SILABUS FIQIH DAN USHUL FIQIH X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS
PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : FIKIH DAN USHUL FIKIH
KELAS/PROGRAM :
X (SEPULUH) / KEAGAMAAN
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai) santun,
responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
SILABUS
PEMBELAJARAN : FIKIH DAN USHUL
FIKIH KELAS X SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.
Menerima
kesempurnaan agama Islam melalui komlpleksitas aturan fikih
1.2.
Meyakini syariat
Islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah
1.3.
Meyakini
kebenaran konsep zakat dalam menghilangkan kesenjangan antara yang kaya dan
yang miskin
1.4.
Menghayati
undang-undang zakat
1.5.
Menghayati hikmah
pelaksanaan perintah haji dan umrah
1.6.
Menghayati
undang-undang haji dan umrah
1.7.
Menghayati hikmah
kurban dan aqiqah
1.8.
Menyadari
pentingnya proses penukilan hukum melalui ushul fikih
|
-
|
-
|
-
|
Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada
hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam Islam yang akan dicentang
oleh guru bisa berupa daftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara
memilih
Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
|
||
2.1
Mematuhi
hukum fikih dalam ibadah dan syariah
2.2
Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi penyelenggaraan jenazah
2.3
Meningkatkan
sikap peduli terhadap penderitaan orang lain melalui zakat
2.4
Memiliki
sikap patuh terhadap undang-undang zakat
2.5
Membiasakan
sikap kerjasama, dan tolong menolong melalui praktik pelaksanaan haji
2.6
Memiliki
sikap patuh terhadap undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah
2.7
Membiasakan rasa peduli kepada orang lain melalui
kurban dan aqiqah
2.8
Memiliki rasa ingin tahu sebagai implementasi materi konsep ushul fikih
|
Observasi dengan cara merumuskan pernyataan yang ada
hubungannya dengan nilai kebenaran syariat Islam yang akan dicentang oleh
guru bisa berupadaftar cek dan skala penilaian disertai rubric
Penilain diri:
Guru menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara
memilih
Jurnal : jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian antar teman
( dalam penilaian ini dapat dipilih yang sesuai dengn KD KI-1
dan KD K2
|
|||||
3.1.
Memahami konsep
fikih dalam Islam
4.1
Menyajikan konsep
ibadah berdasarkan aturan fikih
|
3.1.1 Menjelaskan dasar-dasar fikih dalam Islam
3.1.2 Menyebutkan prinsip ibadah dalam Islam
3.1.3 Menguraikan pengertian syariah
3.1.4 Menjelaskan pengertian ibadah
4.1.1. Menyajikan konsep ibadah berdasarkan aturan fikih
|
a. Pengertian ibadah dan syariah
b. Dasar pelaksanaan ibadah dan
syariah
c. Prinsip ibadah dalam Islam
|
·
Mengamati:
ü Menyimak penjelasan guru
tentang pengertian ibadah
dan syariah
ü Mengamati tayangan slide
tentang prinsip ibadah dan syariah
ü Membaca
ulang materi
·
Menanya :
ü Memberikan tanggapan
hasil penjelasan guru tentang pengertian ibadah dan syariah
ü Melakukan Tanya jawab
tentang slide yang belum difahami
terkait prinsip ibadah dalam Islam
·
Eksplorasi:
ü Menggali
informasi tentang prinsip ibadah dan syariah
ü Menemukan pengertian
syariah dan ibadah pada
internet/buku sumber lain
ü Mencari contoh pelaksanaan ibadah dan
syariah dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengasosiasi:
ü Merumuskan prinsip ibadah.
ü Memilah dan membandingkan antara ibadah dan syariah dalam konsep
fikih Islam
ü Memilah pengamalan ibadah antara knsep
fikih Islam dengan adad
·
Mengkomunikasikan:
ü Memaparkan tentang ibadah dan syariah.
ü Mempresentasikan kesimpulan materi tentang ibadah dan syariah
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang
pencarian informasi terkait
tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.2.
Menganalisis tata cara pengurusan jenazah
dan hikmahnya
4.2
Memperagakan tata cara penyelenggaraan
jenazah
|
3.2.1
Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah
3.2.2
Menjelaskan dasar pelaksanaan penyelenggaran jenazah
3.2.3
Menyebutkan kewajiban terhadap jenazah
3.2.4
Menyimpulkan hikmah pengurusan jenazah
4.2.1. Memperagakan tata cara penyelenggaraan
jenazah
|
a.
Pengertian penyelenggaraan jenazah
b. Dasar pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
c.
Tata cara penyelenggaraan jenazah
d. Hikmah penyelenggaraan jenazah
|
Mengamati:
ü Menyimak tentang pengertian pengurusan jenazah
ü Mengamati tayangan praktik urutan penyelenggaraan jenazah
ü Membaca materi ajar
·
Menanya:
ü Memberikan tanggapan
hasil pengamatan tentang
pengertian pengurusan penyelenggaraan jenazah
ü Tanya jawab tentang tayangan yang belum difahami terkait tata cara
pengurusan penyelenggaraan jenazah
·
Eksplorasi/eksperimen:
ü Menggali
informasi tentang tata
cara pengurusan
jenazah dan hikmahnya
ü Menemukan aturan penyelenggaran
jenazah sesuai dengan ajaran Islam
·
Mengasosiasikan:
ü Merumuskan tata cara
pengurusan penyelenggaraan jenazah
ü Membuat langkah-langkah konsep tentang tata cara pengurusan jenazah
ü Memilah syariat penyelenggaraan
jenazah menurut Islam dengan adad istiadad penyelenggaraan jenazah
·
Mengkomunikasikan :
ü Memaparkan hasil temuan pembuatan langkah langkah
konsep penyelenggaraan jenazah
ü Mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusinya tentang tata
cara pengurusan
jenazah
ü Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah
ü Menyimpulkan penyelenggaraan jenazah
sesuai dengan syariat Islam
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.3.
Menelaah ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya
4.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan
zakat
|
3.3.1. Menjelaskan pengertian Zakat
3.3.2. Menyebutkan macama-macam zakat
3.3.3. Mengidentifkasi mustahik zakat
3.3.4. Menguraikan hikmah Zakat
4.3.1. Memaparkan contoh penerapan zakat
|
Zakat dan Hikmahnya
|
·
Mengamati:
ü Menyimak penjelasan guru
tentang zakat
ü Mengamati tayangan slide
tentang prinsip zakat
ü Membaca
ulang materi
·
Menanya :
ü Memberikan tanggapan
hasil penjelasan guru tentang pengertian zakat
ü Melakukan Tanya jawab
tentang slide yang belum difahami
terkaitzakat
·
Eksplorasi:
ü Menggali
informasi tentang ketentuan
zakat
ü Menemukan pengertian
zakat
dan ibadah pada
internet/buku sumber lain
ü Mencari contoh pelaksanaan zakat dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mengasosiasi:
ü Merumuskan hasil temuannya mengenai
ketentuan zakat
ü Memilah dan membandingkan antara zakat fitrah dan zakat mal
·
Mengkomunikasikan:
ü Memaparkan tentang macam-macam zakat.
ü Mempresentasikan mustahik zakat
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang
pencarian informasi terkait
tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.4. Mengidentifikasi undang-undang pengelolaan zakat
4.4
Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan
|
3.4.1Menyebutkan macam-macam undang-undang dalam pengelolaan zakat
3.4.2Menjelaskan
ketentuan zakat dalam perundang-undangan
3.4.3
Membandingkan ketentuan zakat dalam perundangan dengan ajaran Islam
3.4.4 Menganalisis keabsahan perundang-undangan sebagai dasar
zakat dalam Islam
4.4.1. Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
|
* Undang-undang tentang zakat kontemporer
|
Mengamati:
ü MMenyimak penjelasan guru tentang perundang-undangan
zakat
ü Mengamati
tayangan slide tentang UU zakat
Menanya :
ü Memberikan
tanggapan hasil penjelasan guru tentang UU zakat
ü TTanya jawab
yang belum dipahami dalam slide yang ditayangkan
Eksplorasi/eksperimen:
ü MMenggali informasi tentang ketentuan zakat dan
perundang-undangannya
ü Mengumpulkan
data tentang harta yang wajib dizakati
ü MMenggali UU zakat
dari internet atau sumberlainnya
ü
Menganalisis
kesesuaian perundang-undangan zakat
· MMengasosiasi:
ü
Menjelaskan ketentuan zakat dalam Undang-Undang.
ü
Membandingkan ketentuan zakat dalam perundangan dengan
ketentuan Islam
ü
Mengelompokkan antara zakat klasik dengan kontemporer
ü
Mengklasifikasikan dalam bentuk table tentang macam-macam harta yang
wajib dizakati berikut kadar zakatnya
·
Mengkomunikasikan:
ü
Mempresentasikan/menyajikan
hasil diskusinya tentang cara pelaksanaan zakat dalam Islam
ü
Mengumpulkan hasil pembuatan table tentang harta yang wajib dizakati
dan kadar zakatnya
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.5. Menelaah ketentuan Islam tentang haji dan umrah
beserta hikmahnya
3.6. Menelaah Undang-undang
penyelenggaraan haji dan umrah
4.5
Menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik
haji
4.6
Mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan
|
3.5.1
Menyebutkan dasar-dasar hukum haji dan umrah
3.5.2
Menjelaskan ketentuan perundangan haji dan umrah
3.5.3
Menjelaskan pengertian haji umroh
4.5.1. Menunjukkan contoh penerapan
macam-macam manasik haji
4.5.2. Mempraktikkan pelaksanaan manasik haji
sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
|
a.
Pengertian haji dan umrah
b.
Dasar pelaksa-naan haji dan umrah
c. Tata cara pelak-sanaan haji dan umrah
d.
Hikmah pelaksanaan haji dan umrah
|
e.
Mengamati:
a.
Menyimak
penjelasan guru tentang pengertian haji dan umroh.
b.
mengamati tayangan slide
tentang haji dan umroh.
c.
Membaca secara cermat tentang amaliyah haji
d.
e.
Menanya
:
a. Memberi tanggapan hasil penjelasan guru tentang haji
dan umroh.
b.
Tanya jawab
tentang slide yang belum difahami terkait haji
dan umroh.
c.
d.
Eksplorasi/eksperimen:
a. Menggali informasi tentang haji dan umroh.
b.
Menganalisis pentingnya melaksanakan ibadah haji
c.
Mengumpulkan data tentang pengamalan haji dan implikasinya terhadap
kehidupan
d.
e.
Mengasosiasi:
a. Menyusun konsep rute perjalanan haji dan
umroh.
b.
Menyusun skema pelaksanaan haji dan umroh.
c.
Mengklasifikasikan antara rukun, wajib dan sunnah haji serta dampak
yang diakibatkan jika tidak dilaksanakan
d.
Memilah antara pelaksanaan haji dan umrah
ü
e.
Mengkomunikasikan:
a. Memaparkan /mempresentasikan/menyajikan hasil rute pelaksanaan haji
b.
Melakukan praktik manasik haji
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.7.
Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan aqiqahserta hikmahnya
4.7
Mendemonstrasikan pelaksanaan kurban dan aqiqah
|
3.1..1Menjelaskan
pengertian qurban dan akikah
3.1.2.Menyebutkan
syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
3.1.3.
Menjelaskan perbedaan pengertian qurban dan akikah
3.1.5.
Menjelaskan hikmah qurban dan akikan
3.1.6
Menyebutkan dalil tentang qurban dan akikah
4.7.1.
Mendemonstrasikan pelaksanaan
kurban
dan aqiqah
|
* pengertian kurban dan akikah
* dasar hukum pelaksanaan
kurban dan akikah
* tata cara pelaksanaan kurban
dan akikah
|
Mengamati:
c.
Mengamati
tayangan slide tentang qurban dan akikah
d.
Membaca
membaca buku ajar tentang qurban dan akikah
Menanya :
e.
Memberikan
tanggapan hasil tayangan tentang qurban dan akikah,
ketentuan dan
syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
Eksplorasi/eksperimen:
Menggali
informasi
tentang qurban dan akikah
Mengasosiasikan:
a.
Merumuskan
pengertian qurban dan akikah serta ketentuan dan
syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
b.
Membandingkan antara tata cara pelaksanaan dan pembagian daging kurban
dan akikah dalam kebiasaan masyarakat dengan praktik secara Islam
Mengkomunikasikan:
a.
Memaparkan cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan
akikah sesuai syariat Islam.
b.
Mendemontrasikan tata cara pelaksanaan kurban dan akikah
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.8. Menelaah konsep ushul-fikih
4.8
Menyajikan peta konsep ushul
fikih
|
3.8.1.Menjelaskan pengertian ushul fikih
3.8.2.Menganalisis perbedaan pembahasan ushul fikih dan
fikih
3.8.3.Mengidentifikasi ruang lingkup ushul fikih dengan
ilmu lainnya
4.8.1.
MMenyajikan
peta konsep tentang konsep ushul fikih
|
a.
Pengertian ushul fikih
b.
Ruang lingkup ushul fikih
c.
Dasar penggunaan ushul fikih
|
Mengamati:
Mengamati keadaan /peristiwa lingkungan yang ada hubungannya dengan
penukilan hukum
Menanya:
Memberi
pertanyaan tentang perkembangan hukum sesuai dengan peristiwa yang terjadi
Mengeksplorasi:
c. Menggali informasi tentang obyek dan tata cara
penukilan hukum
d. Menyusun konsep ushul fikih
Mengasosiasikan:
e. Membahas pentingnya ushul fikih dalam proses
penukilan sebuah hukum
f. Mencari contoh perbandingan masalah hukum yang dapat
dijadikan acuan tentang konsep ushul fikih
Mengkomunikasikan:
g. Berbagi informasi tentang konsep ushul fikih
h. Menyimpulkan hasil akhir tentang konsep ushul fikih
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
SILABUS
PEMBELAJARAN FIKIH-USHUL FIKIH PEMINATAN KEAGAMAAN KELAS X SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1.
Meyakini kebenaran
syariat Islam tentang kepemilikan
1.2.
Meyakini kebenaran
syariat Islam tentang perekonomian
1.3.
Menghayati perintah Allah tentang waqaf
1.4.
Meyakini perintah Allah tentang wakalah
dan sulh
1.5.
Meyakini perintah Allah tentang iaman dan kafwlah
1.6.
Meyakini adanya larangan praktik ribawi
1.7.
Meyakini Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam
1.8.
Meyakini hadis sebagai sumber hukum Islam
1.9.
Meyakini kebenaran ijmw‘ dan qiyws sebagai sumber hukum Islam
1.10.
Meyakini kebenaran qiyws sebagai sumber hukum Islam
|
Observasi
dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran
syariat Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupa daftar cek dan skala
penilaian disertai rubric
Penilain
diri:
Guru
menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal
: jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian
antar teman
|
|||||
2.1 Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi kepemilikan
2.2 Membiasakan bekerja
sama dalam perekonomian Islam
2.3 Membiasakan sikap
peduli melalui materi wakaf, hibah, sedekah dan hadiah.
2.4 Menunjukkan rasa
tanggung jawab melalui
materi wakalah dan sulh
2.5 Meningkatkan kepedulian terhadap sesama melalui materi iaman
dan kafwlah
2.6 Menolak segala praktik ribawi
2.7 Membiasakan
prilaku yang selalu merujuk pada Al-Qur’an
2.8 Membiasakan
prilaku yang selalu meruju pada hadis shahih dan hasan.
2.9 Memiliki
pendirian yang teguh dan tanggung jawab sebagai implementasi materi sumber hukum yang berupa
ijmw‘
2.10Memiliki pendirian yang teguh dan tanggung jawab
sebagai implementasi materi sumber hukum yang berupa qiyws
|
Observasi
dengan cara merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan nilai kebenaran
syariat Islam yang akan dicentang oleh guru bisa berupadaftar cek dan skala
penilaian disertai rubric
Penilain
diri:
Guru
menyiapkan pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih
Jurnal
: jejak rekam anak dalam kegiatan sehari-hari
Penilaian
antar teman
(untuk
penilaian ini bisa dipilih sesuai dengan KI KD1 dan KI KD2)
|
|||||
3.1.
Memahami aturan Islam tentang kepemilikan
4.1. Memperagakan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian kepemilikan
3.1.2 Mengidentifikasi macam-macam kepemilikan
3.1.3. Menjelaskan hikmah kepemilikan
4.1.1
Mempraktikkan aturan Islam tentang kepemilikan
4.1.2 Mendemontrasikan aturan Islam tentang akad
|
i.
PPengertian kepemilikan
j.
MMacam-macam kepemilikan
k.
HHikmah adanya kepemilikan
|
Mengamati:
· MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam
hubungannya dengan kepemilikan
Menanya:
· MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
· MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh
kepemilikan
Mengeksplorasi:
· MMenggali infrmasi tentang kepemilikan
· MMendiskusikan contoh praktik akad
Mengasosiasikan:
Mengindentifikasi
macam-macam kepemilikan
Membandingkan
antara kepemilikan sempurna dan yang lainnya
Mengelompokkan
tentang kepemilikan
Mengkomunikasikan:
· MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.2.
Menelaah aturan
Islam tentang perekonomian
Islam
4.2. Mempraktikkan cara jual beli, khiywr, muswqah, muzwra ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
|
3.2.1
Menjelaskan dasar-dasar perokonomian dalam Islam
3.1.2.
Menjelaskan pengertian masing-masing perekonomian dalam Islam
4.2.1
Menyajikan praktik dalam perekonomian
dalam Islam
|
a.
Dasar perekonomian dalam Islam
b.
Pengertian masing-masing perekonomian dalam Islam
c.
Tata cara perekonmian dalam Islam
|
Mengamati:
·
MMengamati praktik perekonomian dalam Islam
·
MMenyimak keterangan guru tentang perekonomian dalam Islam
Menanya:
·
MMelakukan wawancara tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah,
mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·
MMelakukan Tanya jawab tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah,
mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
Mengeksplorasi:
·
MMenggali infrmasi tentang jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah,
mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·
MMendiskusikan contoh praktik jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah,
mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
Mengasosiasikan:
·
MMengindentifikasi macam-macam jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah, mukhabarah,
syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
·
MMembandingkan antara musaqah, muzara ah, dan mukhwbarah
·
MMenyusunn table tentang macam-macam jual beli dan macam-macamnya
Mengkomunikasikan:
·
MMendemontrsikan praktik aturan jual beli, khiyar, muswqah, muzara ah,
mukhabarah, syirkah, murabahah, mudharabah, dan salam
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.3.
Memahami ketentuan Islam tentang wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
4.3.
Mempraktikkan
cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
|
3.3.1 Menjelaskan pengertian Wakaf
3.3.2 Menjelaskan pengertian Hibah
3.3.3 Menjelaskan pengertian shodaqoh
3.3.4 Menjelaskan pengertian hadiah
4.3.1
Mempraktikan wakaf,
hibah, sedekah, dan hadiah
|
a.
Pengertian wakaf dan hibah
b.
Pengertian shodaqah dan hadiah
c.
Tata cara wakaf dan hibah
|
Mengamati:
· MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam
hubungannya dengan kepemilikan
Menanya:
· MMelakukan wawancara tentang macam-macam kepemilikan
· MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh
kepemilikan
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang wakaf, hibah, sedekah,
dan hadiah
· Mendiskusikan contoh praktik wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
Mengasosiasikan:
· MMengindentifikasi macam-macam wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
· MMembandingkan antara pelaksanaan wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
· MMengelompokkan tentang wakaf, hibah, sedekah, dan
hadiah
Mengkomunikasikan:
· MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.1.
Memahami ketentuan Islam tentang wakalah dan sulh
4.4.
Mempraktikkan
cara wakalah dan sulh
|
3.4.1 Menjelaskan ketentuan
Islam tentang wakalah dan sulhu
3.4.2
Menjelaskan pengertian wakalah dan sulhu
3.4.3
Menjelaskan hikmah wakalah dan sulhu
4.4.1
Memperaktikkan tata cara wakalah dan sulhu
|
* Pengerian wakalah
dan shulhu
* Syarat-syarat
wakalah dan shulhu
* tata cara wakalah
dan shulhu
* Hikmah
dilaksanakannya wakalah dan shulhu
|
Mengamati:
· MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam
hubungannya dengan wakalah dan
sulhu
Menanya:
· MMelakukan wawancara tentang wakalah dan sulhu
· MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh wakalah dan sulhu
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang wakaf, hibah, sedekah,
dan hadiah
· Mendiskusikan contoh praktik wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
Mengasosiasikan:
· MMengindentifikasi macam-macam wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
· MMembandingkan antara pelaksanaan wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
· MMengelompokkan tentang wakaf, hibah, sedekah, dan
hadiah
Mengkomunikasikan:
· MMendemontrsikan praktik aturan kepemilikan
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.2.
Memahami ketentuan Islam tentang iaman
dan kafwlah
4.5.
Mempraktikkan
cara iaman
dan kafwlah
|
3.5.1. Menjelaskan pengertian dhaman dan kafalah
3.5.2. Menjelaskan hukum dhaman dan kafalah
3.5. 3.Menyebutkan rukun dan syarat dhaman dan
kafalah
3.5.4. Menjelaskan hikmah dhaman dan kafalah
4.5.1.Mendemonstrasiakan tata cara dhaman dan
kafalah
|
a.
Pengertian dhaman dan kafalah
b.
Syarat-syarat kafalah dan dhamman
c.
Hikmah kafalah dan dhamman
|
Mengamati:
· MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam
hubungannya dengan iaman
dan kafwlah
Menanya:
· MMelakukan wawancara tentang iaman dan kafwlah
· Melakukan Tanya jawab tentang iaman dan kafwlah
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang iaman dan kafwlah
· MMendiskusikan contoh praktik iaman dan kafwlah
Mengasosiasikan:
· MMengindentifikasi macam-macam iaman dan kafwlah
· MMerumuskan contoh iaman
dan kafwlah
Mengkomunikasikan:
· MMendemontrasikan praktik
dhaman dan kafalah
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel
Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.6.
Menganalisis
hukum riba, bank, dan asuransi
4.6. Menunjukkan
contoh tentang praktik ribawi
|
3.6.1 Menunjukkan ayat Al-Qur’an yang menjadi dasar
hukum riba
3.6.2 Menjelaskan pengertian riba,
3.6.3 Mengidentifikasi macam-macam riba
3.6.4 Hikmah diharamkannya riba
3.6.5 Menjelaskan pengertian bank dan asuransi
4.6.1 Mendemontrasikan contoh tentang praktik macam-macam riba
4.6.2 Mensimulasikan contoh tentang praktik ribawi
(bank dan asuransi)
|
a.
Ayat ayat tentang al-Qur’an sebagai dasar hukum Islam tentang riba
b.
Macam-macam riba, bank dan asuransi
c.
Hikmah meninggalkan praktik riba
|
Mengamati:
· MMengamati lingkungan keluarga dan masyarakat dalam
hubungannya dengan hukum riba, bank, dan asuransi
Menanya:
· MMelakukan wawancara tentang hukum riba, bank, dan asuransi
· MMelakukan Tanya jawab tentang contoh-contoh hukum riba, bank, dan asuransi
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang hukum riba, bank, dan asuransi
· MMendiskusikan contoh praktik hukum riba, bank, dan asuransi
Mengasosiasikan:
· MMengindentifikasi macam-macam hukum riba, bank, dan asuransi
· MMembandingkan antara hukum
riba, bank, dan asuransi
· MMengelompokkan tentang contoh masing-masing dari riba, bank, dan asuransi
Mengkomunikasikan:
· MMensimulasikan contoh praktik riba
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.7.
.Menganalisis
kedudukan Al-Qur’an sebagai sumber
hukum Islam
4.7.
Menunjukkan
contoh tentang Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama
|
3.7.1. Menjelaskan kedudukan al-Qur’an sebagai dasar hukum Islam
3.7.2. Menganalisis 3 macam pedoman/ cara
alquran dalam penetapan hokum
4.7.1. Menunjukkan contoh tentang
Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama
|
a. Pengertian
kedudukan al-Quran secagai dasar hukum
b. Macam-macam pedoman al_qur’an dalam penetapan hukum
|
Mengamati:
· MMengamati ayat-ayat yang berkaitan dengan al-Qur’an
sebagai sumber dasar hukum
· MMenyimak ayat tentang kedudukan al-Qur’an sebagai
sumber hukum
Menanya:
· MMenanggapi bacaan ayat tentang kedudukan al-Qur’an
sebagai sumber hukum
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang ayat al-Qur’an sebagai
dasar hukum
Mengasosiasikan:
· MMengelompokkan ayat dari masing-masing macam-macam
dasar al-Qur’an dalam penetapan hukum
Mengkomunikasikan:
· MMenunjukkan contoh
tentang al-Qur’an sebagai sumber hukum yang paling utama
|
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Isian
Uraian obyekkktif dan non obyektif
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru
menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi terkait tema yang dibahas
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.8.
Mengidentifikasikan fungsi sunah sebagai sumber hukum Islam
4.8.
Menunjukkan contoh tentang Al-hadis sebagai sumber hukum
yang kedua setelah Al-Qur’an.
|
3.8.1. Menjelaskan
kedudukan hais sebagai sumber dasar hukum
3.8.2. Menjelaskan
macam-macam fungsi hadis sebagai dasar hukum
3.8.3. Menemukan
contoh masing-masing fungsi hadis sebagai sumber hukum Islam
|
* Kedudukan hadis
* macam-macam Fungsi
hadis
|
Mengamati:
· MMengamati hadis sebagai sumber dasar hukum Islam
· MMenyimak bacaan hadis sebagai sumber dasar hukum
Islam
Menanya:
· MMenanyakan fungsi hadis sebagai sumber hukum dalam
Islam
Mengeksplorasi:
· MMenggali infrmasi tentang fungsi hadis sebagai
tafsir, taqrir dan tsyari’
Mengasosiasikan:
· MMengelompokkan conth-cnth sesuai dengan fungsinya
sebagai tafsir, taqrir dan tasyri.
Mengkomunikasikan:
· MMenunjukkan
contoh tentang Al-hadis sebagai sumber hukum yang kedua setelah Al-Qur’an
melalui pemajangan dalam kelas
|
l.
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan
ganda
Jawaban
singkat
Isian
Uraian
obyekkktif dan non obyektif
Penugasan: mengumpulkan
hadis sebagai fungsi tasrik, taqrir dan tafsir
|
1X 2Jam Pelajaran
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.9.
Menelaah
fungsi dan kedudukan ijmw‘
dalam hukum Islam
4.9. Menyajikan
contoh hasil ijmw‘ sebagai
dasar dalam menetapkan sebuah hukum
|
3.9.1.
MMenjelaskan ijma’ sebagai sumber hukum Islam
3.9.2.
MMenemukan contoh-contoh hukum yang bersumber dari ijma
3.9.3.
MMembedakan antara ijma sukuti dan shorih
4.9.1.Menyajikan contoh hasil ijmw‘ sebagai dasar dalam menetapkan sebuah hukum
|
a.
Kedudukan ijma’
c.
Contoh-contoh hukum yang dihasilkan dari ijma
d.
Macam-macam ijma
|
Mengamati:
· MMengamati kejadian/ peristiwa yang memerlukan
penetapan hukum
Menanya:
· MMenanggapi peristiwa yang memerlukan penetapan
hukum melalui ijma’
Mengeksplorasi:
· MMenggali informasi tentang masalah/ peristiwa yang
dihasilkan dari proses ijma’
· MMencari contoh hukum yang bersumber dari ijam
Mengasosiasikan:
· MMengembangakan contoh-contoh hukum dari hasil ijma
· MMengklasifikasikan antara ijma sukuti dan sharih
Mengkomunikasikan:
· MMenyajikan
contoh hasil ijmw‘ sebagai
dasar dalam menetapkan sebuah hukum
|
b.
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan
ganda
Jawaban
singkat
Isian
Uraian
obyekkktif dan non obyektif
Penugasan
Proyek:
contoh-contoh hukum yang berdasarkan ijma
|
1X 2Jam Pelajaran
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
3.10. Menganalisis fungsi dan kedudukan
qiyas dalam hukum Islam
4.1.
Menunjukkan
contoh hasil qiyws dalam
menetapkan sebuah hukum
|
3.10.1.
MMenjelaskan
qiyas sebagai sumber hukum Islam
3.10.2.
MMenemukan contoh-contoh hukum yang bersumber dari qiyas
3.10.3.
MMembedakan antara qiyas musawwi, ula dan adna
4.10.1.
MMenunjukkan contoh hasil qiyws dalam menetapkan sebuah hukum
|
e.
Kedudukan qiyas sebagai sumber hokum
f.
Macam-macam qiyas
g.
Cara penukilan hukum dari qiyas
|
Mengamati:
· MMengamati kejadian/ peristiwa yang memerlukan
penetapan hukum
· MMenyimak hukum yang bersumber dari qiyas
Menanya:
· MMenanggapi peristiwa yang memerlukan penetapan
hukum melalui qiyas
· MMenanyakan tentang mengapa perlu ada sumber hukum
qiyas
Mengeksplrasi:
· MMenggali informasi tentang masalah/ peristiwa yang
dihasilkan dari proses qiyas
· MMengumpulkan data tentang macam-macam qiyas
Mengasosiasikan:
· MMengembangakan contoh-contoh hukum dari hasil qiyas
Mengkomunikasikan:
· MMenunjukkan
contoh hasil qiyws dalam
menetapkan sebuah hukum
|
c.
Tes Lisan dan tulis :
Pilihan
ganda
Jawaban
singkat
Isian
Uraian
obyekkktif dan non obyektif
Penugasan
Proyek: hasil karya
siswa tentang hukum berdasar qiyas
|
2X 2Jam Pelajaran
|
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Fikih-Ushul-Fikih, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa
Mapel Fikih-Ushul Fikih MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjang
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan
elektronik sesuai materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar
yang mendukung proses pembelajaran
|
Komentar
Posting Komentar