Contoh RPP B.Indonesia Kurikulum 2013 Revisi | Madrasah Aliayah | Dra. Zulhayati


                                 RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)
( Pemodelan Teks )

Satuan Pendidikan        : MAN .......
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester             : XII/ I
Materi Pokok                 : Santun menulis Surat Lamaran Pekerjaan
Waktu                                        : 14 x 45 menit ( 7 kali perteatamuan)


A.    Kompetensi Inti ( KI )
No
Kompetensi Inti
3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajin yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4
Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan,

B.. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang
       dibaca.
4.1.Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat
       lamaran   pekerjaan dalam bentuk visual
3.2.  mengidentifikas unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.2.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi,
        sistematika  dan kebahasaan.

C.Indikator Pencapaian

3.1.1..menjelaskan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
3.1.2 .mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
3.1.3.  mengidentifikasii struktur surat lamaran pekerjaan
4.11.  mengidentifasi sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
4.1.2.. menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
4.1.3.  mempresentasikan dan menanggapi sistematika dan unsur-unsur surat lamaran
              Pekerjaan
3.2.1.  menganalisis aspek kebahsaan dalam surat lamaran pekerjaan
3.2.2.  menganlisis kesalahan penulisan surat lamaran pekerjaan
4.2.1. menulis surat lamaran pekerjaan sesuai informasi lowongan pekerjaan
4.2.2   menyunting isi ,sistematika,dan kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.2.3. menyusun surat lamaran pekerjaan yang dikirim melalui e-mail
4.2.4. mengirm surat lamaran pekerjaan melalui e-mail

D.Materi Pembelajaran

    Surat Lamaran Pekerjaan:
1.identifikasi surat
2.Isi
3.Sistematika
4.Bahasa
5.Lampiran
6.Kalimat efektif
E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kesatu  ( 2 X 45 Menit )
a.Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
No
                                  Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Peserta didik merespon salam dan petanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik dan kelas.
2 menit
2.
Peserta didik melafazkan asmaulhusna, dan berdoa secara bersama-sama.
6 menit
3.
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya.
2 menit
4.
Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
4 menit
5.
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, materi dan langkah-langkah pembelajaran/ tahapan pembelajaran.
2 menit
6.
Peserta didik menerima informasi pengantar tentang sistematika penulisan surat lamaran peerjaan
2 menit
7
Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang berbagai sistematika serta struktur surat lamaran pkerjaan.
2        menit
        b. Kegiatan Inti (60menit)
No
Kegiatan
                Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Untuk membangun konteks pembelajaran, peserta didik mengamati contoh surat lamaran yang diberikan
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan  ya tentang lamaran pekerjaan yang diamti
10 menit
3
Menalar
Bersama teman sebangku, peserta didik berdiskusi menganalisis hasil diskusi yang telah dilakukan,dan menulis hasil  kesimpulan hasil kerjanya
10 menit
4
Mencoba
Bersama teman sebangku pesertadidik mencoaba mencari  informasi  di
perpustakaan cara penulisaSuratl amaran pekerjaan dan menuliskan informasi  yang diperoleh,serta mendikusikan  beberapa permasalahan tentang surat lamaran pekerjaan
20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya
·         .Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15    enit
         c.Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                            Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
2 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
2 menit
3
Peaserta didik mengikuti evaluasi
4 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya,
2 menit

Pertemuan Kedua
           a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                               Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
         b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                        Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik membaca teks atau conto surat lamaran pekerjaan dengan cermat
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan tentang sistematika penulisan  surat lamaran tersebut.
20 menit

3

Menalar
Peserta didik dengan pasangannya berdiskusimengidentifikasi dan menyebutkan sistematika yang membentuk struktur surat lamaran pekerjaan dan menulis dengan rapi di buku tugas
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik mencoba mencari dari berbagai informasi tentang sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan
20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya.
·         .Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit
        c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                                Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit







                                  
Pertemuan Ketiga
   a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                                Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
        b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                          Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik secara berkelompok  mencermati  dan membacacontoh surat lamaran pekerjaan
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan tentang  penulisan  surat lamaran pekerjaan yang tepat
20 menit

3

Menalar
Peserta didik berdiskusi menganalis kesalahan  kesalahan  dalam surat lamaran pekerjaan  dan menulis perbaikan surat tersebut dengan teliti, serta menuliskan hasil kerjanya  ke dalam bentuk laporan
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik mencoba mencari  contoh penulisan surat lamaran yang tepat di perpustakaan sekolah / internet

20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya.
·         .Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit


c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                             Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit

Pertemuan Keempat
   a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                          Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
        b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                      Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik secara berkelompok
mencermati  dan  membaca contoh surat lamaran pekerjaan
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan tentang  penulisan  surat lamaran pekerjaan yang tepat
20 menit

3

Menalar
Peserta didik berdiskusi menganalisis kesalahan  kesalahan  dalam surat lamaran pekerjaan  dan menulis perbaikan surat tersebut dengan teliti, serta menuliskan hasil kerjanya  ke dalam bentuk laporan
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik mencoba mencari  contoh penulisan surat lamaran yang tepat di perpustakaan sekolah / internet

20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya.
·         Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit
         c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                                   Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit

Pertemuan Kelima
   a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                              Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
        b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                           Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik secara berkelompok  mencermati  dan  membacacontoh surat lamaran pekerjaan
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan cara menyunting surat lamaran pekerjaan
20 menit

3

Menalar
Peserta didik berdiskusi melakukan penyuntingan terhadap surat lamaran tersebut dan menuliskembali surat lamaran pekerjaan yang telah di sunting
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik mencoba menyebutkan kesalahan di surat lamaran pekerjaan tersebut berdasarkan isi, klaufikasi diri,sistematika, riwayat hidup,dan bahasanya

20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya
·         .Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit
         c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                              Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit


Pertemuan Keenam
   a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                               Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
         b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                              Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik secara berkelompok  mencermati  iklan lowongan pekerjaan dengan cermat
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakantentang langkah-langkah membuat surat lamaran pekerjaan untuk memperluas ilmu pengetahuan
20 menit

3

Menalar
Peserta didik berdiskusi menuliskan hasil diskusi kelompoknya dan membuat surat lamaran pekerjaan  berdasarkaniklan lowongan pekerjaan tersebut dengan menentukan salah satu jenis pekejaan yang akan di lamaryang telah memenuhi kwalifikasi serta persyaratan yang telah ditentukan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut sehingga melamar pekerjaan tersebut
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik berdiskusi dengan temannya untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan jika mendapatkan informasilowongankerja seperti iklan yang di amti tersebut

20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya.
·         .Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit
         c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                              Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit


Pertemuan Ketujuh
   a.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
                                              Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik berdoa secara bersama-sama.
2 menit
2
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya pada awal pelajaran.
2 menit

3
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang baku
4 menit
4
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
2 menit
        b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
Kegiatan
                         Uraian
Alokasi Waktu
1
Mengamati
Perserta didik secara berkelompok  mencari dan mencermati  iklan lowongan pekerjaan yang pengirimanny melalui e-mail
5 menit
2
Menanya
Peserta didik mempertanyakan tentang cara penulisan dan pengiriman surat lamaran pekerjaan  melalui melalui e-mail bersama teman kelompokny
20 menit

3

Menalar
Peserta didik berdiskusi mendata langkah-langkah penulisan dan pengiriman surat lamaran pekerjaan melalui e-mail  secara lengkap dan utuh serta membuat laporan yang rapi dan sistematis tentang penulisan dan pengiriman surta lamaran pekejaan melalui e-mail berdasarkan data yang diperoleh
10 menit
4
Mencoba
Peserta didik berdiskusi dengan temannya mecari dan mempelajari informasi dari berbagai sumber refenrensi yang membahas  tentang penulisan dan pengiriman  surat lamaran pekerjaan melalui e- mail.

20 menit
5
Membuat jejaring /Mengomunikasikan
·         Beberapa pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·         Peserta didik yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi temannya.
·         Penegasan dari pendidik tentang inti pembelajaran
15 menit
         c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
                                                   Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
5 menit
2
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
3 menit
3
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
2 menit


F.  Penilaian
Penilaian Pengetahuan
Penilaian    : Tes tulis
Bentuk Instrumen : Uraian
                   Tertulis
                                                 1.   Soal:

1.. Jelaskanlah  isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
2 . Datalah sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
3.  Identifikasilah struktur surat lamaran pekerjaan
4.  Analisislah aspek kebahsaan dalam surat lamaran pekerjaan
5..  Analisislah kesalahan penulisan surat lamaran pekerjaan

                Pedoman Penskoran

No Soal
Aspek atau Kriteria yang Dinilai
Skor
1
Menjelaskan  isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan

a.       Apabila peserta didik dapat menjelaskan  dengan tepat
3
b.      Apabila peserta didik menjelaskan menemui dua sampai tigakurang tepat  
2
c.       Apabila peserta didik menjelaskantdak  tepat menemui lebih dari tiga ksalahan
1
2

Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan

a.       Apabila peserta didik mendata dengan tepat
3
b.      Apabila peserta didik kurang tepat
2
c.       Apabila peserta didik tidak tepat
1
3
 Mengidentifikasi struktur surat lamaran pekerjaan

a.       Apabila peserta didik mengidentifikasi  dengan tepat.
3
b.      Apabila peserta didik dalam   mengidentifikasi mendapat dua sampai lima kesalahan.
2
c.       Apabila peserta didik dalm mengidentifikasi medapat lebih dari lima kesalahan.
1
4
Menganalisis  aspek kebahsaan dalam surat lamaran pekerjaan

a.       Apabila peserta didik menganalisis dengan tepat 
3
b.      Apabila peserta didik menganalisis mendapat  dua sampai limakesalahan  
2
c.       Apabila peserta didik menganlisis mendapat lebih dari lima kesalahan
1
5
Meng analisis  kesalahan penulisan surat lamaran pekerjaan

Apabila peserta didik menganlis dengan tepat
3
Apabila peserta didik menganlis kurang tepat
2
Apabila peserta didik menganlis  tidak tepat
1

                        Nilai  =Jumlah skor diperoleh  x 5
                                                  15

b.Penilian Keterampilan
   Unjk Kerja ( terlampir pada Bahan Ajar

G.Tindak lanjut Hasil Belajat
a.      Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan.
a.      Pengayaan
Secara mandiri peserta didik belajar mencari dan menentukan struktur  teks surat
lamaran diminati



H. Sumber Belajar

·         Alwi, Hasan. 2003.  Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015.  Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Akademik Kelas XII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015.  Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
·         Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010.  Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Buku Guru Bahasa Indonesia  Untuk  SMA/ MA /SMK keles XII  ( WAJIB )Media Tama
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  Untuk  SMA/ MA /SMK keles XII  ( WAJIB )Media Tama

Mengetahui,                                                                                       Padang,     3  Juni 2017
Kepala                                                                                                KKG Mata Pelajaran




                                                                 


Komentar

Postingan Populer