SILABUS FIQIH KELAS VII MTs KURIKULUM 2013
SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
Mata Pelajaran: Fikih Islam                         Satuan Pendidikan:
Madrasah Tsanawiyah                                        Kelas/Smt
      : VII(Tujuh)/ Ganjil
Kompetensi Inti*
                   :
1.   Menghargai dan
menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.   Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
4.  
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Materi Pokok | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
1.1.     
  Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis  
1.2.     
  Menghayati ketentuan salat lima waktu  
1.3.     
  Menghayati ketentuan waktu salat lima waktu 
1.4.     
  Menghayati makna azan dan ikamah  
1.5.     
  Meyakini ketentuan salat 
  berjamaah 
1.6.     
  Meyakini pentingnya sujud sahwi 
1.7.     
  Meyakini manfaat zikir dan doa | 
1.     Observasi kegiatan  
2.      Penilaian
  diri sendiri 
3.     Penilaian antar teman 
4.     Catatan-Jurnal Guru | |||||
| 
2.1       
  Membiasakan diri bersuci dari hadas dan najis 
2.2       
  Membiasakan diri 
  salat lima waktu 
2.3       
  Membiasakan salat tepat waktu 
2.4       
  Membiasakan  azan
  dan ikamah  
2.5       
  Membiasakan diri 
  salat  berjamaah 
2.6       
  Terbiasa sujud sahwi apabila ada yang lupa dalam salat 
2.7       
  Senantiasa  berzikir
  dan doa setelah salat  | 
1.     Observasi kegiatan  
2.      Penilaian
  diri sendiri 
3.     Penilaian antar teman 
4.     Catatan-Jurnal Guru | |||||
| 
3.1. Memahami
  hadas dan najis dan tata cara menyucikan 
4.1.Mendemonstrasikan tata cara bersuci
  dari hadas dan najis | 
3.1.1  Menyebutkan pengertian najis 
3.1.2  Menunjukkan dalil tentang najis 
3.1.3  Menjelaskan macam – macam najis  
3.1.4  Membedakan macam – macam najis 
3.1.5  Menerapkan tatacara bersuci dari najis  
3.1.6  Menyebutkan pengertian hadats 
3.1.7  Menunjukkan dalil tentang hadats 
3.1.8  Menjelaskan macam – macam hadats  
3.1.9  Membedakan macam – macam hadats 
3.1.10  Menerapkan tatacara bersuci hadats  
4.1.1
  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats  
4.1.2
  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari 
  najis | 
1.  Pengertian najis dan dalilnya 
2.  Macam-macam najis dan tata cara
  bersuci 
3.  Pengertian hadats dan dalilnya 
4.  Macam-macam hadats dan tata cara
  bersuci 
5.  Alat-alat bersuci dan macam-macam air 
6.  Mendemontrasikan tatacara bersuci
  dari najis dan hadats  | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar
  macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak.  
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca
  materi tentang pengertian dan tatacara bersuci 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data tentang ketentuan hadats dan najis, serta
  tata cara bersuci  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  presentasi kelompok
  lain 
-     
  Mengidentifikasi
  ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis 
-     
  Menganalis
  hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis 
-     
  Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab
  bagi yang tidak bersih
  ketika beristinjak 
-     
  Memotivasi
  peserta didik agar
  senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu,
  mandi, tayamum, dan tata cara istinja) 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk
  bagan tentang ketentuan bersuci 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
2
  TM 
(4
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.2   Memahami
  ketentuan salat lima waktu  
4.2   Mempraktikkan
  salat lima waktu | 
3.3.1 
  mengidentifikasi pengertian salat lima waktu 
3.3.2 
  menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat lima waktu 
3.3.3 
  menjelaskan rukun salat 
3.3.4 
  menjelaskan rukun salat 
3.3.5 
  menjelaskan sunah salat 
3.3.6 
  menjelaskan yang membatalkan salat 
4.2.1.
  mendemontrasi kan
  salat lima waktu | 
1.   ketentuan
  salat lima waktu 
2.   praktek
  salat lima waktu | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar
  gerakan salat  
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang salat lima waktu 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  salat lima waktu 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat lima
  waktu  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian  
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  presentasi kelompok
  lain 
-      Membuat bagan tentang ketentuan salat lima waktu 
-     
  Mengemukakan pendapat tentang
  hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Menperagakan
  tatacara salat lima waktu 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Memaparkan bagan
  tentang ketentuan salat lima waktu 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
2
  TM 
(4
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.3   Memahami
  waktu-waktu salat lima waktu 
4.3    Menpresentasi
  kan penentuan waktu salat lima waktu | 
3.2.1 
  mengidentifikasi ketentuan waktu melaksanakan salat lima waktu 
3.2.2 
  menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat lima waktu 
3.3.3 
  menjelaskan waktu-waktu   
  yang  dilarang dalam salat | 
Ketentuan
  waktu salat lima waktu 
Waktu-waktu
  yang dilarang untuk salat 
Pengertian
  sujud sahwi dan sebab-sebabnya 
Tata
  cara sujud sahwi 
Waktu
  salat lima waktu 
Praktek
  sujud sahwi | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar
  waktu-waktu salat lima waktu  
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang waktu salat  
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  waktu-waktu salat lima waktu  
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang waktu salat lima waktu  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis tentang ketentuan waktu salat lima
  waktu 
-      Merumuskan hikmah penentuan waktu-waktu salat lima
  waktu 
-     
  Mengemukakan pendapat tentang
  hikmah dari kisah tentang sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Memaparkan
  bagan tentang waktu-waktu salat lima waktu 
-     
  Mensimulasikan
  tatacara penentuan waktu salat lima waktu 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
·        | 
2
  TM 
(4
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.4 Memahami ketentuan azan dan ikamah 
4.4 Mempraktikkan azan dan ikamah | 
3.4.1 
  Menyebutkan pengertian azan dan ikamah  
3.4.2 
  Menunjukkan hukum azan dan ikamah  
3.4.3 
  Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah 
4.4.1 Mendemontrasikan tata
  cara azan ikamah | 
1.  
  Pengertian dan hukum azan dan ikamah  
2.  
  Ketentuan azan dan ikamah 
3.  
  Praktek azan dan ikamah | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar orang
  azan dengan adabnya 
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang pengertian azan ikamah  
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  azan ikamah  
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang azan ikamah 
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis adab muadzin 
-      Merumuskan syarat-syarat muadzin 
-     
  Menyimpulkan hikmah dari kisah
  dahsyatnya Azan 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika adzan masuk setelah menyimak
  kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara azan  ikamah  
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah  
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
1
  TM 
(2
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.5 Menganalisis ketentuan salat  berjamaah 
4.5 Mendemonstrasikan
  tata cara salat berjamaah | 
3.5.1 
  Menyebutkan pengertian salat berjamaah 
3.5.2 
  Menunjukkan dalil salat berjamaah 
3.5.3 
  Menunjukkan manfaat salat berjamaah 
3.5.4 
  Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam  
3.5.5   Menjelaskan tata cara membuat saf 
3.5.6  Menjelaskan ketentuan makmum masbuk 
3.5.7 
  Menjelaskan ketentuan imam yang lupa 
4.5.1 
  Mempraktekkan tata cara salat berjamaah | 
1.  
  Pengertian dan dalil salat berjamaah 
2.  
  Manfaat salat berjamaah 
3.  
  Tatacara salat berjamaah 
4.  
  Praktek salat berjamaah  | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar shaf
  salat berjama’ah dan orang yang masbuk 
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang pengertian dan ketentuan
  salat berjamaah  
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  salat berjamaah   
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat
  berjamaah  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis ketentuan salat berjamaah 
-      Merumuskan manfaat salat berjamaah dan udzur meninggalkannya 
-     
  Menyimpulkan hikmah dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara salat berjamaah 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat berjamaah 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
2
  TM 
(4
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.6   Memahami
  ketentuan sujud sahwi 
4.6   Memperagakan
  sujud sahwi | 
3.6.1 
  mengidentifikasi pengertian sujud sahwi 
3.6.2  menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi 
3.6.3
  menunjukkan tata cara sujud sahwi 
4.6.1 
  memperagakan  sujud sahwi | 
Pengertian
  sujud sahwi dan sebab-sebabnya 
Tata
  cara sujud sahwi 
Waktu
  salat lima waktu 
Praktek
  sujud sahwi | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar
  orang sujud sahwi 
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang sujud sahwi 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang
  sujud sahwi  
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang ketentuan sujud sahwi 
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis tentang ketentuan sujud sahwi 
-      Merumuskan hikmah disyariatkannya sujud sahwi 
Mengkomunikasikan 
-     
  Memaparkan
  bagan tentang ketentuan sujud sahwi 
-     
  Mensimulasikan
  tatacara sujud sahwi. 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
1
  TM 
(2
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.7. Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 
4.7 Mendemonstrasi kan zikir setelah
  salat | 
3.7.1 
  Menyebutkan pengertian zikir  
3.7.2 
  Menunjukkan dalil tentang zikir  
3.7.3 
  Menyebutkan pengertian doa 
3.7.4 
  Menunjukkan dalil tentang doa 
3.7.5 
  Menjelaskan manfaat zikir dan doa 
3.7.6  Menjelaskan tata cara zikir dan doa  
4.7.1 
  Memperagakan zikir  setelah
  salat  
4.7.2 
  Melafalkan doa setelah  shalat | 
1.  
  Pengertian dan dalil zikir dan doa 
2.  
  Manfaat berzikir dan berdoa 
3.  
  Adab berdoa dan berzikir 
4.  
  Praktek berdoa dan berzikir sesudah
  salat | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar adab
  berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah salat  
-       
  Menyimak hasil pengamatan
  gambarnya 
-       
  Membaca materi tentang pengertian doa dan zikir,
  manfaat dan adab berdoa dan berzikir sesudah salat 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan.  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang doa
  dan zikir sesudah salat  
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang zikir dan doa sesudah
  salat 
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis tata cara berzikir dan berdoa 
-      Merumuskan manfaat berzikir dan berdoa 
-     
  Merumuskan hikmah dari kisah Unta
  Menjadi Saksi Bagi Orang Yang Difitnah 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Memaparkan
  bagan tentang ketentuan berzikir dan berdoa sesudah salat 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara berzikir dan berdoa sesudah salat 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
2
  TM 
(4
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
SILABUS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran: Fikih Islam                         Satuan Pendidikan:
Madrasah Tsanawiyah                                        Kelas/Smt
      : VII(Tujuh)/ Genap
Kompetensi Inti*
                   :
1.   Menghargai dan
menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.   Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
3.  
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
4.  
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
Materi Pokok | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
1.1       
  Meyakini
  kewajiban melaksanakan salat  Jum’at 
1.2       
  Menerima ketentuan salat Jamak dan Qasar  
1.3       
  Meyakini
  kewajiban salat dalam berbagai keadaan 
1.4       
  Menghayati
  hikmah dari salat  sunah  | 
1.     Observasi kegiatan  
2.      Penilaian
  diri sendiri 
3.     Penilaian antar teman 
4.     Catatan-Jurnal Guru | |||||
| 
2.1     Membiasakan  melaksanakan  salat  Jum’at 
2.2     Membiaskana  salat Jamak dan Qasar  
2.3       
  Terbiasa  melaksanakan
  salat  wajib dalam berbagai kedaan  
2.4       
  Terbiasa  melakukan salat sunah | 
1.     Observasi kegiatan  
2.      Penilaian diri
  sendiri 
3.     Penilaian antar teman 
4.     Catatan-Jurnal Guru | |||||
| 
3.1. Memahami ketentuan salat Jum’at 
4.1. Mempraktikkan salat  Jum’at | 
3.1.1 
  Menyebutkan pengertian salat Jum’at 
3.1.2 
  Menunjukkan dasar hukum salat Jum’at 
3.1.3 
  Menjelaskan perbuatan sunah yang terkait dengan salat Jum’at 
3.1.4 
  Menjelaskan syarat mendirikan salat Jum’at. 
3.1.5 
  Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung  
3.1.6 
  Menjelaskan  rukun khutbah
  Jum’at 
3.1.7 
  Menjelaskan syarat khutbah Jum’at 
4.1.1 
  Memperagakan khutbah Jum’at 
4.1.2 
  Mendemonstrasi kan tata cara salat Jum’at | 
1.   Pengertian salat Jum’at  
2.   Dasar hukum salat Jum’at 
3.   Sunah pelaksanaan salat Jum’at 
4.   Syarat salat Jum’at 
5.   Khutbah salat Jum’at 
6.   Tata cara khutbah dan salat Jum’at | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar pelaksanaan
  salat Jum’at dan khatib berkhutbah
   
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca
  materi tentang pengertian dan tatacara salat dan khutbah Jum’at 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dan khutbah Jum’at 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat Jum’at  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-     
  Menbuat
  analisis ketentuan salat Jum’at 
-     
  Merumuskan
  hikmah disyariatkannya salat Jum’at  
-     
  Merumuskan hikmah dari kisah “Khutbah
  Abu Nawas” 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  senantiasa melaksanakan salat Jum’at dengan benar setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara salat dan khutbah Jum’at 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
  bagan tentang ketentuan salat dan khutbah Jum’at 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
4
  TM 
(8
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.2 
  Memahami ketentuan
  salat Jamak dan Qasar 
4.2.
  Mempraktekan salat Jamak dan Qasar | 
3.2.1   Menjelaskan
  pengertian salat jamak 
3.2.2   Menyebutkan
  macam-macam salat jamak 
3.2.3  
  Mengidentifikasi syarat salat jamak             
3.2.4   Menjelaskan
  tata cara salat jamak 
3.2.5   Menjelaskan
  pengertian salat qasar 
3.2.6   Mengidentifikasi
  syarat-syarat salat qasar 
3.2.7  Membedakan
  salat jamak dengan salat qasar 
4.2.1 
  Mendemonstrasi kan tata cara salat jamak  
4.2.2 
  Mendemonstrasi kan tata cara salat qasar | 
1.   Pengertian salat jamak 
2.   Macam-macam dan syarat salat jamak 
3.   Tata cara salat jamak 
4.   Pengertian salat qasar 
5.   Syarat-syarat salat qasar 
6.   Perbedaan salat jamak dengan salat
  qasar 
7.   Praktek salat jamak dan salat qasar | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar musafir
  salat jamak dan salat qasar
   
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca
  materi tentang pengertian dan tatacara salat jamak dan qasar 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat jamak dan qasar 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang salat jamak dan salat
  qasar  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-      Membuat bagan tentang ketentuan salat jamak dan
  salat qasar 
-     
  Merumuskan
  manfaat salat jamak dan salat qasar 
-     
  Menyimpulkan hikmah dari kisah
  yang terkait dengan salat jamak dan qasar 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  menghayati akan pentingnya salat setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  tatacara salat jamak dan qasar 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
  bagan tentang ketentuan salat jamak dan qasar 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
3
  TM 
(6
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.3 
  Memahami
  kaifiat salat  dalam berbagai keadaan 
4.3.
  Memperagakan salat  dalam keadaan sakit | 
3.3.1  Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan
  darurat 
3.3.2  Menjelaskan tata cara salat dalam
  keadaan sakit  
3.3.3  Menjelaskan tata cara salat dalam
  kendaraan 
4.3.1  Mendemonstrasi kan cara
  salat  dalam keadaan sakit  
4.3.2  Mendemonstrasi kan cara salat diatas kendaraan | 
1.  
  Salat dalam
  keadaan darurat  
2.  
  Tata cara salat
  dalam keadaan sakit dan salat dalam kendaraan  
3.  
  Praktek
  salat  dalam keadaan sakit  dan salat diatas kendaraan | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar orang
  sakit salat dalam keadaan berbaring, duduk, dalam kendaraan  
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca
  materi tentang pengertian dan tatacara salat dalam keadaan darurat 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dalam keadaan
  darurat 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat dalam
  keadaan sakit dan dalam kendaraan  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa
  presentasi hasil
  kelompok lain 
-      Membuat analisis tentang tata cara salat dalam
  keadaan darurat 
-     
  Merumuskan hikmah dari kisah
  yang terkait dengan salat dalam keadaan darurat 
-     
  Memotivasi peserta didik senantiasa
  menjaga pelaksanaan salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Mendemonstrasikan
  salat dalam keadaan darurat (keadaaan sakit dan di
  atas kendaraan) 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dalam keadaan darurat 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
3
  TM 
(6
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
| 
3.4 
  Memahami
  salat  sunah muakkad dan  salat  sunah gairu muakkad 
4.4. Memsimulasikan salat  sunah muakkad dan salat  sunah gairu muakkad | 
3.4.1  Menjelaskan pengertian salat sunah muakkad
   
3.4.2  Menunjukkan
  dasar hukum salat
  sunah  
3.4.3 
  Menjelaskan hikmah disyariatkannya salat sunah 
3.4.4  Menjelaskan jenis salat muakkad sunah  
3.4.5  Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad 
4.4.1  Mempraktikkan
  tata cara salat sunah muakkad  | 
1.   Pengertian salat sunah  
2.  
  Dalil dan
  hikmah salat sunah  
3.   Macam-macam salat sunah  
4.  
  Tata cara salat sunnah  | 
Mengamati 
-       
  Mengamati gambar
  orang salat dhuha, salat tarawih dan salat rawatib  
-       
  Menyimak hasil pengamatan gambarnya 
-       
  Membaca
  materi tentang pengertian dan tatacara salat
  sunah muakkad dan salat
  sunah ghairu
  muakkad 
Menanya 
-    Memotivasi  untuk mengajukan pertanyaan  
-    Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat sunah muakkad dan salat sunah
  ghairu muakkad 
Eksperimen/explore 
-   
  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
  pertanyaan peserta didik 
-   
  Mencari data dan informasi tentang salat sunah muakad dan
  sunah ghairu muakkad  
-   
  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian 
Mengasosiakan 
-      Menilai
  dan menganalisa hasil
  kelompok lain 
-     
  Membuat
  analisis tentang macam-macam salat sunah muakkad dan ghairu muakkad 
-     
  Menyimpulkan
  perbedaan antara salat sunah muakkad dengan ghairu muakkad 
-     
  Merumuskan
  hikmah disyariatkannya salat Dhuha dari kisah Salat
  Sunah Dhuha Mempermudah Datangnya Rezeki 
-     
  Memotivasi peserta didik agar
  konsisten melaksanakan salat sunah setelah menyimak kisah tersebut 
Mengkomunikasikan 
-     
  Menyajikan
  paparan bagan tentang ketentuan salat
  sunah muakkad dan salat
  sunah ghairu
  muakkad  
-     
  Mendemonstrasikan
  salat sunah muakkad
  dan salat sunah ghairu muakkad 
-     
  Melaksanakan
  tanya jawab 
-     
  Merefleksi
  terhadap
  pembelajaran yang telah dilaksanakan. | 
Tugas  
·      Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar 
Observasi 
·     
  Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
  lembar observasi yang memuat: 
§ 
  Kejelasan dan kedalaman informasi
  yg diperoleh 
§ 
  Keaktifan dalam diskusi 
§ 
  Kejelasan dan kerapian presentasi/resume 
Portofolio 
·     Membuat paparan tentang materi ajar beserta
  contoh-contoh dilapangan  
Tes 
·     Tes
  tulis 
·     Lisan | 
3
  TM 
(6
  x 40) | 
· 
  Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. 
· 
  Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa 
· 
  Buku
  rujukan yang sesuai dengan materi ajar 
· 
  Gambar  peta konsep sesuai materi   
·  Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
  penyampaian materi ajaar 
·  Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran 
·  Lembar observasi dan Lembar penilaian | 
Bandung, 17 Juni 2014, 
Tim Penyusun Silabus

Komentar
Posting Komentar