SILABUS FIQIH DAN USHUL FIQIH X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN   : MADRASAH  ALIYAH              
MATA PELAJARAN         : FIKIH DAN USHUL FIKIH
KELAS/PROGRAM            : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN

KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

SILABUS PEMBELAJARAN : FIKIH DAN USHUL FIKIH KELAS X SEMESTER GANJIL

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.        Menerima kesempurnaan agama Islam melalui komlpleksitas aturan fikih
1.2.        Meyakini syariat Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
1.3.        Meyakini kebenaran konsep zakat dalam menghilangkan kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin
1.4.        Menghayati undang-undang zakat
1.5.        Menghayati hikmah pelaksanaan perintah haji dan umrah
1.6.        Menghayati undang-undang haji dan umrah
1.7.        Menghayati hikmah kurban dan aqiqah
1.8.        Menyadari pentingnya proses penukilan hukum melalui ushul fikih
-
-

-
Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman


2.1        Mematuhi hukum fikih dalam ibadah dan syariah
2.2        Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi penyelenggaraan jenazah
2.3        Meningkatkan sikap peduli terhadap penderitaan orang lain melalui zakat
2.4        Memiliki sikap patuh terhadap undang-undang zakat
2.5        Membiasakan sikap kerjasama, dan tolong menolong melalui praktik pelaksanaan haji
2.6        Memiliki sikap patuh terhadap undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah
2.7        Membiasakan rasa peduli kepada orang lain melalui kurban dan aqiqah
2.8        Memiliki rasa ingin tahu sebagai implementasi materi konsep ushul fikih



Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih

Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
( dalam penilaian ini dapat dipilih yang sesuai dengn KD KI-1 dan KD K2


3.1.        Memahami konsep fikih dalam Islam




4.1        Menyajikan konsep ibadah  berdasarkan aturan fikih


3.1.1 Menjelaskan dasar-dasar fikih dalam Islam

3.1.2 Menyebutkan prinsip ibadah dalam Islam

3.1.3 Menguraikan pengertian syariah

3.1.4 Menjelaskan pengertian ibadah
4.1.1. Menyajikan konsep ibadah  berdasarkan aturan fikih

a. Pengertian ibadah dan syariah
b. Dasar pelaksanaan ibadah dan syariah
c. Prinsip ibadah dalam Islam
·        Mengamati:
ü  Menyimak penjelasan guru tentang pengertian ibadah  dan syariah
ü  Mengamati tayangan slide tentang prinsip  ibadah dan syariah
ü Membaca ulang materi
·     Menanya :
ü Memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian ibadah dan syariah
ü  Melakukan Tanya jawab tentang slide yang belum difahami terkait prinsip ibadah dalam Islam
·     Eksplorasi:
ü Menggali informasi tentang prinsip ibadah dan syariah
ü Menemukan pengertian syariah dan ibadah pada internet/buku sumber lain
ü Mencari contoh pelaksanaan ibadah dan syariah dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengasosiasi:
ü Merumuskan prinsip ibadah.
ü  Memilah dan membandingkan antara  ibadah dan syariah dalam konsep fikih Islam
ü Memilah pengamalan ibadah antara knsep fikih Islam dengan adad
·     Mengkomunikasikan:
ü Memaparkan  tentang ibadah dan syariah.
ü Mempresentasikan kesimpulan  materi tentang ibadah dan syariah
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2.        Menganalisis tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya


4.2        Memperagakan tata cara penyelenggaraan  jenazah


3.2.1        Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah
3.2.2        Menjelaskan dasar pelaksanaan penyelenggaran jenazah
3.2.3        Menyebutkan kewajiban terhadap jenazah

3.2.4        Menyimpulkan hikmah pengurusan jenazah


4.2.1.    Memperagakan tata cara penyelenggaraan  jenazah




a.      Pengertian penyelenggaraan jenazah
b.    Dasar pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
c.     Tata cara penyelenggaraan jenazah
d.    Hikmah penyelenggaraan jenazah
Mengamati:
ü  Menyimak tentang pengertian pengurusan jenazah
ü Mengamati tayangan praktik urutan penyelenggaraan jenazah
ü Membaca materi ajar
·      Menanya:
ü  Memberikan tanggapan hasil pengamatan tentang pengertian pengurusan penyelenggaraan jenazah
ü  Tanya jawab tentang tayangan yang belum difahami terkait tata cara pengurusan penyelenggaraan jenazah
·      Eksplorasi/eksperimen:
ü Menggali informasi tentang tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya
ü Menemukan aturan penyelenggaran jenazah sesuai dengan ajaran Islam
·      Mengasosiasikan:
ü Merumuskan tata cara pengurusan penyelenggaraan jenazah
ü Membuat langkah-langkah  konsep tentang tata cara pengurusan jenazah
ü Memilah syariat penyelenggaraan jenazah menurut Islam dengan adad istiadad penyelenggaraan jenazah
·      Mengkomunikasikan :
ü Memaparkan hasil temuan pembuatan langkah langkah konsep penyelenggaraan jenazah
ü Mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang tata cara pengurusan jenazah
ü Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah
ü Menyimpulkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan syariat Islam
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.3.  Menelaah ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya

4.3     Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat

3.3.1.  Menjelaskan pengertian Zakat
3.3.2.  Menyebutkan macama-macam zakat
3.3.3.  Mengidentifkasi mustahik zakat
3.3.4.  Menguraikan hikmah Zakat

4.3.1. Memaparkan contoh penerapan zakat
Zakat dan Hikmahnya
·        Mengamati:
ü  Menyimak penjelasan guru tentang zakat
ü  Mengamati tayangan slide tentang prinsip  zakat
ü Membaca ulang materi
·     Menanya :
ü Memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian zakat
ü  Melakukan Tanya jawab tentang slide yang belum difahami terkaitzakat

·     Eksplorasi:
ü Menggali informasi tentang ketentuan zakat
ü Menemukan pengertian zakat dan ibadah pada internet/buku sumber lain
ü Mencari contoh pelaksanaan zakat dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengasosiasi:
ü Merumuskan hasil temuannya mengenai ketentuan zakat
ü  Memilah dan membandingkan antara  zakat fitrah dan zakat mal
·     Mengkomunikasikan:
ü Memaparkan  tentang macam-macam zakat.
ü Mempresentasikan mustahik zakat
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran




3.4.       Mengidentifikasi undang-undang pengelolaan zakat

4.4        Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan





3.4.1Menyebutkan macam-macam undang-undang dalam pengelolaan zakat
3.4.2Menjelaskan ketentuan zakat  dalam perundang-undangan
3.4.3   Membandingkan ketentuan zakat dalam perundangan dengan ajaran Islam
3.4.4   Menganalisis keabsahan perundang-undangan sebagai dasar zakat dalam Islam
4.4.1. Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

* Undang-undang tentang zakat kontemporer
Mengamati:
ü MMenyimak penjelasan guru tentang perundang-undangan zakat
ü  Mengamati tayangan slide tentang UU zakat

Menanya :
ü  Memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang UU zakat
ü TTanya jawab  yang belum dipahami dalam slide yang ditayangkan

Eksplorasi/eksperimen:
ü MMenggali informasi tentang ketentuan zakat dan perundang-undangannya
ü  Mengumpulkan data tentang harta yang wajib dizakati
ü MMenggali UU zakat  dari internet atau sumberlainnya
ü     
Menganalisis kesesuaian perundang-undangan zakat
·    MMengasosiasi:
ü Menjelaskan ketentuan zakat dalam Undang-Undang.
ü  Membandingkan ketentuan zakat dalam perundangan dengan ketentuan Islam
ü  Mengelompokkan antara zakat klasik dengan kontemporer
ü  Mengklasifikasikan dalam bentuk table tentang macam-macam harta yang wajib dizakati berikut kadar zakatnya
·     Mengkomunikasikan:
ü  Mempresentasikan/menyajikan hasil diskusinya tentang cara pelaksanaan zakat dalam Islam
ü  Mengumpulkan hasil pembuatan table tentang harta yang wajib dizakati dan kadar zakatnya

Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.5.       Menelaah ketentuan Islam tentang haji dan umrah beserta hikmahnya
3.6.       Menelaah Undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah


4.5        Menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik haji
4.6        Mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan



3.5.1 Menyebutkan dasar-dasar hukum haji dan umrah
3.5.2 Menjelaskan ketentuan perundangan haji dan umrah
3.5.3 Menjelaskan pengertian haji umroh
4.5.1.   Menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik haji
4.5.2.   Mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


a.    Pengertian haji dan umrah
b.    Dasar pelaksa-naan haji dan umrah
c.      Tata cara pelak-sanaan haji dan umrah
d.     Hikmah pelaksanaan haji dan umrah
e.                Mengamati:
a.      Menyimak penjelasan guru tentang pengertian haji dan umroh.
b.      mengamati tayangan slide tentang haji dan umroh.
c.      Membaca secara cermat tentang amaliyah haji
d.                 
e.                Menanya :
a.      Memberi  tanggapan hasil penjelasan guru tentang haji dan umroh.
b.      Tanya jawab tentang slide yang belum difahami terkait haji dan umroh.
c.                  
d.                Eksplorasi/eksperimen:
a.      Menggali informasi tentang haji dan umroh.
b.      Menganalisis pentingnya melaksanakan ibadah haji
c.      Mengumpulkan data tentang pengamalan haji dan implikasinya terhadap kehidupan
d.                 
e.                Mengasosiasi:
a.      Menyusun  konsep  rute perjalanan haji dan umroh.
b.       Menyusun skema pelaksanaan haji dan umroh.
c.      Mengklasifikasikan antara rukun, wajib dan sunnah haji serta dampak yang diakibatkan jika tidak dilaksanakan
d.      Memilah antara pelaksanaan haji dan umrah
ü       
e.            Mengkomunikasikan:
a.      Memaparkan /mempresentasikan/menyajikan hasil rute pelaksanaan haji
b.      Melakukan praktik manasik haji

Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.7.            Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan aqiqahserta hikmahnya
4.7        Mendemonstrasikan pelaksanaan kurban dan aqiqah


3.1..1Menjelaskan pengertian qurban dan akikah
3.1.2.Menyebutkan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
3.1.3. Menjelaskan perbedaan pengertian qurban dan akikah
3.1.5. Menjelaskan hikmah qurban dan akikan
3.1.6 Menyebutkan dalil tentang qurban dan akikah
4.7.1. Mendemonstrasikan pelaksanaan kurban dan aqiqah

* pengertian kurban dan akikah
* dasar hukum pelaksanaan kurban dan akikah
* tata cara pelaksanaan kurban dan akikah


Mengamati:
c.       Mengamati tayangan slide tentang qurban dan akikah
d.      Membaca membaca buku ajar tentang qurban dan akikah

Menanya :
e.       Memberikan tanggapan hasil tayangan tentang qurban dan akikah,
ketentuan dan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah

Eksplorasi/eksperimen:
Menggali informasi tentang qurban dan akikah

Mengasosiasikan:
a.    Merumuskan pengertian qurban dan akikah serta ketentuan dan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
b.   Membandingkan antara tata cara pelaksanaan dan pembagian daging kurban dan akikah dalam kebiasaan masyarakat dengan praktik secara Islam

Mengkomunikasikan:
a.    Memaparkan cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan akikah sesuai syariat Islam.

b.   Mendemontrasikan tata cara pelaksanaan kurban dan akikah

Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.8.       Menelaah konsep ushul-fikih

4.8        Menyajikan peta konsep ushul fikih
3.8.1.Menjelaskan pengertian ushul fikih
3.8.2.Menganalisis perbedaan pembahasan ushul fikih dan fikih
3.8.3.Mengidentifikasi ruang lingkup ushul fikih dengan ilmu lainnya
4.8.1.     MMenyajikan peta konsep tentang konsep ushul fikih
a.     Pengertian ushul fikih
b.    Ruang lingkup ushul fikih
c.     Dasar penggunaan ushul fikih
Mengamati:
Mengamati keadaan /peristiwa lingkungan yang ada hubungannya dengan penukilan hukum

Menanya:
Memberi pertanyaan tentang perkembangan hukum sesuai dengan peristiwa yang terjadi

Mengeksplorasi:
c.      Menggali informasi tentang obyek dan tata cara penukilan hukum
d.      Menyusun konsep ushul fikih

Mengasosiasikan:
e.      Membahas pentingnya ushul fikih dalam proses penukilan sebuah hukum
f.       Mencari contoh perbandingan masalah hukum yang dapat dijadikan acuan tentang konsep ushul fikih

Mengkomunikasikan:
g.      Berbagi informasi tentang konsep ushul fikih
h.      Menyimpulkan hasil akhir tentang konsep ushul fikih

Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran











SILABUS PEMBELAJARAN FIKIH-USHUL FIKIH PEMINATAN KEAGAMAAN KELAS X SEMESTER GENAP
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1.   Meyakini kebenaran  syariat Islam tentang kepemilikan
1.2.   Meyakini kebenaran  syariat Islam tentang perekonomian
1.3.   Menghayati perintah Allah tentang waqaf
1.4.   Meyakini perintah Allah tentang wakalah dan sulh
1.5.   Meyakini perintah Allah tentang iaman dan kafwlah
1.6.   Meyakini adanya larangan praktik ribawi
1.7.   Meyakini Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam
1.8.   Meyakini hadis sebagai sumber hukum Islam
1.9.   Meyakini  kebenaran ijmw dan qiyws sebagai sumber hukum Islam
1.10.       Meyakini  kebenaran qiyws sebagai sumber hukum Islam



Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman


2.1    Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi kepemilikan
2.2    Membiasakan bekerja sama dalam perekonomian Islam
2.3    Membiasakan sikap peduli melalui materi wakaf, hibah, sedekah dan hadiah.
2.4    Menunjukkan rasa tanggung jawab melalui materi wakalah dan sulh
2.5    Meningkatkan  kepedulian terhadap sesama melalui materi iaman dan kafwlah
2.6    Menolak  segala praktik ribawi
2.7    Membiasakan prilaku yang selalu merujuk pada Al-Qur’an
2.8    Membiasakan prilaku yang selalu meruju pada hadis shahih dan hasan.
2.9    Memiliki pendirian yang teguh dan tanggung jawab sebagai implementasi materi sumber hukum yang berupa ijmw
2.10Memiliki pendirian yang teguh dan tanggung jawab sebagai implementasi materi sumber hukum yang berupa qiyws



Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
(untuk penilaian ini bisa dipilih sesuai dengan KI KD1 dan KI KD2)




3.1.      Memahami aturan Islam tentang kepemilikan

4.1.      Memperagakan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad


3.1.1 Menjelaskan pengertian kepemilikan
3.1.2  Mengidentifikasi macam-macam kepemilikan
3.1.3.  Menjelaskan hikmah kepemilikan
4.1.1 Mempraktikkan aturan Islam tentang kepemilikan
4.1.2  Mendemontrasikan aturan Islam tentang akad

i.     PPengertian kepemilikan
j.     MMacam-macam kepemilikan
k.    HHikmah adanya kepemilikan
Mengamati:
·     MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan kepemilikan

Menanya:
·     MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
·     MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh kepemilikan

Mengeksplorasi:
·     MMenggali infrmasi tentang kepemilikan
·     MMendiskusikan contoh praktik akad

Mengasosiasikan:
Mengindentifikasi macam-macam kepemilikan
Membandingkan antara kepemilikan sempurna dan yang lainnya
Mengelompokkan tentang kepemilikan

Mengkomunikasikan:
·     MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2.      Menelaah aturan Islam tentang perekonomian Islam
4.2.       Mempraktikkan cara jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam


3.2.1 Menjelaskan dasar-dasar perokonomian dalam Islam
3.1.2. Menjelaskan pengertian masing-masing perekonomian dalam Islam
4.2.1 Menyajikan praktik  dalam perekonomian dalam Islam

a.     Dasar perekonomian dalam Islam
b.    Pengertian masing-masing perekonomian dalam Islam
c.     Tata cara perekonmian dalam Islam
Mengamati:
·    MMengamati praktik perekonomian dalam Islam
·    MMenyimak keterangan guru tentang perekonomian dalam Islam
Menanya:
·    MMelakukan wawancara tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·    MMelakukan Tanya jawab tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam

Mengeksplorasi:
·    MMenggali infrmasi tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·    MMendiskusikan contoh praktik jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam


Mengasosiasikan:
·    MMengindentifikasi macam-macam jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·    MMembandingkan antara musaqah, muzara ah, dan mukhwbarah
·    MMenyusunn table tentang macam-macam jual beli dan macam-macamnya

Mengkomunikasikan:
·    MMendemontrsikan praktik aturan jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam

Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.3.       Memahami ketentuan Islam tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

4.3.        Mempraktikkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah


3.3.1 Menjelaskan pengertian Wakaf
3.3.2 Menjelaskan pengertian Hibah
3.3.3 Menjelaskan pengertian shodaqoh
3.3.4 Menjelaskan pengertian hadiah
4.3.1 Mempraktikan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah



a.   Pengertian wakaf dan hibah
b.   Pengertian shodaqah dan hadiah
c.    Tata cara wakaf dan hibah

Mengamati:
·    MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan kepemilikan


Menanya:
·    MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
·    MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh kepemilikan

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·     Mendiskusikan contoh praktik wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

Mengasosiasikan:
·    MMengindentifikasi macam-macam wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·    MMembandingkan antara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·    MMengelompokkan tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
Mengkomunikasikan:
·    MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.1.       Memahami ketentuan Islam tentang wakalah dan sulh
4.4.        Mempraktikkan cara wakalah dan sulh



3.4.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakalah dan sulhu
3.4.2 Menjelaskan pengertian wakalah dan sulhu
3.4.3 Menjelaskan hikmah wakalah dan sulhu
4.4.1 Memperaktikkan tata cara wakalah dan sulhu
* Pengerian wakalah dan shulhu
* Syarat-syarat wakalah dan shulhu
* tata cara wakalah dan shulhu
* Hikmah dilaksanakannya wakalah dan shulhu

Mengamati:
·    MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan wakalah dan sulhu

Menanya:
·    MMelakukan wawancara tentang wakalah dan sulhu
·    MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh wakalah dan sulhu

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·     Mendiskusikan contoh praktik wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

Mengasosiasikan:
·    MMengindentifikasi macam-macam wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·    MMembandingkan antara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
·    MMengelompokkan tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

Mengkomunikasikan:
·    MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2.       Memahami ketentuan Islam tentang iaman dan kafwlah
4.5.        Mempraktikkan cara iaman dan kafwlah

3.5.1. Menjelaskan pengertian dhaman dan kafalah
3.5.2. Menjelaskan hukum dhaman dan kafalah
3.5. 3.Menyebutkan rukun dan syarat dhaman dan kafalah
3.5.4. Menjelaskan hikmah dhaman dan kafalah
4.5.1.Mendemonstrasiakan tata cara dhaman dan kafalah















a.     Pengertian dhaman dan kafalah
b.    Syarat-syarat kafalah dan dhamman
c.    Hikmah kafalah dan dhamman
Mengamati:
·    MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan iaman dan kafwlah

Menanya:
·    MMelakukan wawancara tentang iaman dan kafwlah
·     Melakukan Tanya jawab tentang iaman dan kafwlah

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang iaman dan kafwlah
·    MMendiskusikan contoh praktik iaman dan kafwlah

Mengasosiasikan:
·    MMengindentifikasi macam-macam iaman dan kafwlah

·    MMerumuskan contoh iaman dan kafwlah

Mengkomunikasikan:
·    MMendemontrasikan praktik dhaman dan kafalah
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.6.       Menganalisis hukum riba, bank, dan asuransi
4.6.       Menunjukkan contoh tentang praktik ribawi

3.6.1 Menunjukkan ayat Al-Qur’an yang menjadi dasar hukum riba
3.6.2 Menjelaskan pengertian riba,
3.6.3 Mengidentifikasi macam-macam riba
3.6.4 Hikmah diharamkannya riba
3.6.5 Menjelaskan pengertian bank dan asuransi
4.6.1 Mendemontrasikan  contoh tentang praktik  macam-macam riba
4.6.2 Mensimulasikan contoh tentang praktik ribawi (bank dan asuransi)

a.     Ayat ayat tentang al-Qur’an sebagai dasar hukum Islam tentang riba
b.      Macam-macam riba, bank dan asuransi
c.      Hikmah meninggalkan praktik riba
Mengamati:
·    MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam hubungannya dengan hukum riba, bank, dan asuransi

Menanya:
·    MMelakukan wawancara tentang hukum riba, bank, dan asuransi

·    MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh hukum riba, bank, dan asuransi

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang hukum riba, bank, dan asuransi

·    MMendiskusikan contoh praktik hukum riba, bank, dan asuransi

Mengasosiasikan:
·    MMengindentifikasi macam-macam hukum riba, bank, dan asuransi

·    MMembandingkan antara hukum riba, bank, dan asuransi

·    MMengelompokkan tentang contoh masing-masing dari riba, bank, dan asuransi

Mengkomunikasikan:
·    MMensimulasikan contoh praktik riba
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.7.       .Menganalisis kedudukan  Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam
4.7.        Menunjukkan contoh tentang Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama


3.7.1.   Menjelaskan kedudukan al-Qur’an sebagai dasar hukum Islam
3.7.2.   Menganalisis 3 macam pedoman/ cara  alquran dalam penetapan hokum
4.7.1.      Menunjukkan contoh tentang Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama

a.   Pengertian kedudukan al-Quran secagai dasar hukum
b.   Macam-macam pedoman al_qur’an dalam penetapan hukum

Mengamati:
·    MMengamati ayat-ayat yang berkaitan dengan al-Qur’an sebagai sumber dasar hukum
·    MMenyimak ayat tentang kedudukan al-Qur’an sebagai sumber hukum

Menanya:
·    MMenanggapi bacaan ayat tentang kedudukan al-Qur’an sebagai sumber hukum

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang ayat al-Qur’an sebagai dasar hukum
Mengasosiasikan:
·    MMengelompokkan ayat dari masing-masing macam-macam dasar al-Qur’an dalam penetapan hukum
Mengkomunikasikan:
·    MMenunjukkan contoh tentang al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama


Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif


Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas

3 x 45 Menit
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.8.    Mengidentifikasikan  fungsi sunah sebagai sumber hukum Islam
4.8.   Menunjukkan contoh tentang Al-hadis sebagai sumber hukum yang kedua setelah Al-Qur’an.


3.8.1. Menjelaskan kedudukan hais sebagai sumber dasar hukum
3.8.2. Menjelaskan macam-macam fungsi hadis sebagai dasar hukum
3.8.3. Menemukan contoh masing-masing fungsi hadis sebagai sumber hukum Islam
* Kedudukan hadis
* macam-macam Fungsi hadis
Mengamati:
·    MMengamati hadis sebagai sumber dasar hukum Islam
·    MMenyimak bacaan hadis sebagai sumber dasar hukum Islam

Menanya:
·    MMenanyakan fungsi hadis sebagai sumber hukum dalam Islam


Mengeksplorasi:
·    MMenggali infrmasi tentang fungsi hadis sebagai tafsir, taqrir dan tsyari’

Mengasosiasikan:
·    MMengelompokkan conth-cnth sesuai dengan fungsinya sebagai tafsir, taqrir dan tasyri.

Mengkomunikasikan:
·    MMenunjukkan contoh tentang Al-hadis sebagai sumber hukum yang kedua setelah Al-Qur’an melalui pemajangan dalam kelas


l.     Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Penugasan: mengumpulkan hadis sebagai fungsi tasrik, taqrir dan tafsir
1X 2Jam Pelajaran
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.9.        Menelaah fungsi dan kedudukan ijmw dalam hukum Islam

4.9.       Menyajikan contoh hasil ijmw sebagai dasar dalam menetapkan sebuah hukum

3.9.1.    MMenjelaskan ijma’ sebagai sumber hukum Islam
3.9.2.    MMenemukan contoh-contoh hukum yang bersumber dari ijma
3.9.3.    MMembedakan antara ijma sukuti dan shorih
4.9.1.Menyajikan contoh hasil ijmw sebagai dasar dalam menetapkan sebuah hukum

a.      Kedudukan ijma’
c.      Contoh-contoh hukum yang dihasilkan dari ijma
d.      Macam-macam ijma
Mengamati:
·    MMengamati kejadian/ peristiwa yang memerlukan penetapan hukum

Menanya:
·    MMenanggapi peristiwa yang memerlukan penetapan hukum melalui ijma’

Mengeksplorasi:
·    MMenggali informasi tentang masalah/ peristiwa yang dihasilkan dari proses ijma’
·    MMencari contoh hukum yang bersumber dari ijam

Mengasosiasikan:
·    MMengembangakan contoh-contoh hukum dari hasil ijma
·    MMengklasifikasikan antara ijma sukuti dan sharih

Mengkomunikasikan:
·    MMenyajikan contoh hasil ijmw sebagai dasar dalam menetapkan sebuah hukum
b.   Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Penugasan
Proyek: contoh-contoh hukum yang berdasarkan ijma
1X 2Jam Pelajaran
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.10.     Menganalisis fungsi dan kedudukan qiyas dalam hukum Islam
4.1.       Menunjukkan contoh hasil qiyws dalam menetapkan sebuah hukum
3.10.1.       MMenjelaskan qiyas sebagai sumber hukum Islam
3.10.2.       MMenemukan contoh-contoh hukum yang bersumber dari qiyas
3.10.3.       MMembedakan antara qiyas musawwi, ula dan adna
4.10.1.       MMenunjukkan contoh hasil qiyws dalam menetapkan sebuah hukum
e.      Kedudukan qiyas sebagai sumber hokum
f.       Macam-macam qiyas
g.      Cara penukilan hukum dari qiyas
Mengamati:
·    MMengamati kejadian/ peristiwa yang memerlukan penetapan hukum
·    MMenyimak hukum yang bersumber dari qiyas

Menanya:
·    MMenanggapi peristiwa yang memerlukan penetapan hukum melalui qiyas
·    MMenanyakan tentang mengapa perlu ada sumber hukum qiyas

Mengeksplrasi:
·    MMenggali informasi tentang masalah/ peristiwa yang dihasilkan dari proses qiyas
·    MMengumpulkan data tentang macam-macam qiyas
Mengasosiasikan:
·    MMengembangakan contoh-contoh hukum dari hasil qiyas
Mengkomunikasikan:
·    MMenunjukkan contoh hasil qiyws dalam menetapkan sebuah hukum
c.    Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Penugasan
Proyek: hasil karya siswa tentang hukum berdasar qiyas
2X 2Jam Pelajaran
·   Buku Pedoman Guru Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·   Al-Qur’an dan Terjamahanya
·   Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·   Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·   Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran






Komentar

Postingan Populer