SILABUS HADIS DAN ILMU HADIS X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : HADIS DAN ILMU HADIS
KELAS/PROGRAM : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai) santun,
responsif dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
SILABUS
PEMBELAJARAN : HADIS
DAN ILMU HADIS KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1.
Meyakini
kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam yang kedua setelah Al-Qur’an
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.2. Meyakini keaslian hadis yang telah
dibenarkan oleh para ulama hadis dahulu dan menjadikannya sebagai pujjah dalam menentukan
hukum syar‘i sehari-hari.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.3. Menerima pendapat-pendapat ulama
terpercaya dalam meneliti hadis yang dijadikan pujjah sehari-hari
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.4. Berkomitmen untuk
menggunakan hadis sebagai sumber ajaran agama Islam yang kedua sebagai implikasi
dari kepercayaan terhadap para pentakhrij hadis
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.1. Membiasakan diri
berpikir kritis sebagai implikasi dari materi ilmu hadis
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.2. Merefleksikan
perilaku semangat dan objektif dalam meneladani kejujuran para mupaddifrn
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.3. Membiasakan
mengoleksi hadis yang benar sebagai perwujudan dari spirit para mupaddifrn
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.4. Membiasakan
perilaku adil dan jujur dalam menyampaikan berita setelah mempelajari
perilaku para mupaddifrn
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.1. Memahami pengertian dan macam-macam ilmu hadis
4.1. Menunjukkan contoh kitab hadis dirwyah dan riwwyah
|
3.1.1. Menjelaskan definisi ilmu hadis dengan ber-macam-macam pendapat.
3.1.2. Mengidentifikasi macam-macam ilmu hadis.
3.1.3. Menjelaskan kriteria ilmu hadis riwayah dan
ilmu hadis diroyah.
4.1.1. Menunjukkan
contoh kitab hadis riwayah dan kitab hadis diroyah
4.1.2. Mempresenta-sikan fungsi kitab hadis diroyah dan
riwayah.
|
Pengertian Ilmu Hadis
-
Pendapat ulama
tentang ilmu hadis
-
Istilah-istilah
hadis
-
Macam-macam
hadis
-
Unsur-unsur
hadis
Macam-macam ilmu hadis
-
Ilmu hadis
diroyah
-
Ilmu hadis
riwayah
|
Mengamati
·
Mencermati pendapat ulama’ dalam
mendefinisikan ilmu hadis.
·
Membaca istilah-istilah hadis dan
macam-macam hadis
·
Menyimak penjelasan tentang ilmu
hadis diroyah dan ilmu hadis riwayah.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang identifikasi
pendapat-pendapat ulama.
· Mengajukan pertanyaan mengenai istilah-istilah,
macam-macam hadis, unsur-unsur hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari contoh-contoh kitab hadis diroyah dan riwayah
·
Diskusi membandingkan ilmu hadis
diroyah dan ilmu hadis riwayah.
·
Secara berpasangan mendialogkan
tentang ilmu hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Asosiasi
·
Melakukan koreksi terhadap
contoh-contoh kitab hadis yang telah dikumpulkan.
·
Melakukan
kritik terhadap pendapat ulama’ tentang ilmu hadis
·
Menganalisis,
tentang fungsi ilmu hadis riwayah dan ilmu hadis diroyah.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan contoh kitab hadis diroyah dan riwayah.
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian contoh kitab hadis diroyah dan riwayah
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang ilmu hadis diroyah dan riwayah.
· Menanggapi paparan hasil diskusi tentang ilmu
hadis diroyah dan riwayah
· Menyusun kesimpulan materi tentang pengertian ilmu
hadis dan macam-macam ilmu hadis
|
Tugas
·
Menyusun sistematika salah satu contoh
kitab tentang ilmu hadis diroyah dan salah satu contoh kitab tentang ilmu
hadis riwayah.
·
Menuliskan hasil pengamatan perlakuan umat
islam disekitarnya terhadap hadis.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi
diskusi
§ Sikap
yang ditunjukkan siswa terkait keberanian kritis terhadap definisi-definisi
yang dilakukan oleh ulama’ dahulu.
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman
informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang
ilmu hadis dan macam-macam ilmu hadis
·
Membuat paparan anaisis
dan identifikasi ilmu hadis diroyah dan riwayah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda
dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.2. Mengetahui sejarah pemeliharaan dan
pembukuan hadis
4.2 Menceritakan kondisi hadis pada zaman
Nabi, Khulafa’u ar-Rasyidin, Tabiin, dan masa tadwin
|
3.2.1. Menguraikan sejarah periwayatan hadis dengan
lisan.
3.2.2. Mendiskripsikan sejarah periwayatan hadis pada masa
pembukuan
3.2.3. Mengidentifikasi sejarah hadis pada masa penyempurnaan
4.2.1. Menceritakan kondisi hadis pada masa periwayatan
dengan lisan.
4.2.2. Menceritakan kondisi hadis pada masa pembukuan,
4.2.3. Mempresentasikan kondisi hadis pada masa tadwin.
|
Sejarah perkembangan hadis.
-
Hadis pada
masa periwayatan dengan lisan
-
Hadis pada
masa pembukuan
-
Hadis pada
masa penyempurnaan
|
Mengamati
·
Mencermati hadis pada masa Nabi dan
Khulafa’u Rosyidin.
·
Menyimak dan mengamati latar
belakang dan proses pembukuan hadis
·
Menyimak penjelasan tentang kondisi kitab hadis dari waktu ke
waktu.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang kultur daerah
perkembangan hadis
· Mengajukan pertanyaan mengenai sistematika kitab
hadis yang ditulis dari waktu ke waktu
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari nama-nama muhadisin dari waktu kewaktu
·
Diskusi tentang perbedaan antara
kondisi hadis sebelum dan sesudah pembukuan.
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang sejarah pemeliharaan hadis dan pembukuannya
Asosiasi
·
Melakukan
koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian nama-nama muhadisin dari
waktu kewaktu
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan kondisi hadis
sebelum dan sesudah pembukuan
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan periwayatan hadis dengan lisan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian nama-nama muhadisin dari waktu kewaktu
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang perbedaan kondisi hadis sebelum dan
sesudah pembukuan
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang kondisi hadis mulai
pada masa nabi, Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, masa pembukuan, dan masa
pentakhrijan.
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel yang memuat keyakinan terhadap hadis yang telah dibenarkan oleh para
muhadisin
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang mengamalkan hadis sebagai sumber hukum yang ke 2
setelah al-Qur’an
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah pemeliharaan hadis dan pembukuannya
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi keadaan hadis dari waktu ke waktu
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan bercerita tentang kondisi
hadis dari waktu ke waktu.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.3. Mengetahui sejarah singkat para sahabat
yang banyak meriwayatkan hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik, Abdullah bin
Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas, dan Aisyah).
4.3. Menceritakan riwayat kehidupan para
sahabat yang bayak meriwayatkan hadis
|
3.3.1. Menjelaskan sejarah singkat periwayat hadis (Abu
Hurairah, Anas bin Malik., Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah
bin Abbas, Aisyah).
3.3.2. Mengidentifikasi kedudukan periwayat hadis (Abu Hurairah, Anas bin
Malik., Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas dan Aisyah).
4.3.1. Menceritakan riwaya singkat periwayat hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru
bin Ash, Abdullah bin Abbas, dan Aisyah).
4.3.2. Mendemonstrasikan salah satu sifat dari para
sahabat yang banyak meriwayatkan hadis.
|
Memahami sejarah singkat para sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis:
-
Abu Hurairah
-
Anas bin
Malik
-
Abdullah bin
Umar
-
Abdullah bin
Amru bin ‘Ash
-
Abdullah bin
Abbas
-
Aisyah
|
Mengamati
·
Mencermati sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis
·
Menyimak dan mengamati tentang nama,
tahun wafat/lahir, kesungguhan, usaha, guru-guru, dan murid-murid para
sahabat yang banyak meriwayatkan hadis.
·
Menyimak penjelasan tentang kultur dan kondisi zaman para
sahabat yang banyak merwiyatkan hads.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang latar
belakang sahabat muhadisin sehingga banyak meriwayatkan hadis
· Mengajukan pertanyaan mengenai apakah para sahabat
yang banyak merwiayatkan hadis belum bisa menulis
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak meriwayatkan
hadis
·
Diskusi tentang perbedaan latar
belakang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang sejarah sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak meriwayatkan
hadis
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan kondisi sahabat
yang banyak meriwayatkan hadis
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan cara sahabat meriwayatkan hadis dari Nabi
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel yang memuat tentang prilaku semangat dan obyektif dalam meneladani
kejujuran muhadisin
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang jujur dalam menyampaikan berita
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi keadaan sahabat yang banyak meriwayatkan
hadis
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan bercerita tentang kondisi
sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjamahanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelajaran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelajaran
|
3.4. Mengetahui sejarah singkat para pen- takhrrj hadis yang dikenal sebagai penulis al-kutub at-tis‘ah al-Mu‘tabarah. (al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmizi, an-Nasa’i, Ibnu Majah,
Malik bin Anas, Ahmad bin Hanbal, dan ad-Darimi)
4.4. Menceritakan kisah ulama hadis yang mentakhrrj hadis
|
3.4.1. Menjelaskan sejarah singkat rawi hadis (Imam
Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan
Darami).
3.4.2. Mengidentifikasi karya-karya Imam rawi hadis (Bukhari, Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami )
4.4.1. Menyajikan
kisah Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah,
Malik, Ahmad, dan Darami.
4.4.2. Mempresentasikan keteladanan dari kisah Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi,
Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami
|
Memahami sejarah singkat para
pentakhrij hadis:
- Imam Bukhari
- Imam Muslim
- Imam Abu Dawud
- Imam Tirmidzi
- Imam Nasa’i
- Imam Ibnu Majah
- Imam Malik bin Anas
- Imam Ahmad bin Hanbal
- Imam Darimi
|
Mengamati
·
Mencermati sejarah para pentakhrij
hadis
·
Menyimak dan mengamati tentang nama,
masa hidup, tahun wafat/lahir, kesungguhan, usaha, guru-guru, dan murid-murid
serta karya para pentakhrij hadis.
·
Menyimak penjelasan tentang kultur dan kondisi zaman para
pentakhrij hadis hads dan kitab karya mereka.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang latar
belakang para pentakhrij hadis
· Mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana para
pentakhrij hadis mendapatkan hadis dan bagaimana mereka berkarya
Explore
· Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij hadis dan
karyanya
·
Diskusi tentang perbedaan latar
belakang para pentakhrij hadis dan karyanya
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang sejarah para pentakhrij hadis
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij hadis
·
Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan kondisi para
pentakhrij hadis dan karyanya
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan cara para pentakhrij hadis menseleksi
hadis
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij
hadis
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang para pentakhrij hadis
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang para pentakhrij
hadis
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel yang memuat tentang prilaku yang meyakini kebenaran tindakan para
pentakhrij hadis
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang meneladani semangat berkarya para muhadisin
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang sejarah para pentakhrij hadis
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi keadaan para pentakhrij hadis dan karyanya
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan bercerita tentang kondisi
para pentakhrij hadis dan karyanya
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelaja-ran
|
SILABUS
PEMBELAJARAN : HADIS
DAN ILMU HADIS KELAS X SEMESTER GENAP
Kompetensi Dasar
|
Indkator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1. Menghayati fungsi dan nilai-nilai
ajaran hadis
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.2. Meyakini kedudukan kitab hadis
mu’tabarah sebagai sumber ajaran agama Islam yang kedua
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.3. Menghayati pengelompokan jenis kitab
hadis
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.4. Meyakini kebenaran hadis yang telah
ditakhrij.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
1.5. Menghayati
prinsip-prinsip mupaddifrn dalam hal sikap jujur dan adil
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.1. Membiasakan diri untuk menggunakan
hadis sebagai dasar hukum dalam kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.2. Membiasakan sikap selektif dalam memanfaatkan kitab hadis
yang akan dijadikan rujukan hukum syar’i
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.3. Membiasakan sikap kritis terhadap
kualitas hadis yang digunakan sebagai dasar hukum syar’i.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.4. Memperbaiki perilaku sehari-hari dengan
berpijak pada hadis yang dapat dijadikan pujjah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
2.5.Membiasakan menyampaikan berita sesuai dengan sumber aslinya
(jujur)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
|
-
|
-
|
3.1. Memahami kedudukan
hadis dan fungsinya dalam menentukan hukum syar’i.
4.1. Menceritakan
fungsi dan kedudukan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1. Menjelas-kan kedudukan hadis dalam menentukan hukum syar’i
3.1.2. Menerang-kan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
3.1.3. Mengiden-tifikasi hadis sebagai ta’kid, takhshish, taqyid, bayan, terhadap
al-Qur’an.
3.1.4. Memban-dingkan fungsi dan kedudukan hadis
dalam menentukan hokum syar’i
4.1.1. Menunju-kkan contoh hadis sebagai ta’kid, takhshish, taqyid, bayan, terhadap
al-Qur’an.
|
Kedudukan hadis:
-
Dalil/bukti
bahwa hadis sebagai sumber hukum Islam
Fungsi hadis terhadap al-Qur’an:
-
Menta’kid/menguatkan al Qur’an jika sama dengan al-Qur’an
-
Penjelas
ayat al-Qur’an yang masih global
-
Membatasi
ayat al-Qur’an yang masih muthlak
-
Mengkhususkan
ayat al-Qur’an yang masih umum
-
Menjelaskan
ayat al-Qur’an yang belum jelas
-
Menjadi
dalil penentu hukum yang belum termaktub dalam al-Qur’an
|
Mengamati
·
Mencermati dalil-dalil yang
membuktikan bahwa hadis sebagai sumber hukum Islam
·
Menyimak dan mengamati fungsi hadis
terhadap al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang contoh-contoh fungsi hadis terhadap
al-Qur’an
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang hadis yang
dapat dijadikan sebagai penjelas al-Qur’an
· Mengajukan pertanyaan mengenai jika hadis dan
al-Qur’an bertentangan
Explore
· Secara berkelompok mencari hukum yang ditentukan oleh hadis
·
Diskusi tentang hadis-hadis yang
dapat dijadikan penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang fungsi hadis terhadap al-Qur’an
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian hukum yang ditentukan oleh hadis
·
Menganalisis hadis penafsir,
pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan hukum yang terkandung dalam al-Qur’an yang
ditakhsish, ditafsiri, ditaqyidi oleh hadis
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum yang ditentukan oleh hadis
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang hadis-hadis yang dapat dijadikan penafsir, pentakhsis,
pentaqyid al-Qur’an
· Menanggapi paparan hasil diskusi
·
Menyusun
kesimpulan tentang kedudukan dan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel/cerita yang memuat tentang prilaku yang meyakini hadis sebagai sumber
hukum
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang mengamalkan hukum yang ditentukan oleh hadis
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang hadis sebagai sumber hukum Islam
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi fungsi hadis terhadap al-Qur’an
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan berargumentasi secara
aqliyah/nalar bahwa hadis sebagai sumber hukum.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelaja-ran
|
3.2. Mengenal
macam-macam kitab hadis al-mu’tabarah.
4.2. Memperesen-tasikan karakteristik jenis-jenis kitab
hadis yang mu‘tabarah
|
3.2.1. Menerang-kan macam-macam kitab hadis al mu’tabarah.
3.2.2. Menjelas-kan contoh kitab hadis al mu’tabarah
3.2.3. Mengiden-tifikasi kitab hadis mu’tabarah dan ghoiru mu’tabarah.
4.2.1. Mempre-sentasikan contoh kitab hadis mu’tabarah.
4.2.2. Menceri-takan
kesimpulan isi-corak kitab hadis mu’tabarah.
|
Macam-macam kitab hadis al-Mu’tabarah:
-
Shahih
Bukhari
-
Shahih
muslim
-
Sunan Abu
Daud
-
Sunan
Tirmidzi
-
Sunan Nasa’i
-
Sunan Ibnu
Majah
-
Muwatha’
Malik
-
Musnad Ahmad
bin Hanbal
-
Sunan Darimi
Sejarah Kitab hadis al-Mu’tabarah
-
Al-Kutub
al-Khamsah
-
Al-Kutub
as-Sitah
-
Al-Kutub
at-tis’ah
Perbandingan antara shahih Bukhari dan shahih Muslim
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian mu’tabarah dan
kitab-kitab hadis al-mu’tabarah
·
Menyimak dan mengamati kitab-kitab
yang termasuk kategori al-mu’tabarah dari waktu ke waktu
·
Menyimak penjelasan tentang perbandingan antara shahih Bukhari
dan shahih Muslim
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang kenapa kitab
yang mu’tabarah hanya 9 kitab
· Mengajukan pertanyaan mengenai apa standar
mu’tabarah
Explore
· Secara berkelompok mencari kelebihan satu kitab dengan kitab lainnya dengan berdasarkan
pada sejarah penulisnya
·
Diskusi tentang perbandingan antara
kitab hadis yang satu dengan yang lainnya
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang kitab hadis al-mu’tabarah
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian hukum tentang kelebihan satu kitab hadis dibanding kitab
lainnya
·
Menganalisis tentang perkembangan
jumlah kitab hadis al-Mu’tabarah
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan sistematikan kitab hadis al-Mu’tabarah
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian kelebihan satu kitab hadis al-mu’tabarah dari kitab
lainnya
·
Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi tentang kitab hadis al-Mu’tabarah
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang kitab hadis
al-Mu’tabarah
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel/cerita yang memuat tentang prilaku yang selektif dalam memanfaatkan
kitab hadis yang akan dijadikan rujukan hukum
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap perilaku yang selektif dalam memanfaatkan kitab hadis yang akan
dijadikan rujukan hukum
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang kitab hadis al-Mu’tabarah
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi macam-macam kitab hadis al-Mu’tabarah
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan berargumentasi tentang
keunggulan kitab hadis shahih Bukhari terhadap kitab hadis lainnya.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelaja-ran
|
3.3. Menganalisis
pengelompokkan jenis kitab hadis
4.3. Mendemons-trasikan kegunaan kitab hadis dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1. Menjelas-kan jenis-jenis kitab hadis.
3.3.2. Mengiden-tifikasi ciri-ciri kitab hadis sesuai
jenisnya
3.3.3. Menyim-pulkan faedah pembagian jenis-jenis kitab hadis.
4.3.1. Menceri-takan pengelompokkan
jenis kitab hadis
4.3.2. Mempresentasikan
kegunaan kitab hadis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengidentifikasi macam-macam dan kegunaan jenis
kitab hadis:
-
Al-Jami’
-
As-Sunan
-
Al-Mustadrak
-
Al-Mustakhraj
-
Al-Musnad
-
Al-Mu’jam
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian macam-macam
jenis kitab hadis
·
Menyimak dan mengamati contoh-contoh
dari macam-macam jenis kitab hadis
·
Menyimak penjelasan tentang fungsi dan cara menggunakan jenis
kitab-kitab hadis
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang para penulis
jenis kitab-kitab hadis
· Mengajukan pertanyaan mengenai kriteria jenis
kitab-kitab hadis
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari contoh-contoh jenis kitab-kitab hadis
·
Diskusi tentang perbandingan antara
jenis kitab hadis yang satu dengan yang lainnya
·
Secara berpasangan tanya jawab
tentang jenis kitab hadis
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
hasil pencarian contoh-contoh jenis kitab hadis dan fungsinya
·
Menganalisis tentang sistematika
jenis kitab hadis dan fungsinya
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan sistematika jenis kitab hadis dan
fungsinya
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian contoh-contoh jenis kitab hadis dan fungsinya
· Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang
jenis kitab
dan fungsinya
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang jenis kitab hadis dan
fungsinya masing-masing
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel/cerita yang memuat tentang efek dari kegunaan jenis kitab hadis
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap salah satu jenis kitab hadis
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang jenis kitab hadis dan fungsinya
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi macam-macam jenis kitab hadis dan fungsinya
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan tentang fungsi dan cara
menggunakan jenis kitab hadis.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelaja-ran
|
3.4. Memahami cara-cara
sederhana men- takhrrj hadis
4.4. Mempraktik-kan (takhrrj) dengan cara mencari hadis
dari kitab hadis al-mu’rabarah
|
3.4.1. menjelas-kan pengertian takhrij.
3.4.2. Menjelas-kan cara-cara sederhana mentakhrij
hadis.
3.4.3. Memban-dingkan fung-si kitab mu’jam, musnad, dan media
komputer dalam
mentakhrij hadis.
4.4.1. Memprak-tikkan cara takhrij hadis.
4.4.2. Menunjuk-kan kedudukan hadis setelah dilakukan
takhrij.
|
Memahami cara-cara sederhana mentakhrij hadis:
-
Takhrij
dengan menggunakan satu lafal diantara lafal-lafal hadis (menggunakan mu’jam
mufahras li alfadzi al hadis)
-
Takhrij
dengan menggunakan periwayat yang paling atas (sahabat) (menggunakan kitab
al-Musnad)
-
Takhrij
dengan menggunakan softwere hadis (menggunakan media komputer)
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian takhrij
·
Menyimak dan mengamati
alat/kitab-kitab yang dibutuhkan dalam mentakhrij hadis
·
Menyimak penjelasan tentang tujuan dan fungsi takhrij dan
cara-cara mentakhrij
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang kitab apa
saja yang dapat digunakan untuk mentakhrij
· Mengajukan pertanyaan mengenai kriteria kitab
hadis yang dapat digunakan mentakhrij hadis
Explore
· Secara berkelompok mentakhrij satu hadis
·
Diskusi tentang hasil takhrij
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap
takhrij hadis yang dilakukannya
·
Menganalisis tentang hadis yang
sedang ditakhrij
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan cara mentakhrij hadis
·
Menyajikan
paparan hasil takhrij
· Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang
hasil takhrij
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang cara-cara sederhana
mentakhrij hadis
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel/cerita yang memuat tentang sikap kritis terhadap kualitas hadis
·
Menuliskan hasil pengamatan
hadis-hadis yang sering digunakan umat Islam dilingkungannya
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang cara sederhana dalam mentakhrij hadis
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi kitab yang dapat digunakan mentakhrij hadis
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan tentang cara sederhana
dalam mentakhrij hadis serta tujuan takhrij
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung proses
pembelaja-ran
|
3.5. Memahami tahammul wa adw’ al-hadif.
4.5. Mensimulasi-kan sanad
berdasarkan teori tahammul wa adw’ al-hadif
|
3.5.1.Menjelaskan pengertian tahammul wa adw’ al-hadif.
3.5.2. Menerang-kan macam-macam tahammul wa adw’ al-hadif.
3.5.3. Mengiden-tifikasi ungkapan-ungkapan tahammul wa adw’ al-hadif.
4.5.1. Mempresentasikan contoh tahammul
wa adw’ al-hadif dalam sanad hadis.
4.5.2.
Mensimulasikan sanad berdasarkan teori tahammul wa adw’ al-hadif.
|
Memahami
tahammul wa al adaa’ (cara menerima dan cara menyampaikan hadis):
-
Pengertian riwayah
-
Pengertian tahammul wa al adaa’
-
Macam-macam tahammul wa al-adaa
o
Bi as-sima’
o
Bi al qira’ah ‘ala syeikh
o
Bi al-ijaazah
o
Bi al-munawalah
o
Bi al-mukaatabah
o
Bi al-i’lam
o
Bi al-washiyat
o
Bi al-wijadah
-
Syarat rijalu al hadis
|
Mengamati
·
Mencermati pengertian riwayah,
tahammul wa al adaa’
·
Menyimak dan mengamati syarat-syarat
rijalu al-hadis
·
Menyimak penjelasan tentang macam-macam tahammul wa al adaa’
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang pentingnya
tahammul dan adaa’
· Mengajukan pertanyaan mengenai kekuatan/drajat
tahammul yang paling tinggi dan paling rendah serta kemungkinannya
bertentangan.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok menganalisis satu sanad hadis dan mencatat jenis tahammul dan adaa’nya
·
Diskusi tentang riwayat, dan
tahammul dan adaa’.
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok tentang
analisis satu sanad hadis dan catatan jenis tahammul dan adaa’nya.
·
Menganalisis tentang hadis syarat
rijalu al hadis
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan tahammul dan adaa’
·
Menyajikan
paparan analisis satu sanad hadis dan
catatan jenis tahammul dan adaa’nya
· Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang
analisis satu sanad hadis dan catatan jenis tahammul dan adaa’nya
· Menanggapi paparan hasil diskusi
· Menyusun kesimpulan tentang tahammul dan adaa’
serta syarat rijalu al hadis
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel/cerita yang memuat tentang prinsip adilnya para muhaditsin dalam hal
jujur dan adil
·
Menuliskan hasil pengamatan
terhadap teman yang dlabit dan adil
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Isi diskusi
§ Sikap yang ditunjukkan siswa
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam
diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang riwayat, tahammul dan adaa’, serta syarat rijalu al hadis
·
Membuat
paparan anaisis dan identifikasi tahammul dan adaa’
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk
pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan tentang riwayat, tahammul
dan adaa’ serta syarat rijalu al hadis.
|
3 x 45 Menit
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu
Hadis, MA
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu
Hadis MA,
Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
· Al-Qur’an dan Terjama-hanya
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai
materi pembelaja-ran
· Lingkungan sekitar yang mendukung
proses pembelaja-ran
|
Komentar
Posting Komentar