SILABUS ALQURAN HADIS KELAS VII MTs KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN:
AL-QUR’AN HADIS
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3) :
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1
Meyakini Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup
1.2
Meyakini isi kandungan hadis tentang iman dan hadis
tentang ibadah yang diterima Allah adalah
yang dilakukan dengan ikhlas.
1.3
Menghayati
kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas
(112) tentang
keesaan Allah
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
|
·
|
||||
2.1
Memiliki perilaku mencintai
Al-Qur’an dan hadis
dalam kehidupan
2.2
Terbiasa beribadah dan berdoa
sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Fatihah(1),
an-Nas (114),
al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Terbiasa beribadah sebagai penerapan
isi kandungan hadis tentang ibadah yang diterima Allah
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
· Penilaian sejawat
|
|||||
3.1
Memahami kedu-dukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia
4.1
Mempraktikkan ca-ra hidup yang sesuai dengan Al Qur’-an
dan hadis
|
3.1.1
Mendefinisikan pengertian al-Qur’an
3.1.2
Menjelaskan pengertian al-hadis
3.1.3
Mengidentifikasi fungsi Al-Qur’an dalam
kehidupan sehari-hari
3.1.4
Menyimpulkan kedudkan al-hadis sebagai pedoman
hidup
3.1.5
Mendiskripsikan cara efektif memfungsikan Al-Qur’an
dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.1
Mempresentasikan ciri prilaku hidup yang
sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis
|
·
Kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
umat manusia
·
Kedudukan dan fungsi Al-Hadis sebagai pedoman hidup
umat manusia
|
Mengamati
· Mengamati gambar,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang
terkait dengan kedudukan Al-Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
·
Secara
berkelompok mencari
informasi yang terkait dengan pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi
Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik
maupun cetak.
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup.
· Secara berkelompok melakukan analisis
dan koreksi terhadap hasil rumusan
tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan paparan hasil
pencarian informasi tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
· Memberikan tanggapan papararan hasil pencarian informasi tentang
pengertian Al-Qur’an dan hadis,
fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia..
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai
dengan Al-Qur’an dan hadis
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
· Membuat paparan tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup
Tes
· Tes tulis
· Praktik/performance
|
2 TM
(4 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
3.2. Memahami
isi kan-dungan
Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang
tauhid dalam konsep Islam
4.2
Menunjukkan sikap orang yang memiliki tauhid sesuai
isi kandungan Q.S. al-Fatihah
(1), an-Nas
(114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112).
|
3.2.1
Menjelaskan arti surah al-Fatihah (1),
3.2.2 Menerangkan kandungan surah an-Nas
(114),
3.2.3
Mendiskripsikan tafsir surah al-Falaq (113)
3.2.4
Mengidentifikasi isi surah al-Ikhlas (112)
3.2.5
Menyimpulkan isi surah yang dipelajari
4.2.1 Mempresentasikan
contoh-contoh sikap orang yang bertauhid sesuai isi
kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
Tentang tauhid (QS. al Fatihah, QS. an-Nas,
QS. al-Falaq,QS. al-Ikhlas.
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan tentang semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an.
· Menyimak bacaan secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113)
dan Q.S. al-Ikhlas (112)
· Mengamati gambar
foto atau tayangan vedio tentang sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113)
dan Q.S. al-Ikhlas (112)
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tayangan yang telah dicermatinya.
Mengeksplorasi
·
Secara kelompok menggali informasi
tentang isi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari
macam-macam bacaan secara tartil dari Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) dari berbagai rekaman bacaan.
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
penterjemahan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
· Diskusi tentang tauhid sesuai isi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Merumuskan hasil penggalian informasi
tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112)
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
· Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
|
Tugas
·
Membuat resume hasil
diskusi
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112)
Tes
· Tes tulis
·
Tes Lisan
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
3.3.Memahami
keter-kaitan
isi kandungan hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan
hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
dan
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...)
dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar
dari Ai-uappaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
dalam
fenomena kehidupan dan akibatnya
4.3. Menunjukkan sikap
orang yang beriba-dah didasari keikh-lasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah:
(الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان)
dan
hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab:
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله …(
dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar
dari Adh-Dhahlaq:
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
|
3.1.1
Menjelaskan arti hadis tentang iman
riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah
3.1.2
Mengidentifikasi hadis tentang
ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq
3.1.3
Menyimpulkan sikap orang yang beribadah didasari keikhlasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah
3.1.4
Mendiskripsikan salah satu cara hidup ikhlas
yang sesuai al-Hadis.
3.1.5
Membandingkan
beberapa isi hadis tentang ibadah yang diterima
4.3.1
Mempresentasikan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikh-lasan sesuai hadis
|
4 Hadis-hadis ten-tang Iman
-
Hadis
الإيمان معرفة
بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان
-
Hadis
(قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... )
-
Hadis
(الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...)
-
Hadis
(قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....)
-
Hadis
(من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد)
Terjemah hadis tentang iman amal yang diterima
Allah SWT.
Kandungan hadis tentang iman dan amal yang
diterima Allah SWT.
|
Mengamati
· Mengamati
gambar atau tayangan atau kisah tentang orang Islam yang memiliki keteguhan iman
dan beramal sesuai dengan isi hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah
SWT .
· Mendengarkan
bacaan hadis-hadis tentang iman dari teman atau guru
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan
hubungan iman dan amalan yang diterima Allah SWT..
· Secara
berpasangan siswa bertanya tentan iman dan amalan yang diterima
Mengeksplorasi
·
Mencari arti perkata dari hadis tentang iman dan amal
yang diterima Allah SWT.
·
Secara kelompok menggali informasi
tentang isi kandungan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT,
dari berbagai sumber; buku literatur,
jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·
Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai
dengan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Mencari cara
menulis yang benar, hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT.
Mengasosiasi
· Menghafal hadis tentang
iman dan dan amal yang diterima Allah SWT
· Menulis dan
menterjemah hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Melakukan
diskusi tentang isi kandungan hadis tentang iman dan dan amal yang
diterima Allah SWT.
· Mengidentifikasi
perbuatan yang sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
· Menyusun kesimpulan kandungan hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan paparan hasil diskusi dan
analisis keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima
Allah SWT.
· Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis
keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah
SWT.
· Menyajikan
contoh perbuatan yang
sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT.
|
Tugas
·
Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai
dengan hadis- hadis pada materi.
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kandungan hadis-hadis pada materi pokok
Tes
· Tes tulis
· Tes lisan
.
|
3 TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
SILABUS PEMBELAJARAN;
AL-QUR’AN HADIS
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah, Kelas : VII (Tujuh) Semester:
Genap
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensi
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.1
Meyakini
pentingnya hukum bacaan Qalqalah
dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2
Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.3
Meyakini
pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah
2.1 Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan
Q.S. al- Kwfiryn (109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan
sehari-hari
2.2
Terbiasa
menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.3
Memiliki sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr
(110) dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
·
Observasi
·
Catatan -Jurnal
·
Penilaian diri
·
Penilaian sejawat
|
|||||
3.1
Memahami
ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam
Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.1 Mempraktikkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
3.1.1 Menyebutkan
arti hukum bacaan Qalqalah
3.1.2 Menjelaskan
ciri-ciri hukum bacaan Qalqalah
3.1.3 Mendiskripsikan cara membunyikan
hukum bacaan Qalqalah
3.1.4 Mengidentifikasi
hukum bacaan Qalqalah
3.1.5 Menyimpulkan cara membaca bacaan Qolqolah
4.1.1 Mempraktekan bacaan Qolqolah
|
Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al-
al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
Mengamati
· Mengamati penggalan ayat
yang mengandung hukum bacaan qalqalah
· Menyimak bacaan ayat yang
mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan
atau pernyataan yang terkait dengan
hukum bacaan qalqalah
· Secara
berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah
Mengeksplorasi
·
Secara kelompok menggali informasi
tentang pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan hukum bacaan qalqalah
dari berbagai sumber; buku literatur,
jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
·
Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam
Al-Qur’an, khususnya Q.S. al-Kafirun
dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
·
Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian
informasi tentang hukum bacaan qalqalah
· Mengidentifikasi hukum
bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
· Menyusun kesimpulan hasil
diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
· Mempresentasikan hokum
bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
· Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
||
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al- Kafirun
(109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang
toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad,
At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم
لجاره
dan
hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
4.2
Mendemonstrasikan sikap tasammuh
(toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
3.2.1
Menterjemahkan surah al-Kafirun
3.2.2
Menjelaskan kandungan surah al-Bayyinah
3.2.3
Menterjemahkan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi,
Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a.
3.2.4 Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a
3.2.5 Menyimpulkan hasil
kajian ayat atau hadis
4.2.1 Mensimulasikan sikap
tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
tentang toleransi
-
QS. al-Kafirun (109)
-
QS. al-Bayyinah (89)
·
Hadis – hadis
tentang toleransi dalam berte-tangga:
- Hadis
riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar
r.a.
خير
الاصحاب عند الله يرهم لصاحبه وخير الجيران عند لله خيرهم لجاره
-
Hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
|
Mengamati
· Mengamati gambar, foto,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kerukunan dan keharmonisan di masyarakat
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh
guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan
atau pernyataan yang
terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat
· Secara
berpasanangan siswa saling bertanya tentang toleransi beragama dan
keharmonisan di masyarakat
Mengexplorasi
· Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah.
· Mencari informasi dari berbagai sumber
tentang terjemahan
kata dan isi kandungan hadis
خير الاصحاب عند الله
خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Asosiasi
·
Secara berkelompok mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian
informasi tentang kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Serta merumuskannya secara tertulis.
·
Mengidentifikasi
sikap tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Kafirun
dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
· Menyusun kesimpulan hasil
diskusi dengan bimbingan guru.
Komunikasi
·
Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan
diskusi kelompok tentang isi
kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·
Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
·
Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai
dengan isi kandungan QS. al-Kafirun
dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه
|
Tugas
Membuat dan melaku-kan sosiodrama tentang
sikap toleransi.
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan
QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis :
خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره
dan
hadis
والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
· Tes lisan untuk hafalan
ayat
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri
dan penilaian teman sejawat.
|
4 TM
(8 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
3.3. Memahami
isi kan-dungan
Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah
4.3 Mendemosntrasikan
sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai
isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
|
3.3.1
Menjelaskan arti surah al-Lahab
(111)
3.3.2
Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab
(111)
3.3.3
Mengidentifikasi kandungan surah Nasr (110)
problematika dakwah
3.3.4
Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau
hadis tentang dakwah
3.3.5
Mendiskripsikan sikap istiqomah
Rasulullah dalam berdakwah
3.3.6
Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah
|
·
Ayat-ayat Al-Qur’an
Tentang problematika dakwah
-
QS. al-Lahab
-
QS. an-Nasr
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan atau kisah
tentang problematika dan tangtangan dakwah.
· Mencermati
bacaan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, mengajukan
pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tantangan dan problematika dakwah
· Secara
berpasangan saling bertanya terkait dengan tantangan dan problematika
dakwah
Mengeksplorasi
· Menggali informasi dari berbagai sumber tetang terjemahan kata dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menggali informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Diskusi menyusun arti perkata
· Secara berpasangan menghafalkan Q.S. al- Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Secara kelompok
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil
terjemahan dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mendiskusikan
hasil pengumpulan informasi dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· merumuskan hasil penggalian informasi
tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah
SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menyusun kesimpulan kandungan ayat
dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menanggapi paparan kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110).
· Menunjukkan
contoh sikap istikomah Rasulullah SAW dalam berdakwah.
|
Tugas
·
Membuat esai terkait biografi tokoh-tokoh penentang
dakwah
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang kandungan Q.S. al-al-Lahab dan QS. an-Nashr
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan
ganda dan uraian
·
Tes Lisan hafalan Q.S.
al-Lahab dan QS.
an-Nasr
Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri
dan penilaian teman sejawat.
|
3TM
(6 x 40 Jam)
|
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman
Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai
kebutuhan
· Sumber lain yg
menunjang
|
Bandung, 17 Juli 2014
TIM PENYUSUN SILABUS
Komentar
Posting Komentar