SILABUS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KURIKULUM 2013
Silabus Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Bahasa1 Arab
Kls : 1 (satu)
Semester : 1 (satu)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasiwaktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(7)
|
(8)
|
1.1. Menerima dan
meyakini bahwa bahasa Arab merupakan anugerah Allah SWT.
1.2. Menjalankan
dan mengamalkan bahasa Arab sebagai wujud syukur anugerah Allah SWT
|
Terintegrasai -----
|
·
Pengamatan
·
Penilaiandiri
·
Penilaian antar teman
·
rubrik
|
------------
|
|||
2.1. Memotivasi rasa ingin tahu
terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
2.2. Membiasakan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab
dengan keluarga, teman, dan guru
3.1 Mengenal bunyi
mufradat terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
baik secara lisan
maupun tulisan
3.2 Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat)
terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
|
3.1.1
Menyebutkan
huruf hijaiyah terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
3.1.2
Menyebutkan
mufrodat tentang :
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
3.1.3
Menyebutkan arti mufrodat tentang
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
|
Ø Huruf hijaiyah ujaran kata tentang
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات
الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
Ø Murodat
tentang
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات
الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
|
Mengamati
:
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak
wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan
gambar dengan apa yang didengar.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai
konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/topik.
·
Menyebutkan keadaan/ kegiatan yang tampak pada gambar
sesuai tema/topik secara lisan.
Mengeksplorasi:
· Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Merangkaikan
huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
· Menyusun
huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
· melafalkan
kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
· Menentukan nama bilangan, nama
hari dan nama buah dalam kalimat.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan
antara nama
bilangan, antara nama hari dan antara nama buah
· Menemukan
makna kata dalam teks sesuai tema/topik
· menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Membedakan
macam-macam nama bilangan, nama hari dan nama buah
· Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan
makna kata dalam teks
· Mencari
informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
· Menjelaskan nama bilangan, nama
hari dan nama buah
· Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan
· Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
· Menyusun
karangan sederhana sesuai tema/topik.
· Menyampaikan
isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
· Melakukan
presentasi tentang materi sesuai dengan topic
· Menghafal
kosa kata baru sesuai tema/topik
|
· Tugas :
PR,
Tugas perorangan/kelompok.
· Pengamatan:
1.
Mengamati cara siswa berkomunikasi dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.
Mengamati sejauh manasiswa memahami unsur
kebahasaan dan yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.
Melihat kreativitas siswa dalam
mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
·
Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa
siswa sesuai tema/topik,
· Tes:
Ulangan
harian, Tes lisan/tulisan
·
Unjuk kinerja (performansi).
|
4X35 menit
4X35 menit
|
Ø Buku teks Bahasa Arab pegangan siswa Kementerian Agama RI
Ø Kamus
Ø Akses Internet
Ø Lingkung an yang mendu kung
|
4.1Menirukan bunyi mufradat
terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات
الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
4.2 Menghafalkan makna
dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
|
4.1.1
Menirukan
guru menyebutkan mufrodat tentang : (عمَل
الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
4.1.2
Mengulang
kembali secara individu dari mufrodat tema/topik terkait
4.2.1 Memaparkan mufrodat terkait topik
4.2.2 Menghafalkan mufrodat terkait topik
|
5
Mufrodat terkait topik
|
4X35 menit
2X35 menit
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Bahasa1 Aarab
Kls : 1 (satu)
Semester : 2 (dua)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
·
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Proses
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasiwaktu
|
Sumber Belajar
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(8)
|
(9)
|
1.1Menerima dan meyakini bahwa bahasa Arab merupakan
anugerah Allah SWT.
1.2Menjalankan dan mengamalkan bahasa Arab sebagai
wujud syukur anugerah Allah SWT
|
-----------------------
|
Terintegrasai -----
|
·
Pengamatan
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
rubrik
|
-----------
|
------------
|
|
2.1Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud
benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
2.2Membiasakan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi
menggunakan bahasa arab dengan keluarga, teman, dan guru
3.1 Mengenal bunyi mufradat terkait
topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
baik
secara lisan maupun tulisan
3.1 Mengenal makna dari ujaran kata
(mufradat) terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
4.1 Menirukan bunyi mufradat terkait
topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
4.2
Menghafalkan makna
dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
|
3.1.1 Menyebutkan huruf hijaiyah tentang العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان
3.1.2
Menyebutkan
bilangan 1-10 dengan bahasa arab
3.1.3
Menyebutkan nama-nama hari
3.1.4
Mengenal
nama nama bilangan
4.1.1
Menirukan
guru menyebutkan nama nama bilangan denga bahasa arab
4.1.2
Mengulang
kembali secara individu dari mufrodat
4.1.3
Menyebutkan
nama nama bilangan, hari dan buah buahan
4.1.4
Mengulang
mufrodat setelah menirukandari tofik terkait
4.1.5
4.1.6
Mengartikan
mufrodat dari tofik terkait
4.2.1
Menghafal nama nama
bilalangan, nama hari , dan nama buah buahan-Menyebutkan
huruf hijaiyahtentang العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان
|
-Huruf hijaiyah ujaran kata
tentang bilangan nama hari dan buah buahan
Menyebutkan nama bilangan dengan
bahasa arab
Nama biangan 1-10 dengan bahasa arab
Nama
hari
Nama
buah dengan bahasa arab
mufrodat terkait tema/topik
Nama bilangan
, hari, dan nama buah buahan
|
Mengamati
:
· Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
· Mendengarkan
kata-kata yang pengucapannya mirip
· Menyimak
wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan
intonasinya.
· Mencocokkan
gambar dengan apa yang didengar.
· Membaca
wacana sederhana sesuai tema/topik.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab sederhana tentang
tema/topik yang dipelajari.
·
Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana
secara tertulis/lisan.
·
Melakukan dialog (hiwar) sesuai
konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·
Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan
lawan bicara sesuai tema/topik.
·
Menyebutkan keadaan/ kegiatan yang tampak pada gambar
sesuai tema/topik secara lisan.
Mengeksplorasi:
· Melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kata dan kalimat sesuai
dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
· Merangkaikan
huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
· Menyusun
huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
· melafalkan
kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
· Menentukan nama bilangan, nama
hari dan nama buah dalam kalimat.
Mengasosiasikan:
· Membandingkan
antara nama
bilangan, antara nama hari dan antara nama buah
· Menemukan
makna kata dalam teks sesuai tema/topik
· menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
· Membedakan
macam-macam nama bilangan, nama hari dan nama buah
· Mencari
informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menemukan
makna kata dalam teks
· Mencari
informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
· Menyimpulkan
isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
· Menjelaskan nama bilangan, nama
hari dan nama buah
· Menjelaskan
isi wacana yang dipertanyakan
· Menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
· Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
· Menyusun
karangan sederhana sesuai tema/topik.
· Menyampaikan
isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
· Melakukan
presentasi tentang materi sesuai dengan topic
· Menghafal
kosa kata baru sesuai tema/topik
|
· Tugas :
PR,
Tugas perorangan/kelompok.
· Pengamatan:
4.
Mengamati cara siswa berkomunikasi dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
5.
Mengamati sejauh manasiswa memahami unsur
kebahasaan dan yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
6.
Melihat kreativitas siswa dalam
mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.
· Portofolio:
·
Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa
siswa sesuai tema/topik,
· Tes:
Ulangan
harian, Tes lisan/tulisan
·
Unjuk kinerja (performansi).
|
4X35 menit
4X35 menit
4X35 menit
2X35 menit
|
Ø Buku teks Bahasa Arab pegangan siswa Kementerian Agama RI
Ø Kamus
Ø Akses Internet
Ø Lingkung an yang mendu kung
Buku teks B Arab Kementerian Agama RI
|
Komentar
Posting Komentar