Contoh RPP B.Indonesia Kurikulum 2013 Revisi | Madrasah Aliayah | Dra. Zulhayati
RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
(RPP)
(
Pemodelan Teks )
Satuan
Pendidikan : MAN .......
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : XII/ I
Materi
Pokok : Santun menulis Surat Lamaran Pekerjaan
Waktu : 14 x
45 menit ( 7
kali perteatamuan)
A.
Kompetensi Inti ( KI )
No
|
Kompetensi
Inti
|
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajin yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4
|
Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan,
|
B.. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang
dibaca.
4.1.Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat
lamaran pekerjaan dalam bentuk visual
3.2. mengidentifikas unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi,
sistematika dan kebahasaan.
C.Indikator
Pencapaian
3.1.1..menjelaskan isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan
3.1.2 .mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
3.1.3. mengidentifikasii struktur surat lamaran
pekerjaan
4.11. mengidentifasi
sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
4.1.2.. menyimpulkan
sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
4.1.3. mempresentasikan dan menanggapi sistematika
dan unsur-unsur surat lamaran
Pekerjaan
3.2.1. menganalisis aspek kebahsaan dalam surat
lamaran pekerjaan
3.2.2. menganlisis kesalahan penulisan surat lamaran
pekerjaan
4.2.1. menulis
surat lamaran pekerjaan sesuai informasi lowongan pekerjaan
4.2.2 menyunting isi ,sistematika,dan kebahasaan
surat lamaran pekerjaan
4.2.3. menyusun
surat lamaran pekerjaan yang dikirim melalui e-mail
4.2.4. mengirm
surat lamaran pekerjaan melalui e-mail
D.Materi Pembelajaran
Surat
Lamaran Pekerjaan:
1.identifikasi surat
2.Isi
3.Sistematika
4.Bahasa
5.Lampiran
6.Kalimat efektif
E. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Kesatu ( 2 X 45 Menit )
a.Kegiatan
Pendahuluan (20 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Peserta didik merespon salam dan petanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi peserta didik dan kelas.
|
2 menit
|
2.
|
Peserta didik melafazkan asmaulhusna, dan berdoa secara
bersama-sama.
|
6 menit
|
3.
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya.
|
2 menit
|
4.
|
Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang keterkaitan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
|
4 menit
|
5.
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, materi
dan langkah-langkah pembelajaran/ tahapan pembelajaran.
|
2 menit
|
6.
|
Peserta didik menerima informasi pengantar tentang sistematika penulisan surat lamaran
peerjaan
|
2 menit
|
7
|
Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang berbagai sistematika serta struktur surat lamaran
pkerjaan.
|
2
menit
|
b. Kegiatan Inti (60menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Untuk
membangun konteks pembelajaran, peserta didik mengamati contoh surat lamaran yang
diberikan
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan ya tentang lamaran
pekerjaan yang diamti
|
10 menit
|
3
|
Menalar
|
Bersama teman sebangku, peserta didik berdiskusi menganalisis hasil
diskusi yang telah dilakukan,dan menulis hasil kesimpulan hasil kerjanya
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Bersama teman sebangku pesertadidik mencoaba mencari informasi
di
perpustakaan cara penulisaSuratl amaran pekerjaan dan menuliskan
informasi yang diperoleh,serta mendikusikan
beberapa permasalahan tentang surat
lamaran pekerjaan
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Kelompok
lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil kerja temannya
·
.Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15
enit
|
c.Kegiatan Penutup
(10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
2 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran
yang sudah dilaksanakan.
|
2 menit
|
3
|
Peaserta
didik mengikuti evaluasi
|
4 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya,
|
2 menit
|
Pertemuan Kedua
a.Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan yang
baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik membaca teks atau conto surat lamaran pekerjaan
dengan cermat
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan tentang sistematika penulisan surat lamaran tersebut.
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik dengan pasangannya berdiskusimengidentifikasi dan
menyebutkan sistematika yang membentuk struktur surat lamaran pekerjaan dan
menulis dengan rapi di buku tugas
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
mencoba mencari dari berbagai informasi tentang sistematika penulisan surat
lamaran pekerjaan
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya.
·
.Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik
bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
Pertemuan
Ketiga
a.Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan
yang baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik secara berkelompok mencermati dan membacacontoh surat lamaran pekerjaan
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan tentang penulisan
surat lamaran pekerjaan yang tepat
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik berdiskusi menganalis kesalahan kesalahan
dalam surat lamaran pekerjaan
dan menulis perbaikan surat tersebut dengan teliti, serta menuliskan
hasil kerjanya ke dalam bentuk laporan
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
mencoba mencari contoh penulisan surat
lamaran yang tepat di perpustakaan sekolah / internet
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya.
·
.Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
Pertemuan
Keempat
a. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan
yang baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik secara berkelompok
mencermati dan membaca contoh surat lamaran pekerjaan
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan tentang penulisan
surat lamaran pekerjaan yang tepat
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik berdiskusi menganalisis kesalahan kesalahan
dalam surat lamaran pekerjaan
dan menulis perbaikan surat tersebut dengan teliti, serta menuliskan
hasil kerjanya ke dalam bentuk laporan
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
mencoba mencari contoh penulisan surat
lamaran yang tepat di perpustakaan sekolah / internet
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya.
·
Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
Pertemuan
Kelima
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan
yang baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik secara berkelompok
mencermati dan membacacontoh surat lamaran pekerjaan
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan cara menyunting surat lamaran
pekerjaan
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik berdiskusi melakukan penyuntingan terhadap surat
lamaran tersebut dan menuliskembali surat lamaran pekerjaan yang telah di
sunting
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
mencoba menyebutkan kesalahan di surat lamaran pekerjaan tersebut berdasarkan
isi, klaufikasi diri,sistematika, riwayat hidup,dan bahasanya
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya
·
.Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
Pertemuan
Keenam
a.Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran teman-temannya
pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan
yang baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik secara berkelompok
mencermati iklan lowongan
pekerjaan dengan cermat
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakantentang langkah-langkah membuat surat
lamaran pekerjaan untuk memperluas ilmu pengetahuan
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik berdiskusi menuliskan hasil diskusi kelompoknya dan
membuat surat lamaran pekerjaan
berdasarkaniklan lowongan pekerjaan tersebut dengan menentukan salah
satu jenis pekejaan yang akan di lamaryang telah memenuhi kwalifikasi serta
persyaratan yang telah ditentukan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut
sehingga melamar pekerjaan tersebut
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
berdiskusi dengan temannya untuk menentukan langkah-langkah yang akan
dilakukan jika mendapatkan informasilowongankerja seperti iklan yang di amti
tersebut
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya.
·
.Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
Pertemuan
Ketujuh
a.Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik memberi salam kepada pendidik dan peserta didik
berdoa secara bersama-sama.
|
2 menit
|
2
|
Peserta didik merespon pertanyaan tentang kehadiran
teman-temannya pada awal pelajaran.
|
2 menit
|
3
|
Peserta didik merespon apersepsi tentang pembelajaran yang sudah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dipelajari, yaitu cara menulis surat lamaran yan sesuai dengan aturan
yang baku
|
4 menit
|
4
|
Peserta didik menerima informasi tentang tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dipelajari.
|
2 menit
|
b. Kegiatan Inti (70 menit)
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Mengamati
|
Perserta didik secara berkelompok
mencari dan mencermati iklan
lowongan pekerjaan yang pengirimanny melalui e-mail
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Peserta didik mempertanyakan tentang cara penulisan dan
pengiriman surat lamaran pekerjaan
melalui melalui e-mail bersama teman kelompokny
|
20 menit
|
3
|
Menalar
|
Peserta didik berdiskusi mendata langkah-langkah penulisan dan
pengiriman surat lamaran pekerjaan melalui e-mail secara lengkap dan utuh serta membuat
laporan yang rapi dan sistematis tentang penulisan dan pengiriman surta
lamaran pekejaan melalui e-mail berdasarkan data yang diperoleh
|
10 menit
|
4
|
Mencoba
|
Peserta didik
berdiskusi dengan temannya mecari dan mempelajari informasi dari berbagai
sumber refenrensi yang membahas
tentang penulisan dan pengiriman
surat lamaran pekerjaan melalui e- mail.
|
20 menit
|
5
|
Membuat
jejaring /Mengomunikasikan
|
·
Beberapa
pasangan mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
·
Peserta didik
yang lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan terhadap hasil diskusi
temannya.
·
Penegasan
dari pendidik tentang inti pembelajaran
|
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
|
5 menit
|
2
|
Bersama pendidik, peserta didik melakukan refleksi tentang
pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
3 menit
|
3
|
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
2 menit
|
F. Penilaian
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian : Tes tulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Tertulis
1. Soal:
1.. Jelaskanlah isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan
2 .
Datalah sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
3. Identifikasilah struktur surat lamaran
pekerjaan
4. Analisislah aspek kebahsaan
dalam surat lamaran pekerjaan
5.. Analisislah kesalahan penulisan surat lamaran
pekerjaan
Pedoman Penskoran
No Soal
|
Aspek atau Kriteria yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Menjelaskan isi dan sistematika
surat lamaran pekerjaan
|
|
a.
Apabila peserta
didik dapat menjelaskan dengan tepat
|
3
|
|
b.
Apabila
peserta didik menjelaskan
menemui dua sampai tigakurang tepat
|
2
|
|
c.
Apabila
peserta didik menjelaskantdak tepat menemui lebih dari tiga ksalahan
|
1
|
|
2
|
Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
|
|
a.
Apabila
peserta didik mendata dengan tepat
|
3
|
|
b.
Apabila
peserta didik kurang tepat
|
2
|
|
c.
Apabila
peserta didik tidak tepat
|
1
|
|
3
|
Mengidentifikasi struktur
surat lamaran pekerjaan
|
|
a.
Apabila
peserta didik mengidentifikasi dengan tepat.
|
3
|
|
b.
Apabila
peserta didik dalam
mengidentifikasi mendapat dua sampai lima kesalahan.
|
2
|
|
c.
Apabila
peserta didik dalm mengidentifikasi medapat lebih dari
lima kesalahan.
|
1
|
|
4
|
Menganalisis aspek
kebahsaan dalam surat lamaran pekerjaan
|
|
a.
Apabila
peserta didik menganalisis dengan tepat
|
3
|
|
b.
Apabila
peserta didik menganalisis
mendapat dua sampai limakesalahan
|
2
|
|
c.
Apabila
peserta didik menganlisis mendapat lebih dari lima
kesalahan
|
1
|
|
5
|
Meng
analisis kesalahan penulisan surat
lamaran pekerjaan
|
|
Apabila
peserta didik menganlis dengan tepat
|
3
|
|
Apabila
peserta didik menganlis kurang tepat
|
2
|
|
Apabila
peserta didik menganlis tidak tepat
|
1
|
Nilai =Jumlah skor diperoleh x 5
15
b.Penilian
Keterampilan
Unjk Kerja (
terlampir pada Bahan Ajar
G.Tindak
lanjut Hasil Belajat
a.
Remedial
Pemberian
bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan.
a.
Pengayaan
Secara mandiri
peserta didik belajar mencari dan menentukan struktur teks surat
lamaran diminati
H.
Sumber Belajar
·
Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Akademik Kelas
XII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .
·
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII: Buku Guru. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
·
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010.
Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Buku Guru Bahasa Indonesia Untuk
SMA/ MA /SMK keles XII ( WAJIB
)Media Tama
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia Untuk
SMA/ MA /SMK keles XII ( WAJIB
)Media Tama
Mengetahui, Padang, 3
Juni 2017
Kepala
KKG Mata
Pelajaran
Komentar
Posting Komentar