SILABUS TAFSIR DAN ILMU TAFSIR X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN :TAFSIR
DAN ILMU TAFSIR
KELAS/PROGRAM : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai) santun,
responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
SILABUS
PEMBELAJARAN : TAFSIR DAN ILMU TAFSIR KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1. Meyakini
kebenaran Al-Qur’an yang harus diterima dan diamalkan dalam kehidupan
sehari-hari
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.2. Menghayati tafsir, ta’wil,
terjemah dan ilmu tafsir
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.3. Menghayati sejarah penafsiran Al-Qur’an pada periode
Nabi Muhammad Saw., sahabat, tabiin dan periode pembukuan tafsir (tadwrn)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.4. Menyakini
nilai-nilai asbwbun-nuzyl Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.5.
Menyadari
pentingnya nilai-nilai munwsabah dalam menafsirkan
Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.1.
Memiliki sikap sebagaimana yang terkandung dalam Al
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.2.
Memiliki sikap sebagaimana seorang mufassir pada masa Nabi Muhammad Saw., sahabat, tabiin, dan masa tadwrn dalam menafsirkan Al
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.3.
Meneladani prilaku seorang mufassir dalam
menafsirkan Al
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.4. Menunjukkan sikap
yang menunjukkan diri berpedoman terhadap asbwbun
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.5. Meneladani adab
dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.1. Memahami pengertian Al-Qur’an
4.1. Mendeskripsi-kan pengertian Al-Qur’an
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut pendapat beberapa ulama
3.1.2. Membanding-kan pengertian al-Qur’an menurut para
ulama
3.1.3. Menjelaskan isi kandungan al-Qur’an
3.1.4. Menganalisis bukti keotentikan al-Qur’an.
4.1.1. Menceritakan an pengertian al-Qur’an
|
a. Pengertian al-Qur’an
b. Unsur-unsur pengertian al-Qur’an
c. Kandungan dan isi Al-Qur’an
d. Bukti keotentikan al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat ulama’ dalam
mendefinisikan al-Qur’an.
·
Membaca unsur-unsur definisi
al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang
kandungan dan bukti keotentikan al-Qur’an.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang identifikasi
pendapat-pendapat ulama.
· Mengajukan pertanyaan mengenai istilah-istilah,
unsur-unsur
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari contoh-contoh yang termasuk al-Qur’an dan yang tidak termasuk
al-Qur’an
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang pendapat-pendapat ulama dalam mendefinisikan al-Qur’an.
·
Secara berpasangan mendialogkan
tentang pengertian, kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang kandungan dan bukti keotentikan Al-Qur’an.
· Melakukan
analisis terhadap pendapat ulama tentang
definisi al-Qur’an.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis pendapat ulama’ tentang pengertian al-Qur’an
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang kandungan, dan bukti keotentikan al-Qur’an.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang kandungan, dan
bukti keotentikan al-Qur’an.
· Menyusun kesimpulan materi tentang kandungan, dan
bukti keotentikan al-Qur’an.
|
Tugas
·
Menuliskan ayat-ayat yang
berisi tentang mu’amalah.
·
Menuliskan hasil pengamatan
perlakuan umat islam disekitarnya terhadap hadis.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang pengertian al-Qur’an, kandungan, dan bukti-bukti keotentikan
al-Qur’an.
·
Membuat
paparan analisis dan identifikasi tentang pengertian, kandungan al-Qur’an
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.2. Memahami pengertian ilmu tafsir,tafsir, ta’wrl dan terjamah Al-Qur’an
4.2 Menunjukkan contoh ilmu tafsir, tafsir, ta’wrl dan tarjamah Al-Qur’an
|
3.2.1. Mengidentifikasi
ilmu tafsir,
tafsir, ta’wil dan tarjamah.
3.2.2.Membandingkan pengertian ilmu tafsir, tafsir, ta’wil dan tarjamah al Qur’an.
3.2.3. Menyimpulkan ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan tarjamah
3.2.4.
Menyimpulkan pengertian ilmu tafsir, tafsir,
ta’wil dan tarjamah al Qur’an.
4.2.1.Menyajikan contoh ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan tarjamah
|
Pengertian Ilmu Tafsir, Tafsir, TA’wil, dan Terjamah al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mencermati definisi para ulama
tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah
al-Qur’an.
·
Menyimak unsur-unsur definisi ilmu
tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang pengertian ilmu tafsir,
tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·
Mengajukan
pertanyaan mengenai unsur definisi, perbedaan, persamaan ilmu tafsir, tafsir,
ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
Eksperimen/explore
· Secara
berkelompok mencari membahas tentang
ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah.
·
Diskusi tentang perbedaan antara
tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
·
Secara berpasangan tanya jawab tentang
tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
Asosiasi
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil diskusi
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan antara tafsir,
ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil diskusi tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil dan tarjamah
al-Qur’an
·
Menanggapi
pemaparan tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
·
Menyusun
kesimpulan tentang tafsir, ilmu tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
|
Tugas
·
Menuliskan contoh tafsir,
ta’wil, dan terjamah
al-qur’an
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan unsur-unsur definisi yang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi tentang ilmu tafsir, tafsir, ta’wil, dan terjamah al-Qur’an.
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan bercerita tentang kondisi
hadis dari waktu ke waktu.
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.3. Mengetahui sejarah tafsir pada periode Nabi Muhammad
Saw. dan sahabat, tabiin, dan periode pembukuan (tadwrn)
4.3. Menceritakan sejarah penafsiran Al-Qur’an
pada periode Nabi Muhammad SAW,Sahabat, Tabi’in dan tadwrn
|
3.3.1. Mendeskrip-sikan sejarah tafsir pada masa Nabi Muhammad
3.3.2. Menguraikan sejarah tafsir pada masa sahabat
3.3.3. Mendeskrip-sikan sejarah tafsir pada masa tabiin.
3.3.4. Menguraikan sejarah tafsir pada masa pembukuan
4.3.1. Menceritakan sejarah
penafsiran Al-Qur’an pada periode Nabi Muhammad SAW,Sahabat, Tabi’in
dan tadwrn.
|
Sejarah Tafsir pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan
masa Tadwin.
|
Mengamati
·
Mencermati penafsiran pada masa
Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·
Menyimak dan mengamati tentang
sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·
Menyimak penjelasan tentang penafsiran pada masa Nabi, Sahabat,
Tabiin dan masa tadwin
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang sejarah penafsiran pada
masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
· Mengajukan pertanyaan mengenai ciri-ciri
penafsiran pada masa Nabi, sahabat, tabiin dan masa tadwin.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat,
Tabiin dan masa tadwin
·
Diskusi tentang perbedaan penafsiran
pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan penafsiran pada
masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan contoh penafsiran pada masa Nabi,
Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat,
Tabiin dan masa tadwin
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang sejarah penafsiran pada masa Nabi, Sahabat,
Tabiin dan masa tadwin
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang ciri-ciri penafsiran pada
masa Nabi, Sahabat, Tabiin dan masa tadwin
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel yang memuat tentang prilaku yang meneladani Nabi, sahabat, tabiin,
dalam memaknai al-Qur’an
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku para ulama dalam mencari makna al-Qur’an yang obyektif.
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan disusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah penafsiran al-Qur’an
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi keadaan penafsiran al-Qur’an dari masa nabi,
sahabat, tabiin, dan masa tadwin.
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan bercerita tentang kondisi
sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.4. Memahami asbwbun-nuzyl dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.4. Menunjukkan contoh beberapa asbwbun-nuzyl dalam
menafsirkan Al-Qur’an
|
3.4.1. Menjelaskan pengertian asbabun-nuzul dalam menafsirkan
al-Qur’an
3.4.2. Membanding-kan fungsi, faedah, dan bentuk redaksi
asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an.
3.4.3. Menjelaskan pendapat ulama’ tentang asbabun-nuzul al
qur’an.
3.4.4.
Menjelaskan hikmah adanya asbabun-nuzul al Qur’an
4.4.1. Menyajikan contoh asbabun-nuzul al-Qur’an
4.4.2. Mempresenta-sikan fungsi asbabun-nuzul dalam menafsirkan al-Qur’an
|
Asbabun-Nuzul al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian asbabun-Nuzul
·
Menyimak dan mengamati faedah,
bentuk redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang faedah, bentuk redaksi
asbabun-nuzul al-Qur’an
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang faedah, bentuk redaksi
asbabun-nuzul al-Qur’an
· Mengajukan pertanyaan mengenai pendapat ulama’
tentang asbabun-nuzul al-Qur’an.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk redaksi
asbabun-nuzul al-Qur’an
·
Diskusi tentang pendapat-pendapat
ulama tentang asbabun-nuzul al-Qur’an
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang faedah, bentuk redaksi, dan pendapat ulama tentang asbabun-nuzul
al-Qur’an
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk
redaksi asbabun-nuzul al-Qur’an
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan pendapat ulama
tentang asbabun-nuzul al-Qur’an
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan contoh-contoh asbabun-nuzul dalam
menafsirkan al-Qur’an
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelengkapan pengetahuan tentang faedah, bentuk
redaksi, dan pendapat ulama tentang
asbabun-nuzul al-Qur’an
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang faedah, bentuk redaksi, dan pendapat ulama’ tentang
asbabun-nuzul al-Qur’an
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang hasil diskusi
|
Tugas
·
Mengumpulkan contoh-contoh
penaafsiran dengan menggunakan asbabun nuzul.
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang meneladani semangat berkarya para mufasirin
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang contoh asbabun-nuzul
·
Membuat
paparan anaisis faedah asbabun nuzul
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan menjelaskan tentang
pengertian, faedah, bentuk-bentuk ungkapan, dan pendapat ulama’ tentang
asbabun-nuzul.
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.5. Memahami munwsabah dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.5. Menunjukkan contoh munwsabah dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
3.5.1. Menjelaskan pengertian munasabah dalam
menafsirkan al-Qur’an
3.4.2. Menjelaskan bentuk munasabah al-Qur’an.
3.4.3. Menjelaskan contoh-contoh munasabah
dalam al qur’an.
4.4.1. Menyajikan contoh munasabah dalam
al-Qur’an
4.4.2. Mempresenta-sikan fungsi
munasabah dalam menafsirkan al-Qur’an
|
Munasabah dalam al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian munasabah
·
Menyimak dan mengamati bentuk dan
contoh munasabah dalam al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah
al-Qur’an
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk dan
contoh munasabah al-Qur’an
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari kelengkapan pengetahuan tentang bentuk-bentuk dan contoh
munasabah al-Qur’an
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
Asosiasi
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan pengetahuan
tentang bentuk-bentuk
dan contoh munasabah al-Qur’an
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan bentuk yang
munasabah yang satu dengan yang lainnya
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan contoh-contoh munasabah dalam menafsirkan
al-Qur’an
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelengkapan pengetahuan bentuk-bentuk dan
contoh munasabah al-Qur’an
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang bentuk-bentuk dan contoh munasabah al-Qur’an
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang hasil diskusi
|
Tugas
·
Mengumpulkan contoh-contoh
munasabah
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang meneladani spirit munasabah dalam kehidupan hari.
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang contoh munasabah
·
Membuat
paparan anaisis contoh bentuk-bentuk munasabah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan menjelaskan tentang
pengertian, contoh, bentuk, dan hikmah munasabah.
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
SILABUS TAFSIR-ILMU TAFSIR KELAS X/
GENAP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati hikmah nwsikh dan mansykh Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.2
Menghayati
nilai-nilai qirw’wt Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.3
Menyadari
nilai-nilai kaidah tafsir dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.4
Menghayati
nilai-nilai metode tafsir Al-Qur’an
bil ma’fur dan tafsir Al-Qur’an bir ra’yi
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.5
Menghayati hikmah corak tafsir Al-Qur’an;
taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.1
Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan
Al-Qur’an dengan memperhatikan naskh Al Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.2
Menunjukan prilaku yang membenarkan adanya macam-macam cara membaca
al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.3
Memiliki adab dan syarat seorang mufassir dalam menafsirkan
Al-Qur’an dengan memperhatikan kaidah-kaidah penafsiran dalam memahami
Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.4 Memiliki adab dan
syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan
memperhatikan metode penafsiran Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.5 Memiliki adab dan
syarat seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan
memperhatikan corak
tafsir Al-Qur’an; taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.1
Memahami
naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
4.1
Menunjukkan contoh naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
3.1.1.
Menjelaskan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.2.
Mendiskripsikan contoh naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.3.
Menerangkan bentuk-bentuk naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
3.1.4.
Menerangkan manfaat naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
4.1.1
Mempresenta-sikan contoh naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
Pengertian Naskh Al-Qur’an
Contoh Naskh Al-Qur’an
Bentuk-bentuk Naskh Al-Qur’an
Manfaat Naskh Al-Qur’an
|
Mengamati
·
Membaca salah satu ayat naskh Al-Qur’an.
·
Mengamati teks naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·
Mendengar,uraian guru tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
Menanya
·
Menanyakan unsur pokok pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sejawat
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan
hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuan tentang hikmah naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·
Diskusi kelompok membahas hasil
wawancara tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Membuat laporan hasil pengamatan dan
wawancara tentang pengertian naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan atau wawancara di depan kelas
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan
tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara individu tentang naskh Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.2
Memahami qirw’wt Al-Qur’an dalam menafsirkan Al-Qur’an
4.2 Menunjukkan contoh qirw’wt Al-Qur’an yang sahih
|
3.2.1 Menjelaskan pengertian qirw’wt Al-Qur’an
3.2.2 Menyebutkan unsur-unsur qirw’wt Al-Qur’an
3.2.3 Mendiskripsikan jenis-jenis qirw’wt Al-Qur’an
3.2.4 Membandingkan jenis-jenis qirw’wt Al-Qur’an
4.2.1 Mempresentasikan contoh qirw’wt Al-Qur’an
|
Pengertian Qirw’wt Al-Qur’an
Unsur-unsur Qirw’wt Al-Qur’an
Jenis-jenis Qirw’wt Al-Qur’an
Contoh-contoh Qirw’wt Al-Qur’an
|
Mengamati
·
Membaca salah satu ayat al-Qur’an dengan
menggunakan Qirw’wt Al-Qur’an.
·
Mengamati salah satu teks ayat yang
menggunakan Qirw’wt Al-Qur’an.
·
Mendengar uraian guru tentang Qirw’wt Al-Qur’an.
Menanya
·
Menanyakan beberapa jenis Qirw’wt Al-Qur’an
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sejawat
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang Qirw’wt Al-Qur’an
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan Qirw’wt Al-Qur’an
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang Qirw’wt Al-Qur’an
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara Qirw’wt Al-Qur’an dengan aspek sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan Qirw’wt Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan
hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang Qirw’wt Al-Qur’an
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang Qirw’wt Al-Qur’an.
·
Diskusi kelompok membahas hasil
wawancara tentang Qirw’wt Al-Qur’an
·
Membuat laporan hasil pengamatan dan
wawancara tentang Qirw’wt Al-Qur’an
·
Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan atau wawancara tentang Qirw’wt Al-Qur’an
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan
tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang Qirw’wt Al-Qur’an.
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara individu tentang Qirw’wt Al-Qur’an
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.3
Memahami kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb
4.3. Menunjukkan contoh kaidah dalam menafsirkan
Al-Qur’an
|
3.3.1 Menjelaskan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an;
3.3.2 Menjelaskan pengertian jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb
3.3.3 Mendiskripsikan contoh jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb,
3.3.4 Membedakan jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb
4.3.1 Mempresentasikan
contoh kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an
|
Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar sampul kitab
tafsir al-Misbah.
·
Mendengar uraian guru tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
Menanya
·
Menanyakan beberapa macam-macam kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sejawat
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; dengan aspek sosial budaya dalam
kehidupan masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an; jama’, mufrad, mukakkar, mu’annaf, iamrr, nakirah, ma’rifah, suwl wal jawwb.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan
hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an;.
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an.
·
Diskusi kelompok membahas hasil
wawancara tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Membuat laporan hasil pengamatan dan
wawancara tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
·
Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan atau wawancara di depan kelas
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan
tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara individu tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al-Qur’an
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.4 Memahami metode
tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi serta mengenal contoh-contohnya
4.4 Menunjukkan
contoh kitab tafsir
yang menggunakan metode bil ma’fur dan bir-ra’yi
|
3.4.1 Menjelaskan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur
3.4.2 Menjelaskan metode tafsir Al-Qur’an bir ra’yi
3.4.3 Membedakan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi,
3.4.4 Membandingkan contoh metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
4.4.1 Mempresentasikan contoh kitab tafsir metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
|
Metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
|
Mengamati
·
Membaca salah satu teks tafsir yang
menggunakan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur.
·
Mengamati salah satu teks tafsir yang
menggunakan metode tafsir Al-Qur’an bir ra’yi.
·
Mendengar uraian guru tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.
Menanya
·
Menanyakan keutamaan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sejawat
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan
hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.
·
Diskusi kelompok membahas hasil
wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·
Membuat laporan hasil pengamatan dan
wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
·
Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan atau wawancara tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan
tugas.
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi.
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara individu tentang metode tafsir Al-Qur’an bil ma’fur dan bir ra’yi
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.5
Memahami corak tafsir Al-Qur’an; taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
4.5 Menunjukkan
contoh kitab tafsir bercorak Al-Qur’an; taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
|
3.5.1 Menjelaskan contoh kitab tafsir Al-Qur’an bercorak; taplrli (analitis),
3.5.2 Menjelaskan contoh kitab
tafsir Al-Qur’an, bercorak, maudy‘i (tematik),
3.5.3 Mendiskripsikan contoh kitab tafsir Al-Qur’an bercorak ijmwli (global)
3.5.4 Menerangkan contoh kitab tafsir Al-Qur’an, bercorak muqarrin (perbandingan)
4.5.1 Mepresentasikan contoh kitab tafsir bercorak Al-Qur’an; taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli (global) dan muqarrin (perbandingan)
|
Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandi-ngan)
|
Mengamati
·
Membaca contoh kitab tafsir Al-Qur’an,bercorak taplrli (analitis),
·
Mengamati contoh kitab tafsir Al-Qur’an,bercorak maudy‘i, (tematik),
·
Mendengar uraian guru tentang Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Menanya
·
Menanyakan hal-hal yang terkait dengan Contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sejawat
tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
termasuk media cetak dan elektronik tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara contoh kitab tafsir Al-Qur’an, dengan aspek sosial
budaya dalam kehidupan masyarakat
·
Menganalisis hasil temuannya berkaitan
dengan contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan
hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)
|
Tugas:
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·
Diskusi kelompok membahas hasil
wawancara tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·
Membuat laporan hasil pengamatan dan
wawancara tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
·
Mempresentasikan laporan hasil
pengamatan atau wawancara tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan
tugas tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan)..
Portofolio,
Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang wawancara tokoh tentang contoh
kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan
hasil belajar secara individu tentang contoh kitab tafsir Al-Qur’an,taplrli (analitis), maudy‘i (tematik), ijmwli, (global) dan muqarrin (perbandingan).
|
3 x 45 Menit
|
·
Buku Pedoman Guru Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Tafsir-Ilmu
Tafsir MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·
Al-Qur’an dan Terjamahanya
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
Komentar
Posting Komentar