SILABUS SKI X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN       : MADRASAH  ALIYAH                  
MATA PELAJARAN             : SKI
KELAS/PROGRAM                  : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN

KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

SILABUS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X/ GANJIL
Kompetensi Dasar

Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.2     Menghayati  nilai-nilai strategi perjuangan Rasulullah Saw. di Mekah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.3     Menghayati    nilai-nilai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. dan para sahabat
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.4     Menyadari bahwa berdakwah wajib dilakukan di manapun dan kapanpun
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.5     Menghayati nilai-nilai strategi dakwah Rasulullah Saw. di Medinah

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.6     Menghayati  nilai-nilai perjuangan pada peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.7     Menerima substansi piagam Medinah sebagai salah satu strategi perjuangan Rasulullah Saw.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.8     Mengambil  ibrah  dari kepemimpinan  Khulafaur Rasyidin
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan sabar  seperti dicontohkan Rasulullah Saw. Pada awal permulaan Islam di Mekah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.2     Menunjukkan sikap semangat jihad seperti dicontohkan para  shahabat  Rasululllah Saw. pada periode Mekah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.3     Membiasakan sikap kebersamaan dan persaudaraan seperti dicontohkan kaum Ansar dan Muhajirin
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.4     Menunjukkan prilaku simpati pada masyarakat Medinah ketika Rasulullah Saw. datang ke Medinah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.5     Menunjukkan sikap istikamah seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw. Pada awal permulaan Islam di Medinah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.6    Memiliki     sikap     tangguh     dan     semangat menegakkan  kebenaran  sebagai  implementasi dari   pemahaman  peristiwa Fathu Makkah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan

-
-
2.7    Membiasakan menepati janji sebagaimana Rasul menepati janji dalam piagam Medinah.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.8    Meneladani sifat-sifat mulia dari para Khalifah Khulafaur Rasyidin
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
3.1     Memahami  peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

4.1    Memaparkan kondisi masayarakat Mekah sebelum Islam
















3.1.1.      Menjelaskan keadaan bangsa Arab sebelum kerasulan Muhammad saw.
3.1.2.      Menyebutkan sesembahan Bangsa Arab sebelum Islam
3.1.3.      Menjelaskan kelahiran Nabi Muhammad saw.
3.1.4.      Menguraikan perjalanan hidup Muhammad saw.
4.1.1       Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam


a.    Bangsa Arab Sebelum Kerasulan Muhammad saw.
b.   Agama dan Sesembahan Bangsa Arab
c.    Kelahiran Nabi Muhammad saw.
d.   Masa Asuhan Nabi Muhammad saw.
e.    Perjalanan Hidup Nabi Muhammad Mengharukan dan Menarik untuk di Teladani
Mengamati
·     Mengamati gambar orang yang berhubungan kepercayaan Bangsa Arab sebelum Islam
·     Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kondisi Bangsa Arab sebelum Islam secara umum

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam..
·  Diskusi kelompok membahas tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
·  Mempresentasikan hasil tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

Tes Tulis/Lisan
Guru menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.2     Menggidentifikasi substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

4.2   Menceritakan figur kepemimpinan Rasulullah Saw di awal perkembangan Islam di Mekah
3.2.1 Menjelaskan kerasulan Muhammad saw. pada awal kenabian
3.2.2 Menguraikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekah
3.2.3 Menjelaskan peristiwa isra’ mikraj Nabi Muhammad saw.
3.2.4 Menjelskan peristiwa Hijrah Ke Habsyi

4.2.1 Menceritakan figure kepemimpinan Rasulullah Saw di awal perkembangan Islam di Mekah

a.   Kerasulan Nabi Muham-mad saw.
b.   Strategi Dakwah Nabi Muham-mad saw.
c.   Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw.
d.   Peristiwa Hijrah Ke Habsyi

Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubugan dengan dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah.
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuan substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah
·  Mempresentasikan tentang substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok  tentang substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang substansi  dan  strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.3     Menganalisis strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat

4.3  Menceritakan peristiwa hijrah Rasulullah Saw. ke Medinah
3.3.1 Menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah saw.
3.3.2 Menguraikan perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw.
3.3.3 Menjelaskan sambutan kaum Anshar terhadap kaum Muhajirin
3.3.4 Menjelaskan hal pertama yang dilakukan Nabi setelah tiba di Medinah

4.3.1.Menceritakan peritiwa hijrah Rasulullah Saw. ke Medinah
Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad saw.

Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.

Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat.
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuannya menge-nai pengertian strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat
·  Mempresentasikan di depan kelas tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang strategi hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabat

2
TM
(45x4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.4     Memahami    peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
4.4  Memaparkan kondisi kota Medinah sebelum kedatangan Islam
3.4.1 Menjelaskan kondisi masyarakat Medinah
3.4.2 Mendiskripsikan kepercayaan dan agama masyarakat Medinah Sebelum Islam
3.4.3 Menjelaskan hubungan masyarakat Medinah dengan Dakwah Nabi di Mekah
3.4.4 Menjelaskan tanggapan masyarakat Medinah terhadap kedatangan Islam
4.4.1. Memaparkan kondisi kota Medinah sebelum kedatangan Islam
Peradaban Masyarakat Medinah Sebelum Islam
Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam.

Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber mengenai peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·  Diskusi kelompok membahas hasil temuan tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
·  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang peradaban masyarakat Medinah sebelum  Islam
2
TM
(45x4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.5     Menganalis strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
4.5  Membuat peta konsep mengenai kunci keberhasilan dakwah Rasulullah Saw. periode Medinah
3.5.1 Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah di Medinah
3.5.2.  Menjelaskan sikap orang kafir Quraisy di Medinah
3.5.3 Menguraikan tantangan dakwah Nabi Medinah
3.5.4. Menjelaskan Kunci Keberhasilan Dakwah Nabi di Medinah

4.5.1 Membuat peta konsep mengenai kunci keberhasilan dakwah Rasulullah Saw. periode Medinah
Strategi Dakwah Rasulullah saw.
Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah secara umum

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.


Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah.
Tugas:
·  Mengumpulkan bahan/informasi dari berbagai sumber tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggaliannya tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi 
tentang strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pubbun-dun-ya, pasad, takabur/ ujub, riya’

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil strategi dakwah Rasulullah pada periode Medinah
2
TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.6     Mengidentifikasi  faktor-faktor  keberhasilan  Fathu Makkah tahun  9 hijriyah

4.6. Menceritakan peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah
3.6.1. Menjelaskan kondisi masyarakat Mekah sebelum peristiwa Fathu Makkah
3.6.2. Menyebutkan latar belakang peristiwa Fathu Makkah
3.6.3. Menguraikan peristiwa Fathu Makkah
3.6.4. Menjelaskan dampak dari peristiwa Fathu Makkah terhadap perkembangan Islam di Mekah

4.6.1. Menceritakan peristiwa Fathu Makkah tahun 9 hijriyah
Fathu Makkah
Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan peritiwa Fathu Makkah
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang Fathu Makkah

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Fathu Makkah
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Fathu Makkah


Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai Fathu Makkah
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Fathu Makkah

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan Fathu Makkah
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang Fathu Makkah
Tugas:
·  Mengumpulkan bahan / informasi dari berbagai sumber tentang Fathu Makkah
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggaliannya tentang Fathu Makkah
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi 
tentang Fathu Makkah

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang Fathu Makkah

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang Fathu Makkah
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.7. Menganalisis substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)

4.7. Mempresentasikan isi pokok piagam Medinah
3.7.1. Menjelaskan Kondisi Masyarakat Medinah di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad saw.
3.7.2. Menyebutkan substansi Piagam Medinah
3.7.3. Menyimpulkan isi dari Piagam Madinah
3.7.4. Menjelaskan dampak dari Piagam Medinah terhadap kondisi masyarakat Medinah

4.6.1. Mempresentasikan isi pokok piagam Medinah
Piagam Medinah
Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan Piagam Medinah (Dustyr)
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang Piagam Medinah (Dustyr)

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).


Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan substansi dari Piagam Medinah (Dustyr).
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
Tugas:
·  Mengumpulkan bahan / informasi dari berbagai sumber tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggaliannya tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi 
tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang substansi dari Piagam Medinah (Dustyr)
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.8. Menganalisis perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
4.8. Menceritakan peristiwa terpilihnya Abu Bakar ash Shiddiq ra. Sebagai Khalifah
3.8.1.Menjelaskan proses berdirinya Khulafaur Rasyidin
3.8.2. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Abu Bakar Ash Shiddiq, r.a.
3.8.3. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Umar bin Khattab, r.a.
3.84.  Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Usman bin Affan, r.a.
3.8.5. Menguraikan keberhasilan-keberhasilan umat Islam pada masa Ali bin Abi Thalib

4.8.1. Menceritakan peristiwa terpilihnya Abu Bakar ash Shiddiq ra. Sebagai Khalifah

Perkembangan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin
Mengamati
·     Mengamati gambar yang berhubungan dengan perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
·     Menyimak pengantar singkat dari guru tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin

Menanya
·        Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
·        Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
·        Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi berkaitan dengan perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.

Mengasosiasikan
·        Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya  tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
Tugas:
·  Mengumpulkan bahan / informasi dari berbagai sumber tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggaliannya tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi 
tentang  perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin

Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin

Tes Tulis/Lisan
Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
2 TM
(45 x 4)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI Kegamaan MA, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung














SILABUS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)  KELAS X/ GENAP
Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.   Menyadari bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah Swt.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.2.   Menghayati kepribadian utama dari khalifah  utama dari Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.3.   Mengambil  ibrah dalam hal kepemimpinan dari Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.4.   Meyakini bahwa proses lahirnya kekuasaan Dinasti Bani Umayyah di Andalusia adalah manifestasi semangat juang umat Islam

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.5.   Menghayati kepribadian utama dari khalifah  utama dari Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.6.   Mengambil  ibrah dalam hal kepemimpinan dari Dinasti Bani Umayyah di Andalusia

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.7.   Menghayati kepribadian mulia dari para khalifah  utama Dinasti Bani Abbasiyah  sebagai contoh bagi generasi sekarang dan akan dating

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.8.   Mengambil  ibrah berbagai kemajuan dari Dinasti Bani Abbasiyah melalui peninggalan peninggalannya

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.9.   Mengambil  ibrah berbagai kemajuan dari Dinasti Bani Abbasiyah sebagai  contoh bagi kepemipinan sekarang dan akan dating

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.1.   Membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi  dari  pemahaman mengenai proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.2.   Meneladani perilaku mulia dari Khalifah Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.3.   Menunjukkan sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman tentang keberhasilan Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.4.   Menunjukkan sikap semangat menumbuhkan perjuangan Islam seperti yang dicontohkan umat Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.5.   Meneladani kerja keras seperti yang dicontohkan sebagian  khalifah  Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.6.   M enampilkan perilaku inovatif dan produktif sebagai implementasi nilai sejarah kemajuan Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.7.   Meneladani sikap berani, toleran dan kerja keras seperti yang dicontohkan sebagian khalifah Dinasti Bani Abbasiyah

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.8.   Menunjukkan sikap semangat menumbuhkan peradaban dan ilmu pengetahuan seperti yang berkembang pada masa Dinasti Bani Abbasiyah

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.9.  Menampilkan perilaku inovatif sebagai implementasi nilai sejarah kemajuan Islam masa Dinasti Bani Abbasiyah

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan


-
-
3.1.Menganalisis  proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus

4,1. Menceritakan tentang proses berdirinya Dinasti bani Umayah di Damaskus
















·       Menjelaskan latarbelakang  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·        Mendiskripsikan proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·        Mengidentifikasi factor penentu proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·        Menyimpulakan pengaruh lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·        Mempresentasikan proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus


Proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·      Membaca teks tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·      Menyimak penjelasan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  pengaruh  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang pendapat-pendapat proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·      Secara berpasangan mendialogkan proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.

Asosiasi
·     Menganalisis, tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·      Melakukan kritik terhadap proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.

Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·     Menyusun kesimpulan materi tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus.
·     Membuat paparan pengaruh lahirnya  Dinasti Bani Umayyah   di Damaskus
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.2.Mengidentifikasi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

4.2   Membuat peta konsep berkaitan dengan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus
·       Menjelaskan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Mendiskripsikan keberhasilan-keberhasilan bidang politik yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Mengidentifikasi keberhasilan-keberhasilan bidang ekonomi yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Menyimpulkan keberhasilan-keberhasilan bidang social budaya yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Menyusun peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang proses  keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·      Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  pengaruh keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Melakukan kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·     Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·     Membuat paparan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.3.   Menganalisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

4.3  Memamaparkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Damaskus
·       Menjelaskan perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Mendiskripsikan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Mengidentifikasi pengaruh positif perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·        Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus

Perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Membaca teks tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus Umayyah di Damaskus
·      Menyimak penjelasan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  pengaruh perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Secara berpasangan mendialogkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Melakukan kritik terhadap perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
·     Menyusun kesimpulan materi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus.
·     Membuat paparan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Damaskus
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.4.    Memahami  sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
4.4  Menceritakan sejarah  lahirnya  Dinasti  Umayah  di Andalusia
·        Menjelaskan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·        Mendiskripsikan faktor penyebab  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·        Mengidentifikasi proses  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·        Menyimpulkan pengaruh positif   lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·        Mempresentasikan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
Sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·      Membaca teks tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·      Menyimak penjelasan tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·      Secara berpasangan mendialogkan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·      Melakukan kritik terhadap sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia
·     Menyusun kesimpulan materi sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia.
·     Membuat paparan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Umayyah  di Andalusia

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.5.    Mengidentifikasi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia

4.5   Membuat peta konsep berkaitan dengan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada bani Umayyah di di Andalusia
·        Menjelaskan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·        Mendiskripsikan factor keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·        Mengidentifikasi aspek-aspek keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·        Menyimpulkan pengaruh keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·        Mempresentasikan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
Keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·      Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·      Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·      Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·      Melakukan kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
·     Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang sejarah  lahirnya  keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia.
·     Membuat paparan sejarah  lahirnya  keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada Dinasti Bani Umayyah di di Andalusia
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.6.   Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia

4.6. Memamaparkan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa bani Umayyah di Andalusia
·       Menjelaskan perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·        Mendiskripsikan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·        Mengidentifikasi factor penyebab perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·        Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·        Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia

Perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·      Membaca teks tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·      Menyimak penjelasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·      Secara berpasangan mendialogkan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·      Melakukan kritik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·     Menyusun kesimpulan materi proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portopolio
·     Membuat paparan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
·     Membuat paparan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.7.   Memahami  proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
4.7. Menceritakan proses  lahirnya  dinasti  bani Abbasiyah
·       Menjelaskan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mendiskripsikan factor penyebab  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mengidentifikasi proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Menyimpulkan pengaruh positif   lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·       Mempresentasikan sejarah  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
Proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah

Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Membaca teks tentang proses  lahirnya  proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Menyimak penjelasan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Secara berpasangan mendialogkan proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Melakukan kritik terhadap proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menyusun kesimpulan materi proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portopolio
·     Membuat paparan tentang proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Membuat paparan perkembangan proses  lahirnya  Dinasti Bani Abbasiyah

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.8.   Menganalisi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
4.8. Membuat peta konsep berkaitan dengan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai pada dinasti bani Abbasiyah.
·       Menjelaskan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mendiskripsikan factor keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mengidentifikasi aspek-aspek keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·        Menyimpulkan pengaruh keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·       Menyusun peta konsep tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
Keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Membaca teks tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Menyimak penjelasan tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Secara berpasangan mendialogkan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Melakukan kritik terhadap keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan hasil keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi  keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menyusun kesimpulan materi keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·     Membuat paparan tentang keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Membuat paparan keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
3.9.   Mengidentfikasi  tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
4.9. Menceritakan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa dinasti bani Abbasiyah,
·       Menjelaskan perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mendiskripsikan perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti  Bani Abbasiyah
·        Mengidentifikasi factor penyebab perkembangan peradaban pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·        Menyimpulkan pengaruh positif perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
·        Mempresentasikan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia

Tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Membaca teks tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Menyimak penjelasan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Secara berpasangan mendialogkan tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
Asosiasi
·     Menganalisis, tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Melakukan kritik terhadap tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
Komunikasi
·     Menyajikan paparan peta konsep tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi  keberhasilan-keberhasilan para Khalifah dari  Dinasti Bani Abbasiyah.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Menyusun kesimpulan materi tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
Tugas
·      Menuliskan peta konsep tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
·      Menuliskan hasil pengamatan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah.
Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
·     Membuat paparan tumbuh berkembangnya peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa  Dinasti Bani Abbasiyah
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 TM
(2X 45)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran


Hotel Inna Garuda Yogyakarta, 10-12 Juli 2014 M/
12-14  Ramadhan 1435 H
Tim Penyusun Silabus SKI-KEAGAMAAN
 Madrasah Aliyah

Komentar

Postingan Populer