Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | Kurtilas Maharatul Qiraah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah        : MAN  3 Padang
Mata Pelajaran      : BAHASA ARAB
Materi Pokok         : البيانات الشخصية ( القراءة)
Kelas/Semester      :  X / 1
Alokasi Waktu        :   6  JP
A.     Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: البيانات الشخصية؛ baik secara lisan maupun tertulis
4.2.  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :   البيانات الشخصية؛   dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan  kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.2.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar,  observasi dan negosiasi.
2.1.1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil observasi.
3.1.1. Siswa melafalkan dengan baik dan benar tentang qira’at dengan topic البيانات الشخصية
3.1.2. Menerangkan isi teks bacaan terkait topik dengan tepat
4.2.1. Menyampaikan berbagai informasi lisan dan tulisan sederhana   terkait topik

D.     Materi Pembelajaran
A.     Qira’ah tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B.     Gambar yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)
E.      Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Scientific approach,
2.   Metode: Tanya Jawab, penugasan dan presentasi

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A.       Media :   Gambar teks - In Focus
B.       Alat/Bahan  : Papan tulis
C.       Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2014, Kamus al Munawwir,

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
 1. Pendahuluan
a. Guru mengecek kesiapan Peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
b. Pembelajaran dimulai dengan pembacaan doa
Mengamati :
c.  Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari sebagai persiapan pembelajaran qira’ah
d.  Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membaca teks bacaan tentang: البيانات الشخصية
e.  Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran qira’ah  yang akan diberikan
f.  Guru menayangkan slide power point yang berisikan bahan qiraah tentangالشخصية البيانات
2. Kegiatan inti
Menanya :
a.  Guru memberikan pancingan agar Peserta didik mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap bahan qiraah yang ditayangkan
b.  Guru melakukan tanya jawab dengan  siswa, bahwa pembelajaran qira’ah ini berkaitan dengan pembelajaran hiwar, yaitu tentang البيانات الشخصية
Mencoba :
c.  Guru membacakan teks qira’ah dengan benar dan fasih
d.  Siswa disuruh membaca teks qira’ah dengan benar dan fasih
Menalar :
e.  Guru dan siswa mendiskusikan kepada siswa mengenai isi yang terkandung dalam teks qira’ah.
f.  Siswa diminta mencari makna mufradat dalam teks qira’ah yang belum diketahui.
g.  Guru menunjukkan arti mufradat yang belum dapat ditemukan siswa
h.  Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti teks bacaan
Menkomunikasikan :
i.  Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan siswa dalam mengartikan teks qira’ah.
j.  Guru memberi latihan-latihan untuk menguji kemampuan siswa terhadap penguasaan teks qira’ah
3. Penutup
a.  Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b.  Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
c.  Guru menutup pembelajaran
H.     Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
A.     Penilaian sikap
Lembar  Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….


















Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
SKOR
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

B. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
       Jenis/Teknik Penilaian :  Tes Tertulisan
       Bentuk Instrumen Penilaian      :  Berupa menentukan benar salah sebuah ungkapan sesuai nas
     Soal :





Mengetahui
Kepala                                                                                                    

----------------------------
NIP:

Padang,  Juli 2015
Guru Bahasa Arab



-----------------------------
NIP:  

Komentar

Postingan Populer