SILABUS SKI X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA
PELAJARAN : SKI
KELAS/PROGRAM : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN
KOMPETENSI INTI :
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
SILABUS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X/ GANJIL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini
bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2 Menghayati nilai-nilai strategi perjuangan Rasulullah
Saw. di Mekah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.3 Menghayati
nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. dan para
sahabat
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.4 Menyadari bahwa berdakwah wajib
dilakukan di manapun dan kapanpun
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.5 Menghayati nilai-nilai strategi
dakwah Rasulullah Saw. di Medinah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.6
Menghayati nilai-nilai perjuangan pada peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.7
Menerima
substansi piagam Medinah sebagai salah satu strategi perjuangan Rasulullah Saw.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.8
Mengambil ibrah
dari kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dan sabar seperti
dicontohkan Rasulullah Saw. Pada awal permulaan Islam di Mekah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2
Menunjukkan
sikap semangat jihad seperti dicontohkan para
shahabat Rasululllah Saw. pada
periode Mekah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.3
Membiasakan
sikap kebersamaan dan persaudaraan seperti dicontohkan kaum Ansar dan
Muhajirin
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4
Menunjukkan
prilaku simpati pada masyarakat Medinah ketika Rasulullah Saw. datang ke
Medinah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5
Menunjukkan
sikap istikamah seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw. Pada awal permulaan
Islam di Medinah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.6
Memiliki sikap
tangguh
dan
semangat menegakkan kebenaran
sebagai
implementasi dari
pemahaman peristiwa Fathu Makkah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.7
Membiasakan
menepati janji sebagaimana Rasul menepati janji dalam piagam Medinah.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.8 Meneladani
sifat-sifat mulia dari para Khalifah Khulafaur Rasyidin
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1
Memahami peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
4.1
Memaparkan kondisi masayarakat Mekah sebelum Islam
|
3.1.1.
Menjelaskan
keadaan bangsa Arab sebelum kerasulan Muhammad saw.
3.1.2.
Menyebutkan
sesembahan Bangsa Arab sebelum Islam
3.1.3.
Menjelaskan
kelahiran Nabi Muhammad saw.
3.1.4.
Menguraikan
perjalanan hidup Muhammad saw.
4.1.1 Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
|
a.
Bangsa
Arab Sebelum Kerasulan Muhammad saw.
b.
Agama
dan Sesembahan Bangsa Arab
c.
Kelahiran
Nabi Muhammad saw.
d.
Masa
Asuhan Nabi Muhammad saw.
e.
Perjalanan
Hidup Nabi Muhammad Mengharukan dan Menarik untuk di Teladani
|
Mengamati
· Mengamati gambar orang yang berhubungan kepercayaan
Bangsa Arab sebelum Islam
· Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kondisi
Bangsa Arab sebelum Islam secara umum
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan peradaban
Masyarakat Mekah sebelum Islam.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban
Masyarakat Mekah sebelum Islam.
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam..
· Diskusi kelompok membahas tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
· Mempresentasikan hasil tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
Observasi
Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
Guru menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
Tes Tulis/Lisan
Guru menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2
Menggidentifikasi
substansi dan
strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah
4.2 Menceritakan figur kepemimpinan Rasulullah
Saw di awal perkembangan Islam di Mekah
|
3.2.1 Menjelaskan kerasulan Muhammad saw. pada awal kenabian
3.2.2 Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. di
Mekah
3.2.3 Menjelaskan peristiwa isra’ mikraj Nabi Muhammad
saw.
3.2.4 Menjelskan peristiwa Hijrah Ke Habsyi
4.2.1 Menceritakan figure kepemimpinan Rasulullah Saw
di awal perkembangan Islam di Mekah
|
a. Kerasulan Nabi Muham-mad saw.
b. Strategi Dakwah Nabi Muham-mad saw.
c. Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw.
d. Peristiwa Hijrah Ke Habsyi
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubugan dengan dakwah Rasulullah Saw.
periode Mekah
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban
Masyarakat Mekah sebelum Islam.
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam.
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah.
· Diskusi kelompok membahas hasil
temuan substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
· Mempresentasikan tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang substansi
dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode
Mekah
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3
Menganalisis strategi hijrah yang
dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
4.3 Menceritakan peristiwa hijrah Rasulullah
Saw. ke Medinah
|
3.3.1 Menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah saw.
3.3.2 Menguraikan perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw.
3.3.3 Menjelaskan sambutan kaum Anshar terhadap kaum Muhajirin
3.3.4 Menjelaskan hal pertama yang dilakukan Nabi
setelah tiba di Medinah
4.3.1.Menceritakan peritiwa hijrah Rasulullah Saw. ke
Medinah
|
Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw.
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para
sahabat
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para
sahabat
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan strategi hijrah yang dilakukan
Rasulullah Saw. dan para sahabat.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang strategi
hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para
sahabat.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan strategi
hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan strategi
hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para
sahabat.
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang strategi hijrah yang dilakukan
Rasulullah Saw. dan para sahabat
· Diskusi kelompok membahas hasil
temuannya menge-nai pengertian strategi
hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
· Mempresentasikan di depan kelas
tentang strategi hijrah yang dilakukan
Rasulullah Saw. dan para sahabat
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang strategi hijrah yang dilakukan
Rasulullah Saw. dan para sahabat
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang strategi hijrah yang dilakukan
Rasulullah Saw. dan para sahabat
|
2
TM
(45x4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4
Memahami peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
4.4 Memaparkan kondisi kota Medinah sebelum
kedatangan Islam
|
3.4.1 Menjelaskan kondisi masyarakat Medinah
3.4.2 Mendiskripsikan kepercayaan dan agama masyarakat Medinah Sebelum
Islam
3.4.3 Menjelaskan hubungan masyarakat Medinah dengan Dakwah Nabi di
Mekah
3.4.4 Menjelaskan tanggapan masyarakat Medinah terhadap kedatangan
Islam
4.4.1. Memaparkan kondisi kota Medinah
sebelum kedatangan Islam
|
Peradaban Masyarakat Medinah Sebelum Islam
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan peradaban
masyarakat Medinah sebelum Islam
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum
Islam
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum
Islam
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber mengenai peradaban masyarakat Medinah sebelum Islam
· Diskusi kelompok membahas hasil
temuan tentang peradaban
masyarakat Medinah sebelum Islam
· Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok tentang peradaban
masyarakat Medinah sebelum Islam
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang peradaban
masyarakat Medinah sebelum Islam
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang peradaban
masyarakat Medinah sebelum Islam
|
2
TM
(45x4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.5
Menganalis strategi dakwah
Rasulullah pada periode Medinah
4.5 Membuat peta konsep mengenai kunci
keberhasilan dakwah Rasulullah Saw. periode Medinah
|
3.5.1 Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah di Medinah
3.5.2. Menjelaskan sikap orang
kafir Quraisy di Medinah
3.5.3 Menguraikan tantangan dakwah Nabi Medinah
3.5.4. Menjelaskan Kunci Keberhasilan Dakwah Nabi di Medinah
4.5.1 Membuat peta konsep mengenai kunci keberhasilan
dakwah Rasulullah Saw. periode Medinah
|
Strategi Dakwah Rasulullah saw.
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
secara umum
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan strategi dakwah Rasulullah pada
periode Medinah.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang strategi
dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan strategi
dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang telah
dirumuskan berkaitan dengan strategi dakwah Rasulullah pada
periode Medinah.
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
|
Tugas:
· Mengumpulkan bahan/informasi dari
berbagai sumber tentang strategi dakwah Rasulullah pada
periode Medinah
· Diskusi kelompok membahas hasil
penggaliannya tentang strategi dakwah Rasulullah pada
periode Medinah
· Mempresentasikan laporan hasil
diskusi
tentang strategi dakwah Rasulullah pada
periode Medinah
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang pubbun-dun-ya, pasad, takabur/ ujub, riya’
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
|
2
TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.6
Mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan Fathu
Makkah tahun 9 hijriyah
4.6. Menceritakan peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah
|
3.6.1. Menjelaskan kondisi masyarakat Mekah sebelum peristiwa Fathu Makkah
3.6.2. Menyebutkan latar belakang peristiwa Fathu Makkah
3.6.3. Menguraikan peristiwa Fathu
Makkah
3.6.4. Menjelaskan dampak dari peristiwa Fathu Makkah terhadap perkembangan Islam di Mekah
4.6.1. Menceritakan peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah
|
Fathu Makkah
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan peritiwa Fathu Makkah
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang Fathu Makkah
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan Fathu
Makkah
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Fathu Makkah
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Fathu Makkah
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan Fathu Makkah
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan Fathu Makkah
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang Fathu Makkah
|
Tugas:
· Mengumpulkan bahan / informasi dari
berbagai sumber tentang Fathu Makkah
· Diskusi kelompok membahas hasil
penggaliannya tentang Fathu Makkah
· Mempresentasikan laporan hasil
diskusi
tentang Fathu Makkah
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang Fathu Makkah
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang Fathu Makkah
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.7. Menganalisis substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
4.7. Mempresentasikan isi pokok
piagam Medinah
|
3.7.1. Menjelaskan Kondisi Masyarakat Medinah di bawah kepemimpinan
Nabi Muhammad saw.
3.7.2. Menyebutkan substansi Piagam Medinah
3.7.3. Menyimpulkan isi dari Piagam Madinah
3.7.4. Menjelaskan dampak dari Piagam Medinah terhadap kondisi
masyarakat Medinah
4.6.1. Mempresentasikan isi pokok piagam
Medinah
|
Piagam Medinah
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan Piagam Medinah (Dustyr)
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang Piagam Medinah (Dustyr)
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan substansi
dari Piagam Medinah (Dustyr).
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
|
Tugas:
· Mengumpulkan bahan / informasi dari
berbagai sumber tentang substansi
dari Piagam Medinah (Dustyr)
· Diskusi kelompok membahas hasil
penggaliannya tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
· Mempresentasikan laporan hasil
diskusi
tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang substansi
dari Piagam Medinah (Dustyr)
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.8. Menganalisis
perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
4.8. Menceritakan peristiwa
terpilihnya Abu Bakar ash Shiddiq ra. Sebagai Khalifah
|
3.8.1.Menjelaskan proses berdirinya Khulafaur Rasyidin
3.8.2. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Abu
Bakar Ash Shiddiq, r.a.
3.8.3. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Umar
bin Khattab, r.a.
3.84. Menguraikan
keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Usman bin Affan, r.a.
3.8.5. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Ali
bin Abi Thalib
4.8.1. Menceritakan peristiwa terpilihnya Abu Bakar
ash Shiddiq ra. Sebagai Khalifah
|
Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin
|
Mengamati
· Mengamati gambar yang berhubungan dengan perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
· Menyimak pengantar singkat dari guru tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
Menanya
·
Memberi
komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·
Guru
mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·
Guru
memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang perkembangan
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
Mengasosiasikan
·
Merumuskan
kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan perkembangan
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan yang
telah dirumuskan berkaitan dengan perkembangan
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuannya tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
|
Tugas:
· Mengumpulkan bahan / informasi dari
berbagai sumber tentang perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
· Diskusi kelompok membahas hasil
penggaliannya tentang perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
· Mempresentasikan laporan hasil
diskusi
tentang
perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok tentang perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
Tes
Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar
secara individu tentang perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
|
2 TM
(45 x 4)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel SKI Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel SKI
Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku penunjang lainnya yang relevan
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
SILABUS
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X/
GENAP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menyadari bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah Swt.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2. Menghayati kepribadian utama dari
khalifah utama dari Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.3. Mengambil ibrah dalam hal kepemimpinan dari Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.4. Meyakini bahwa proses lahirnya
kekuasaan Dinasti Bani Umayyah di Andalusia adalah manifestasi semangat juang
umat Islam
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.5. Menghayati kepribadian utama dari
khalifah utama dari Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.6.
Mengambil ibrah
dalam hal kepemimpinan dari Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.7.
Menghayati kepribadian mulia dari para khalifah utama Dinasti Bani Abbasiyah sebagai contoh bagi generasi sekarang dan
akan dating
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.8.
Mengambil ibrah
berbagai kemajuan dari Dinasti Bani Abbasiyah melalui peninggalan peninggalannya
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.9.
Mengambil ibrah
berbagai kemajuan dari Dinasti Bani Abbasiyah sebagai contoh bagi kepemipinan sekarang dan akan
dating
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1.
Membiasakan
sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi
dari pemahaman mengenai proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2.
Meneladani
perilaku mulia dari Khalifah Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.3.
Menunjukkan sikap dinamis sebagai
implementasi dari pemahaman tentang keberhasilan Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4.
Menunjukkan
sikap semangat menumbuhkan perjuangan Islam seperti yang dicontohkan umat
Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5.
Meneladani
kerja keras seperti yang dicontohkan sebagian
khalifah Dinasti Bani Umayyah
di Andalusia
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.6.
M
enampilkan perilaku inovatif dan produktif sebagai implementasi nilai sejarah
kemajuan Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.7.
Meneladani
sikap berani, toleran dan kerja keras seperti yang dicontohkan sebagian
khalifah Dinasti Bani Abbasiyah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.8.
Menunjukkan
sikap semangat menumbuhkan peradaban dan ilmu pengetahuan seperti yang
berkembang pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.9.
Menampilkan
perilaku inovatif sebagai implementasi nilai sejarah kemajuan Islam masa
Dinasti Bani Abbasiyah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1.Menganalisis proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus
4,1.
Menceritakan tentang proses berdirinya Dinasti bani Umayah di Damaskus
|
·
Menjelaskan
latarbelakang lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mendiskripsikan
proses lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mengidentifikasi factor penentu proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus
·
Menyimpulakan pengaruh lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mempresentasikan proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus
|
Proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
·
Membaca teks tentang proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus
·
Menyimak penjelasan tentang proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai pengaruh lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang pendapat-pendapat proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
·
Secara berpasangan mendialogkan proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
· Melakukan
kritik terhadap proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
· Menyusun kesimpulan materi tentang proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
·
Membuat
paparan pengaruh lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.2.Mengidentifikasi
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
4.2 Membuat
peta konsep berkaitan dengan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada bani
Umayyah di Damaskus
|
·
Menjelaskan
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mendiskripsikan
keberhasilan-keberhasilan bidang politik yang dicapai pada Dinasti Bani
Umayyah di Damaskus
·
Mengidentifikasi keberhasilan-keberhasilan bidang
ekonomi yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menyimpulkan keberhasilan-keberhasilan bidang
social budaya yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menyusun peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
|
Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang proses
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di
Damaskus.
·
Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus
·
Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai pengaruh keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
· Melakukan
kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus.
· Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di Damaskus.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Membuat
paparan keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.3. Menganalisis perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
4.3 Memamaparkan
perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di
Damaskus
|
·
Menjelaskan
perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mendiskripsikan
perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mengidentifikasi pengaruh positif perkembangan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
|
Perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Membaca teks tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus Umayyah di Damaskus
·
Menyimak penjelasan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai pengaruh perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Secara berpasangan mendialogkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
· Melakukan
kritik terhadap perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang perkembangan
peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
· Menyusun kesimpulan materi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·
Membuat
paparan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.4.
Memahami sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia
4.4 Menceritakan sejarah lahirnya
Dinasti Umayah di Andalusia
|
·
Menjelaskan
sejarah lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Mendiskripsikan
faktor penyebab lahirnya Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Mengidentifikasi
proses
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia
·
Menyimpulkan
pengaruh positif lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
·
Mempresentasikan
sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia
|
Sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
·
Membaca teks tentang sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia
·
Menyimak penjelasan tentang sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
·
Secara berpasangan mendialogkan sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
· Melakukan
kritik terhadap sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia
· Menyusun kesimpulan materi sejarah
lahirnya Dinasti Bani
Umayyah di Andalusia.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia.
·
Membuat
paparan sejarah lahirnya
Dinasti Bani Umayyah di
Andalusia
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.5.
Mengidentifikasi
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di
Andalusia
4.5 Membuat peta konsep berkaitan dengan
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di di Andalusia
|
·
Menjelaskan
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di
Andalusia
·
Mendiskripsikan
factor keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di
Andalusia
·
Mengidentifikasi
aspek-aspek keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani
Umayyah di di Andalusia
·
Menyimpulkan
pengaruh keberhasilan yang dicapai pada
Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·
Mempresentasikan
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia
|
Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia.
·
Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia
·
Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·
Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
· Melakukan
kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan
yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti
Bani Umayyah di di Andalusia
· Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani
Umayyah di di Andalusia.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan yang
dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah lahirnya
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di
Andalusia.
·
Membuat
paparan sejarah lahirnya
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di
Andalusia
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.6. Memahami perkembangan ilmu
pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
4.6. Memamaparkan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa bani Umayyah di Andalusia
|
·
Menjelaskan
perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Mendiskripsikan
perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Mengidentifikasi factor penyebab perkembangan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
|
Perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·
Membaca teks tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Menyimak penjelasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai perkembangan
ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi perkembangan
ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·
Secara berpasangan mendialogkan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti
Bani Umayyah di Andalusia.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
· Melakukan
kritik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang perkembangan
ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa
Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
· Menyusun kesimpulan materi proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·
Membuat
paparan perkembangan ilmu pengetahuan dan
peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.7. Memahami proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah
4.7. Menceritakan proses lahirnya
dinasti bani Abbasiyah
|
·
Menjelaskan
sejarah lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mendiskripsikan
factor penyebab lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimpulkan pengaruh positif lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mempresentasikan sejarah lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
|
Proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Membaca teks tentang proses
lahirnya proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimak penjelasan tentang proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Secara berpasangan mendialogkan proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
· Melakukan
kritik terhadap proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah
· Menyusun kesimpulan materi proses
lahirnya Dinasti Bani Abbasiyah.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Membuat
paparan perkembangan proses lahirnya
Dinasti Bani Abbasiyah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.8. Menganalisi
keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari
Dinasti Bani Abbasiyah
4.8. Membuat peta konsep berkaitan dengan
keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada dinasti bani Abbasiyah.
|
·
Menjelaskan
keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari
Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mendiskripsikan
factor keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi aspek-aspek keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimpulkan pengaruh keberhasilan para Khalifah
dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyusun peta konsep tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
|
Keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai keberhasilan-keberhasilan
para Khalifah dari Dinasti Bani
Abbasiyah
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan
para Khalifah dari Dinasti Bani
Abbasiyah
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
· Melakukan
kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan hasil keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
· Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
·
Membuat
paparan keberhasilan-keberhasilan para
Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
3.9. Mengidentfikasi tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
4.9. Menceritakan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa dinasti bani Abbasiyah,
|
·
Menjelaskan
perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mendiskripsikan
perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi factor penyebab perkembangan
peradaban pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·
Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
|
Tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.
·
Membaca teks tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·
Menyimak penjelasan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
· Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.
· Mengajukan pertanyaan actual mengenai tumbuh
berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari informasi tumbuh
berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·
Diskusi membandingkan pendapat
tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah.
·
Secara berpasangan mendialogkan tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·
Menganalisis,
tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah.
· Melakukan
kritik terhadap tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan peta konsep tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari Dinasti Bani Abbasiyah.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
· Menyusun kesimpulan materi tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan
pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.
|
Tugas
·
Menuliskan
peta konsep tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah.
·
Menuliskan
hasil pengamatan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah
·
Membuat
paparan tumbuh berkembangnya peradaban dan
ilmu pengetahuan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan
bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa.
|
2 TM
(2X 45)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel SKI MA
· Buku
Pegangan Siswa Mapel SKI MA
· Al-Qur’an
dan Terjamahanya
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media
cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
Hotel
Inna Garuda Yogyakarta, 10-12 Juli 2014 M/
12-14
Ramadhan 1435 H
Tim
Penyusun Silabus SKI-KEAGAMAAN
Madrasah Aliyah
Komentar
Posting Komentar