yang dicapai Khulafaur Rasyidin
-        Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
      Mengkomunikasikan:
-        Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema masing-masing
       Tugas
·     Mengidentifikasi 10 bentuk kemajuan yang telah diraih oleh Khulafaur Rasyidin
       Observasi
      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
1.   isi diskusi (risalah dakwah Nabi Muhammad saw)
2.   sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun dan percaya diri.
   Portofolio
        Melaporkan  hasil observasi berupa paparan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Khulafaur Rasyidin
        Membuat paparan analisis dan identifikasi kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Khulafaur Rasyidin
      Tes tulis
        menulis kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
        Menjawab soal-soal tentang kemajuan yang dicapai umat  Khulafaur Rasyidin
      Tes lisan
Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

3.2.   Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
































4.2.   Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa dinasti bani Umayyah.

3.2.1.  Menjelaskan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang sosial budaya
3.2.2.  Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang politik militer
3.2.3. Menganalisis perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang ilmu pengetahuan
3.2.4. Membandingkan kemajuan yang telah dicapai khalifah Al Walid bin Abdul Malik dengan Umar bin Abdul Aziz
3.2.5. Menyimpulkan  perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
4.2.1   Menyusun peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa dinasti bani Umayyah.

Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
      Mengamati
  • Menyimak  penjelasan guru tentang perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
      Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam  pada pada masa dinasti bani Umayyah
      Menanya
-      Memberikan tanggapan/  respon terhadap penjelasan guru tentang kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin
      Mengeksplorasi
-        Mendiskusikan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin
-        Mendiskusikan kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  khulafaurrasyidin
dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam
      Mengasosiasi
-        Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan kemajuan yang dicapai khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal
-        Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
      Mengkomunikasikan:
-        Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema masing-masing
       Tugas
·     Mengidentifikasi bentuk kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah
       Observasi
        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
1.    isi diskusi tentang kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah
2.     sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun dan percaya diri.
   Portofolio
        Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah
        Membuat paparan analisis dan identifikasi kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah
      Tes tulis
        menulis kisah para khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal
        Menjawab soal-soal tentang kemajuan yang dicapai khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal
      Tes lisan
Menceritakan kisah para khalifah pada khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

3.3.   Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.












4.3.   Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim beserta bidang keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah.

3.3.1.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Hadits
3.3.2.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Tafsir
3.3.3.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli bahasa
3.3.4.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli kimia
3.3.5.  Mengambil hikmah dari ilmuwan muslim




4.3.1.  Membuat tabel berkaitan dengan kontribusi tokoh ilmuwan muslim
Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.

      Mengamati
  • Menyimak  penjelasan guru tentang Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.pada masa dinasti bani Umayyah
  • Mengamati peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
      Menanya
        Memberikan tanggapan/  respon terhadap penjelasan guru tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
-       
      Mengeksplorasi
-        Mendiskusikan tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
-        Mendiskusikan peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam
      Mengasosiasi
-        Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
-        Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
      Mengkomunikasikan:
-        Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema masing-masing
       Tugas
          Mengidentifikasi peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
       Observasi
        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
1.   isi diskusi tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
2.   sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun dan percaya diri.
   Portofolio
        Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
        Membuat paparan analisis dan identifikasi peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
      Tes tulis
        menulis peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
        Menjawab soal-soal tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
      Tes lisan
Menceritakan peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah.
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

3.4.  Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis





















4.4.  Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bentuk tulis atau lisan
3.4.1.  Mengidentifikasi sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis
3.4.2.  Menganalisis kesederhanaan dan kezuhudan   Umar bin Abdul Azis
3.4.3.  Mengevaluasi gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.4.4.  Membandingkan sikap toleran dan ketegasan Umar bin Abdul Azis
3.4.5.  Menyimpulkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis


4.4.1.  Menceritakan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz
Sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
      Mengamati
-        Menyimak  penjelasan guru tentang sikap Umar bin Abdul Azis
-        Mengamati gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
      Menanya
-        Memberikan tanggapan/  respon terhadap penjelasan guru tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis Bani Umayyah.
      Mengeksplorasi
-        Mendiskusikan tentang sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis
-        Mendiskusikan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam
      Mengasosiasi
-        Membuat rumusan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
-        Membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
      Mengkomunikasikan:
-        Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema masing-masing
       Tugas
-        Mengidentifikasi sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis

       Observasi
        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
1.   isi diskusi tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
2.   sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun dan percaya diri.
   Portofolio
        Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
          Membuat paparan analisis dan identifikasi tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
      Tes tulis
        menulis sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis.
          Menjawab soal-soal tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
      Tes lisan
Menceritakan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
4 TM
(8X 40)

   Buku  Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag

   Buku  Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag

   Kitab Al-Quran  dan terjamahanya

   Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
   Multimedia interaktif dan Internet

Bandung, 17 Juli 2014
Tim Penyusun Silabus

Komentar

Postingan Populer