SILABUS BAHASA ARAB PEMINATAN X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS BAHASA ARAB
(Peminatan Keagamaan)
Satuan Pendidkan : MA
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Komptensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.Menyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
2.1.Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
2.2.Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
2.3.Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun
tertulis
4.1 Melakukan dialog
sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
· Mengidentifiaksi bunyi
huruf hijaiyyah
· Mengidentifikasi bunyi kata
· Mengidentifikasi bunyi
frase
· Mengidentifikasi bunyi
kalimat
|
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
Wacana
yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai
tema/topik.
Struktur Kalimat
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung
isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik,
Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat
muzakkar dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim
isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan
muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
· Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas
dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan
isim muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
3.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
4.2. Menyampaikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
· Mengidentifiaksi bunyi
huruf hijaiyyah
· Mengidentifikasi bunyi kata
· Mengidentifikasi bunyi
frase
· Mengidentifikasi bunyi
kalimat
|
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif
sesuai tema/topik.
Struktur Kalimat
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung
isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik,
Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat
muzakkar dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim
isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan
muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
· Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas
dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan
isim muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan
Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
3.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam
memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai
tema/topic
4.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
3.3. Menemukan makna atau
gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في
الطريق
baik secara lisan maupun
tertulis
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung
isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik,
Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat
muzakkar dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim
isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan
muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
· Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas
dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan
isim muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
Internet
|
||
4.3. Memproduksi teks lisan
dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan
fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في
الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan
konteks
|
||||||
3.4. Memahami secara
sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait
topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung
isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas.
dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Fiil Madi, Mudorik,
Fa’il dan isim muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Fiil Madi, Mudorik, Fa’il, Isim sifat
muzakkar dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang dhamir, isim
isyarah, isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan
muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan
dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas/ sesuai dengan kaidah.
· Menentukan isim mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar dan muannas
dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas.
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang isim mufrad, mutsanna, jamak, dan
isim muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang isim mufrad,
mutsanna, jamak, dan isim muzakkar dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
||
4.4. Menyusun teks lisan
dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya.
|
Jakarta, 14 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MA
.............. ............
NIP. NIP.
SILABUS BAHASA ARAB
(Peminatan Keagamaan)
Satuan Pendidkan : MA
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : II (Genap)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Komptensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.2.Menyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
Pengamatan
|
|||||
2.1.Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman
|
Pengamatan
|
|||||
2.2.Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
Pengamatan
|
|||||
2.3.Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
|
Pengamatan
|
|||||
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa
Arab yang berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
baik secara lisan maupun
tertulis
4.1 Melakukan dialog
sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
· Mengidentifiaksi bunyi
huruf hijaiyyah
· Mengidentifikasi bunyi kata
· Mengidentifikasi bunyi
frase
· Mengidentifikasi bunyi
kalimat
|
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
Wacana
yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai
tema/topik.
Struktur Kalimat
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah
dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai
dengan kaidah.
· Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan
muannas. dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun
internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas..
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan
dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa
Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
4.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
5.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
6.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
4.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
5.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
6.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
5.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
6.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
3.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
4.2. Menyampaikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
|
· Mengidentifiaksi bunyi
huruf hijaiyyah
· Mengidentifikasi bunyi kata
· Mengidentifikasi bunyi
frase
· Mengidentifikasi bunyi
kalimat
|
Tema/ Topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
Wacana
yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai
tema/topik.
Struktur Kalimat
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah
dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai
dengan kaidah.
· Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan
muannas. dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun
internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
3.3. Menemukan makna atau
gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في
الطريق
baik secara lisan maupun
tertulis
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah
dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai
dengan kaidah.
· Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan
muannas. dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana
lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana,
dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi formulir
biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
Internet
|
||
4.3. Memproduksi teks lisan
dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan
fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في
الطريق
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan
konteks
|
||||||
3.4. Memahami secara
sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait
topik:
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
Mengamati :
· Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan
pelafalan dan intonasinya.
· Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.
· Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
· Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.. dalam isi teks lisan sesuai konteks.
· Menyimak penjelasan guru tentang pembagian Jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Membaca kaidah tentang Jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar
dan muannas.
Menanya:
· Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang
dipelajari.
· Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
· Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai
lintas budaya Arab dan Indonesia.
· Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang
keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai
wacana secara lisan.
· Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah
dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:
· Mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur kalimat yang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.. dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
· Melafalkan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
· Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan
maupun berkelompok.
· Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih,
meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang
Arab dengan intonasi yang benar.
· Mencoba menyebutkan cara memberitahu dan menanyakan tentang
fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa
Arab dengan pelafalan benar.
· Mempraktikkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.
· Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas./ sesuai
dengan kaidah.
· Menentukan jumlah ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan
muannas. dalam kalimat.
· Mengumpulkan kata/frase/kalimat yang terdapat jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas. dari buku teks, majalah, maupun
internet.
Mengasosiasikan:
· Menyusun frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang jumlah ismiyyah dan
fi’liyyah, muzakkar dan muannas..
·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.
· Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan
bahasa Arab
· Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang jumlah ismiyyah dan fi’liyyah,
muzakkar dan muannas.
· Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra
Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan
sebagainya.
· Membandingkan salah satu karya sastra Arab dengan salah satu karya sastra Indonesia, misalnya peribahasa,
syair sederhana, dan sebagainya.
· Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab
sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam
bahasa Arab dan indonesia.
Mengkomunikasikan:
· Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau
tulisan
· Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik
secara lisan atau tulisan.
· Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin,
instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab
· Menjelaskan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,
perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab
· Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks
lisan maupun tulis.
· Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana
yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab
sederhana, dan sebagainya.
· Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.
· Menyusun karangan sederhana tentang jumlah
ismiyyah dan fi’liyyah, muzakkar dan muannas.dan
muannas sesuai tema/topik.
|
Tugas :
·
Para siswa diminta berdiskusi
untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur
kalimat yang isim mufrad, mutsanna,
jamak, huruf jar, dan Isim muzakkar
dan muannas
·
Secara individual siswa diminta mencari
kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang isim
mufrad, mutsanna, jamak, huruf jar,
dan Isim muzakkar dan muannas
· Pengamatan:
1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik.
3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
1.
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, spt. mengisi
formulir biodata pribadi, membuat tabel kegiatan sekolah, dsb.
2.
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb.
3.
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.
· Tes:
1.
Tes Tertulis
Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengabstraksi materi sesuai tema/topic
2.
Tes Lisan
Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi
sesuai tema/topic secara lisan
|
12 JP
|
· Buku Siawa Bahasa Arab KELAS X
(PEMINATAN), Kemenag
· Buku referensi lain
yang menunjang materi
· CD/DVD Pembelajaran
· Internet
|
||
4.4. Menyusun teks lisan
dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
sesuai dengan unsur kebahasaan dan budaya.
|
Jakarta, 14 Juli 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala MA
.............. ............
NIP. NIP.
Komentar
Posting Komentar