SILABUS FIQIH KELAS 4 MI KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MADRASAH IBTIDAIYAH
MATA PELAJARAN :
FIKIH
KELAS : IV (EMPAT)
SEMESTER
: 1 (GANJIL)
KOMPETENSI INTI :
KI
1
|
:
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini kebenaran perintah
zakat fitrah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
1.2 Meyakini kebenaran infak
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
1.3 Meyakini kebenaran sedekah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.1
Menjalankan ketentuan zakat fitrah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.2
Mengamalkan ketentuan infak
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.3
Mengamalkan ketentuan sedekah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
3.1 Memahami
ketentuan zakat fitrah
4.1 Mensimulasikan
tata cara zakat fitrah
|
3.1.1. Menjelaskan
pengertian zakat fitrah
3.1.2. Menunjukkan
dalil kewajiban zakat fitrah
3.1.3. Menunjukkan
waktu membayar zakat fitrah
3.1.4. Menjelaskan
orang yang wajib membayar zakat fitrah
3.1.5. Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat fitrah
3.1.6. Menjelaskan
hikmah zakat fitrah
4.1.1 Mensimulasikan kan tata cara zakat fitrah
|
Zakat
Fitrah
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa.
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara zakat fitrah
Menanya
·
Menanyakan ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrah
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara zakat fitrah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrah
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pengertian, ketentuan dan tata cara zakat
fitrah
·
Mensimulasikan
kan tata cara zakat
fitrah
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara zakat
fitrah
·
Diskusi
kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara zakat
fitrah
·
Membuat
laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
· Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
Tes Tulis/Lisan
· Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara zakat fitrah
Kinerja
·
Mensimulasikan
kan tata cara zakat
fitrah
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
3.2 Memahami
ketentuan infak
4.2 Mensimulasikan tata cara infak
|
3.2.1 Menjelaskan pengertian infak
3.2.2 Menunjukkan dalil
perintah infak
3.2.3 Menjelaskan orang
yang diperintah berinfak
3.2.4 Menjelaskan
yang berhak menerima infak
3.2.5 Menjelaskan ketentuan infak
3.2.5 Mendeskripsikan keutamaan
berinfak
4.2.1 Mensimulasikan
tata cara
infak
|
Infak
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara infak
Menanya
·
Menanyakan ketentuan
dan tata cara infak
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara infak
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan ketentuan dan tata cara infak
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan
dan tata cara infak
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara infak dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan ketentuan dan tata cara infak
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pengertian, ketentuan dan tata cara infak
·
Mensimulasikan
tata cara
infak
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara infak
·
Diskusi
kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara infak
·
Membuat
laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan
dan tata cara infak
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
·
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan
dan tata cara infak
Tes Tulis/Lisan
· Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara infak
Kinerja
· Mensimulasikan kan tata cara infak
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
3.3 Memahami
ketentuan sedekah
4.3 Mensimulasikan tata cara sedekah
|
3.3.1 Menjelaskan pengertian sedekah
3.2.2 Menunjukkan dalil
perintah sedekah
3.2.3 Menjelaskan orang
yang diperintah bersedekah
3.2.4 Menjelaskan
yang berhak menerima sedekah
3.3.5 Menjelaskan ketentuan sedekah
3.3.6 Mendeskripsikan keutamaan bersedekah
4.3.1. Mensimulasikan tata
cara sedekah
|
Sedekah
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara sedekah
Menanya
·
Menanyakan beberapa ketentuan
dan tata cara sedekah
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara sedekah
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan ketentuan dan tata cara sedekah
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan
dan tata cara sedekah
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara sedekah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan ketentuan dan tata cara sedekah
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan kesimpulan
berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pengertian, ketentuan dan tata cara sedekah
·
Mensimulasikan tata cara sedekah
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara sedekah
·
Diskusi
kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara sedekah
·
Membuat
laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan
dan tata cara sedekah
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
·
Menilai hasil pekerjaan individu
maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan
dan tata cara sedekah
Tes Tulis/Lisan
· Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara sedekah
Kinerja
· Mensimulasikan kan tata cara sedekah
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MADRASAH IBTIDAIYAH
MATA PELAJARAN :
FIKIH
KELAS : IV (EMPAT)
SEMESTER
: 2 (GENAP)
KOMPETENSI INTI :
KI
1
|
:
|
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini
salat Idain sebagai perintah Allah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
1.2 Meyakini salat Jum’at sebagai perintah Allah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
1.3 Menerima ketentuan puasa sunah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.1
Membiasakan
penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam salat Idain
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.2
Membiasakan
penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam salat Jum’at
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
2.3
Terbiasa
melaksanakan puasa sunah
|
-
|
-
|
-
|
Non Tes
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian antar siswa
|
-
|
-
|
3.1 Memahami ketentuan
salat Idain
4.1 Mensimulasikan
tata cara salat Idain
|
3.1.1. Menjelaskan
pengertian salat Idain
3.1.2. Menunjukkan
dalil salat Idain
3.1.3. Menunjukkan
waktu salat Idain
3.1.4. Menyebutkan
jumlah rakaat salat Idain
3.1.5. Menerangkan
hikmah salat Idain
4.1.1 Mensimulasikan tata cara salat Idain
|
Salat Idain
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa.
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara salat Idain
Menanya
·
Menanyakan beberapa ketentuan
dan tata cara salat Idain
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara salat Idain
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan ketentuan dan tata cara salat Idain
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan
dan tata cara salat Idain
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara salat Idain dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Idain
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat
Idain
·
Mensimulasikan
tata cara salat Idain
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara salat
Idain
·
Diskusi
kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara salat
Idain
·
Membuat
laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan
dan tata cara salat Idain
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun
kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan
dan tata cara salat Idain
Tes Tulis/Lisan
·
Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara salat Idain
Kinerja
· Mensimulasikan tata cara salat Idain
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
3.2 Memahami ketentuan
salat Jum’at
4.2 Mensimulasikan tata cara salat Jum’at
|
3.2.1
Menjelaskan pengertian salat Jum’at
3.1.2. Menunjukkan
dalil salat Jum’at
3.1.3. Menunjukkan
waktu salat Jum’at
3.1.4. Menyebutkan
jumlah rakaat salat Jum’at
3.1.5. Menjelaskan orang yang wajib melaksanakan salat Jum’at
3.2.6
Menjelaskan ketentuan salat Jum’at
3.2.4
Mendeskripsikan hikmah salat Jum’at
4.2.1
Mensimulasikan tata cara salat
Jum’at
|
Salat Jum’at
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa.
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
ketentuan dan tata cara salat Jum’at
Menanya
·
Menanyakan beberapa ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan
yang diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan ketentuan dan tata cara salat Jum’at
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar tentang ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara ketentuan
dan tata cara salat Jum’at dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan ketentuan dan tata cara salat Jum’at
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil
temuan tentang pengertian, ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
· Mensimulasikan tata cara salat Jum’at
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang ketentuan dan tata cara salat
Jum’at
·
Diskusi
kelompok membahas tentang ketentuan dan tata cara salat
Jum’at
·
Membuat
laporan hasil pengamatan dan wawancara tentang ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran didalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
Portofolio,
· Menilai hasil pekerjaan individu maupun
kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang ketentuan
dan tata cara salat Jum’at
Tes Tulis/Lisan
· Menilai proses dan hasil belajar secara
individu tentang pengertian, ketentuan dan tata cara salat
Jum’at
Kinerja
· Mensimulasikan tata cara salat Jum’at
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
3.3
Memahami ketentuan puasa sunah
4.3. Menceritakan pengalaman puasa
sunah
|
3.3.1
Menjelaskan pengertian puasa sunah
3.3.2
Menyebutkan macam-macam puasa sunah
3.1.3. Menunjukkan
dalil puasa sunah
3.3.4
Mendeskripsikan ketentuan puasa sunah
3.3.5
Menerangkan hikmah puasa sunah
4.3.1
Menceritakan pengalaman puasa sunah
|
Puasa Sunah
|
Mengamati
·
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa.
·
Mendengar uraian guru tentang pengertian,
macam-macam dan ketentuan puasa sunah
Menanya
·
Menanyakan beberapa macam dan
ketentuan puasa sunah
·
Memberi tanggapan atas pertanyaan yang
diajukan guru atau teman sekelas
·
Mengungkapkan pendapat atau komentar
atas penjelasan guru tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa
sunah
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi berkaitan
dengan pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk buku penunjang tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan
puasa sunah
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara macam-macam dan ketentuan puasa
sunah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan macam-macam dan ketentuan puasa sunah
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
·
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan
tentang pengertian, macam-macam dan ketentuan puasa sunah
·
Menceritakan
pengalaman puasa sunah
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pengertian, macam-macam dan
ketentuan puasa sunah
· Diskusi
kelompok membahas tentang macam-macam dan ketentuan puasa sunah
· Membuat
laporan hasil diskusi kelompok tentang macam-macam dan ketentuan puasa
sunah
· Mempresentasikan
laporan hasil diskusi kelompok di depan kelas
Observasi
· Menilai
keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas atau saat
mengerjakan tugas.
Portofolio,
· Menilai
hasil pekerjaan individu maupun kelompok dari tugas diskusi kelompok tentang
macam-macam dan ketentuan puasa sunah
Tes Tulis/Lisan
· Menilai
proses dan hasil belajar secara individu tentang pengertian, macam-macam dan
ketentuan puasa sunah
Kinerja
· Menceritakan pengalaman puasa sunah
|
4 TM
(8 x 35)
|
· Buku
Pedoman Guru Mapel Fikih MI
· Buku
Pegangan Siswa Mapel Fikih MI
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung
|
Komentar
Posting Komentar