SILABUS BAHASA ARAB KELAS 4 MI KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN : BAHASA ARAB
Satuan
Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : IV (Empat) / Ganjil
Kompetensi
Inti :
(KI-1) :
Menerima dan menjalankan,ajaran agama yang dianutnya
(KI-2) : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
(KI-3) : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
(KI-4) : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KompetensiDasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Proses Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
SEMESTER I
|
||||||
1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT.
Berupa bahasa Arab
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT. Atas terciptanya bahasa yang beragam
|
--------------------
|
Terintegrasi
-----
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
--------
|
------------
|
|
2.1Memiliki kepedulian dan rasa
ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.2 Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
-------------------
|
Terintegrasi------
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
--------
|
------------
|
|
3.1.
Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب المهنة
baik secara lisan maupun tertulis
3.2
Menemukan
makna dari ujaran kata, frasa,
dan kalimat sederhana terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية،
أصحاب المهنة
3.3
Memahami bentuk kata, frasa, dan
kalimat sederhana terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب
المهنة
3.4
Memahami kata, frase dan kalimat
sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية،
أصحاب المهنة
4.1. Mempraktikkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة
4.2. Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة
4.3. Memperagakan kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة
4.4. Mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan
tertulis terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة
|
· mengidentifikasi
bunyi huruf teks sesuai dengan topik
· mengidentifikasi
bunyi teks frase sesuai dengan topik
· Mengidentifikasi
bunyi kalimat
· menentukan arti kata
· menentukan arti
frase/kalimat
· menerjemahkan kalimat bahasa arab sesuai
dengan topik
· menjelaskan
bentuk kata sesuai dengan topik
· menjelaskan
tarkib kalimat sederhana sesuai dengan topik
·
menentukan kata yang sesuai dengan istifham (من-
ما- هل)
terkait
dengan topik
·
menentukan kalimat yang sesuai dengan
istifham (من- ما-
هل)
terkait
dengan topik
· melafalkan
kosa kata baru
· melafalkan
kalimat yang sesuai dengan topik
· hafal arti
kosa kata baru terkait dengan topik
· menterjemahkan
kalimat kalimat sederhana sesuai
dengan topik
· Membuat
kalimat dengan kosa kata baru sesuai dengan topik
· Menjawab
pertanyaan sesuai dengan istifham
(من- ما-
هل)
Sesui dengan
topik
·
mempraktekkan dialog sesuai topik
·
menulis kalimat sederhana terkait topik
|
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب المهنة
|
Mengamati
:
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan
tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak
wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan
gambar dengan apa yang didengar.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Memperhatikan
bentuk isim muzakkar dan muannas.
· Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca
kalimat sesuai dengan topik yang
memiliki tarkib dhoma’ir/isim isyarah, isim mufrad
· Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat yang terdapat
dhoma’ir/isim isyarah, isim mufrad dalam isi teks lisan sesuai
konteks.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang dhamir, isim
isyarah, isim mufrad,
·
Melakukan tanya jawab tentang tema/topik
yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai
konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/topik.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak
pada gambar sesuai wacana secara lisan.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Merangkaikan
huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
· Menyusun
huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
· melafalkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang
benar.
· Mencoba
menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan
sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan
benar.
· melafalkan
kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
· Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan sesuatu dalam bahasa Arab.
· Menentukan isim
isyarah, isim mufrad dan dhoma’ir dalam
kalimat.
· Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
· Mengumpulkan dhoma’ir , isim mufrad dan isim isyarah dari
buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan
cara menyapa dan menunjukkan sesuatu yang dilakukan oleh orang Arab dengan
orang Indonesia.
· Menemukan
makna kata dalam teks sesuai tema/topik
· menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Membedakan
macam-macam dhamir dan jenis-jenis isim isyarah.
· Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan
makna kata dalam teks
· Mencari
informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Menemukan dhoma’r,
isim isyarah dan isim mufrad dalam teks-teks bahasa Arab dari berbagai sumber.
Mengkomunikasikan:
· Menjelaskan
cara menyapa, memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan
· Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
· Menyusun
karangan sederhana sesuai tema/topik.
· Menyampaikan
isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
· Menggunakan isim
isyarah/dhoma’ir dan isim mufrad dalam kalimat sederhana.
· Melakukan
presentasi tentang materi sesuai dengan topik
· Membuat
kalimat dalam Bahasa Arab dengan susunan
isim isyarah/dhoma’ir dan isim mufrad dalam kalimat sederhana.
|
Tertulis
Lisan
Penugasan
Keterangan
Pengamatan:
·
Mengamati cara siswa berkomunikasi dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
·
Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur
kebahasaan dan tata bahasa Arab serta
budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
·
Melihat kreativitas siswa dalam
mengidentifikasi contoh-contoh karya teks Arab.
Tes:
Ulangan
harian, Tes lisan/tulisan
Unjuk kinerja (performansi).
Penilaian
siswa saat mempraktikkan komunikasi Bahasa Arab seperti dialog (hiwar),
dll
Proyek:
Penilaian
terhadap tugas siswa seperti mebuat
karangan sederhana, klipping, dll
Portofolio:
· Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir diri siswa, membuat tabel kegiatan di rumah, dsb.
· kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat yang mengandung struktur
bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
· kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, seperti membuat
rekaman suara dengan tema/topik identitas diri atau film singkat.
· kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
|
12X35
menit
|
· Buku teks Bhs Arab Kementerian
Agama RI
· Buku Teks yang relevan
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
SEMESTER II
|
||||||
1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT.
Berupa bahasa Arab
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT. Atas terciptanya bahasa yang beragam
|
-----------------------
|
Terintegrasi
-----
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
|||
2.1Memiliki kepedulian dan rasa
ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.2 Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
-----------------------
|
Terintegrasi------
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
|
|||
3.1.
Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
baik secara lisan maupun tertulis
3.2
Menemukan
makna dari ujaran kata, frasa,
dan kalimat sederhana terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
3.3
Memahami bentuk kata, frasa, dan
kalimat sederhana terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
3.4
Memahami kata, frase dan kalimat
sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.1. Mempraktikkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.2. Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.3. Memperagakan kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.4. Mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan
tertulis terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
|
· mengidentifikasi
bunyi huruf teks sesuai dengan topik
· mengidentifikasi
bunyi teks frase sesuai dengan topik
· Mengidentifikasi
bunyi kalimat
· menentukan arti kata
· menentukan arti
frase/kalimat
· menerjemahkan kalimat bahasa arab sesuai
dengan topik
· menjelaskan
bentuk kata sesuai dengan topik
· menjelaskan
tarkib kalimat sederhana sesuai dengan topik
·
· melafalkan
kosa kata baru
· melafalkan
kalimat yang sesuai dengan topik
· hafal arti
kosa kata baru terkait dengan topik
· menterjemahkan
kalimat kalimat sederhana sesuai
dengan topik
· Membuat
kalimat dengan kosa kata baru sesuai dengan topik
· Menjawab
pertanyaan sesuai dengan istifham
(من- ما-
هل)
Sesui dengan
topik
·
mempraktekkan dialog tentang ……
·
menulis kalimat sederhana tentang
التعريف بالنفس
|
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
|
Mengamati
:
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak
wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan
gambar dengan apa yang didengar.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Memperhatikan
bentuk dhoma’ir muttashilah mufrodah, huruf Jar
في
· Mencari
informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan dengan istifham أين
· Membaca
kalimat sesuai dengan topik yang
memiliki tarkib dhoma’ir muttashilah,isim mufroda dan huruf Jar في
· Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat yang memiliki
tarkib dhoma’ir muttashilah,isim mufroda dan huruf Jar في
· dalam isi
teks lisan sesuai konteks.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan tanya jawab tentang dhoma’ir
muttashilah mufrodah, isim mufrad dan huruf Jar في
·
Melakukan tanya jawab tentang tema/topik
yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai
konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/topik.
·
Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak
pada gambar sesuai wacana secara lisan.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Merangkaikan
huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
· Menyusun
huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
· melafalkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang
benar.
· Mencoba
menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan
sikap, meminta, menawarkan sesuatu dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
· melafalkan
kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
· Mempraktikkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Menentukan dhoma’ir
muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar في
dalam kalimat.
· Menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
· Mengumpulkan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim
mufrod dan huruf Jar (في )dari buku teks, majalah, maupun
internet.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan
cara menyapa dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan
orang Indonesia.
· Menemukan
makna kata dalam teks sesuai tema/topik
· menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Membedakan
macam-macam dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar (في )
· Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan
makna kata dalam teks
· Mencari
informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Menemukan dhoma’ir
muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar (في )dalam teks-teks bahasa Arab dari
berbagai sumber.
Mengkomunikasikan:
· Menjelaskan
cara menanyakan alamat dengan istifham أين
· Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan
· Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
· Menyusun
karangan sederhana sesuai tema/topik.
· Menyampaikan
isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
· Menggunakan dhoma’ir
muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar (في )dalam kalimat sederhana.
· Melakukan
presentasi tentang topic yang sesuai
· Membuat
kalimat dalam Bahasa Arab dengan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim
mufrod dan huruf Jar (في )dalam kalimat sederhana.
|
Tertulis
Lisan
Penugasan
Unjuk kerja
Proyek
Portofolio
|
12X35
|
· Buku teks Bhs Arab Kementerian
Agama RI
· Buku Teks yang relevan
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
Komentar
Posting Komentar