SILABUS BAHASA ARAB KELAS VII MTs KURIKULUM 2013
BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
KELAS 7 SEMESTER GASAL
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN – KOMPETENSI
INTI – KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
MADRASAH TSANAWIYAH
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/semester : 7 / Gasal
Domain
|
SKL
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
|
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
|
|||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
|||
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
|
||
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
|||
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
|||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil
‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
baik secara lisan maupun tertulis (Istima’)
|
3.2 Memahami
lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan
1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal
Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan. (Qira’ah)
|
|||
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan
1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal
Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan (Qira’ah)
|
|||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan
kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
sesuai dengan yang dipelajari
disekolah dan sumber lain sejenis
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
|
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah,
2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
|
|||
4.3 Mempresentasikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2)
Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan (Kalam)
|
|||
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq
Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa
sederhana secara tepat. (Kitabah)
|
|||
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks (Kitabah)
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Gasal
Materi : Istima’ tentang 1) At-Ta’rif binnafsi
wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3)
Al-Alwan
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik)
sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara lisan
maupun tulisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
3.1. Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah,
2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara lisan maupun tulisan
|
3.1.1 Menirukan
langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.2 Menyebutkan
kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.3 Menunjukkan
tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.4 Memperagakan
bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.5 Menunjukkan
gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.6 Mengidentifikasi
arti dari bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.7 Menyalin/menulis
kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.8 Mengungkapkan
kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
|
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة + الخبر(الصفة)
والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
|
TATAP
MUKA
Mengamati
dengan teliti
1. Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil
‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
2. Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3. Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks
gambar yang disajikan
|
· Performance
· Sikap
|
6 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
Menanya
dengan santun
1. Siswa melakukan tanya jawab dengan
menggunakan kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab tentang 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan baik secara individu kelompok
2. Siswa menanyakan materi tentang 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan yang belum dipahami
|
||||||
Mencoba
dengan penuh semangat
1. Siswa melafalkan materi tentang 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
2. Siswa menunjukkan gambar/peragaan sesuai
dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa
melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
|
||||||
Menalar
dengan terampil
1. Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2. Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan
kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata,
frasa dan kalimat yang diperdengarkan
|
||||||
Mengkomunikasikan
dengan percaya diri dan tanggung jawab.
1. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab
sesuai dengan gambar
2. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab
tentang gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata,
frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
|
||||||
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Memperhatikan arahan guru
2. Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai
instruksi
3. Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa dan
kalimat) yang diperdengarkan.
4. Memilih jawaban yang tepat dari pilihan
yang tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru
baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5. Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi
(kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6. Siswa memilih/menunjukkan gambar
sesuai dengan bunyi (kata, frasa dan
kalimat) yang diperdengarkan
|
||||||
TUGAS
TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan
mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari
media elektronik (radio, TV, Internet dll).
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Gasal
Materi : Kalam tentang 1) At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah,
3) Al-Alwan
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
topic 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal
Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil
‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2)
Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima
kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
4.1. Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topic 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
4.1.1 Menirukan
contoh ungkapan sederhana
4.1.2 Menghafalkan
ungkapan sederhana
4.1.3 Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
|
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة + الخبر(الصفة)
والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
|
1. Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang
terkait dengan materi.
2. Siswa diminta untuk mendengarkan/ mengamati rekaman/tanyangan
yang diprogramkan.
3. Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan
pembelajaran yaitu contoh tanya jawab dengan jawabannya
4. Guru memperdengarkan bahan pembelajaran kembali, kemudian
siswa menirukan/melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban
diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara
kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini bisa diulang lebih
dari satu kali.
|
· Performance
· Sikap
|
6 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
4.2. Menunjukkan contoh
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2.1 Memperagakan
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks
dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2 Memperagakan
teks hiwar dengan tepat
4.2.3 Mampu
bertanya dan menjawab dengan dmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
4.2.4 Menggunakan
/ mengucapkan mufrodat dengan tepat
dalam berbagai kalimat
|
1. Dengan menggunakan alat peraga, berupa gambar/tulisan di
kertas, guru memberikan contoh tanya jawab seperti pada kegiatan pertama.
2. Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya untuk menanya
makna ungkapan pertanyaan dan jawaban
yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman siswa, guru bertanya secara acak
kepada siswa.
3. Siswa mencoba/ melakukan tanya jawab sesuai dengan
ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang
diberikan guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, kemudian secara
individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang.
|
6 X 40 Menit
|
|||
4.3. Menyampaikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
|
4.3.1 Menceritakan
kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan
benar
|
1. Gurumengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran
kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar
lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru membagikan alat peraga kepada
siswa yang berada di lingkaran kecil.
2. Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan siswa yang
memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab ini bisa
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
3. Kemudian siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat,
sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah
searah jarum jam.
4. Selanjutnya, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang
memegang alat peraga dan bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian
seterusnya.
5. Selama kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performa
siswa, sesuai dengan lembar pengamatan.
6. Di akhir kegiatan, Guru memberikan balikan (koreksian mengenai
kekeliruan yang dilakukan oleh siswa) dan/atau informasi tambahan atau ungkapan-ungkapan
lain dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
7. Siswa memantapkan pemahaman makna kalimat yang terkandung dalam
naskah (Penalaran)
|
6 X 40 Menit
|
|||
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Mendemosndtrasikan perkelompok sesuai naskan hiwar
(pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran.
2. Menjawab soal-soal latihan yang terdapat dalam buku pelajaran dalam upaya mengechek pemahaman
siswa tentang isi hiwar (percakapan)
|
·
|
·
|
||||
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan bercakap-cakap
dengan teman di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan,
membicarakan kondisi sekolah dan tentang warna-warna.
|
·
|
·
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Gasal
Materi : Qira’ah tentang 1) At-Ta’rif binnafsi
wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3)
Al-Alwan
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil
‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan:
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah,
3) Al-Alwan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
3.2 Melafalkan
bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan.
|
3.2.1 Membaca
huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang
benar
3.2.2 Menentukan
arti kosakata dalam teks
3.2.3 Menerjemahkan
frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks
3.2.4 Menggunakan
kosakata dalam konteks kalimat
|
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة + الخبر(الصفة)
والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
|
TATAP
MUKA
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai
berikut.
1. Mengamati
· Menyimak
bacaan teks qira’ah
· Mencermati
isi kandungan teks qira’ah.
2. Menanya
· Menanyakan
makna kata (mufradat) baru dalam teks qira’ah.
· Menanyakan
tentang isi kandungan teks qira’ah.
· Menanyakan
unsur kebahasaan yang terkandung di teks qira’ah.
3. Mengumpulkan data/eksplorasi
· Mendiskusikan
isi kandungan teks qira’ah.
· Menganalisis
unsur kebahasaan teks qira’ah.
· Mengidentifikasi
sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks
qira’ah.
4.
Mengasosiasi
· Membuat
kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah.
5.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang teks qira’ah....
TUGAS
TERSTRUKTUR
1. Membaca teks qira’ah
2. Menerjemahkan isi teks qira’ah yang dibaca
3. Menjawab soal tentang teks qiraah yang
dibaca
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan
membaca alqur’an dengan baik dan benar.
|
· Performance
· Sikap
|
12 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal
Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan
|
3.3.1 Menentukan
tema teks
3.3.2 Menceritakan
kembali isi teks
3.3.3 Meringkas
secara lisan isi teks dengan Bahasa Arab
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Gasal
Materi : Menulis tentang 1) At-Ta’rif
binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah,
3) Al-Alwan
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal
Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik 1)
At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul
Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dalam berbagai
struktur bahasa sederhana secara tepat
|
4.4.1 Menyalin/menulis
kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar
4.4.2 Mengenal
konsep struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.3 Mengenal
ciri-ciri dari struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.4 Membedakan
dua pola bentukan kata/pola kalimat
4.4.5 Membaca
kalimat yang berstruktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.6 Mengidentifikasi
bentuk kata tertentu dalam teks
4.4.7 Mengidentifikasi
pola kalimat dalam teks
|
1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة
2. المرافق والأدوات المدرسية
3. الألوان
4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛
5. إشارةمفردة + الخبر(الصفة)
والجهات
6. الضمائرالمفردةالمتصلة
|
TATAP MUKA
1. Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
2. Berkumpul
dengan kelompoknya
3. Mengamati
instruksi yang diberikan guru dan menanya hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
4. Secara berkelompok, masing-masing mengamati teks tulis sebagai bahan diskusi
5. Secara
berkelompok, masing-masing berdiskusi tentang materi yang menjadi tugasnya (penggalian
data)
6. Secara
berkelompok, menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
7. Secara bekelompok,
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
8. Secara
bergantian, mengkritisi hasil kerja kelompok lain
9. Mendengarkan
kesimpulan dari guru
10. Menjawab
pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari
11. Mengungkapkan
refleksi proses pembelajaran: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi dalam memahami materi
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Melengkapi kalimat yang belum sempuna
sehingga menjadi kalimat yang benar dan dapat dipahami.
2. Menyusun kalimat acak, sehingga menjadi
paragraf yang benar dan dapat dipahami
3. Menyusun kalimat sederhana yang mengandung
struktur kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar
(Shifah + Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Menulis 5 ayat alqur’an yang mengandung struktur
kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah +
Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil
|
· Performansi
(lisan dan tulisan)
· Sikap
|
12 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik 1) At-Ta’rif binnafsi wa bil ‘Amiliina Fil
Madrasah, 2) Al-Marafiq Wal Adawatul Madrasiyyah, 3) Al-Alwan dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
4.5.1 Menyusun
huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
4.5.2 Menyusun
kata-kata menjadi kalimat sempurna
4.5.3 Menyusun
kalimat-kalimat menjadi paragraf
4.5.4 Menyusun
kalimat dengan pola tertentu sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar
4.5.5 Menulis
wacana yang diperdengarkan (dikte)
|
BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH
KELAS 7 SEMESTER GENAP
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN –
KOMPETENSI INTI – KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
MADRASAH TSANAWIYAH
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/semester : 7 / Genap
Domain
|
SKL
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
|
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
|
|||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
|||
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
|
||
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
|
|||
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
|||
Pengetahuan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian yang tampak mata.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min
Yaumiyyatil Usroh baik secara lisan maupun tertulis (Istima’)
|
3.2 Memahami
lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan
1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh. (Qira’ah)
|
|||
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh(Qira’ah)
|
|||
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan
kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
sesuai dengan yang dipelajari
disekolah dan sumber lain sejenis
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil
Usroh dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (Kalam)
|
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks (Kalam)
|
|||
4.3 Mempresentasikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh(Kalam)
|
|||
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dalam berbagai
struktur bahasa sederhana secara tepat. (Kitabah)
|
|||
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks (Kitabah)
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi : Istima’ tentang 1) Al-Unwan, 2)
Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik)
sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.1. Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usrohbaik secara lisan maupun tulisan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
3.1. Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan tema 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usrohbaik secara lisan maupun tulisan
|
3.1.1 Menirukan
langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.2 Menyebutkan
kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.3 Menunjukkan
tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.4 Memperagakan
bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.5 Menunjukkan
gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.6 Mengidentifikasi
arti dari bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.7 Menyalin/menulis
kembali bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3.1.8 Mengungkapkan
kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
|
1.
العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر5. النعت
المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
|
TATAP
MUKA
Mengamati
dengan teliti
1. Siswa mengamati pelafalan kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min
Yaumiyyatil Usroh
2. Siswa menirukan pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
3. Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks
gambar yang disajikan
|
· Performance
· Sikap
|
6 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
Menanya
dengan santun
1. Siswa melakukan tanya jawab dengan
menggunakan kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab tentang 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh baik secara individu kelompok
2. Siswa menanyakan materi tentang 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh yang belum dipahami
|
||||||
Mencoba
dengan penuh semangat
1. Siswa melafalkan materi tentang 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
2. Siswa menunjukkan gambar/peragaan sesuai
dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa
melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan
|
||||||
Menalar
dengan terampil
1. Siswa
menjawab pertanyaan tentang gambar dengan bahasa Arab yang tepat
2. Siswa menunjukkan gambar sesuai dengan
kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata,
frasa dan kalimat yang diperdengarkan
|
||||||
Mengkomunikasikan
dengan percaya diri dan tanggung jawab.
1. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab
sesuai dengan gambar
2. Siswa melafalkan kalimat bahasa Arab
tentang gambar beserta artinya.
3. Siswa memperagakan sesuai dengan kata,
frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
|
||||||
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Memperhatikan arahan guru
2. Menyiapkan perlengkapan latihan sesuai
instruksi
3. Siswa melafalkan bunyi (kata, frasa dan
kalimat) yang diperdengarkan.
4. Memilih jawaban yang tepat dari pilihan
yang tersedia sesuai kata, frasa atau kalimat yang diperdengarkan oleh guru
baik langsung atau tidak langsung (rekaman)
5. Siswa memperagakan sesuai dengan bunyi
(kata, frasa dan kalimat) yang diperdengarkan
6. Siswa memilih/menunjukkan gambar
sesuai dengan bunyi (kata, frasa dan
kalimat) yang diperdengarkan
|
||||||
TUGAS
TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan
mendengarkan cerita, pidato, lagu, dialog atau berita berbahasa Arab dari
media elektronik (radio, TV, Internet dll).
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi : Kalam tentang 1) Al-Unwan, 2)
Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang
topic 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk
menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min
Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima
kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
4.1. Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topic 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil
Usroh dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
4.1.1 Menirukan
contoh ungkapan sederhana
4.1.2 Menghafalkan
ungkapan sederhana
4.1.3 Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar
|
1.
العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
.خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر. النعت
المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
|
1. Guru menyiapkan bahan yang akan diperdengarkan yang
terkait dengan materi.
2. Siswa diminta untuk mendengarkan/ mengamati rekaman/tanyangan
yang diprogramkan.
3. Guru memperdengarkan dan/atau memperlihatkan bahan
pembelajaran yaitu contoh tanya jawab dengan jawabannya
4. Guru memperdengarkan bahan pembelajaran kembali, kemudian
siswa menirukan/melafalkan contoh ungkapan pertanyaan dan jawaban
diperdengarkan dan/atau diperlihatkan secara klasikal, kemudian secara
kelompok/individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini bisa diulang lebih
dari satu kali.
|
· Performance
· Sikap
|
6 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
4.2. Menunjukkan contoh
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2.1 Memperagakan
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks
dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks
4.2.2 Memperagakan
teks hiwar dengan tepat
4.2.3 Mampu
bertanya dan menjawab dengan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2.4 Menggunakan
/ mengucapkan mufrodat dengan tepat
dalam berbagai kalimat
|
1. Dengan menggunakan alat peraga, berupa gambar/tulisan di
kertas, guru memberikan contoh tanya jawab seperti pada kegiatan pertama.
2. Siswa diberikan rangsangan dan kesempatan seluasnya untuk menanya
makna ungkapan pertanyaan dan jawaban
yang diprogramkan. Untuk mengecek pemahaman siswa, guru bertanya secara acak
kepada siswa.
3. Siswa mencoba/ melakukan tanya jawab sesuai dengan
ungkapan pertanyaan dan jawaban yang diprogramkan, berdasarkan stimulus yang
diberikan guru. Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, kemudian secara
individual. Jika dipandang perlu, kegiatan ini dilakukan berulang-ulang.
|
6 X 40 Menit
|
|||
4.3. Menyampaikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil
Usroh
|
4.3.1 Menceritakan
kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan
benar
|
1. Gurumengkondisikan siswa. Separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. Guru membagikan alat
peraga kepada siswa yang berada di lingkaran kecil.
2. Dua peserta yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar
melakukan tanya jawab seperti pada kegiatan ke-2, dengan ketentuan siswa yang
memegang alat peraga adalah yang bertanya. Kegiatan tanya jawab ini bisa
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
3. Kemudian siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat,
sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah
searah jarum jam.
4. Selanjutnya, giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang
memegang alat peraga dan bertanya seperti pada kegiatan ke-2. Demikian
seterusnya.
5. Selama kegiatan ke-3 berlangsung, guru mengamati performa
siswa, sesuai dengan lembar pengamatan.
6. Di akhir kegiatan, Guru memberikan balikan (koreksian mengenai
kekeliruan yang dilakukan oleh siswa) dan/atau informasi tambahan atau
ungkapan-ungkapan lain dalam suatu dialog pada tema yang diprogramkan.
7. Siswa memantapkan pemahaman makna kalimat yang terkandung dalam
naskah (Penalaran)
|
6 X 40 Menit
|
|||
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Mendemosndtrasikan perkelompok sesuai naskah hiwar
(pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran.
2. Menjawab soal-soal latihan yang terdapat dalam buku pelajaran dalam upaya mengecek pemahaman
siswa tentang isi hiwar (percakapan)
|
·
|
·
|
||||
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Membiasakan bercakap-cakap
dengan teman di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan
menyebutkan alamat, membicarakan kondisi rumah dan kegiatan keseharian di
sekolah.
|
·
|
·
|
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi : Qira’ah tentang 1) Al-Unwan, 2)
Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frase, dan
kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min
Yaumiyyatil Usroh:
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran
kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan 1) Al-Unwan, 2)
Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
SILABUS
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi : Menulis tentang 1) Al-Unwan, 2)
Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis
tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dalam berbagai struktur
bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topik 1)
Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh dengan memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
2.1. Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah.
2.2. Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan
berbahasa.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi
internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman
|
||||||
4.4 Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil
Usroh dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
|
4.4.1 Menyalin/menulis
kosakata/kalimat-kalimat sesuai contoh dengan tepat dan benar
4.4.2 Mengenal
konsep struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.3 Mengenal
ciri-ciri dari struktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.4 Membedakan
dua pola bentukan kata/pola kalimat
4.4.5 Membaca
kalimat yang berstruktur bahasa sederhana yang dipelajari secara tepat
4.4.6 Mengidentifikasi
bentuk kata tertentu dalam teks
4.4.7 Mengidentifikasi
pola kalimat dalam teks
|
1.
العنوان
2. بيتي
3. من يوميات الأسرة
4. الأرقام1 – 100
4. خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر5. النعت المفرد
6. المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعل مضارع)
|
TATAP MUKA
1. Mendengarkan guru tentang pembagian kelompok
2. Berkumpul
dengan kelompoknya
3. Mengamati
instruksi yang diberikan guru dan menanya hal-hal yang kurang jelas tentang tugas kelompok yang diberikan guru
4. Secara berkelompok, masing-masing mengamati teks tulis sebagai bahan diskusi
5. Secara
berkelompok, masing-masing berdiskusi tentang materi yang menjadi tugasnya (penggalian
data)
6. Secara
berkelompok, menemukan konsep dalam menyelesaikan tugasnya (menalar)
7. Secara bekelompok,
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (mengkomunikasikan)
8. Secara
bergantian, mengkritisi hasil kerja kelompok lain
9. Mendengarkan
kesimpulan dari guru
10. Menjawab
pertanyaan guru tentang materi yang sudah dipelajari
11. Mengungkapkan
refleksi proses pembelajaran: kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi dalam memahami materi
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Melengkapi kalimat yang belum sempuna sehingga menjadi kalimat yang
benar dan dapat dipahami.
2. Menyusun kalimat acak, sehingga menjadi paragraf yang benar dan
dapat dipahami
3. Menyusun kalimat sederhana yang mengandung struktur kalimat
tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah + Jihah),
2) Dhamir Mufrad Muttashil
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Menulis 5 ayat alqur’an yang mengandung struktur
kalimat tentang 1) Mubtada (Dhomir Mufrad + Isim Isyarah) + Khabar (Shifah +
Jihah), 2) Dhamir Mufrad Muttashil
|
· Performansi
(lisan dan tulisan)
· Sikap
|
12 X 40 Menit
|
· Papan
tulis
· Buku
paket
· Kamus
· Laptop
· LCD
· Alat
peraga/sarana yang mendukung seperti gambar dll
|
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik 1) Al-Unwan, 2) Baiti, 3) min Yaumiyyatil Usroh
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
konteks
|
4.5.1 Menyusun
huruf-huruf menjadi kata-kata dengan benar
4.5.2 Menyusun
kata-kata menjadi kalimat sempurna
4.5.3 Menyusun
kalimat-kalimat menjadi paragraf
4.5.4 Menyusun
kalimat dengan pola tertentu sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar
4.5.5 Menulis
wacana yang diperdengarkan (dikte)
|
PERKIRAAN
PERHITUNGAN LOKASI WAKTU
DALAM
1 SEMESTER
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah minggu
|
27 minggu
|
2
|
Jumlah minggu tidak efektif
|
8 minggu
|
3
|
Jumlah minggu efektif
|
19 minggu
|
4
|
Jumlah tatap muka pelajaran Bahasa Arab
dalam 1 minggu
|
3 Jam Pelajaran
|
5
|
Jumlah jam pelajaran Bahasa Arab ( 3 JP x
19 minggu )
|
57 jam pelajaran
|
6
|
Jumlah Kompetensi Dasar mata pelajaran
Bahasa Arab
|
8 Kompetensi Dasar
|
7
|
Jumlah Tema mata pelajaran Bahasa Arab
|
3 tema
|
8
|
Jumlah jam pelajaran setiap kali tatap muka
|
2 jam pelajaran
|
9
|
Total jam pelajaran yang dibutuhkan ( 8 KD
x 3 tema x 2 JP )
|
48 jam pelajaran
|
10
|
Sisa jam pelajaran ( 57 JP – 48 JP )
|
9 jam pelajaran (digunakan untuk
evaluasi pembelajaran yang disesuaikan
dengan maharahnya)
|
Komentar
Posting Komentar