SILABUS BAHASA ARAB KELAS 1 MI KURIKULUM 2013



Silabus Pembelajaran
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran          : Bahasa1 Arab
Kls                               : 1 (satu)
Semester                    : 1 (satu)
Kompetensi Inti         :
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasiwaktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(7)
(8)
1.1. Menerima dan meyakini bahwa bahasa Arab merupakan anugerah Allah SWT.

1.2. Menjalankan dan mengamalkan bahasa Arab sebagai wujud syukur anugerah Allah SWT






























Terintegrasai -----
·      Pengamatan
·      Penilaiandiri
·      Penilaian antar teman
·      rubrik






















------------
2.1. Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga


2.2. Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab dengan keluarga, teman, dan guru


3.1   Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
baik secara lisan maupun tulisan












3.2   Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:

(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)



































3.1.1   Menyebutkan huruf  hijaiyah terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)




3.1.2   Menyebutkan mufrodat   tentang :
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)

3.1.3   Menyebutkan arti mufrodat tentang

(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)





























Ø Huruf hijaiyah ujaran kata tentang
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)


Ø Murodat tentang
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)




































Mengamati :
·  Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.
Menanya:
·        Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·        Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·         Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·          Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·          Menyebutkan keadaan/ kegiatan yang tampak pada gambar sesuai tema/topik secara lisan.
Mengeksplorasi:
·      Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·      Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·      Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
·      melafalkan kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
·     Menentukan nama bilangan, nama hari dan nama buah dalam kalimat.

Mengasosiasikan:
·      Membandingkan antara nama bilangan, antara nama hari dan antara nama buah
·      Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
·     menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·     Membedakan macam-macam nama bilangan, nama hari dan nama buah
·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menemukan makna kata dalam teks
·      Mencari informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
·      Menjelaskan nama bilangan, nama hari dan nama buah
·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan
·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
·      Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik.
·      Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
·      Melakukan presentasi tentang materi sesuai dengan topic
·      Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik


























·  Tugas :
PR, Tugas perorangan/kelompok.

·  Pengamatan:
1.      Mengamati cara siswa berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
2.      Mengamati sejauh manasiswa memahami unsur kebahasaan dan yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
3.      Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
·     Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,
·      Tes:
Ulangan harian, Tes lisan/tulisan

·     Unjuk kinerja (performansi).



























4X35 menit


































4X35 menit

























































































Ø  Buku teks Bahasa  Arab pegangan siswa Kementerian Agama RI
Ø  Kamus
Ø  Akses Internet
Ø  Lingkung an yang mendu kung





4.1Menirukan bunyi mufradat terkait topik:        
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)



















4.2   Menghafalkan  makna  dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)

4.1.1   Menirukan guru menyebutkan mufrodat tentang : (عمَل الكَشْف؛ التعارف؛
الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)


4.1.2   Mengulang kembali secara individu dari mufrodat tema/topik terkait


4.2.1   Memaparkan mufrodat terkait topik

4.2.2   Menghafalkan mufrodat terkait topik


5       Mufrodat  terkait topik






















































































4X35 menit





























2X35 menit






SILABUS
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran          : Bahasa1 Aarab
Kls                               : 1 (satu)
Semester                    : 2 (dua)
Kompetensi Inti         :
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
           
·         
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Proses Pembelajaran
Penilaian
Alokasiwaktu
Sumber Belajar
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(8)
(9)
1.1Menerima dan meyakini bahwa bahasa Arab merupakan anugerah Allah SWT.

1.2Menjalankan dan mengamalkan bahasa Arab sebagai wujud syukur anugerah Allah SWT








-----------------------










Terintegrasai -----
·      Pengamatan
·      Penilaian diri
·      Penilaian antar teman
·      rubrik







-----------




------------
2.1Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa arab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga

2.2Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa arab dengan keluarga, teman, dan guru

3.1   Mengenal bunyi mufradat terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
baik secara lisan maupun tulisan

3.1   Mengenal makna dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)


4.1   Menirukan bunyi mufradat terkait topik:
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)














4.2     Menghafalkan  makna  dari ujaran kata (mufradat) terkait topik:

(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
























3.1.1       Menyebutkan huruf hijaiyah tentang العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان

3.1.2   Menyebutkan bilangan 1-10 dengan bahasa arab

3.1.3   Menyebutkan nama-nama hari



3.1.4   Mengenal nama nama bilangan





4.1.1   Menirukan guru menyebutkan nama nama bilangan denga bahasa  arab

4.1.2   Mengulang kembali secara individu dari mufrodat

4.1.3   Menyebutkan nama nama bilangan, hari dan buah buahan
4.1.4   Mengulang mufrodat setelah menirukandari tofik terkait
4.1.5    
4.1.6   Mengartikan mufrodat dari tofik terkait


4.2.1   Menghafal nama nama bilalangan, nama hari , dan nama buah buahan-Menyebutkan huruf hijaiyahtentang العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان




















-Huruf hijaiyah ujaran kata tentang bilangan nama hari dan buah buahan
Menyebutkan nama bilangan dengan bahasa arab

Nama biangan 1-10 dengan bahasa arab






Nama hari

Nama buah dengan bahasa arab











mufrodat  terkait tema/topik






















Nama bilangan , hari, dan nama buah buahan




























Mengamati :
·  Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
·  Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip
·  Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
·  Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.
·  Membaca wacana sederhana sesuai tema/topik.

Menanya:
·        Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
·        Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.
·         Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
·          Menjawab pertanyaan lisan yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik.
·          Menyebutkan keadaan/ kegiatan yang tampak pada gambar sesuai tema/topik secara lisan.
Mengeksplorasi:
·      Melafalkan huruf-huruf  hijaiyah, kata dan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film.
·      Merangkaikan huruf-huruf hijaiyah menjadi kata sesuai dengan kaidah.
·      Menyusun huruf, kata, dan kalimat sederhana sesuai konteks
·      melafalkan kata sesuai dengan yang diperdengarkan.
·     Menentukan nama bilangan, nama hari dan nama buah dalam kalimat.

Mengasosiasikan:
·      Membandingkan antara nama bilangan, antara nama hari dan antara nama buah
·      Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik
·     menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
·     Membedakan macam-macam nama bilangan, nama hari dan nama buah
·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
·      Menemukan makna kata dalam teks
·      Mencari informasi umum/tema/topik dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.
·     Menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
Mengkomunikasikan:
·      Menjelaskan nama bilangan, nama hari dan nama buah
·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan
·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.
·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat.
·      Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik.
·      Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara lisan maupun tulisan.
·      Melakukan presentasi tentang materi sesuai dengan topic
·      Menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik





















·  Tugas :
PR, Tugas perorangan/kelompok.

·  Pengamatan:
4.      Mengamati cara siswa berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.
5.      Mengamati sejauh manasiswa memahami unsur kebahasaan dan yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.
6.      Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

·     Portofolio:
·     Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,
·      Tes:
Ulangan harian, Tes lisan/tulisan

·     Unjuk kinerja (performansi).




















4X35 menit














4X35 menit













4X35 menit
























2X35 menit


























































Ø  Buku teks Bahasa  Arab pegangan siswa Kementerian Agama RI
Ø  Kamus
Ø  Akses Internet
Ø  Lingkung an yang mendu kung
















Buku teks B Arab Kementerian Agama RI




































Komentar

Postingan Populer