SILABUS FIQIH KELAS 4 MI KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN      : MADRASAH  IBTIDAIYAH        
MATA PELAJARAN            : FIKIH                                  
KELAS                                   : IV (EMPAT)
SEMESTER                           : 1 (GANJIL)

KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini kebenaran  perintah  zakat fitrah


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
1.2     Meyakini kebenaran infak


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
1.3     Meyakini kebenaran  sedekah

-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.1     Menjalankan ketentuan zakat fitrah
-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.2    Mengamalkan ketentuan infak
-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.3    Mengamalkan ketentuan sedekah


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
3.1     Memahami ketentuan zakat fitrah
4.1    Mensimulasikan tata cara zakat fitrah

















3.1.1.     Menjelaskan pengertian zakat fitrah
3.1.2.     Menunjukkan dalil kewajiban zakat fitrah
3.1.3.     Menunjukkan waktu membayar zakat fitrah
3.1.4.     Menjelaskan orang yang wajib membayar zakat fitrah
3.1.5.     Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah
3.1.6.     Menjelaskan hikmah zakat fitrah
4.1.1       Mensimulasikan kan tata cara zakat fitrah
Zakat Fitrah   

Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa.
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Menanya
·       Menanyakan ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara ketentuan dan tata cara zakat fitrah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·        Mensimulasikan kan tata cara zakat fitrah

Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·    Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·    Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah

Kinerja
·   Mensimulasikan kan tata cara zakat fitrah

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung










3.2     Memahami ketentuan  infak
4.2  Mensimulasikan tata cara infak

3.2.1 Menjelaskan pengertian infak
3.2.2 Menunjukkan dalil
perintah  infak
3.2.3 Menjelaskan orang
yang diperintah  berinfak
3.2.4 Menjelaskan
yang berhak menerima  infak
3.2.5 Menjelaskan ketentuan  infak
3.2.5 Mendeskripsikan keutamaan berinfak
4.2.1 Mensimulasikan tata cara infak

Infak
Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak

Menanya
·       Menanyakan ketentuan dan tata cara infak
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan tata cara infak
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara infak

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara ketentuan dan tata cara infak dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan tata cara infak

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak
·        Mensimulasikan tata cara infak



Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara infak
·    Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara infak
·    Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara infak
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas


Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan dan tata cara infak

Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak

Kinerja
· Mensimulasikan kan tata cara infak
4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3     Memahami ketentuan sedekah
4.3  Mensimulasikan tata cara  sedekah
3.3.1 Menjelaskan pengertian sedekah
3.2.2 Menunjukkan dalil
perintah  sedekah
3.2.3 Menjelaskan orang
yang diperintah  bersedekah
3.2.4 Menjelaskan
yang berhak menerima  sedekah
3.3.5 Menjelaskan ketentuan sedekah
3.3.6 Mendeskripsikan keutamaan bersedekah
4.3.1. Mensimulasikan tata cara sedekah
Sedekah
Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara sedekah

Menanya
·       Menanyakan beberapa ketentuan dan tata cara sedekah
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara sedekah

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan tata cara sedekah
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara sedekah

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara ketentuan dan tata cara sedekah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan tata cara sedekah

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, ketentuan dan tata cara sedekah
·      Mensimulasikan tata cara sedekah
Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara sedekah
·    Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara sedekah
·    Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara sedekah
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Observasi
·  Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
·  Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan dan tata cara sedekah

Tes Tulis/Lisan
·  Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara sedekah

Kinerja
·  Mensimulasikan kan tata cara sedekah
4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung






SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN      : MADRASAH  IBTIDAIYAH        
MATA PELAJARAN            : FIKIH                                  
KELAS                                   : IV (EMPAT)
SEMESTER                           : 2 (GENAP)

KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini salat Idain sebagai perintah Allah


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
1.2     Meyakini salat Jum’at sebagai perintah Allah


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
1.3     Menerima ketentuan puasa sunah


-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.1     Membiasakan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam salat Idain
-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.2    Membiasakan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam salat Jum’at

-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
2.3    Terbiasa melaksanakan puasa sunah
-
-
-
Non Tes
·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian antar siswa
-
-
3.1     Memahami ketentuan salat Idain
4.1    Mensimulasikan tata cara salat Idain















3.1.1.     Menjelaskan pengertian salat Idain
3.1.2.     Menunjukkan dalil salat Idain
3.1.3.     Menunjukkan waktu salat Idain
3.1.4.     Menyebutkan jumlah rakaat salat Idain
3.1.5.     Menerangkan hikmah salat Idain
4.1.1       Mensimulasikan tata cara salat Idain
Salat Idain

Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa.
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Idain

Menanya
·       Menanyakan beberapa ketentuan dan tata cara salat Idain
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Idain


Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Idain
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara salat Idain

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara ketentuan dan tata cara salat Idain dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Idain

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Idain
·       Mensimulasikan tata cara salat Idain

Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara salat Idain
·    Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara salat Idain
·    Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara salat Idain
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan dan tata cara salat Idain

Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Idain

Kinerja
· Mensimulasikan tata cara salat Idain

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung











3.2     Memahami ketentuan salat Jum’at
4.2  Mensimulasikan tata cara salat Jum’at
3.2.1 Menjelaskan pengertian  salat Jum’at
3.1.2. Menunjukkan dalil salat Jum’at
3.1.3. Menunjukkan waktu salat Jum’at
3.1.4. Menyebutkan jumlah rakaat salat Jum’at
3.1.5. Menjelaskan orang yang wajib melaksanakan salat Jum’at
3.2.6 Menjelaskan ketentuan salat Jum’at
3.2.4 Mendeskripsikan hikmah salat Jum’at
4.2.1 Mensimulasikan tata cara salat Jum’at

Salat Jum’at
Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa.
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Jum’at

Menanya
·       Menanyakan beberapa ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Jum’at

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan dan tata cara salat Jum’at

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara ketentuan dan tata cara salat Jum’at dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Jum’at

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Jum’at
· Mensimulasikan tata cara salat Jum’at

Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·    Diskusi kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·    Membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan dan tata cara salat Jum’at

Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat Jum’at
Kinerja
· Mensimulasikan tata cara salat Jum’at

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3     Memahami ketentuan puasa sunah
4.3. Menceritakan pengalaman puasa sunah
3.3.1 Menjelaskan pengertian puasa sunah
3.3.2 Menyebutkan macam-macam puasa sunah
3.1.3. Menunjukkan dalil puasa sunah 
3.3.4 Mendeskripsikan ketentuan puasa sunah
3.3.5 Menerangkan hikmah puasa sunah
4.3.1 Menceritakan pengalaman puasa sunah

Puasa Sunah
Mengamati
·    Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku siswa.
·    Mendengar uraian guru tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah

Menanya
·       Menanyakan beberapa macam dan ketentuan puasa sunah
·       Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sekelas
·       Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah

Mengeksplorasi
·     Menentukan sumber informasi berkaitan dengan pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk buku penunjang tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan  antara macam-macam dan ketentuan puasa sunah  dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·       Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam-macam dan ketentuan puasa sunah

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·        Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan  tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·        Menceritakan pengalaman puasa sunah
Tugas:
·    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·  Diskusi kelompok membahas tentang macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·  Membuat laporan hasil diskusi kelompok tentang macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·  Mempresentasikan laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas

Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.

Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang macam-macam dan ketentuan puasa sunah

Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
Kinerja
· Menceritakan pengalaman puasa sunah
4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung



Komentar

Postingan Populer