SILABUS BAHASA ARAB PEMINATAN X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS BAHASA ARAB
(Peminatan Keagamaan)



Satuan Pendidkan       : MA
Kelas                           : X (Sepuluh)
Semester                     : I (Ganjil)

Kompetensi Inti          :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Komptensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.Menyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.



Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman



Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman



Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.3.Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional



Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun tertulis

4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
·  Mengidentifiaksi bunyi huruf hijaiyyah
·  Mengidentifikasi bunyi kata
·  Mengidentifikasi bunyi frase
·  Mengidentifikasi bunyi kalimat
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

Struktur Kalimat

Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik, Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas sesuai tema/topik.


Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan






12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

3.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
·  Mengidentifiaksi bunyi huruf hijaiyyah
·  Mengidentifikasi bunyi kata
·  Mengidentifikasi bunyi frase
·  Mengidentifikasi bunyi kalimat
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

Struktur Kalimat

Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik, Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas sesuai tema/topik.


Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
3.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

4.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan







12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

3.3. Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun tertulis


Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik, Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas sesuai tema/topik.

Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
Internet
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
yang sesuai dengan konteks penggunaannya


Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik, Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan muannas sesuai tema/topik.

Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.   Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.   Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

4.4. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya.







Jakarta, 14 Juli 2014
                                    Mengetahui                                                                                                     Guru Mata Pelajaran,
                                    Kepala MA


                                    ..............                                                                                                          ............
                                    NIP.                                                                                                                 NIP.



SILABUS BAHASA ARAB
(Peminatan Keagamaan)



Satuan Pendidkan       : MA
Kelas                           : X (Sepuluh)
Semester                     : II (Genap)

Kompetensi Inti          :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Komptensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.2.Menyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.



Pengamatan


2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman



Pengamatan


2.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman



Pengamatan


2.3.Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional



Pengamatan


3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun tertulis

4.1 Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
·  Mengidentifiaksi bunyi huruf hijaiyyah
·  Mengidentifikasi bunyi kata
·  Mengidentifikasi bunyi frase
·  Mengidentifikasi bunyi kalimat
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

Struktur Kalimat

Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan muannas sesuai tema/topik.


Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
4.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
5.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
6.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
4.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
5.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
6.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
5.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

6.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan






12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

3.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
·  Mengidentifiaksi bunyi huruf hijaiyyah
·  Mengidentifikasi bunyi kata
·  Mengidentifikasi bunyi frase
·  Mengidentifikasi bunyi kalimat
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

Struktur Kalimat

Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan muannas sesuai tema/topik.


Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.   Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan






12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

3.3. Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun tertulis


Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan muannas sesuai tema/topik.

Tugas :
·   Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·   Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.     Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
Internet
4.3. Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
3.4. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
yang sesuai dengan konteks penggunaannya


Mengamati :
·     Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·     Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·     Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·     Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
·     Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
·     Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Menanya:
·     Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·     Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·     Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.
·     Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·     Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.
·     Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
·     Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
·     Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·    Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
·     Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.
·     Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dengan pelafalan benar.
·     Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
·     Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai dengan kaidah.
·    Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dalam kalimat.
·    Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun internet.

Mengasosiasikan:
·     Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·     Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
·     Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab
·     Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.
·     Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

Mengkomunikasikan:
·     Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
·     Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·     Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
·     Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
·     Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.
·     Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.
·     Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
·     Menyusun karangan sederhana tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan muannas sesuai tema/topik.

Tugas :
·        Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas
·        Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf  jar, dan Isim muzakkar dan muannas

· Pengamatan:
1.     Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.   Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.   Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
1.   Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.   kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.
3.   kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

·     Tes:
1.     Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

2.     Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

12 JP
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X   (PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet

4.4. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya.







Jakarta, 14 Juli 2014
                                    Mengetahui                                                                                                     Guru Mata Pelajaran,
                                    Kepala MA


                                    ..............                                                                                                          ............
                                    NIP.                                                                                                                 NIP.

Komentar

Postingan Populer