SILABUS QURAN HADIS KELAS IV MI KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas : IV (Empat)
Semester : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI-1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati
arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan
al-Kaufar (108)
|
-
|
-
|
-
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2
Menerima
Q.S. al-‘qdiywt (100) sebagai firman Allah SWT.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.3
Menerima
ketentuan hukum bacaan izhwr dan
ikhfw’
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.4
Menghayati
arti dan isi kandungan hadis tentang
niat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.5 Menghayati arti dan isi kandungan hadis tentang takwa
|
-
|
-
|
-
|
|||
2.1 Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108)
|
-
|
-
|
-
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2 Terbiasa menghafalkan Q.S. al-‘qdiywt (100)
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.3 Terbiasa menerapkan
hukum bacaan izhwr dan
ikhfw’
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.4 Terbiasa mengamalkan isi kandungan hadis
tentang niat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.5 Membiasakan perilaku takwa dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3.1
Memahami arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kaufar (108)
4.1
Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110)
dan al-Kaufar (108) dengan benar
|
3.1.1 Menunjukkan arti mufradat
Q.S. an-Nasr
(110)
3.1.2 Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Kaufar
(108)
3.1.3 Menerjemahkan Q.S. an-Nasr (110)
3.1.4 Menerjemahkan Q.S. al-Kaufar
(108)
3.1.5 Menjelaskan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110)
3.1.6 Menjelaskan isi
kandungan Q.S. al-Kaufar
(108)
4.1.1 Menulis lafal Q.S. an-Nasr
(110) dan al-Kaufar
(108) dengan benar
4.1.2 Menulis lafal Q.S. an-Nasr
(110) dan al-Kaufar
(108) dengan benar
|
Surah an- Nasr dan
al-Kaufar
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Menyimak bacaan dan mencermati
hukum
tajwid yang terdapat dalam surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Mencermati
lafal, mufradat dan terjemah surah an- Nasr dan al-Kaufar
·
Membaca surah an-Nasr dan al-Kaufar dengan memperhatikan makhraj dan hukum
tajwidnya
·
Meyimak penjelasan terkait isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar melalui
tayangan video atau media lainnya.
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Menanyakan cara membaca surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Menanyakan mufradat dan terjemah surah an-Nasr dan
al-Kaufar
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid dan
isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar
Mengekplorasi
·
Menunjukkan arti mufradat surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Menerjemahkan surah an-Nasr dan al-Kaufar
· Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah an- Nasr dan
al-Kaufar
·
Mendiskusikan isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar
· Menghafalkan lafal dan terjemah surah an- Nasr dan al-Kaufar
·
Guru kordinasi
dengan orang tua untuk mengamati perilaku
siswa dalam pengamalan isi kandungan surah an-Nas dan al-Kaufar di rumah.
Mengasosiasi
· Menulis
lafal surah an-Nasr dan al-Kaufar
· Mengidentifikasi arti surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Membuat kesimpulan isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar
Mengkomunikasikan
·
Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyanggah).
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Menghafal terjemah surah an- Nasr dan al-Kaufar
·
Membuat
rangkuman isi kandungan surah An-Nasr
dan al-Kaufar
·
Membuat kaligrafi surah An-Nasr dan al-Kaufar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·
Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan.
Kinerja
·
Mendemonstrasikan hafalan terjemaah surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Presentasi
hasil diskusi tentang isi kandungan surah an-Nasr dan al-Kaufar
Portofolio
·
Membuat
laporan hasil diskusi isi kandungan surah An-Nasr
dan al-Kaufar
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan surah an- Nasr dan
al-Kaufar
·
Membuat
paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada surah an- Nasr dan al-Kaufar
Tes
tulis
·
Menerjemah surah an-Nasr dan al-Kaufar
·
Menjawab soal-soal terkait terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan surah an- Nasr dan al-Kaufar
Tes
lisan
·
Menunjukkan arti surah an-Nasr dan al-Kaufar
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2
Mengenal Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2
Menghafalkan
Q.S. al-‘qdiywt (100) secara
benar dan fasih
|
3.2.1
Mengidentifikasi
lafal Q.S.
al-‘qdiywt (100)
3.2.2 Menunjukkan jumlah ayat Q.S. al-‘qdiywt (100)
3.2.3 Menunjukkan urutan ayat Q.S al-‘qdiywt (100)
3.2.4 Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada
Q.S al-‘qdiywt (100)
3.2.5 Menganalisis
cara membaca
Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2.1
Membaca Q.S. al-‘qdiywt (100)
4.2.2
Menghafalkan Q.S.
al-‘qdiywt (100)
|
Surah al-‘qdiywt
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait surah al-‘qdiywt
·
Mencermati
lafal surah al-‘qdiywt
·
Menyimak bacaan dan mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait surah al-‘qdiywt
·
Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
kalian membaca al-Qur’an setiap hari? surat apa yang kalian baca tadi malam?
Bagamana perasaan kalian saat membaca al-Qur’an?
·
Menanyakan cara membaca surah al-‘qdiywt
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
Mengekplorasi
· Menganalisis
cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
·
Menulis lafal surah al-‘qdiywt
·
Menghafalkan surah al-‘qdiywt
Mengasosiasi
·
Mencermati cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
· Membuat
kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt
Mengkomunikasikan:
·
Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-‘qdiywt
·
Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘qdiywt
|
Tugas
·
Menghafal surah al-‘qdiywt
Observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·
Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-‘qdiywt
Portofolio
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan surah al-‘qdiywt
·
Membuat
paparan identifikasi hukum bacaan tajwid yang ada
pada surah al-‘qdiywt
Tes
tulis
·
Menulis lafal surah al-‘qdiywt
Tes
lisan
·
Membaca dan menghafal
surah al-‘qdiywt
·
Menjawab soal-soal terkait lafal dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-‘qdiywt
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3
Memahami
hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
4.3
Menerapkan hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
|
3.3.1
Menjelaskan pengertian izhwr
3.3.2
Menjelaskan pengertian ikhfw’
3.3.3
Menyebutkan huruf izhwr
3.3.4
Menyebutkan huruf ikhfw’
3.3.5
Menjelaskan cara membaca izhwr
3.3.6
Menjelaskan cara membaca ikhfw’
3.3.7 Menunjukkan
contoh hukum bacaan izhwr
3.3.8 Menunjukkan
contoh hukum bacaan ikhfw’
4.3.1
Mendemons-trasikan cara membaca izhwr
4.3.2
Mendemons-trasikan cara membaca ikhfw’
|
Hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Menyimak pelafalan contoh bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’ melalui
tayangan video atau media lainnya.
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Menanyakan cara membaca izhwr dan ikhfw’
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Mengekplorasi
·
Mengidentifikasi dan membaca lafal
yang terdapat hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Mengasosiasi
·
Mencermati
contoh dan cara membaca hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Menulis lafal yang terdapat bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Membuat kesimpulan hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Mengkomunikasikan
·
Mendemonstrasikan bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Menceritakan
hasil pengamatan lafal terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Menulis
lafal dan alasan hukum bacaan Izhwr
yang terdapat pada Q.S.
al-Ghasiyah 1-10 dan bacaan Ikhfw’yang
terdapat pada Q.S.
al-Insyirah
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Membaca surah al-Ghasiyah dan al- Insyirah
dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
·
Mencari dan menulis lafal-lafal
yang terdapat bacaan izhwr dan ikhfw’pada
Surah al- Bayyinah pada form yang
tersedia
Observasi
·
Mengamati penerapan bacaan yang terdapat hukum bacaan izhwr dan ikhfw’ dengan menggunakan lembar observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
·
Presentasi
hasil diskusi tentang hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Portofolio
·
Menulis lafal-lafal yang
terdapat hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Tes
tulis
·
Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
Tes
lisan
·
Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan izhwr dan ikhfw’
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4
Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang niat riwayat al-Bukhari
dari Umar bin Khattab
)إنماالأعمالبالنيات(….
4.4
Menghafalkan hadis tentang niat riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab
)إنماالأعمالبالنيات(….
)إنماالأعمالبالنيات(
|
3.4.1
Mengidentifikasi hadis tentang niat
3.4.2
Menunjukkan
arti mufradat hadis
tentang niat
3.4.3
Menerjemahkan
hadis tentang niat
3.4.4
Menjelaskan pengertian niat
3.4.5
Menjelaskan
isi kandungan hadis tentang niat
4.4.1 Membaca hadis tentang niat
4.4.2
Menulis
hadis tentang niat
4.4.3 Menghafalkan hadis tentang niat
|
Hadis
tentang Niat
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait hadis
tentang niat
·
Menyimak bacaan hadis tentang
niat
·
Mencermati
lafal, mufradat dan terjemah hadis tentang
niat
·
Meyimak penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang
niat melalui tayangan video atau media
lainnya.
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait hadis tentang
niat
·
Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
kamu berniat ketika hendak melakukan suatu kegiatan?
·
Menanyakan cara membaca hadis tentang
niat
·
Saling bertanya jawab
mufradat dan
terjemah hadis tentang
niat
·
Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang
niat
Mengekplorasi
·
Menerjemahkan hadis
tentang niat
· Menghafalkan lafal dan terjemah hadis
tentang niat
· Mengidentifikasi isi kandungan hadis
tentang niat
·
Guru kordinasi
dengan orang tua untuk mengamati perilaku
siswa dalam pengamalan isi kandungan hadis
tentang niat di rumah.
Mengasosiasi
·
Menulis hadis
tentang niat
·
Mengidentifikasi arti hadis
tentang niat
·
Membuat kesimpulan isi kandungan hadis
tentang niat
Mengkomunikasikan:
·
Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis
tentang niat
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang
niat
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyanggah).
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Menulis hadis
tentang niat
·
Menghafal hadis
tentang niat dan terjemahnya
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar
observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang
niat
·
Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis
tentang niat
·
Menjelaskan
isi kandungan hadis
tentang niat
Portofolio
·
Membuat laporan kesimpulan isi kandungan hadis tentang
niat
Tes
tulis
·
Menyalin lafal hadis
tentang niat
·
Menerjemah hadis tentang
niat
·
Menjawab soal-soal terkait hadis
tentang niat
Tes
lisan
·
Membaca, menghafal
dan menunjukkan arti hadis
tentang niat
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.5 Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang
takwa riwayat at-Tirmizi dari Abu Zar
)اتق اللّه حيثما كنت(….
4.5 Menghafalkan hadis tentang takwa riwayat at- Tirmizi dari Abu Zar
)اتق اللّه حيثما كنت(….
)إنماالأعمالبالنيات(
|
3.5.1
Mengidentifikasi hadis tentang takwa
3.5.2
Menunjukkan
arti mufradat hadis
tentang takwa
3.5.3
Menerjemah kan
hadis tentang takwa
3.5.4
Menjelaskaan pengertian
takwa
3.5.5
Menjelaskan
isi kandungan hadis tentang takwa
4.5.1
Membaca hadis tentang takwa
4.5.2
Menulis hadis tentang takwa
4.5.3
Menghafalkan hadis tentang takwa
|
Hadis
tentang takwa
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait hadis
tentang takwa
·
Menyimak pelafalan hadis tentang takwa
·
Mencermati
teks bacaan, mufradat dan terjemah hadis tentang takwa
·
Meyimak penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang takwa melalui
tayangan video atau media lainnya.
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait hadis tentang takwa
·
Menanyakan cara membaca hadis tentang takwa
·
Saling bertanya jawab
mufradat dan
terjemah hadis tentang takwa
·
Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang takwa
Mengekplorasi
·
Menerjemahkan hadis
tentang takwa
· Mendiskusikan
isi kandungan hadis
tentang takwa
· Mengidentifikasi isi
kandungan hadis tentang takwa
·
Menghafalkan lafal dan terjemah hadis tentang takwa
Mengasosiasi
·
Menulis hadis
tentang takwa
·
Membuat kesimpulan isi kandungan hadis
tentang takwa
Mengkomunikasikan:
·
Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis
tentang takwa
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang takwa
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyanggah).
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Menulis hadis
tentang takwa
·
Menghafal hadis
tentang takwa dan
terjemahnya
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar
observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·
Mengamati sikap teman sejawat
melalui lembar pengamatan
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang takwa
·
Mendemonstrasikan hafalan dan terjemah hadis
tentang takwa
·
Menjelaskan isi kandungan hadis
tentang takwa
Portofolio
·
Menulis hadis tentang takwa
·
Membuat kesimpulan isi kandungan hadis tentang takwa
Tes
tulis
·
Menyalin lafal hadis
tentang takwa
·
Menerjemah hadis tentang takwa
·
Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, dan isi kandungan hadis tentang takwa
Tes
lisan
·
Membaca, menghafal
dan menunjukkan arti hadis
tentang takwa
·
Menjawab soal-soal terkait hadis
tentang takwa
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Poster gambar/
tulisan
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an Hadis
Kelas : IV (Empat)
Semester : Genap
Kompetensi
Inti :
KI-1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati
arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab
(111)
|
-
|
-
|
-
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2
Menerima
Q.S. al-Insyirwp (094) sebagai firman Allah SWT.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.3
Menerima
ketentuan hukum bacaan idgwm
bigunnah, idgwm
bilwgunnah,
dan iqlwb
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
1.4 Menghayati isi
kandungan hadis tentang silaturrahim
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.1 Terbiasa mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111)
|
-
|
-
|
-
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2 Terbiasa menghafalkan
Q.S. al-Insyirwp (094)
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.3
Terbiasa
menerapkan hukum bacaan idgwm
bigunnah, idgwm
bilwgunnah,
dan iqlwb
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.4 Membiasakan perilaku gemar
bersilaturahim sebagai implementasi dari pemahaman hadis
tentang silaturrahim
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
3.1
Memahami
arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab
(111)
4.1
Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
|
3.1.1
Mengidentifikasi lafal Q.S. al-Lahab
(111)
3.1.2
Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Lahab
(111)
3.1.3
Menerjemahkan Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.4
Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.5
Menjelaskan isi kandungan Q.S. . al-Lahab (111)
4.1.1 Membaca Q.S. al-Lahab (111)
4.1.2 Menulis Q.S. al-Lahab (111)
4.1.3 Menghafal terjemah Q.S. al-Lahab (111)
|
Surah al-Lahab
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait surah al-Lahab
·
Menyimak bacaan dan mencermati
hukum
tajwid yang terdapat pada surah al-Lahab
·
Mencermati
teks bacaan, mufradat dan terjemah surah al-Lahab
·
Membaca surah al-Lahab
dengan memperhatikan makhraj dan hukum tajwidnya
·
Meyimak penjelasan terkait isi kandungan surah al-Lahab.
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait isi kandungan surah al-Lahab
·
Menanyakan cara membaca surah al-Lahab
·
Menanyakan mufradat dan terjemah surah al-Lahab
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid dan
isi kandungan surah al-Lahab
Mengekplorasi
·
Menerjemahkan surah al-Lahab
· Mendiskusikan
hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Lahab
·
Mendiskusikan isi kandungan surah al-Lahab
· Menghafalkan lafal dan terjemah surah al-Lahab
·
Guru kordinasi
dengan orang tua untuk mengamati perilaku
siswa dalam pengamalan isi kandungan surah al-Lahab
di rumah.
Mengasosiasi
· Menulis
surah al-Lahab
· Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Lahab
· Mengidentifikasi arti surah al-Lahab
·
Membuat kesimpulan isi kandungan surah al-Lahab
Mengkomunikasikan:
·
Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah surah al-Lahab
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan surah al-Lahab
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyanggah).
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Menghafal surah al-Lahab dan terjemahnya
·
Membuat
rangkuman isi kandungan
·
Membuat kaligrafi surah al-Lahab
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·
Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan.
Kinerja
·
Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah surah al-Lahab
·
Presentasi
hasil diskusi tentang isi kandungan surah al-Lahab
Portofolio
·
Membuat laporan hasil diskusi isi kandungan
surah al-Lahab
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan surah al-Lahab
·
Membuat
paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada surah al-Lahab
·
Membuat kaligrafi lafal dan
terjemah
surah al-Lahab
·
Tes tulis
·
Menerjemah surah al-Lahab
·
Menjawab soal-soal terkait lafal, terjemah, hukum tajwid dan isi kandungan surah al-Lahab
Tes
lisan
·
Membaca, menghafal
dan menunjukkan arti surah al-Lahab
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2
Mengenal Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2
Menghafalkan
Q.S. al-Insyirwp (094) secara benar dan fasih
|
3.2.1 Mengidentifikassi lafal
Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.2 Menyebutkan
jumlah ayat Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.3 Menunjukkan urutan
ayat Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.4 Menganalisis
hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.4 Menunjukkan
hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyirwp (094)
3.2.5 Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.1 Membaca Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.2 Menulis lafal Q.S. al-Insyirwp (094)
4.2.3 Menghafal Q.S. al-Insyirwp (094)
|
Surah al-Insyirwp
|
Mengamati
·
Mencermati
lafal surah al-Insyirwp
·
Menyimak bacaan surah al-Insyirwp
·
Membaca surah al-Insyirwp dengan
memperhatikan makhraj dan hukum tajwidnya
Menanya
·
Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
kalian bisa membaca dan menghafal surah al-Insyirwp?
·
Menanyakan cara membaca surah al-Insyirwp
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Insyirwp
Mengekplorasi
· Mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Insyirwp
·
Menghafalkan surah al-Insyirwp
Mengasosiasi
·
Menulis lafal surah al-Insyirwp
· Membuat
kesimpulan cara membaca dan hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-‘ Insyirwp
Mengkomunikasikan
·
Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-Insyirwp
·
Bertanya jawab tentang hukum tajwid yang terdapat dalam surah al-Insyirwp
|
Tugas
·
Menghafal surah al-Insyirwp
·
Membuat kaligrafi surah al-
Insyirwp
Observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
·
Mengamati sikap teman sejawat melalui lembar
pengamatan
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan dan hafalan surah al-Insyirwp
Portofolio
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan surah al-Insyirwp
·
Membuat
paparan identifikasi hukum tajwid yang ada pada surah al-Insyirwp
Tes
tulis
·
Menulis lafal surah al-Insyirwp
·
Menjawab soal menjodohkan terkait surah al-Insyirwp
Tes
lisan
·
Membaca dan menghafal
surah al-Insyirwp
·
Menjawab soal-soal terkait lafal dan hukum tajwid yang terdapat pada surah al-Insyirwp
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3 Memahami hukum bacaan idgwm
bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb
4.3 Menerapkan hukum bacaan idgwm
bigunnah, idgwm bilwgunnah, dan iqlwb
|
3.3.1 Menjelaskan pengertian idgwm
bigunnah,
3.3.2 Menjelaskan pengertian idgwm bilwgunnah
3.3.3 Menjelaskan pengertian iqlwb
3.3.4 Menyebutkan
huruf idgwm bigunnah
3.3.5 Menyebutkan
huruf idgwm bilwgunnah
3.3.6 Menyebutkan
huruf iqlwb
3.3.7 Menjelaskan
cara membaca idgwm bigunnah
3.3.8 Menjelaskan
cara membaca idgwm bilwgunnah
3.3.9 Menjelaskan cara membaca iqlwb
3.3.10 Menunjukkan
contoh hukum bacaan idgwm
bigunnah
3.3.11 Menunjukkan
contoh hukum bacaan idgwm bilwgunnah
3.3.12 Menunjukkan
contoh hukum bacaan iqlwb
4.3.1 Mendemons-trasikan cara membaca idgwm
bigunnah
4.3.2 Mendemons-trasikan
cara membaca idgwm bilwgunnah
4.3.3 Mendemons-trasikan
cara membaca iqlwb
|
Hukum bacaan idgwm dan iqlwb
|
Mengamati
· Mengamati
lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·
Menyimak pelafalan contoh bacaan idgwm dan iqlwb
·
Meyimak penjelasan terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb
melalui tayangan video atau media
lainnya
Menanya
·
Menanyakan cara membaca idgwm dan iqlwb
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Mengekplorasi
·
Membaca lafal
yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi lafal dan
cara membaca hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·
Menulis lafal yang terdapat bacaan idgwm dan iqlwb
·
Membuat kesimpulan hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Mengkomunikasikan
·
Mendemonstrasikan bacaan idgwm dan iqlwb
·
Menulis
lafal dan alasan hukum bacaan idgwm dan iqlwb yang terdapat pada al-Balad
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Membaca surah al-Balad dengan
menggunakan kaidah ilmu tajwid yang benar
·
Mencari
dan menulis lafal-lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb pada form yang tersedia secara berkelompok
Observasi
·
Mengamati penerapan bacaan idgwm dan iqlwb
dengan menggunakan lembar observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
·
Presentasi
hasil diskusi tentang hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Portofolio
·
Menulis laporan
lafal-lafal yang
terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Tes
tulis
·
Menjawab soal-soal terkait hukum bacaan idgwm dan iqlwb
Tes
lisan
·
Membaca lafal yang terdapat hukum bacaan idgwm dan iqlwb
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4 Memahami arti
dan isi kandungan hadis tentang silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ
ان يبسط له فى رزقه(….
4.4 Menghafalkan hadis tentang silaturrahim riwayat Bukhari Muslim dari Anas
)من احبّ
ان يبسط له فى رزقه(….
|
3.4.1
Mengidentifikasi lafal hadis
tentang silaturrahim
3.4.2
Menunjukkan
arti mufradat hadis
tentang silaturrahim
3.4.3
Menerjemahkan
hadis tentang silaturrahim
3.4.4
Menjelaskan isi kandungan hadis tentang
silaturrahim
3.4.5
Menjelaskan hikmah silaturrahim
3.4.6
Membaca hadis tentang silaturrahim
3.4.7
Menulis hadis tentang
silaturrahim
3.4.8
Menghafalkan
hadis tentang silaturrahim
|
Hadis tentang silaturrahim
|
Mengamati
·
Mengamati gambar
terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
·
Menyimak pelafalan hadis tentang silaturrahim
·
Mencermati
lafal, mufradat dan terjemah hadis tentang silaturrahim
· Meyimak
penjelasan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Menanya
·
Menanyakan gambar terkait isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
·
Guru guru mengajukan pertanyaan misalnya: Sudahkah
kamu berniat ketika hendak melakukan suatu kegiatan?
·
Menanyakan cara membaca hadis tentang silaturrahim
·
Menanyakan mufradat dan terjemah hadis tentang silaturrahim
·
Mengajukan pertanyaan terkait isi kandungan hadis tentang silaturrahim
Mengekplorasi
·
Menerjemahkan hadis
tentang silaturrahim
· Membaca dan menghafalkan lafal dan terjemah hadis
tentang silaturrahim
· Mendiskusikan tentang isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
Mengasosiasi
· Menulis
hadis
tentang silaturrahim
·
Mengidentifikasi arti dan isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
·
Membuat kesimpulan isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
Mengkomunikasikan
·
Mendemonstrasikan bacaan, hafalan dan terjemah hadis
tentang silaturrahim
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang isi kandungan hadis tentang silaturrahim
·
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, dan
menyanggah).
·
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan
guru.
|
Tugas
·
Menulis hadis
tentang silaturrahim
·
Menghafal hadis
tentang silaturrahim dan
terjemahnya
·
Menulis cerita pengalaman dalam
bersilaturrahim
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan hafalan dengan menggunakan lembar
observasi
·
Mengamati sikap siswa dalam mengkuti kegiatan pembelajaran
Kinerja
·
Mendemonstrasikan bacaan hadis tentang silaturrahim
·
Mendemonstrasikan hafalan lafal dan terjemah hadis
tentang silaturrahim
·
Menceritakan pengalaman dalam bersilaturrahim
·
Menjelaskan
isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
Portofolio
·
Membuat paparan kesimpulan isi kandungan hadis
tentang silaturrahim
·
Membuat kaligrafi hadis
tentang silaturrahim
·
Membuat laporan silaturrahim/kunjungan ke rumah teman
secara bergantian ketika mengerjakan tugas kelompok
Tes
tulis
·
Menulis hadis tentang silaturrahim
·
Menjawab soal-soal terkait hadis
tentang silaturrahim
Tes
lisan
·
Membaca, menghafal
dan menunjukkan arti hadis
tentang silaturrahim
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Buku Pegangan Siswa Mapel al-Qur’an Hadis MI
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
Komentar
Posting Komentar