SILABUS HADIS DAN ILMU HADIS X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN   : MADRASAH  ALIYAH              
MATA PELAJARAN         : HADIS DAN ILMU HADIS
KELAS/PROGRAM            : X (SEPULUH) / KEAGAMAAN

KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah..
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

SILABUS PEMBELAJARAN : HADIS DAN ILMU HADIS KELAS X SEMESTER GANJIL
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1. Meyakini kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam yang kedua setelah Al-Qur’an



-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.2. Meyakini keaslian hadis yang telah dibenarkan oleh para ulama hadis dahulu dan menjadikannya sebagai  pujjah dalam menentukan hukum syar‘i sehari-hari.





-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.3. Menerima pendapat-pendapat ulama terpercaya dalam meneliti hadis yang dijadikan pujjah sehari-hari



-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.4. Berkomitmen untuk menggunakan hadis sebagai sumber ajaran agama Islam yang kedua sebagai implikasi dari kepercayaan terhadap para pentakhrij hadis






-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.1. Membiasakan diri berpikir kritis sebagai implikasi dari materi ilmu hadis



-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.2. Merefleksikan perilaku semangat dan objektif dalam meneladani kejujuran para  mupaddifrn



-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.3. Membiasakan mengoleksi hadis yang benar sebagai perwujudan dari spirit para  mupaddifrn



-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.4. Membiasakan perilaku adil dan jujur dalam menyampaikan berita setelah mempelajari perilaku para  mupaddifrn




-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
3.1. Memahami pengertian dan macam-macam ilmu hadis
4.1. Menunjukkan contoh kitab hadis dirwyah dan riwwyah 
3.1.1. Menjelaskan definisi ilmu hadis dengan ber-macam-macam pendapat.
3.1.2. Mengidentifikasi macam-macam ilmu hadis.
3.1.3. Menjelaskan kriteria ilmu hadis riwayah dan ilmu hadis diroyah.
4.1.1. Menunjukkan  contoh kitab hadis riwayah dan kitab hadis diroyah
4.1.2. Mempresenta-sikan fungsi kitab hadis diroyah dan riwayah.
Pengertian Ilmu Hadis
-        Pendapat ulama tentang ilmu hadis
-        Istilah-istilah hadis
-        Macam-macam hadis
-        Unsur-unsur hadis
Macam-macam  ilmu hadis
-        Ilmu hadis diroyah
-        Ilmu hadis riwayah
Mengamati
·      Mencermati pendapat ulama’ dalam mendefinisikan ilmu hadis.
·      Membaca istilah-istilah hadis dan macam-macam hadis
·      Menyimak penjelasan tentang ilmu hadis diroyah dan ilmu hadis riwayah.
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang identifikasi pendapat-pendapat ulama.
·      Mengajukan pertanyaan mengenai istilah-istilah, macam-macam hadis, unsur-unsur hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari contoh-contoh kitab hadis diroyah dan riwayah
·      Diskusi membandingkan ilmu hadis diroyah dan ilmu hadis riwayah.
·      Secara berpasangan mendialogkan tentang ilmu hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Asosiasi
·      Melakukan koreksi terhadap contoh-contoh kitab hadis yang telah dikumpulkan.
·      Melakukan kritik terhadap pendapat ulama’ tentang ilmu hadis
·     Menganalisis, tentang fungsi ilmu hadis riwayah dan ilmu hadis diroyah.
Komunikasi
·     Mendemonstrasikan contoh kitab hadis diroyah dan riwayah.
·     Menyajikan paparan hasil pencarian contoh kitab hadis diroyah dan riwayah
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang ilmu hadis diroyah dan riwayah.
·     Menanggapi paparan hasil diskusi tentang ilmu hadis diroyah dan riwayah
·     Menyusun kesimpulan materi tentang pengertian ilmu hadis dan macam-macam ilmu hadis
Tugas
·      Menyusun sistematika salah satu contoh kitab tentang ilmu hadis diroyah dan salah satu contoh kitab tentang ilmu hadis riwayah.
·      Menuliskan hasil pengamatan perlakuan umat islam disekitarnya terhadap hadis.
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa terkait keberanian kritis terhadap definisi-definisi yang dilakukan oleh ulama’ dahulu.
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang ilmu hadis dan macam-macam ilmu hadis
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi ilmu hadis diroyah dan riwayah
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.2. Mengetahui sejarah pemeliharaan dan pembukuan hadis
4.2 Menceritakan kondisi hadis pada zaman Nabi, Khulafa’u ar-Rasyidin, Tabiin, dan masa tadwin
3.2.1. Menguraikan sejarah periwayatan hadis dengan lisan.
3.2.2. Mendiskripsikan sejarah periwayatan hadis pada masa pembukuan
3.2.3. Mengidentifikasi sejarah hadis pada masa penyempurnaan
4.2.1. Menceritakan kondisi hadis pada masa periwayatan dengan lisan.
4.2.2. Menceritakan kondisi hadis pada masa pembukuan,
4.2.3. Mempresentasikan kondisi hadis pada masa tadwin.

Sejarah perkembangan hadis.
-        Hadis pada masa periwayatan dengan lisan
-        Hadis pada masa pembukuan
-        Hadis pada masa penyempurnaan
Mengamati
·      Mencermati hadis pada masa Nabi dan Khulafa’u Rosyidin.
·      Menyimak dan mengamati latar belakang dan proses pembukuan hadis
·      Menyimak penjelasan  tentang kondisi kitab hadis dari waktu ke waktu.

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang kultur daerah perkembangan hadis
·      Mengajukan pertanyaan mengenai sistematika kitab hadis yang ditulis dari waktu ke waktu

Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari nama-nama muhadisin dari waktu kewaktu
·      Diskusi tentang perbedaan antara kondisi hadis sebelum dan sesudah pembukuan.
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang sejarah pemeliharaan hadis dan pembukuannya

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian nama-nama muhadisin dari waktu kewaktu
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan kondisi hadis sebelum dan sesudah pembukuan

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan periwayatan hadis dengan lisan
·     Menyajikan paparan hasil pencarian nama-nama muhadisin dari waktu kewaktu
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang perbedaan kondisi hadis sebelum dan sesudah pembukuan
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang kondisi hadis mulai pada masa nabi, Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, masa pembukuan, dan masa pentakhrijan.
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat keyakinan terhadap hadis yang telah dibenarkan oleh para muhadisin
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mengamalkan hadis sebagai sumber hukum yang ke 2 setelah al-Qur’an

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·     Membuat paparan tentang sejarah pemeliharaan hadis dan pembukuannya
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi keadaan hadis dari waktu ke waktu
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan bercerita tentang kondisi hadis dari waktu ke waktu.


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.3. Mengetahui sejarah singkat para sahabat yang banyak meriwayatkan hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas, dan Aisyah).
4.3. Menceritakan riwayat kehidupan para sahabat yang bayak meriwayatkan hadis
3.3.1. Menjelaskan sejarah singkat periwayat hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik., Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas, Aisyah).
3.3.2. Mengidentifikasi kedudukan  periwayat hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik., Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas  dan Aisyah).
4.3.1. Menceritakan riwaya singkat  periwayat hadis (Abu Hurairah, Anas bin Malik, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Amru bin Ash, Abdullah bin Abbas, dan Aisyah).
4.3.2. Mendemonstrasikan salah satu sifat dari para sahabat yang banyak meriwayatkan hadis.
Memahami sejarah singkat para sahabat yang banyak meriwayatkan hadis:
-        Abu Hurairah
-        Anas bin Malik
-        Abdullah bin Umar
-        Abdullah bin Amru bin ‘Ash
-        Abdullah bin Abbas
-        Aisyah
Mengamati
·      Mencermati sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·      Menyimak dan mengamati tentang nama, tahun wafat/lahir, kesungguhan, usaha, guru-guru, dan murid-murid para sahabat yang banyak meriwayatkan hadis.
·      Menyimak penjelasan  tentang kultur dan kondisi zaman para sahabat yang banyak merwiyatkan hads.
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang latar belakang sahabat muhadisin sehingga banyak meriwayatkan hadis
·      Mengajukan pertanyaan mengenai apakah para sahabat yang banyak merwiayatkan hadis belum bisa menulis
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·      Diskusi tentang perbedaan latar belakang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang sejarah sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan kondisi sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
Komunikasi
·     Mendemonstrasikan cara sahabat meriwayatkan hadis dari Nabi
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat tentang prilaku semangat dan obyektif dalam meneladani kejujuran muhadisin
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang jujur dalam menyampaikan berita

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang sejarah sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi keadaan sahabat yang banyak meriwayatkan hadis
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan bercerita tentang kondisi sahabat yang banyak meriwayatkan hadis


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjamahanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran







3.4.  Mengetahui sejarah singkat para pen- takhrrj hadis yang dikenal sebagai penulis al-kutub at-tisah al-Mutabarah. (al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmizi, an-Nasa’i, Ibnu Majah, Malik bin Anas, Ahmad bin Hanbal, dan ad-Darimi)
4.4. Menceritakan kisah ulama hadis yang mentakhrrj hadis


3.4.1. Menjelaskan sejarah singkat rawi hadis (Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami).
3.4.2. Mengidentifikasi karya-karya Imam  rawi hadis (Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami )
4.4.1. Menyajikan  kisah Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami.
4.4.2.  Mempresentasikan keteladanan dari kisah Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Malik, Ahmad, dan Darami
Memahami sejarah singkat para pentakhrij hadis:
-       Imam Bukhari
-       Imam Muslim
-       Imam Abu Dawud
-       Imam Tirmidzi
-       Imam Nasa’i
-       Imam Ibnu Majah
-       Imam Malik bin Anas
-       Imam Ahmad bin Hanbal
-       Imam Darimi
Mengamati
·      Mencermati sejarah para pentakhrij hadis
·      Menyimak dan mengamati tentang nama, masa hidup, tahun wafat/lahir, kesungguhan, usaha, guru-guru, dan murid-murid serta karya para pentakhrij hadis.
·      Menyimak penjelasan  tentang kultur dan kondisi zaman para pentakhrij hadis hads dan kitab karya mereka.
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang latar belakang para pentakhrij hadis
·      Mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana para pentakhrij hadis mendapatkan hadis dan bagaimana mereka berkarya
Explore
·       Secara berkelompok mencari kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij hadis dan karyanya
·      Diskusi tentang perbedaan latar belakang para pentakhrij hadis dan karyanya
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang sejarah para pentakhrij hadis
Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij hadis
·      Mengidentifikasi  dan menganalisis perbedaan kondisi para pentakhrij hadis dan karyanya
Komunikasi
·     Mendemonstrasikan cara para pentakhrij hadis menseleksi hadis
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelengkapan sejarah tentang para pentakhrij hadis
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang para pentakhrij hadis
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang para pentakhrij hadis
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat tentang prilaku yang meyakini kebenaran tindakan para pentakhrij hadis
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang meneladani semangat berkarya para muhadisin

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang sejarah para pentakhrij hadis
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi keadaan para pentakhrij hadis dan karyanya

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan bercerita tentang kondisi para pentakhrij hadis dan karyanya


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran



SILABUS PEMBELAJARAN : HADIS DAN ILMU HADIS KELAS X SEMESTER GENAP

Kompetensi Dasar
Indkator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1. Menghayati fungsi dan nilai-nilai ajaran hadis
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.2. Meyakini kedudukan kitab hadis mu’tabarah sebagai sumber ajaran agama Islam yang kedua
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.3. Menghayati pengelompokan jenis kitab hadis
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.4. Meyakini kebenaran hadis yang telah ditakhrij.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
1.5. Menghayati prinsip-prinsip mupaddifrn dalam hal sikap jujur dan adil
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.1. Membiasakan diri untuk menggunakan hadis sebagai dasar hukum dalam kehidupan sehari-hari
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.2. Membiasakan sikap selektif dalam memanfaatkan kitab hadis yang akan dijadikan rujukan hukum syar’i
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.3. Membiasakan sikap kritis terhadap kualitas hadis yang digunakan sebagai dasar hukum syar’i.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.4. Memperbaiki perilaku sehari-hari dengan berpijak pada hadis yang dapat dijadikan pujjah

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
2.5.Membiasakan menyampaikan berita sesuai dengan sumber aslinya (jujur)

-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal / Catatan
-
-
3.1. Memahami kedudukan hadis dan fungsinya dalam menentukan hukum syar’i.

4.1. Menceritakan fungsi dan kedudukan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1.   Menjelas-kan kedudukan hadis dalam menentukan hukum syar’i
3.1.2.   Menerang-kan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
3.1.3.   Mengiden-tifikasi hadis sebagai ta’kid, takhshish, taqyid, bayan, terhadap al-Qur’an.
3.1.4.   Memban-dingkan fungsi dan kedudukan hadis dalam menentukan hokum syar’i
4.1.1.   Menunju-kkan contoh hadis sebagai ta’kid, takhshish, taqyid, bayan, terhadap al-Qur’an.
Kedudukan hadis:
-        Dalil/bukti bahwa hadis sebagai sumber hukum Islam

Fungsi hadis terhadap al-Qur’an:
-        Menta’kid/menguatkan  al Qur’an jika sama dengan al-Qur’an
-        Penjelas ayat al-Qur’an yang masih global
-        Membatasi ayat al-Qur’an yang masih muthlak
-        Mengkhususkan ayat al-Qur’an yang masih umum
-        Menjelaskan ayat al-Qur’an yang belum jelas
-        Menjadi dalil penentu hukum yang belum termaktub dalam al-Qur’an
Mengamati
·      Mencermati dalil-dalil yang membuktikan bahwa hadis sebagai sumber hukum Islam
·      Menyimak dan mengamati fungsi hadis terhadap al-Qur’an
·      Menyimak penjelasan  tentang contoh-contoh fungsi hadis terhadap al-Qur’an

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang hadis yang dapat dijadikan sebagai penjelas al-Qur’an
·      Mengajukan pertanyaan mengenai jika hadis dan al-Qur’an bertentangan

Explore
·       Secara berkelompok mencari hukum yang ditentukan oleh hadis
·      Diskusi tentang hadis-hadis yang dapat dijadikan penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang fungsi hadis terhadap al-Qur’an

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian hukum yang ditentukan oleh hadis
·      Menganalisis hadis penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan hukum yang terkandung dalam al-Qur’an yang ditakhsish, ditafsiri, ditaqyidi oleh hadis
·     Menyajikan paparan hasil pencarian hukum yang ditentukan oleh hadis
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang hadis-hadis yang dapat dijadikan penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang kedudukan dan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/cerita yang memuat tentang prilaku yang meyakini hadis sebagai sumber hukum
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang mengamalkan hukum yang ditentukan oleh hadis
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang hadis sebagai sumber hukum Islam
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi fungsi hadis terhadap al-Qur’an
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan berargumentasi secara aqliyah/nalar bahwa hadis sebagai sumber hukum.


3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran



3.2. Mengenal macam-macam kitab hadis al-mu’tabarah.
4.2. Memperesen-tasikan karakteristik jenis-jenis kitab hadis yang mutabarah
3.2.1. Menerang-kan macam-macam kitab hadis al mu’tabarah.
3.2.2. Menjelas-kan contoh kitab hadis al mu’tabarah
3.2.3. Mengiden-tifikasi kitab hadis mu’tabarah dan ghoiru mu’tabarah.
4.2.1. Mempre-sentasikan contoh kitab hadis mu’tabarah.
4.2.2. Menceri-takan kesimpulan isi-corak  kitab hadis mu’tabarah.
Macam-macam kitab hadis al-Mu’tabarah:
-        Shahih Bukhari
-        Shahih muslim
-        Sunan Abu Daud
-        Sunan Tirmidzi
-        Sunan Nasa’i
-        Sunan Ibnu Majah
-        Muwatha’ Malik
-        Musnad Ahmad bin Hanbal
-        Sunan Darimi

Sejarah Kitab hadis al-Mu’tabarah
-        Al-Kutub al-Khamsah
-        Al-Kutub as-Sitah
-        Al-Kutub at-tis’ah

Perbandingan antara shahih Bukhari dan shahih Muslim
Mengamati
·      Mencermati pengertian mu’tabarah dan kitab-kitab hadis al-mu’tabarah
·      Menyimak dan mengamati kitab-kitab yang termasuk kategori al-mu’tabarah dari waktu ke waktu
·      Menyimak penjelasan  tentang perbandingan antara shahih Bukhari dan shahih Muslim

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang kenapa kitab yang mu’tabarah hanya 9 kitab
·      Mengajukan pertanyaan mengenai apa standar mu’tabarah

Explore
·       Secara berkelompok mencari kelebihan satu kitab dengan kitab lainnya dengan berdasarkan pada sejarah penulisnya
·      Diskusi tentang perbandingan antara kitab hadis yang satu dengan yang lainnya
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang kitab hadis al-mu’tabarah

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian hukum tentang kelebihan satu kitab hadis dibanding kitab lainnya
·      Menganalisis tentang perkembangan jumlah kitab hadis al-Mu’tabarah

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan sistematikan kitab hadis al-Mu’tabarah
·     Menyajikan paparan hasil pencarian kelebihan satu kitab hadis al-mu’tabarah dari kitab lainnya
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang kitab hadis al-Mu’tabarah
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang kitab hadis al-Mu’tabarah
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/cerita yang memuat tentang prilaku yang selektif dalam memanfaatkan kitab hadis yang akan dijadikan rujukan hukum
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap perilaku yang selektif dalam memanfaatkan kitab hadis yang akan dijadikan rujukan hukum

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume

Portofolio
·     Membuat paparan tentang kitab hadis al-Mu’tabarah
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi macam-macam kitab hadis al-Mu’tabarah

Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan berargumentasi tentang keunggulan kitab hadis shahih Bukhari terhadap kitab hadis lainnya.
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran



3.3. Menganalisis pengelompokkan jenis kitab hadis
4.3. Mendemons-trasikan kegunaan kitab hadis dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1.   Menjelas-kan jenis-jenis kitab hadis.
3.3.2.   Mengiden-tifikasi ciri-ciri kitab hadis sesuai jenisnya
3.3.3.   Menyim-pulkan faedah pembagian jenis-jenis kitab hadis.
4.3.1.   Menceri-takan pengelompokkan jenis kitab hadis
4.3.2. Mempresentasikan
kegunaan kitab hadis dalam kehidupan sehari-hari.
Mengidentifikasi macam-macam dan kegunaan jenis kitab hadis:
-        Al-Jami’
-        As-Sunan
-        Al-Mustadrak
-        Al-Mustakhraj
-        Al-Musnad
-        Al-Mu’jam
Mengamati
·      Mencermati pengertian macam-macam jenis kitab hadis
·      Menyimak dan mengamati contoh-contoh dari macam-macam jenis kitab hadis
·      Menyimak penjelasan  tentang fungsi dan cara menggunakan jenis kitab-kitab hadis
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang para penulis jenis kitab-kitab hadis
·      Mengajukan pertanyaan mengenai kriteria jenis kitab-kitab hadis
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari contoh-contoh jenis kitab-kitab hadis
·      Diskusi tentang perbandingan antara jenis kitab hadis yang satu dengan yang lainnya
·      Secara berpasangan tanya jawab tentang jenis kitab hadis
Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian contoh-contoh jenis kitab hadis dan fungsinya
·      Menganalisis tentang sistematika jenis kitab hadis dan fungsinya
Komunikasi
·     Mendemonstrasikan sistematika jenis kitab hadis dan fungsinya
·     Menyajikan paparan hasil pencarian contoh-contoh jenis kitab hadis dan fungsinya
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang jenis kitab dan fungsinya
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang jenis kitab hadis dan fungsinya masing-masing


Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/cerita yang memuat tentang efek dari kegunaan jenis kitab hadis
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap salah satu jenis kitab hadis

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang jenis kitab hadis dan fungsinya
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi macam-macam jenis kitab hadis dan fungsinya
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan tentang fungsi dan cara menggunakan jenis kitab hadis.
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran



3.4. Memahami cara-cara sederhana  men- takhrrj hadis
4.4.  Mempraktik-kan (takhrrj) dengan cara mencari hadis dari kitab hadis al-mu’rabarah
3.4.1. menjelas-kan pengertian takhrij.
3.4.2. Menjelas-kan cara-cara sederhana mentakhrij hadis.
3.4.3. Memban-dingkan  fung-si kitab mu’jam, musnad, dan media komputer dalam mentakhrij hadis.
4.4.1. Memprak-tikkan cara takhrij hadis.
4.4.2. Menunjuk-kan kedudukan hadis setelah dilakukan takhrij.
Memahami cara-cara sederhana mentakhrij hadis:
-        Takhrij dengan menggunakan satu lafal diantara lafal-lafal hadis (menggunakan mu’jam mufahras li alfadzi al hadis)
-        Takhrij dengan menggunakan periwayat yang paling atas (sahabat) (menggunakan kitab al-Musnad)
-        Takhrij dengan menggunakan softwere hadis (menggunakan media komputer)
Mengamati
·      Mencermati pengertian takhrij
·      Menyimak dan mengamati alat/kitab-kitab yang dibutuhkan dalam mentakhrij hadis
·      Menyimak penjelasan  tentang tujuan dan fungsi takhrij dan cara-cara mentakhrij

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang kitab apa saja yang dapat digunakan untuk mentakhrij
·      Mengajukan pertanyaan mengenai kriteria kitab hadis yang dapat digunakan mentakhrij hadis

Explore
·       Secara berkelompok mentakhrij satu hadis
·      Diskusi tentang hasil takhrij

Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap takhrij hadis yang dilakukannya
·      Menganalisis tentang hadis yang sedang ditakhrij

Komunikasi
·     Mendemonstrasikan cara mentakhrij hadis
·     Menyajikan paparan hasil takhrij
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang hasil takhrij
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang cara-cara sederhana mentakhrij hadis


Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/cerita yang memuat tentang sikap kritis terhadap kualitas hadis
·      Menuliskan hasil pengamatan hadis-hadis yang sering digunakan umat Islam dilingkungannya
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang cara sederhana dalam mentakhrij hadis
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi kitab yang dapat digunakan mentakhrij hadis
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan tentang cara sederhana dalam mentakhrij hadis serta tujuan takhrij
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran



3.5. Memahami tahammul wa adw’ al-hadif.
4.5. Mensimulasi-kan sanad berdasarkan teori tahammul wa adw’ al-hadif
3.5.1.Menjelaskan pengertian tahammul wa adw’ al-hadif.
3.5.2. Menerang-kan macam-macam tahammul wa adw’ al-hadif.
3.5.3. Mengiden-tifikasi ungkapan-ungkapan tahammul wa adw’ al-hadif.
4.5.1. Mempresentasikan contoh tahammul wa adw’ al-hadif dalam sanad hadis.
4.5.2. Mensimulasikan sanad berdasarkan teori tahammul wa adw’ al-hadif.
Memahami tahammul wa al adaa’ (cara menerima dan cara menyampaikan hadis):
-        Pengertian riwayah
-        Pengertian tahammul wa al adaa’
-        Macam-macam  tahammul wa al-adaa
o   Bi as-sima’
o   Bi al qira’ah ‘ala syeikh
o   Bi al-ijaazah
o   Bi al-munawalah
o   Bi al-mukaatabah
o   Bi al-i’lam
o   Bi al-washiyat
o   Bi al-wijadah
-        Syarat rijalu al hadis

Mengamati
·      Mencermati pengertian riwayah, tahammul wa al adaa’
·      Menyimak dan mengamati syarat-syarat rijalu al-hadis
·      Menyimak penjelasan  tentang macam-macam tahammul wa al adaa’

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang pentingnya tahammul dan adaa’
·      Mengajukan pertanyaan mengenai kekuatan/drajat tahammul yang paling tinggi dan paling rendah serta kemungkinannya bertentangan.
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok menganalisis satu sanad hadis dan mencatat jenis tahammul dan adaa’nya
·      Diskusi tentang riwayat, dan tahammul dan adaa’.
Asosiasi
·      Melakukan koreksi secara berkelompok tentang analisis satu sanad hadis dan catatan jenis tahammul dan adaa’nya.
·      Menganalisis tentang hadis syarat rijalu al hadis
Komunikasi
·     Mendemonstrasikan tahammul dan adaa’
·     Menyajikan paparan  analisis satu sanad hadis dan catatan jenis tahammul dan adaa’nya
·     Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang analisis satu sanad hadis dan catatan jenis tahammul dan adaa’nya
·     Menanggapi paparan hasil diskusi
·     Menyusun kesimpulan tentang tahammul dan adaa’ serta syarat rijalu al hadis
Tugas
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel/cerita yang memuat tentang prinsip adilnya para muhaditsin dalam hal jujur dan adil
·      Menuliskan hasil pengamatan terhadap teman yang dlabit dan adil
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§  Isi diskusi
§  Sikap yang ditunjukkan siswa
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·     Membuat paparan tentang riwayat, tahammul dan adaa’, serta syarat rijalu al hadis
·     Membuat paparan anaisis dan identifikasi tahammul dan adaa’
Tes
·     Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·     Tes lisan tentang riwayat, tahammul dan adaa’ serta syarat rijalu al hadis.
3 x 45 Menit






























·  Buku Pedoman Guru Mapel Hadis-Ilmu Hadis, MA Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Hadis-Ilmu Hadis MA, Peminatan Keagamaan Kemenag RI 2014
·  Al-Qur’an dan Terjama-hanya
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelaja-ran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelaja-ran




Komentar

Postingan Populer