KI dan KD Bahsa Arab Peminatan X Madrasah Aliyah
MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB PEMINATAN PK
Kelas X, Semester 1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama Islam
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
2
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
3
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta
cara meresponnya, terkait topik :
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2.
Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, terkait topik :
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3.
Menganalisis secara sederhana
unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks terkait topik
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1.
Mensimulasikan dialog tentang
ungkapan yang merespon terkait topik :
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.
Mendemonstrasikan ungkapan
tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait
topik :
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budayasecara benar dan sesuai konteks.
4.3.
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik:
في الصف والمكتبة ؛زيا رة عائلية ؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Tarkib :
|
الفعل الماضي والفعل المضارع والفاعل المفرد
الألوان للمذكر والمؤنث
|
Kelas X, Semester 2
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
|
2
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
|
3
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
|
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya,
terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزليةوالاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2 Membandingkan cara
memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزليةوالاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3. Menganalisis secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya dari teks terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزليةوالاجتماعية.
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.
Mensimulasikan dialog tentang
ungkapan yang merespon terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزليةوالاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Mendemonstrasikan ungkapan
tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait
topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتناالمنزلية والاجتماعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budayasecara benar dan sesuai konteks.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛ واجباتناالمنزلية والاجتماعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks
dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib :
|
الجملة الفعلية والجملة الاسمية المفرد والجمع –ما وليس للنفي
|
Komentar
Posting Komentar