SILABUS QURAN HADIS KELAS IV MI KURIKULUM 2013




SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadis
Kelas                           : IV (Empat)
Semester                    : Ganjil
   
Kompetensi Inti         :
KI-1         : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2         : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3         : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4         : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam  tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108)
-
-
-
·       Observasi
·       Penilaian Diri
·       Penilaian Sejawat
·       Jurnal/Catatan
-
-
1.2        Menerima Q.S. al-‘qdiywt (100) sebagai firman Allah SWT.
-
-
-
-
-
1.3         Menerima ketentuan hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
-
-
-
-
-
1.4         Menghayati arti dan isi kandungan hadis tentang niat 
-
-
-
-
-
1.5 Menghayati arti dan isi kandungan hadis tentang takwa
-
-
-


2.1    Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108)
-
-
-
·       Observasi
·       Penilaian Diri
·       Penilaian Sejawat
·       Jurnal/Catatan
-
-
2.2       Terbiasa menghafalkan Q.S. al-‘qdiywt (100)  
-
-
-
-
-
2.3       Terbiasa menerapkan hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
-
-
-
-
-
2.4       Terbiasa mengamalkan isi kandungan hadis tentang niat
-
-
-
-
-
2.5 Membiasakan perilaku takwa dalam kehidupan sehari-hari
-
-
-
-
-
3.1    Memahami arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan  al-Kaufar (108)
4.1    Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108) dengan benar
3.1.1  Menunjukkan arti mufradat Q.S. an-Nasr (110)
3.1.2   Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Kaufar (108)
3.1.3   Menerjemahkan Q.S. an-Nasr (110) 
3.1.4  Menerjemahkan Q.S. al-Kaufar (108)
3.1.5   Menjelaskan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110)
3.1.6  Menjelaskan isi kandungan Q.S. al-Kaufar (108)
4.1.1   Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108) dengan benar
4.1.2   Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108) dengan benar

Surah           an- Nasr dan al-Kaufar

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait isi kandungan surah  an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menyimak bacaan dan mencermati hukum tajwid yang terdapat dalam surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Mencermati lafal, mufradat dan terjemah  surah an- Nasr dan al-Kaufar
·     Membaca surah an-Nasr dan al-Kaufar dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya
·     Meyimak penjelasan terkait isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar melalui tayangan video atau media lainnya.

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menanyakan cara membaca surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menanyakan mufradat dan terjemah surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid dan isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar  

Mengekplorasi
·     Menunjukkan arti mufradat  surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menerjemahkan surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah an- Nasr dan al-Kaufar  
·     Mendiskusikan isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menghafalkan lafal dan terjemah  surah an- Nasr dan al-Kaufar  
·     Guru kordinasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  siswa dalam pengamalan isi kandungan surah an-Nas dan al-Kaufar di rumah.

Mengasosiasi
·     Menulis lafal surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Mengidentifikasi arti surah an-Nasr dan al-Kaufar  
·     Membuat kesimpulan isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar   

Mengkomunikasikan
·     Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah surah an-Nasr dan al-Kaufar     
·     Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar
·     Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Menghafal terjemah surah an- Nasr dan al-Kaufar
·     Membuat rangkuman isi kandungan surah  An-Nasr dan al-Kaufar
·     Membuat kaligrafi surah  An-Nasr dan al-Kaufar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·     Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan.

Kinerja
·     Mendemonstrasikan hafalan terjemaah surah an-Nasr dan al-Kaufar     
·     Presentasi hasil diskusi tentang isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar  

Portofolio
·     Membuat laporan hasil diskusi isi kandungan surah  An-Nasr dan al-Kaufar
·     Membuat laporan perkembangan hafalan surah an- Nasr dan al-Kaufar
·     Membuat paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada  surah an- Nasr dan al-Kaufar

Tes tulis
·     Menerjemah surah an-Nasr dan al-Kaufar   
·     Menjawab soal-soal terkait terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar

Tes lisan
·     Menunjukkan arti surah an-Nasr dan al-Kaufar   

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2          Mengenal Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2        Menghafalkan Q.S. al-‘qdiywt  (100) secara benar dan fasih
3.2.1      Mengidentifikasi lafal Q.S. al-‘qdiywt (100)
3.2.2      Menunjukkan jumlah ayat Q.S. al-‘qdiywt (100)
3.2.3      Menunjukkan urutan ayat Q.S al-‘qdiywt (100)
3.2.4      Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S al-‘qdiywt (100)
3.2.5      Menganalisis cara membaca Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2.1       Membaca Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2.2       Menghafalkan Q.S. al-‘qdiywt (100)  

Surah           al-‘qdiywt

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait surah           al-‘qdiywt
·     Mencermati lafal  surah al-‘qdiywt
·     Menyimak bacaan dan mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait surah           al-‘qdiywt
·     Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kalian membaca al-Qur’an setiap hari? surat apa yang kalian baca tadi malam? Bagamana perasaan kalian saat membaca al-Qur’an?
·     Menanyakan cara membaca surah al-‘qdiywt
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt

Mengekplorasi
·     Menganalisis cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
·     Menulis lafal surah al-‘qdiywt
·     Menghafalkan surah al-‘qdiywt

Mengasosiasi
·     Mencermati cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
·     Membuat kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt

Mengkomunikasikan:
·     Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-‘qdiywt
·     Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt
Tugas
·     Menghafal surah al-‘qdiywt 

Observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·     Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-‘qdiywt 

Portofolio
·     Membuat laporan perkembangan hafalan surah al-‘qdiywt
·     Membuat paparan identifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada  surah al-‘qdiywt

Tes tulis
·     Menulis lafal surah al-‘qdiywt

Tes lisan
·     Membaca dan menghafal surah al-‘qdiywt
·     Menjawab soal-soal terkait lafal  dan hukum tajwid  yang terdapat pada surah al-‘qdiywt


2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3      Memahami  hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
4.3       Menerapkan hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
3.3.1       Menjelaskan pengertian izhwr 
3.3.2       Menjelaskan pengertian ikhfw
3.3.3       Menyebutkan huruf izhwr
3.3.4       Menyebutkan huruf ikhfw
3.3.5       Menjelaskan cara membaca izhwr 
3.3.6       Menjelaskan cara membaca ikhfw
3.3.7       Menunjukkan contoh  hukum bacaan izhwr
3.3.8       Menunjukkan contoh  hukum bacaan ikhfw
4.3.1        Mendemons-trasikan cara membaca izhwr 
4.3.2        Mendemons-trasikan cara membaca ikhfw
Hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
Mengamati
·     Mengamati gambar terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Menyimak pelafalan contoh bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw melalui tayangan video atau media lainnya.

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Menanyakan cara membaca izhwr  dan ikhfw
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Mengekplorasi
·     Mengidentifikasi  dan membaca lafal yang terdapat hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Mengasosiasi
·     Mencermati contoh dan cara membaca hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Menulis lafal yang terdapat bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Membuat kesimpulan hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Mengkomunikasikan
·     Mendemonstrasikan bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Menceritakan hasil pengamatan lafal terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Menulis lafal dan alasan hukum bacaan Izhwr yang terdapat pada Q.S. al-Ghasiyah 1-10 dan bacaan Ikhfwyang terdapat pada Q.S. al-Insyirah
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Membaca surah al-Ghasiyah dan al- Insyirah dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
·     Mencari dan menulis lafal-lafal yang terdapat bacaan izhwr  dan ikhfwpada Surah  al- Bayyinah pada form yang tersedia 

Observasi
·      Mengamati penerapan bacaan yang terdapat hukum bacaan izhwr  dan ikhfw dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
·     Presentasi hasil diskusi tentang hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Portofolio
·     Menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Tes tulis
·     Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan izhwr  dan ikhfw

Tes lisan
·     Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan izhwr  dan ikhfw
2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.4        Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang niat  riwayat al-Bukhari dari Umar bin Khattab
)إنماالأعمالبالنيات(….
4.4     Menghafalkan  hadis tentang niat  riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab 
)إنماالأعمالبالنيات(….

)إنماالأعمالبالنيات(
3.4.1       Mengidentifikasi hadis tentang niat
3.4.2       Menunjukkan arti mufradat hadis tentang niat
3.4.3       Menerjemahkan hadis tentang niat
3.4.4       Menjelaskan pengertian niat
3.4.5       Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat
4.4.1    Membaca  hadis tentang niat
4.4.2    Menulis  hadis tentang niat
4.4.3   Menghafalkan  hadis tentang niat

Hadis tentang Niat

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait hadis tentang niat
·     Menyimak bacaan hadis tentang niat
·     Mencermati lafal, mufradat dan terjemah  hadis tentang niat
·     Meyimak penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang niat melalui tayangan video atau media lainnya.

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait hadis tentang niat
·     Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kamu berniat ketika hendak melakukan suatu kegiatan?
·     Menanyakan cara membaca hadis tentang niat
·     Saling bertanya jawab mufradat dan terjemah  hadis tentang niat
·     Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang niat

Mengekplorasi
·     Menerjemahkan hadis tentang niat
·     Menghafalkan lafal dan terjemah  hadis tentang niat
·     Mengidentifikasi isi kandungan hadis tentang niat
·     Guru kordinasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  siswa dalam pengamalan isi kandungan hadis tentang niat di rumah.

Mengasosiasi
·     Menulis hadis tentang niat
·     Mengidentifikasi arti hadis tentang niat
·     Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang niat

Mengkomunikasikan:
·     Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang niat
·     Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang niat
·     Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Menulis hadis tentang niat
·     Menghafal hadis tentang niat dan terjemahnya

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang niat
·     Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis tentang niat
·     Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat


Portofolio
·     Membuat laporan kesimpulan isi kandungan hadis tentang niat

Tes tulis
·     Menyalin lafal hadis tentang niat
·     Menerjemah hadis tentang niat
·     Menjawab soal-soal terkait hadis tentang niat

Tes lisan
·     Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis tentang niat
2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.5     Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang takwa riwayat at-Tirmizi dari Abu Zar
)اتق اللّه حيثما كنت(….
4.5    Menghafalkan hadis tentang takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar

)اتق اللّه حيثما كنت(….
)إنماالأعمالبالنيات(
3.5.1       Mengidentifikasi hadis tentang takwa
3.5.2       Menunjukkan arti mufradat hadis tentang takwa
3.5.3       Menerjemah kan hadis tentang takwa
3.5.4       Menjelaskaan pengertian takwa
3.5.5       Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa  
4.5.1        Membaca hadis tentang takwa
4.5.2        Menulis hadis tentang takwa
4.5.3        Menghafalkan hadis tentang takwa 
  

Hadis tentang takwa

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait hadis tentang takwa
·     Menyimak pelafalan hadis tentang takwa
·     Mencermati teks bacaan, mufradat dan terjemah  hadis tentang takwa
·     Meyimak penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang takwa melalui tayangan video atau media lainnya.

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait hadis tentang takwa
·     Menanyakan cara membaca hadis tentang takwa
·     Saling bertanya jawab mufradat dan terjemah  hadis tentang takwa
·     Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang takwa

Mengekplorasi
·     Menerjemahkan hadis tentang takwa
·     Mendiskusikan isi kandungan hadis tentang takwa
·     Mengidentifikasi isi kandungan hadis tentang takwa
·     Menghafalkan lafal dan terjemah hadis tentang takwa  

Mengasosiasi
·     Menulis hadis tentang takwa
·     Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang takwa

Mengkomunikasikan:
·     Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang takwa
·     Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang takwa
·     Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Menulis hadis tentang takwa  
·     Menghafal hadis tentang takwa dan terjemahnya

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·     Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang takwa
·     Mendemonstrasikan hafalan dan terjemah hadis tentang takwa
·     Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa

Portofolio
·     Menulis hadis tentang takwa
·     Membuat  kesimpulan isi kandungan hadis tentang takwa

Tes tulis
·     Menyalin lafal hadis tentang takwa
·     Menerjemah hadis tentang takwa
·     Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, dan isi kandungan hadis tentang takwa


Tes lisan
·     Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis tentang takwa
·     Menjawab soal-soal terkait hadis tentang takwa

2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Poster gambar/ tulisan
·  Lingkungan sekitar yang mendukung






SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran          : Al-Qur’an Hadis
Kelas                          : IV (Empat)
Semester                    : Genap
  
Kompetensi Inti         :
KI-1         : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2         : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3         : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4         : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam  tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menghayati arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
-
-
-
·       Observasi
·       Penilaian Diri
·       Penilaian Sejawat
·       Jurnal/Catatan
-
-
1.2     Menerima  Q.S. al-Insyirwp (094) sebagai firman Allah SWT.
-
-
-
-
-
1.3     Menerima ketentuan hukum bacaan idgwm bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb
-
-
-
-
-
1.4  Menghayati isi kandungan hadis tentang silaturrahim
-
-
-
-
-
2.1     Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
-
-
-
·       Observasi
·       Penilaian Diri
·       Penilaian Sejawat
·       Jurnal/Catatan
-
-
2.2     Terbiasa menghafalkan Q.S. al-Insyirwp (094)
-
-
-
-
-
2.3     Terbiasa menerapkan hukum bacaan idgwm bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb
-
-
-
-
-
2.4  Membiasakan perilaku gemar bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturrahim 
-
-
-
-
-
3.1     Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
4.1     Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
3.1.1    Mengidentifikasi lafal Q.S. al-Lahab (111)
3.1.2    Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Lahab (111)
3.1.3    Menerjemahkan Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.4    Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.5    Menjelaskan isi kandungan Q.S. . al-Lahab (111)
4.1.1   Membaca Q.S. al-Lahab (111)
4.1.2   Menulis Q.S. al-Lahab (111)
4.1.3   Menghafal terjemah Q.S. al-Lahab (111)



Surah           al-Lahab

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait surah           al-Lahab
·     Menyimak bacaan dan mencermati hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Lahab
·     Mencermati teks bacaan, mufradat dan terjemah  surah al-Lahab
·     Membaca surah al-Lahab dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya
·     Meyimak penjelasan terkait isi kandungan surah al-Lahab.

Menanya  
·     Menanyakan gambar terkait isi kandungan surah al-Lahab
·     Menanyakan cara membaca surah al-Lahab
·     Menanyakan mufradat dan terjemah surah al-Lahab
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid dan isi kandungan surah al-Lahab

Mengekplorasi
·     Menerjemahkan surah al-Lahab
·     Mendiskusikan hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Lahab
·     Mendiskusikan isi kandungan surah al-Lahab
·     Menghafalkan lafal dan terjemah  surah al-Lahab
·     Guru kordinasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  siswa dalam pengamalan isi kandungan surah al-Lahab di rumah.

Mengasosiasi
·     Menulis surah al-Lahab
·     Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Lahab
·     Mengidentifikasi arti surah al-Lahab
·     Membuat kesimpulan isi kandungan surah al-Lahab

Mengkomunikasikan:
·     Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah surah al-Lahab
·     Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan surah al-Lahab
·     Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Menghafal surah al-Lahab dan terjemahnya
·     Membuat rangkuman isi kandungan
·     Membuat kaligrafi surah  al-Lahab


Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·     Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan.

Kinerja
·     Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah surah al-Lahab
·     Presentasi hasil diskusi tentang isi kandungan surah al-Lahab

Portofolio
·     Membuat laporan hasil diskusi isi kandungan surah  al-Lahab
·     Membuat laporan perkembangan hafalan surah al-Lahab
·     Membuat paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada  surah al-Lahab
·     Membuat kaligrafi lafal dan terjemah surah al-Lahab

·     Tes tulis
·     Menerjemah surah al-Lahab
·     Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan surah al-Lahab

Tes lisan
·     Membaca, menghafal dan menunjukkan arti surah al-Lahab
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2     Mengenal Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2     Menghafalkan Q.S. al-Insyirwp (094) secara benar dan fasih
3.2.1 Mengidentifikassi lafal Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.2 Menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.3 Menunjukkan urutan ayat Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.4 Menganalisis hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.4 Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirwp (094)
 3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.1 Membaca Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.2 Menulis lafal Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.3 Menghafal Q.S. al-Insyirwp (094)


Surah al-Insyirwp

Mengamati
·     Mencermati lafal  surah al-Insyirwp
·     Menyimak bacaan surah al-Insyirwp
·     Membaca surah al-Insyirwp dengan memperhatikan  makhraj dan hukum tajwidnya

Menanya   
·     Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kalian bisa membaca dan menghafal surah al-Insyirwp?
·     Menanyakan cara membaca surah al-Insyirwp
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Insyirwp  

Mengekplorasi
·     Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Insyirwp
·     Menghafalkan surah al-Insyirwp

Mengasosiasi
·     Menulis lafal surah al-Insyirwp
·     Membuat kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘ Insyirwp

Mengkomunikasikan
·     Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-Insyirwp
·     Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Insyirwp
Tugas
·     Menghafal surah al-Insyirwp
·     Membuat kaligrafi surah  al- Insyirwp

Observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·     Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar pengamatan

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-Insyirwp

Portofolio
·     Membuat laporan perkembangan hafalan surah al-Insyirwp
·     Membuat paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada  surah al-Insyirwp

Tes tulis
·     Menulis lafal surah al-Insyirwp
·     Menjawab soal menjodohkan terkait surah al-Insyirwp

Tes lisan
·     Membaca dan menghafal surah al-Insyirwp
·     Menjawab soal-soal terkait lafal  dan hukum tajwid  yang terdapat pada surah al-Insyirwp 
2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3 Memahami hukum bacaan idgwm bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb
4.3  Menerapkan hukum bacaan idgwm bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb

3.3.1       Menjelaskan pengertian idgwm bigunnah,  
3.3.2       Menjelaskan pengertian   idgwm bilwgunnah
3.3.3       Menjelaskan pengertian   iqlwb
3.3.4       Menyebutkan huruf idgwm bigunnah
3.3.5       Menyebutkan huruf idgwm bilwgunnah
3.3.6       Menyebutkan huruf iqlwb
3.3.7       Menjelaskan cara membaca idgwm bigunnah
3.3.8       Menjelaskan cara membaca idgwm bilwgunnah
3.3.9        Menjelaskan cara membaca   iqlwb
3.3.10   Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgwm bigunnah
3.3.11   Menunjukkan contoh  hukum bacaan idgwm bilwgunnah
3.3.12   Menunjukkan contoh  hukum bacaan iqlwb
4.3.1        Mendemons-trasikan cara membaca idgwm bigunnah
4.3.2       Mendemons-trasikan cara membaca idgwm bilwgunnah
4.3.3       Mendemons-trasikan cara membaca iqlwb
Hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Mengamati
·     Mengamati lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·     Menyimak pelafalan contoh bacaan idgwm dan iqlwb
·     Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb melalui tayangan video atau media lainnya

Menanya   
·     Menanyakan cara membaca idgwm dan iqlwb
·     Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Mengekplorasi
·     Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Mengasosiasi
·     Mengidentifikasi lafal dan cara membaca hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·     Menulis lafal yang terdapat bacaan idgwm dan iqlwb
·     Membuat kesimpulan hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Mengkomunikasikan
·     Mendemonstrasikan bacaan idgwm dan iqlwb
·     Menulis lafal dan alasan hukum bacaan idgwm dan iqlwb yang terdapat pada al-Balad
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Membaca surah al-Balad dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
·     Mencari dan menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb pada form yang tersedia secara berkelompok  

Observasi
·      Mengamati penerapan bacaan idgwm dan iqlwb dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·     Presentasi hasil diskusi tentang hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Portofolio
·     Menulis laporan lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Tes tulis
·     Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb

Tes lisan
·     Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb



3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.4             Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….
4.4    Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ ان يبسط له فى رزقه(….
3.4.1        Mengidentifikasi lafal hadis tentang silaturrahim
3.4.2        Menunjukkan arti mufradat hadis tentang silaturrahim
3.4.3        Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim
3.4.4        Menjelaskan  isi kandungan hadis tentang silaturrahim 
3.4.5        Menjelaskan  hikmah silaturrahim 
3.4.6        Membaca  hadis tentang silaturrahim  
3.4.7        Menulis hadis tentang silaturrahim  
3.4.8        Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  

Hadis tentang silaturrahim  

Mengamati
·     Mengamati gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
·     Menyimak pelafalan hadis tentang silaturrahim  
·     Mencermati lafal, mufradat dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
·     Meyimak penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Menanya   
·     Menanyakan gambar terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
·     Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah kamu berniat ketika hendak melakukan suatu kegiatan?
·     Menanyakan cara membaca hadis tentang silaturrahim  
·     Menanyakan mufradat dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
·     Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim

Mengekplorasi
·     Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim  
·     Membaca dan menghafalkan lafal dan terjemah  hadis tentang silaturrahim  
·     Mendiskusikan tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Mengasosiasi
·     Menulis hadis tentang silaturrahim  
·     Mengidentifikasi arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
·     Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Mengkomunikasikan
·     Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis tentang silaturrahim  
·     Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim  
·     Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, dan menyanggah).
·     Membuat  resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
Tugas
·     Menulis hadis tentang silaturrahim  
·     Menghafal hadis tentang silaturrahim dan terjemahnya
·     Menulis cerita pengalaman dalam bersilaturrahim

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar observasi
·     Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran

Kinerja
·     Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang silaturrahim  
·     Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis tentang silaturrahim
·     Menceritakan pengalaman dalam bersilaturrahim
·     Menjelaskan isi kandungan hadis tentang silaturrahim  

Portofolio
·     Membuat paparan kesimpulan isi kandungan hadis tentang silaturrahim
·     Membuat kaligrafi hadis tentang silaturrahim
·     Membuat laporan silaturrahim/kunjungan ke rumah teman secara bergantian ketika mengerjakan tugas kelompok

Tes tulis
·     Menulis hadis tentang silaturrahim
·     Menjawab soal-soal terkait hadis tentang silaturrahim  

Tes lisan
·     Membaca, menghafal dan menunjukkan arti hadis tentang silaturrahim  

3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung




Komentar

Postingan Populer