SILABUS BAHASA ARAB KELAS VII MTs KURIKULUM 2013





BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
KELAS 7 SEMESTER GASAL


ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN – KOMPETENSI INTI – KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
MADRASAH TSANAWIYAH

Mata Pelajaran     : Bahasa Arab
Kelas/semester    : 7 / Gasal

Domain
SKL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara lisan maupun tertulis (Istima’)
3.2     Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan. (Qira’ah)
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan (Qira’ah)
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  sesuai dengan yang  dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis
4.       Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
4.2     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
4.3     Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan (Kalam)
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat. (Kitabah)
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks (Kitabah)



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Gasal
Materi                                   : Istima’ tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar             
1.1    Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2    Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman

2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1.   Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara lisan maupun tulisan


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






3.1.     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang  berkaitan dengan tema 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara lisan maupun tulisan
3.1.1  Menirukan langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.2     Menyebutkan kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.3     Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.4     Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.5     Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.6     Mengidentifikasi arti dari bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.7     Menyalin/menulis kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.8     Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
TATAP MUKA
Mengamati dengan teliti
1.    Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
2.    Siswa menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan
3.    Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
·    Performance
·    Sikap
6 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
Menanya dengan santun
1.    Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara individu kelompok
2.    Siswa menanyakan materi tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan yang belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
1.    Siswa melafalkan materi tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
2.    Siswa menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3.    Siswa  melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
Menalar dengan terampil
1.    Siswa  menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2.    Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
Mengkomunikasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab.
1.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
2.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab tentang  gambar beserta artinya.
3.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
TUGAS  TERSTRUKTUR
1.    Memperhatikan arahan guru
2.    Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai instruksi
3.    Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan.
4.    Memilih jawaban yang tepat dari pilihan yang tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5.    Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6.    Siswa memilih/menunjukkan gambar sesuai  dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Gasal
Materi                                   : Kalam tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1    Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topic 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2    Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3    Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






4.1.      Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topic 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1  Menirukan contoh ungkapan sederhana
4.1.2     Menghafalkan ungkapan sederhana
4.1.3     Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
1.    Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang terkait dengan materi.
2.    Siswa diminta untuk mendengarkan/ mengamati rekaman/tanyangan yang diprogramkan.
3.    Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan pembelajaran yaitu contoh tanya jawab dengan jawabannya
4.    Guru memperdengarkan bahan pembelajaran kembali, kemudian siswa menirukan/melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini bisa diulang lebih dari satu kali.
·    Performance
·    Sikap
6 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
4.2.   Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.1     Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2     Memperagakan teks hiwar dengan tepat
4.2.3  Mampu bertanya dan menjawab dengan dmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.4     Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 
1.    Dengan menggunakan alat peraga, berupa gambar/tulisan di kertas, guru memberikan contoh tanya jawab seperti pada kegiatan pertama.
2.    Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya untuk menanya makna ungkapan  pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman siswa, guru bertanya secara acak kepada siswa.
3.    Siswa mencoba/ melakukan tanya jawab sesuai dengan ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang diberikan guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, kemudian secara individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang.
6 X 40 Menit

4.3.   Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
4.3.1     Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar
1.         Gurumengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru membagikan alat peraga kepada siswa yang berada di lingkaran kecil.
2.    Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan siswa yang memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
3.    Kemudian siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
4.    Selanjutnya, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang memegang alat peraga dan bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian seterusnya.
5.    Selama kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performa siswa, sesuai dengan lembar pengamatan.
6.    Di akhir kegiatan, Guru memberikan balikan (koreksian mengenai kekeliruan yang dilakukan oleh siswa) dan/atau informasi tambahan atau ungkapan-ungkapan lain dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
7.    Siswa memantapkan pemahaman makna kalimat yang terkandung dalam naskah (Penalaran)
6 X 40 Menit




TUGAS TERSTRUKTUR
1.         Mendemosndtrasikan perkelompok sesuai naskan hiwar (pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran.
2.    Menjawab soal-soal latihan yang terdapat dalam buku pelajaran dalam upaya mengechek pemahaman siswa tentang isi hiwar (percakapan)
·     

·     



TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan bercakap-cakap dengan teman di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan, membicarakan kondisi sekolah dan tentang warna-warna.
·     

·     


SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Gasal
Materi                                   : Qira’ah tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.2    Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan:
3.3    Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1       Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan.

3.2.1  Membaca huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar
3.2.2     Menentukan arti kosakata dalam teks
3.2.3     Menerjemahkan frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks
3.2.4     Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
TATAP MUKA
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
1.    Mengamati
·      Menyimak bacaan teks qira’ah   
·      Mencermati isi kandungan teks qira’ah.
2.    Menanya
·      Menanyakan makna kata (mufradat) baru dalam teks qira’ah.
·      Menanyakan tentang isi kandungan teks qira’ah.
·      Menanyakan unsur kebahasaan yang terkandung di teks qira’ah.
3.    Mengumpulkan data/eksplorasi
·      Mendiskusikan isi kandungan  teks qira’ah.
·      Menganalisis unsur kebahasaan teks qira’ah.
·      Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks  qira’ah.
4.     Mengasosiasi
·      Membuat kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah.
5.     Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah....

TUGAS TERSTRUKTUR
1.    Membaca teks qira’ah
2.    Menerjemahkan isi teks qira’ah  yang dibaca
3.    Menjawab soal tentang teks qiraah yang dibaca

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan membaca alqur’an dengan baik dan benar. 
·    Performance
·    Sikap
12 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
3.3.1     Menentukan tema teks
3.3.2     Menceritakan kembali isi teks
3.3.3  Meringkas secara lisan isi teks dengan Bahasa Arab



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Gasal
Materi                                   : Menulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4    Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5    Menyusun teks sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

4.4.1     Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar
4.4.2  Mengenal konsep struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.3  Mengenal ciri-ciri dari struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.4     Membedakan dua pola bentukan kata/pola kalimat
4.4.5  Membaca kalimat yang berstruktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.6     Mengidentifikasi bentuk kata tertentu dalam teks
4.4.7     Mengidentifikasi pola kalimat dalam teks
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
TATAP MUKA
1.    Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
2.    Berkumpul dengan kelompoknya
3.    Mengamati instruksi yang diberikan guru dan menanya hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
4.    Secara berkelompok, masing-masing mengamati teks tulis sebagai bahan  diskusi
5.    Secara berkelompok, masing-masing berdiskusi tentang materi yang menjadi tugasnya (penggalian data)
6.    Secara berkelompok, menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
7.    Secara bekelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
8.    Secara bergantian, mengkritisi hasil kerja kelompok lain
9.    Mendengarkan kesimpulan dari guru
10.  Menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari
11.  Mengungkapkan refleksi proses pembelajaran: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi dalam memahami materi

TUGAS TERSTRUKTUR
1.      Melengkapi kalimat yang belum sempuna sehingga menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami.
2.      Menyusun kalimat acak, sehingga menjadi paragraf yang benar dan dapat dipahami
3.      Menyusun kalimat sederhana yang mengandung struktur kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah + Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Menulis 5 ayat alqur’an yang mengandung struktur kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah + Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil
·    Performansi (lisan dan tulisan)
·    Sikap
12 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.5.1  Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
4.5.2  Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna 
4.5.3  Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
4.5.4  Menyusun kalimat dengan pola tertentu sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
4.5.5  Menulis wacana yang diperdengarkan (dikte)







BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
KELAS 7 SEMESTER GENAP


ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN – KOMPETENSI INTI – KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
MADRASAH TSANAWIYAH

Mata Pelajaran     : Bahasa Arab
Kelas/semester    : 7 / Genap

Domain
SKL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap  orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh baik secara lisan maupun tertulis (Istima’)
3.2     Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh. (Qira’ah)
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh(Qira’ah)
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  sesuai dengan yang  dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis
4.       Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1     Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
4.2     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
4.3     Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh(Kalam)
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat. (Kitabah)
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks (Kitabah)



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Genap
Materi                                   : Istima’ tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar             
1.1    Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2    Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman

2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1.   Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usrohbaik secara lisan maupun tulisan


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






3.1.     Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang  berkaitan dengan tema 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usrohbaik secara lisan maupun tulisan
3.1.1  Menirukan langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.2     Menyebutkan kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.3     Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.4     Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.5     Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.6     Mengidentifikasi arti dari bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.7     Menyalin/menulis kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.8     Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
1. العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر5. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
TATAP MUKA
Mengamati dengan teliti
1.    Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
2.    Siswa menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan
3.    Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
·    Performance
·    Sikap
6 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
Menanya dengan santun
1.    Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh baik secara individu kelompok
2.    Siswa menanyakan materi tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh yang belum dipahami
Mencoba dengan penuh semangat
1.    Siswa melafalkan materi tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
2.    Siswa menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3.    Siswa  melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
Menalar dengan terampil
1.    Siswa  menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2.    Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan
Mengkomunikasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab.
1.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab sesuai dengan gambar
2.    Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab tentang  gambar beserta artinya.
3.    Siswa memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
TUGAS  TERSTRUKTUR
1.    Memperhatikan arahan guru
2.    Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai instruksi
3.    Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan.
4.    Memilih jawaban yang tepat dari pilihan yang tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5.    Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6.    Siswa memilih/menunjukkan gambar sesuai  dengan bunyi (kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari media elektronik (radio, TV, Internet dll).



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Genap
Materi                                   : Kalam tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1    Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topic 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2    Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3    Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3     Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






4.1.      Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topic 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1  Menirukan contoh ungkapan sederhana
4.1.2     Menghafalkan ungkapan sederhana
4.1.3     Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
1. العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
.خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
1.    Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang terkait dengan materi.
2.    Siswa diminta untuk mendengarkan/ mengamati rekaman/tanyangan yang diprogramkan.
3.    Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan pembelajaran yaitu contoh tanya jawab dengan jawabannya
4.    Guru memperdengarkan bahan pembelajaran kembali, kemudian siswa menirukan/melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini bisa diulang lebih dari satu kali.
·    Performance
·    Sikap
6 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
4.2.   Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.1     Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2     Memperagakan teks hiwar dengan tepat
4.2.3  Mampu bertanya dan menjawab dengan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.4     Menggunakan / mengucapkan  mufrodat dengan tepat dalam berbagai kalimat 
1.    Dengan menggunakan alat peraga, berupa gambar/tulisan di kertas, guru memberikan contoh tanya jawab seperti pada kegiatan pertama.
2.    Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya untuk menanya makna ungkapan  pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman siswa, guru bertanya secara acak kepada siswa.
3.    Siswa mencoba/ melakukan tanya jawab sesuai dengan ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang diberikan guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, kemudian secara individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang.
6 X 40 Menit

4.3.   Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
4.3.1     Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar
1.         Gurumengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru membagikan alat peraga kepada siswa yang berada di lingkaran kecil.
2.    Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan siswa yang memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
3.    Kemudian siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
4.    Selanjutnya, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang memegang alat peraga dan bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian seterusnya.
5.    Selama kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performa siswa, sesuai dengan lembar pengamatan.
6.    Di akhir kegiatan, Guru memberikan balikan (koreksian mengenai kekeliruan yang dilakukan oleh siswa) dan/atau informasi tambahan atau ungkapan-ungkapan lain dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
7.    Siswa memantapkan pemahaman makna kalimat yang terkandung dalam naskah (Penalaran)
6 X 40 Menit




TUGAS TERSTRUKTUR
1.         Mendemosndtrasikan perkelompok sesuai naskah hiwar (pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran.
2.    Menjawab soal-soal latihan yang terdapat dalam buku pelajaran dalam upaya mengecek pemahaman siswa tentang isi hiwar (percakapan)
·     

·     



TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan bercakap-cakap dengan teman di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan menyebutkan alamat, membicarakan kondisi rumah dan kegiatan keseharian di sekolah.
·     

·     


SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Genap
Materi                                   : Qira’ah tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.2    Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh:
3.3    Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1       Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman

1. العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)





2.1.     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






3.2     Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh.

3.2.1  Membaca huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar
3.2.2     Menentukan arti kosakata dalam teks
3.2.3     Menerjemahkan frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks
3.2.4     Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat
1. العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
TATAP MUKA
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
1.    Mengamati
·      Menyimak bacaan teks qira’ah   
·      Mencermati isi kandungan teks qira’ah.
2.    Menanya
·      Menanyakan makna kata (mufradat) baru dalam teks qira’ah.
·      Menanyakan tentang isi kandungan teks qira’ah.
·      Menanyakan unsur kebahasaan yang terkandung di teks qira’ah.
3.    Mengumpulkan data/eksplorasi
·      Mendiskusikan isi kandungan  teks qira’ah.
·      Menganalisis unsur kebahasaan teks qira’ah.
·      Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks  qira’ah.

4. Mengasosiasi
·      Membuat kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah.
12.  Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah....

TUGAS TERSTRUKTUR
1.    Membaca teks qira’ah
2.    Menerjemahkan isi teks qira’ah  yang dibaca
3.    Menjawab soal tentang teks qiraah yang dibaca

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan membaca alqur’an dengan baik dan benar. 
·    Performance
·    Sikap
12 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
3.3     Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
3.3.1     Menentukan tema teks
3.3.2     Menceritakan kembali isi teks
3.3.3  Meringkas secara lisan isi teks dengan Bahasa Arab



SILABUS

Satuan Pendidikan             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                    : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                                        
Kelas / Semester                 : VII / Genap
Materi                                   : Menulis tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh

Kompetensi Inti   :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar                            
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.   Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.   Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4    Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5    Menyusun teks sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3       Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






2.1.    Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2.    Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3.    Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa  Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman






4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

4.4.1     Menyalin/menulis kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar
4.4.2  Mengenal konsep struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.3  Mengenal ciri-ciri dari struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.4     Membedakan dua pola bentukan kata/pola kalimat
4.4.5  Membaca kalimat yang berstruktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.6     Mengidentifikasi bentuk kata tertentu dalam teks
4.4.7     Mengidentifikasi pola kalimat dalam teks
1. العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر5. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
TATAP MUKA
1.    Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
2.    Berkumpul dengan kelompoknya
3.    Mengamati instruksi yang diberikan guru dan menanya hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
4.    Secara berkelompok, masing-masing mengamati teks tulis sebagai bahan  diskusi
5.    Secara berkelompok, masing-masing berdiskusi tentang materi yang menjadi tugasnya (penggalian data)
6.    Secara berkelompok, menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
7.    Secara bekelompok, mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
8.    Secara bergantian, mengkritisi hasil kerja kelompok lain
9.    Mendengarkan kesimpulan dari guru
10.  Menjawab pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari
11.  Mengungkapkan refleksi proses pembelajaran: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi dalam memahami materi

TUGAS TERSTRUKTUR
1. Melengkapi kalimat yang belum sempuna sehingga menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami.
2. Menyusun kalimat acak, sehingga menjadi paragraf yang benar dan dapat dipahami
3. Menyusun kalimat sederhana yang mengandung struktur kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah + Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Menulis 5 ayat alqur’an yang mengandung struktur kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah + Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil
·    Performansi (lisan dan tulisan)
·    Sikap
12 X 40 Menit
·    Papan tulis
·    Buku paket
·    Kamus
·    Laptop
·    LCD
·    Alat peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
4.5.1  Menyusun huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
4.5.2  Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna 
4.5.3  Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf
4.5.4  Menyusun kalimat dengan pola tertentu sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
4.5.5  Menulis wacana yang diperdengarkan (dikte)



PERKIRAAN PERHITUNGAN LOKASI WAKTU
DALAM 1 SEMESTER

No
Uraian
Jumlah
1
Jumlah minggu
27 minggu
2
Jumlah minggu tidak efektif
8 minggu
3
Jumlah minggu efektif
19 minggu
4
Jumlah tatap muka pelajaran Bahasa Arab dalam 1 minggu
3 Jam Pelajaran
5
Jumlah jam pelajaran Bahasa Arab ( 3 JP x 19 minggu )
57 jam pelajaran
6
Jumlah Kompetensi Dasar mata pelajaran Bahasa Arab
8 Kompetensi Dasar
7
Jumlah Tema mata pelajaran Bahasa Arab
3 tema
8
Jumlah jam pelajaran setiap kali tatap muka
2 jam pelajaran
9
Total jam pelajaran yang dibutuhkan ( 8 KD x 3 tema x 2 JP )
48 jam pelajaran
10
Sisa jam pelajaran ( 57 JP – 48 JP )
9 jam pelajaran (digunakan untuk evaluasi  pembelajaran yang disesuaikan dengan maharahnya)

Komentar

Postingan Populer