Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | Kurtilas Maharatul Qiraah
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 3
Padang
Mata
Pelajaran : BAHASA ARAB
Materi
Pokok : البيانات الشخصية ( القراءة)
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 6 JP
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.1.
Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan: البيانات الشخصية؛ baik secara lisan
maupun tertulis
4.2.
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : البيانات
الشخصية؛ dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar, observasi dan negosiasi.
2.1.1. Menunjukkan sikap
tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab
untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Arab untuk menceritakan hasil observasi.
3.1.1.
Siswa melafalkan
dengan baik dan benar tentang qira’at dengan topic البيانات الشخصية
3.1.2. Menerangkan isi teks bacaan terkait
topik dengan tepat
4.2.1. Menyampaikan berbagai
informasi lisan dan tulisan sederhana
terkait topik
D.
Materi Pembelajaran
A.
Qira’ah tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B. Gambar yang berkaitan dengan Biodata
Pribadi (terlampir)
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific approach,
2. Metode: Tanya Jawab, penugasan dan presentasi
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A. Media : Gambar teks - In Focus
B. Alat/Bahan
: Papan tulis
C. Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2014, Kamus al Munawwir,
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Guru mengecek kesiapan Peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
b.
Pembelajaran dimulai dengan pembacaan doa
Mengamati :
c. Siswa diajak untuk
mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari sebagai persiapan
pembelajaran qira’ah
d. Guru meyampaikan tujuan
pembelajaran pada saat ini, yaitu membaca teks bacaan tentang: البيانات
الشخصية
e. Guru memberi penjelasan mengenai
tehnik pembelajaran qira’ah yang akan
diberikan
f. Guru menayangkan slide power point yang
berisikan bahan qiraah tentangالشخصية البيانات
2. Kegiatan inti
Menanya :
a. Guru memberikan pancingan agar Peserta didik
mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap bahan qiraah yang
ditayangkan
b. Guru melakukan tanya jawab
dengan siswa, bahwa pembelajaran qira’ah
ini berkaitan dengan pembelajaran hiwar, yaitu tentang البيانات
الشخصية
Mencoba :
c. Guru membacakan teks qira’ah
dengan benar dan fasih
d. Siswa disuruh membaca teks
qira’ah dengan benar dan fasih
Menalar :
e. Guru dan siswa mendiskusikan
kepada siswa mengenai isi yang terkandung dalam teks qira’ah.
f. Siswa diminta mencari makna
mufradat dalam teks qira’ah yang belum diketahui.
g. Guru menunjukkan arti mufradat
yang belum dapat ditemukan siswa
h. Guru memerintahkan siswa
menterjemahkan arti teks bacaan
Menkomunikasikan :
i. Guru mengoreksi
kesalahan-kesalahan siswa dalam mengartikan teks qira’ah.
j. Guru memberi latihan-latihan
untuk menguji kemampuan siswa terhadap penguasaan teks qira’ah
3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap
latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru memberi kunci jawaban
mengenai latihan yang diberikan
c. Guru menutup pembelajaran
H.
Penilaian
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Pilihan
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
A. Penilaian sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
|
SKOR
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
B. Penilaian
Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
Jenis/Teknik Penilaian : Tes
Tertulisan
Bentuk Instrumen Penilaian :
Berupa menentukan benar salah sebuah ungkapan sesuai nas
Soal :
Mengetahui
Kepala
----------------------------
NIP:
|
|
Padang, Juli 2015
Guru
Bahasa Arab
-----------------------------
NIP:
|
Komentar
Posting Komentar