SILABUS BAHASA ARAB KELAS 4 MI KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN : BAHASA ARAB
Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran           : Bahasa Arab
Kelas / Semester         : IV (Empat) / Ganjil
Kompetensi Inti          :
(KI-1)    : Menerima dan menjalankan,ajaran agama yang dianutnya
(KI-2)    : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
(KI-3)    : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
(KI-4)    : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KompetensiDasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
SEMESTER I






1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT. Berupa bahasa Arab
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT. Atas terciptanya bahasa yang beragam





--------------------




Terintegrasi -----
·      Pengamatan
·      Penilaian diri
·      Penilaian antar teman
·      Jurnal







--------




------------
2.1Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

2.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru







-------------------






Terintegrasi------
·      Pengamatan
·      Penilaian diri
·      Penilaian antar teman
·     Jurnal






--------






------------

3.1. Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
التعريف بالنفس،  الأدوات المدرسية،  أصحاب المهنة
baik secara lisan maupun tertulis




3.2  Menemukan   makna dari ujaran kata,  frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب المهنة


3.3  Memahami bentuk kata, frasa, dan kalimat  sederhana terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب المهنة



3.4  Memahami kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
التعريف بالنفس، الأدوات المدرسية، أصحاب المهنة










4.1.   Mempraktikkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة



4.2. Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة

4.3. Memperagakan kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة



4.4. Mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik:
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة


·      mengidentifikasi bunyi huruf  teks sesuai dengan topik
·      mengidentifikasi bunyi teks frase sesuai dengan topik

·      Mengidentifikasi bunyi kalimat






·   menentukan arti kata
·   menentukan arti frase/kalimat


·   menerjemahkan kalimat bahasa arab sesuai dengan topik




·   menjelaskan bentuk kata sesuai dengan topik

·   menjelaskan tarkib kalimat sederhana sesuai dengan topik





·        menentukan kata yang sesuai dengan istifham    (من- ما- هل)
terkait dengan topik

·        menentukan kalimat yang sesuai dengan istifham    (من- ما- هل)
terkait dengan topik




























·   melafalkan kosa kata baru
·   melafalkan kalimat yang sesuai dengan topik












·   hafal arti kosa kata baru terkait dengan topik
·   menterjemahkan kalimat  kalimat sederhana sesuai dengan topik









·   Membuat kalimat dengan kosa kata baru sesuai dengan topik
·   Menjawab pertanyaan sesuai dengan istifham
(من- ما- هل)
Sesui dengan topik









·        mempraktekkan dialog sesuai topik

·         menulis kalimat sederhana terkait topik



التعريف بالنفس،  الأدوات المدرسية،  أصحاب المهنة



Mengamati :
·  Menyimak dan menirukan pengucapan  ujaran dengan tepat
·  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·  Memperhatikan bentuk isim muzakkar dan muannas.
·  Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·  Membaca kalimat sesuai dengan topik  yang memiliki tarkib dhoma’ir/isim isyarah, isim mufrad
·  Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  terdapat dhoma’ir/isim isyarah, isim mufrad dalam isi teks lisan sesuai konteks.
Menanya:
·        Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·        Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·        Melakukan tanya jawab tentang dhamir, isim isyarah, isim mufrad,
·         Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·         Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·          Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·          Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·      Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·      Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·      Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
·      melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·      Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·      melafalkan kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
·      Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan sesuatu dalam bahasa Arab.
·     Menentukan isim isyarah, isim mufrad dan dhoma’ir  dalam kalimat.
·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mengumpulkan  dhoma’ir , isim mufrad dan isim isyarah dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
·      Membandingkan cara menyapa dan menunjukkan sesuatu yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·      Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
·     menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·     Membedakan macam-macam dhamir dan jenis-jenis isim isyarah.
·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menemukan makna kata dalam teks
·      Mencari informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·      Menemukan dhoma’r, isim isyarah dan isim mufrad dalam teks-teks bahasa Arab dari berbagai sumber.

Mengkomunikasikan:
·      Menjelaskan cara menyapa, memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan
·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
·      Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik.
·      Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
·      Menggunakan isim isyarah/dhoma’ir dan isim mufrad dalam kalimat sederhana.

·      Melakukan presentasi tentang materi sesuai dengan topik

·     Membuat kalimat dalam Bahasa Arab dengan susunan  isim isyarah/dhoma’ir dan isim mufrad dalam kalimat sederhana.

Tertulis
Lisan
Penugasan




Keterangan

Pengamatan:

·        Mengamati cara siswa berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
·        Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
·        Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya teks Arab.

Tes:
Ulangan harian, Tes lisan/tulisan

Unjuk kinerja (performansi).

Penilaian siswa saat mempraktikkan komunikasi Bahasa Arab seperti dialog (hiwar), dll

Proyek:

Penilaian terhadap tugas siswa  seperti mebuat karangan sederhana, klipping, dll

Portofolio:
·     Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir diri siswa, membuat tabel kegiatan di rumah, dsb.
·     kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
·     kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, seperti membuat rekaman suara dengan tema/topik identitas diri atau film singkat.
·     kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.











































































































































12X35
menit

·  Buku teks Bhs Arab Kementerian Agama RI
·  Buku Teks yang relevan
·  CD/DVD Pembelajaran
· Internet
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
SEMESTER II






1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT. Berupa bahasa Arab
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Allah SWT. Atas terciptanya bahasa yang beragam





-----------------------




Terintegrasi -----
·      Pengamatan
·      Penilaian diri
·      Penilaian antar teman
·      Jurnal



2.1Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru

2.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru







-----------------------






Terintegrasi------

·      Pengamatan
·      Penilaian diri
·      Penilaian antar teman
·      Jurnal




3.1. Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
baik secara lisan maupun tertulis




3.2  Menemukan   makna dari ujaran kata,  frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت


3.3  Memahami bentuk kata, frasa, dan kalimat  sederhana terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت


3.4  Memahami kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت









4.1. Mempraktikkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت



4.2. Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت

4.3. Memperagakan kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت


4.4. Mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik:
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت


·      mengidentifikasi bunyi huruf  teks sesuai dengan topik
·      mengidentifikasi bunyi teks frase sesuai dengan topik

·      Mengidentifikasi bunyi kalimat






·   menentukan arti kata
·   menentukan arti frase/kalimat


·   menerjemahkan kalimat bahasa arab sesuai dengan topik




·   menjelaskan bentuk kata sesuai dengan topik

·   menjelaskan tarkib kalimat sederhana sesuai dengan topik




·    



























·   melafalkan kosa kata baru
·   melafalkan kalimat yang sesuai dengan topik








·   hafal arti kosa kata baru terkait dengan topik
·   menterjemahkan kalimat  kalimat sederhana sesuai dengan topik









·   Membuat kalimat dengan kosa kata baru sesuai dengan topik
·   Menjawab pertanyaan sesuai dengan istifham
(من- ما- هل)
Sesui dengan topik



·        mempraktekkan dialog tentang ……

·         menulis kalimat sederhana tentang

التعريف بالنفس



العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت

Mengamati :
·  Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·  Memperhatikan bentuk dhoma’ir muttashilah mufrodah, huruf Jar
في
·  Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan dengan istifham أين
·  Membaca kalimat sesuai dengan topik  yang memiliki tarkib dhoma’ir muttashilah,isim mufroda dan huruf Jar في

·  Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  memiliki tarkib dhoma’ir muttashilah,isim mufroda dan huruf Jar في
·  dalam isi teks lisan sesuai konteks.
Menanya:
·        Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·        Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·         Melakukan tanya jawab tentang dhoma’ir muttashilah mufrodah, isim mufrad dan huruf Jar في

·         Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·         Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·          Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·          Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.


Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·      Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·      Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·      Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
·      melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·      Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan sesuatu dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·      melafalkan kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
·      Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·  Menentukan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar في
dalam kalimat.
·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mengumpulkan  dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar  (في )dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
·      Membandingkan cara menyapa dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·      Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
·     menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·     Membedakan macam-macam dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar  (في )
·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menemukan makna kata dalam teks
·      Mencari informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·      Menemukan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar  (في )dalam teks-teks bahasa Arab dari berbagai sumber.



Mengkomunikasikan:
·      Menjelaskan cara menanyakan alamat dengan istifham أين

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan
·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
·      Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik.
·      Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
·      Menggunakan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar  (في )dalam kalimat sederhana.

·      Melakukan presentasi tentang topic yang sesuai

·      Membuat kalimat dalam Bahasa Arab dengan dhoma’ir muttashilah mufradah, isim mufrod dan huruf Jar  (في )dalam kalimat sederhana.




Tertulis
Lisan
Penugasan

























































Unjuk kerja
Proyek
Portofolio



12X35

·  Buku teks Bhs Arab Kementerian Agama RI
·  Buku Teks yang relevan
·  CD/DVD Pembelajaran
· Internet

Komentar

Postingan Populer