SILABUS TAFSIR DAN ILMU TAFSIR X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN   : MADRASAH  ALIYAH              
MATA PELAJARAN         :TAFSIR DAN ILMU TAFSIR
KELAS/PROGRAM            : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN

Kompetensi Inti           : 

KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

SILABUS PEMBELAJARAN : TAFSIR DAN ILMU TAFSIR KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1.   Meyakini kebenaran Al-Qur’an yang harus diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
1.2.   Menghayati tafsir, ta’wil, terjemah dan ilmu tafsir

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
1.3.   Menghayati sejarah penafsiran Al-Qur’an pada periode Nabi Muhammad Saw., sahabat, tabiin dan periode pembukuan tafsir (tadwrn)

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
1.4.   Menyakini nilai-nilai asbwbun-nuzyl Al-Qur’an

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
1.5. Menyadari pentingnya nilai-nilai munwsabah dalam menafsirkan Al-Qur’an

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
2.1.   Memiliki sikap sebagaimana yang terkandung dalam Al

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
2.2.   Memiliki sikap sebagaimana seorang mufassir pada masa Nabi Muhammad Saw., sahabat, tabiin, dan masa tadwrn dalam menafsirkan Al

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
2.3.   Meneladani prilaku seorang mufassir dalam menafsirkan Al

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
2.4.   Menunjukkan sikap yang menunjukkan diri berpedoman terhadap asbwbun

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan

-

-
2.5. Meneladani adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al

-

-

-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan




-

-
3.1. Memahami pengertian Al-Qur’an
4.1. Mendeskripsi-kan pengertian Al-Qur’an 
3.1.1. Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut pendapat beberapa ulama

3.1.2. Membanding-kan pengertian al-Qur’an menurut para ulama

3.1.3. Menjelaskan isi kandungan al-Qur’an

3.1.4. Menganalisis  bukti keotentikan al-Qur’an.

4.1.1. Menceritakan an pengertian al-Qur’an

a.    Pengertian al-Qur’an
b.   Unsur-unsur pengertian al-Qur’an
c.   Kandungan dan isi Al-Qur’an
d.   Bukti keotentikan al-Qur’an
Mengamati
·      Mencermati pendapat ulama’ dalam mendefinisikan al-Qur’an.
·      Membaca unsur-unsur definisi al-Qur’an
·      Menyimak penjelasan tentang kandungan dan bukti keotentikan al-Qur’an.

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang identifikasi pendapat-pendapat ulama.
·      Mengajukan pertanyaan mengenai istilah-istilah, unsur-unsur

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari contoh-contoh yang termasuk al-Qur’an dan yang tidak termasuk al-Qur’an
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang pendapat-pendapat ulama dalam mendefinisikan al-Qur’an.
·      Secara berpasangan mendialogkan tentang pengertian, kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.

Asosiasi
·     Menganalisis, tentang kandungan dan bukti keotentikan Al-Qur’an.
·      Melakukan  analisis terhadap pendapat ulama tentang definisi al-Qur’an.

Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis pendapat ulama’ tentang pengertian al-Qur’an
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.
·     Menyusun kesimpulan materi tentang kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.
Tugas
·      Menuliskan ayat-ayat yang berisi tentang mu’amalah.
·      Menuliskan hasil pengamatan perlakuan umat islam disekitarnya terhadap hadis.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang pengertian al-Qur’an, kandungan, dan bukti-bukti keotentikan al-Qur’an.
·     Membuat paparan analisis dan identifikasi tentang pengertian, kandungan al-Qur’an

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2. Memahami pengertian ilmu tafsir,tafsir, ta’wrl dan terjamah Al-Qur’an
4.2 Menunjukkan contoh ilmu tafsir, tafsir, ta’wrl dan tarjamah  Al-Qur’an
3.2.1. Mengidentifikasi  ilmu tafsir, tafsir, ta’wil dan tarjamah.
3.2.2.Membandingkan pengertian ilmu tafsir, tafsir, ta’wil dan tarjamah al Qur’an.
3.2.3. Menyimpulkan ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan tarjamah
3.2.4. Menyimpulkan pengertian ilmu tafsir, tafsir, ta’wil dan tarjamah al Qur’an.

4.2.1.Menyajikan contoh ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan tarjamah


Pengertian Ilmu Tafsir, Tafsir, TA’wil, dan Terjamah al-Qur’an
Mengamati
·      Mencermati definisi para ulama tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
·      Menyimak unsur-unsur definisi ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·      Menyimak penjelasan  tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang pengertian ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·      Mengajukan pertanyaan mengenai unsur definisi, perbedaan, persamaan ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari membahas tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah.
·      Diskusi tentang perbedaan antara tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil diskusi
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan antara tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an

Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil diskusi tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil dan tarjamah al-Qur’an
·     Menanggapi pemaparan tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
·     Menyusun kesimpulan tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
Tugas
·      Menuliskan contoh tafsir, ta’wil, dan terjamah al-qur’an

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan unsur-unsur definisi yang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan bercerita tentang kondisi hadis dari waktu ke waktu.


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.3. Mengetahui sejarah tafsir pada periode Nabi Muhammad Saw. dan sahabat, tabiin, dan periode pembukuan (tadwrn)
4.3. Menceritakan sejarah penafsiran Al-Qur’an pada periode Nabi Muhammad SAW,Sahabat, Tabi’in dan tadwrn
3.3.1.  Mendeskrip-sikan sejarah tafsir pada masa Nabi Muhammad
3.3.2.  Menguraikan sejarah tafsir pada masa sahabat
3.3.3.   Mendeskrip-sikan sejarah tafsir pada masa tabiin.
3.3.4.  Menguraikan sejarah tafsir pada masa pembukuan

4.3.1.   Menceritakan sejarah penafsiran Al-Qur’an pada periode Nabi Muhammad SAW,Sahabat, Tabi’in dan tadwrn.
Sejarah Tafsir pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa Tadwin.
Mengamati
·      Mencermati penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Menyimak dan mengamati tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Menyimak penjelasan  tentang penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Mengajukan pertanyaan mengenai ciri-ciri penafsiran pada masa Nabi, sahabat, tabiin dan masa tadwin.

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Diskusi tentang perbedaan penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan contoh penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang ciri-ciri penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat tentang prilaku yang meneladani Nabi, sahabat, tabiin, dalam memaknai al-Qur’an
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku para ulama dalam mencari makna al-Qur’an yang obyektif.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan disusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang sejarah penafsiran al-Qur’an
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi keadaan penafsiran al-Qur’an dari masa nabi, sahabat, tabiin, dan masa tadwin.

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan bercerita tentang kondisi sahabat yang banyak meriwayatkan hadis


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.4. Memahami asbwbun-nuzyl dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.4. Menunjukkan contoh beberapa asbwbun-nuzyl dalam menafsirkan Al-Qur’an


3.4.1. Menjelaskan pengertian asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an
3.4.2. Membanding-kan fungsi, faedah, dan bentuk redaksi asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an.
3.4.3. Menjelaskan pendapat ulama’ tentang asbabun-nuzul al qur’an.

3.4.4. Menjelaskan hikmah adanya asbabun-nuzul al Qur’an

4.4.1. Menyajikan contoh asbabun-nuzul al-Qur’an

4.4.2.  Mempresenta-sikan fungsi asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an
Asbabun-Nuzul al-Qur’an

Mengamati
·      Mencermati pengertian asbabun-Nuzul
·      Menyimak dan mengamati faedah, bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·      Menyimak penjelasan  tentang faedah, bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang faedah, bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·      Mengajukan pertanyaan mengenai pendapat ulama’ tentang asbabun-nuzul al-Qur’an.

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·      Diskusi tentang pendapat-pendapat ulama tentang asbabun-nuzul al-Qur’an
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang faedah, bentuk redaksi, dan pendapat ulama tentang asbabun-nuzul al-Qur’an

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan pendapat ulama tentang asbabun-nuzul al-Qur’an

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan contoh-contoh asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk redaksi, dan pendapat ulama tentang  asbabun-nuzul al-Qur’an
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang faedah, bentuk redaksi, dan pendapat ulama’ tentang asbabun-nuzul al-Qur’an
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang hasil diskusi
Tugas
·      Mengumpulkan contoh-contoh penaafsiran dengan menggunakan asbabun nuzul.
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang meneladani semangat berkarya para mufasirin

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang contoh asbabun-nuzul
·     Membuat paparan anaisis faedah asbabun nuzul

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan menjelaskan tentang pengertian, faedah, bentuk-bentuk ungkapan, dan pendapat ulama’ tentang asbabun-nuzul.


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.5. Memahami munwsabah dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.5. Menunjukkan contoh munwsabah dalam menafsirkan Al-Qur’an


3.5.1. Menjelaskan pengertian munasabah dalam menafsirkan al-Qur’an
3.4.2. Menjelaskan bentuk munasabah al-Qur’an.
3.4.3. Menjelaskan contoh-contoh munasabah dalam al qur’an.
4.4.1. Menyajikan contoh munasabah dalam al-Qur’an
4.4.2. Mempresenta-sikan fungsi munasabah dalam menafsirkan al-Qur’an
Munasabah dalam al-Qur’an

Mengamati
·      Mencermati pengertian munasabah
·      Menyimak dan mengamati bentuk dan contoh munasabah dalam al-Qur’an
·      Menyimak penjelasan  tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari kelengkapan pengetahuan tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan pengetahuan tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan bentuk yang munasabah yang satu dengan yang lainnya

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan contoh-contoh munasabah dalam menafsirkan al-Qur’an
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelengkapan pengetahuan bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang hasil diskusi
Tugas
·      Mengumpulkan contoh-contoh munasabah
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang meneladani spirit munasabah dalam kehidupan hari.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang contoh munasabah
·     Membuat paparan anaisis contoh bentuk-bentuk munasabah

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan menjelaskan tentang pengertian, contoh, bentuk, dan hikmah munasabah.


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran









SILABUS TAFSIR-ILMU TAFSIR KELAS X/ GENAP
Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menghayati hikmah nwsikh dan mansykh Al-Qur’an

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.2     Menghayati nilai-nilai qirwwt Al-Qur’an

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.3     Menyadari nilai-nilai kaidah tafsir dalam menafsirkan Al-Qur’an

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.4     Menghayati nilai-nilai metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan tafsir Al-Qur’an bir ra’yi

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.5     Menghayati hikmah corak tafsir Al-Qur’an;  taplrli (analitis), maudyi (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan) 


-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.1     Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan memperhatikan naskh Al Al-Qur’an
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.2    Menunjukan prilaku yang membenarkan adanya macam-macam cara membaca al-Qur’an
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal / Catatan
-
-
2.3    Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan memperhatikan kaidah-kaidah penafsiran dalam memahami Al-Qur’an
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.4    Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan memperhatikan metode penafsiran Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.5    Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan memperhatikan corak tafsir Al-Qur’an;  taplrli (analitis), maudyi (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
3.1     Memahami naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.1    Menunjukkan contoh naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an















3.1.1.     Menjelaskan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.2.     Mendiskripsikan contoh naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.3.     Menerangkan bentuk-bentuk naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.4.     Menerangkan manfaat naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
4.1.1       Mempresenta-sikan contoh  naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Pengertian Naskh Al-Qur’an

Contoh Naskh Al-Qur’an

Bentuk-bentuk Naskh Al-Qur’an

Manfaat Naskh Al-Qur’an
Mengamati
·    Membaca salah satu ayat naskh Al-Qur’an.
·    Mengamati teks naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·    Mendengar,uraian guru tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.

Menanya
·       Menanyakan unsur pokok pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang hikmah naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·  Diskusi kelompok membahas hasil wawancara tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·  Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan atau wawancara di depan kelas

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang  naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2     Memahami qirwwt Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
4.2  Menunjukkan contoh qirwwt Al-Qur’an yang sahih
3.2.1 Menjelaskan pengertian  qirwwt Al-Qur’an
3.2.2 Menyebutkan unsur-unsur qirwwt Al-Qur’an
3.2.3 Mendiskripsikan jenis-jenis qirwwt Al-Qur’an
3.2.4 Membandingkan jenis-jenis qirwwt Al-Qur’an
4.2.1 Mempresentasikan contoh qirwwt Al-Qur’an

Pengertian Qirwwt Al-Qur’an

Unsur-unsur Qirwwt Al-Qur’an

Jenis-jenis Qirwwt Al-Qur’an

 Contoh-contoh Qirwwt Al-Qur’an


Mengamati
·    Membaca salah satu ayat al-Qur’an dengan menggunakan  Qirwwt Al-Qur’an.
·    Mengamati salah satu teks ayat yang menggunakan Qirwwt Al-Qur’an.
·    Mendengar uraian guru tentang Qirwwt Al-Qur’an.

Menanya
·       Menanyakan beberapa jenis Qirwwt Al-Qur’an
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang Qirwwt Al-Qur’an

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Qirwwt Al-Qur’an
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Qirwwt Al-Qur’an

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara Qirwwt Al-Qur’an dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Qirwwt Al-Qur’an

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang Qirwwt Al-Qur’an
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Qirwwt Al-Qur’an.
·  Diskusi kelompok membahas hasil wawancara tentang Qirwwt Al-Qur’an
·  Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang Qirwwt Al-Qur’an
·  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan atau wawancara tentang Qirwwt Al-Qur’an

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang  Qirwwt Al-Qur’an.

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang Qirwwt Al-Qur’an
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.3     Memahami kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb
4.3. Menunjukkan contoh kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.3.1 Menjelaskan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an;
3.3.2 Menjelaskan pengertian  jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb
3.3.3 Mendiskripsikan contoh jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb,
3.3.4  Membedakan jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb
4.3.1  Mempresentasikan contoh kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an

Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb
Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar sampul kitab tafsir al-Misbah.
·    Mendengar uraian guru tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.

Menanya
·       Menanyakan beberapa macam-macam kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, marifah, suwl wal jawwb.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an;.
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·  Diskusi kelompok membahas hasil wawancara tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
·  Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
·  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan atau wawancara di depan kelas

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang  kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.4     Memahami metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi serta mengenal contoh-contohnya
4.4 Menunjukkan contoh kitab tafsir yang menggunakan metode bil ma’fur dan bir-ra’yi
3.4.1 Menjelaskan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur
3.4.2 Menjelaskan metode tafsir Al-Qur’an bir ra’yi
3.4.3 Membedakan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi,
3.4.4 Membandingkan contoh metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi

4.4.1 Mempresentasikan contoh kitab tafsir metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi

Metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengamati
·    Membaca salah satu teks tafsir yang menggunakan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur.
·    Mengamati salah satu teks tafsir yang menggunakan metode tafsir Al-Qur’an  bir ra’yi.
·    Mendengar uraian guru tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.

Menanya
·       Menanyakan keutamaan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi  dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.
·  Diskusi kelompok membahas hasil wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·  Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan atau wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang  metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.5     Memahami corak tafsir Al-Qur’an; taplrli (analitis), maudyi (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
4.5 Menunjukkan contoh kitab tafsir bercorak Al-Qur’an;  taplrli (analitis), maudyi (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
3.5.1 Menjelaskan contoh kitab tafsir Al-Qur’an bercorak;  taplrli (analitis),
3.5.2 Menjelaskan  contoh kitab tafsir Al-Qur’an, bercorak, maudyi (tematik),
3.5.3 Mendiskripsikan contoh kitab tafsir Al-Qur’an bercorak ijmwli (global)
3.5.4 Menerangkan contoh kitab tafsir Al-Qur’an, bercorak  muqarrin (perbandingan)

4.5.1 Mepresentasikan contoh kitab tafsir bercorak Al-Qur’an;  taplrli (analitis), maudyi (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)

Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandi-ngan)
Mengamati
·    Membaca contoh kitab tafsir Al-Qur’an,bercorak taplrli  (analitis),
·    Mengamati contoh kitab tafsir Al-Qur’an,bercorak maudyi,  (tematik), 
·    Mendengar uraian guru tentang Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Menanya
·       Menanyakan hal-hal yang terkait dengan Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat  tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara contoh kitab tafsir Al-Qur’an, dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·  Diskusi kelompok membahas hasil wawancara tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·  Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·  Mempresentasikan laporan hasil pengamatan atau wawancara tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)..
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang  contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli  (analitis), maudyi  (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran








Komentar

Postingan Populer