SILABUS AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTs KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN:
AKIDAH AKHLAK
Mata Pelajaran : AKIDAH AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahamipengetahuan (faktual,konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba,mengolah,dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di skolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|
1.1. Menghayati nilai-nilai akidah Islam
1.2. Meyakini
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
1.3.
Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4.
Menghayati adab salat dan zikir
1.5.
Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
||||||
2.1. Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam
dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Menampilkan
perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
2.3. Membiasakan
perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4. Terbiasa
menerapkan adab salat dan zikir
2.5. Mencontoh
kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. dan umatnya
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
||||||
3.1.Memahami
dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
4.1.Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran akidah Islam
|
3.1.1. Menjelaskan
pengertian akidah Islam
3.1.2. Mengidentifikasi dalil
tentang akidah Islam
3.1.3. Menguraikan dasar-dasar
akidah Islam
3.1.4.
Menyimpulkan tujuan akidah Islam
3.1.5.
Membandingkan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan)
4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran
akidah Islam.
|
Dalil, Dasar, Dan Tujuan Akidah Islam
Fakta
dan fenomena kebenaran Akidah Islam
|
Mengamati:
·
Menyaksikan gambar,
taangan vedio tentang venomena kebenaran akidah Islam
·
Membaca dan menyimak ayat tentang akidah Islam
Menanya:
·
Secara berpasangan melakukan tanya jawab tentang
akidah Islam
·
Menuliskan pertanyaan
tentang akidah Islam
Mengeksplorasi:
·
Membaca buku siswa dan buku sumber materi tentang
akidah Islam
·
Mengakses internet
untuk mendapatkan informasi dan bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran
·
Mendiskusikan dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam,
unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman, islam,dan
ihsan),serta kebenaran akidah Islam
Mengasosiasi:
·
Menelaah dan
menghubungkan apa yang didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki
·
Merumuskan
kesimpulan makna dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam,
unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman,islam,dan ihsan) tentang akidah
islam,iman,islam,dan ihsan
·
Membuat kesimpulan fenomena-fenomena tentang kebenaran akidah
Islam
Mengkomunikasikan:
·
Presentasi hasil diskusi dan analisis dalil tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan
hubungan antara satu dan lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah
Islam
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
2-TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
|
3.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah
SWT.
4.2.Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah
SWT
|
3.2.1. Menjelaskan pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.2. Mengidentifikasi dalil
tentang sifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.3. Menguraikan pengertian sifat mustahil bagi Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.4. Membandingkan sifat wajib,sifat
jais sifat mustahil Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.5. Menyimpulkan sifat-sifat Allah yang harus dimengerti
orang beriman
4.2.1. Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.
|
Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah
beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi
Allah SWT.
Contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz
|
Mengamati
:
·
Mengamati
gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam
yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimak
penjelasan guru tentang pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat mustahil,dan jaiz
Allah SWT.
Menanya:
·
Melakukan
tanya jawab tentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan
atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan
denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menanyakan ulang tentang
pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat
mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Mengeksplorasi
:
·
Membaca dari berbagai
sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
·
Mendiskusikan
pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.
·
Menggali dari berbagai
sumber/media tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti
dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengasosiasi:
·
Saling
mencocokkan rumusan tentang pengertiansifat wajib Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
·
Membuat peta konsep
tentangpembagian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan
maknawiyah
·
Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimpulkan
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah
SWT.
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
/menyajikan contoh tentang
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil dan jaiz
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
4-TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
|
3.3.
Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
4.3.
Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak
positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas beribadah
3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang taat beribadah
3.3.3. Menganalisis contoh khauf,
3.3.4. Mendiskripsikan dampak positif tobat
3.3.5.Mengevaluasi perilaku ikhlas
4.3.1.
Menceritakan kisah/fenomena yang muncul
berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengertian,contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.
Kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak
positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati :
· Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
· Mengamati contoh
gambar/video
tentang Akhlak Terpuji
Menanya
· Melakukan tanya jawab pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
· Melakukan tanya jawab maksud dari gambar/video tentang
akhlak terpuji
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasti tentang
pengertianikhlas,
taat, khauf, dan tobat
·
Berdiskusi tentang pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
Mengasosiasi:
·
Tukar informasi
tentang cara melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Membuat peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas,
taat, khauf, dan tobat
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan /menyajikan hasil diskusi tentang pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
|
3.4.
Memahami adab salat dan zikir
4.4.
Mensimulasikan adab salat dan zikir
|
3.4.1.Menjelaskan
pengertian adab salat
3.4.2 Mengidentifikasi dalil tentang adab salat
3.4.3 Menganalisis adab-adab salat
3.4.4 Mendiskripsikan
ada- adab berdzikir
3.4.5.Mengevaluasi perilaku orang yang
mengamalkan adab sholat/dzikir
4.4.1
Mempraktikkan adab salat/zikir
|
Adab Salat Dan Zikir
|
Mengamati:
·
Menyimak penjelasan guru
tentang adab salat dan zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video
visual
Menanya:
·
Menanyakan ulang tentang adab salat dan zikir
·
Melakukan tanya jawab terkait dengan materi adab salat dan zikir
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi
tentang adab salat
·
berdiskusi tentang adab salat dan zikir
Mengasosiasi:
·
Mengaitkan apa yang diperoleh dan penjelasan guru.
·
Menyimpulkan hasil
diskusi tentang adab dandzikir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan konsep hasil diskusi
·
Mempraktikkan adab
salat dan zikir
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
|
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya
4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya
|
3.5.1. Menjelaskan kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.5.2. Mengidentifikasi hikmah
kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3. Menganalisis isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.4. Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi
Sulaiaman a.s.
3.5.5. Menyimpulkan isi kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
4.5.1. Menyajikan cuplikan
kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah Nabi Sulaiman dan umatnya
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang kisah Nabi Sulaiman dan umatnya
tersebut
Eksplorasi:
·
Menggali informasi
tentang adab salat dan doa melalui buku sumber,majalah, internet,
lingkungan
·
Mendiskusikan keteladanan Nabi Sulaiman
·
Mengidentifikasi keteladanan kisah Nabi Sulaiman
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan
contoh-contoh keteladanan nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh
keteladanan nabi Sulaiman a.s.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas
VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
|
SILABUS MATA PELAJARAN: AKIDAH AKHLAK
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah,
Mata
Pelajaran: AKIDAH AKHLAK, Kelas/Smt: VII/ Genap
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.
Meyakinisifat-sifat Allah SWT. melalui al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
1.2.
Meyakiniadanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib
lainnya, seperti jin,
iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
1.3.
Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq
1.4.
Menghayati adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
1.5.
Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
|||||
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
2.2. Memilikiperilaku beriman kepada malaikat Allah dan
makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
2.3.Membiasakan
diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq
2.4.Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur’an dan adab
berdoa
2.5.Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
Observasi
Penilaian
diri:
Penilaian
Sejawat
Catatan
Jurnal
|
|||||
3.1.
Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
4.1.
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
|
3.1.1 Menyebutkan 9 nama asmaul Husna
3.1.2
Menjelaskan arti masing-
masing
asmaul Husna
3.1.3
Menunjukkan dalil tentang
masing-masing sub asmaul Husna
3.1.4 Mendiskripsikan manfaat perilaku meneladani asmaul husna.
3.1.5 Menyimpulkan pelajaran baik
dari asmaul
husna
4.1.1 Menyajikan
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, yang terkait dengan
penerapan asmaul Husna.
|
· Nama-nama asmaul Husna
· Pengertian asmaul husna
· Dalil naqli dan aqli tentang asmaul husna
|
Mengamati:
· memperhatikan
dan mengamati gambar yang berkaitan dengan materi
Menanya:
· bertanya, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang berkaitan dengan asma’ al Husna
· Membaca atau membuka wawasan tentang sifat dan nama
Allah SWT(al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr,
al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Eksplorasi:
·
Mencari dan
menemukan sumber belajar, menganaalisis, menalar, dengan mencari kisah-kisah
atau fenomena yang
menggambarkan nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
Mengasosiasikan:
·
Saling tukar informasi tentang nama Allah
al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym)
·
Menyimpulkan informasi tentang nama Allah
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan tentang fenomena, fakta
atau bercerita tentang peristiwa, fenomena
atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub asmaul Husna.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
3.2.
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah
serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
4.2.
Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang
kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
3.2.1 Menjelaskan dalil-dalil
yang terkait dengan malaikat
3.2.2.Menganalisis
tugas-tugas Malaikat
3.2.3. Mengidentifikasi
sifat-sifat Malaikat
3.2.4.Mengidentifikasi
karakteristik makhluk ghaib lainya
3.2.5.Menyimpulkan
tatacara menjaga diri agar terhindar dari pengaruh makhluk ghoib
4.2.1.
Mempresentasikan
karakteristik makhluk hgoib seperti jin,
iblis, dan setan
|
· Pengertian tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta
mahluk ghaib
· Kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran
adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan
setan
|
Mengamati:
· Mengamati
gejala alam untuk memberi bekal tentang hal-hal yang bersifat gaib seperti
peristiwa angin, perilaku orang yang melakukan larangan Allah
Menanya:
· Saling
bertanya tentang malaikat, makhluk gaib dan
bagaimana mempercayai hal-hal yang gaib
Mengeksplorasi:
· Menggali
informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib
lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengasosiasikan:
· Saling
tukar informasi tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
Mengkomunikasikan:
· Mempresentasikan
antar kelompok tentang tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk
gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
3.3.
Memahami akhlak tercela
riya’ dan nifaq
4.3.
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq
serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.1.Menjelaskan pengertian
riya
3.3.2.Menjelaskan pengertian
nifaq
3.3.3. Mengidentifikasi akhlak
tercela riya’ dan nifaq
3.3.4. Menganalisis
pengaruh negatif riyak dalam kehidupan
3.3.5. Menyimpulkan hikmah
menghindari akahlak negatif
4.3.1.Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pengertian akhlak riya dan nifaq
· Ciri-ciri riya’
· Ciri-ciri nifaq
· Cnth riya dan nifaq
|
Mengamati:
· Gejala prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq
Menanya;
· Memberi tanggapan
praktik perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentang ahlak tercela
riya’ dan nifaq
Mengeksplorasi:
· Menggali informasi tentang akhlak tercela riya’ dan
nifaq
Mengasosiasikan:
· Saling tukar informasi dalam mengelompokkan akhlak
tercela riya’ dan nifaq
· Mengkomunikasikan:
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
3.4.
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
4.4.
Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
3.4.1. Menjelaskan adab membaca al-Qur’an
3.4.2.Mengidentifikasi dalil tentang adab
membaca al-Qur’an
3.4.3.Menganalisis jenis- jenis adab
membaca al-Qur’an
3.4.4.Mendiskripsikan adab berdoa yang
dianjurkan Nabi
3.4.5. Menyimpulkan hikmah mengamalkan
adab berdoa
4.4.1.Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tata
cara Adab Membaca Al-Qur’an dan Adab berdoa
|
Mengamati:
· Mencermati beberapa gambar tentang adab membaca
al-Qur’an dan adab berdoa
Menanya;
· Memberi tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan
adab berdoa
Mengeksplorasi
· Menggali informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan
adab berdoa
Mengasosiasikan:
· Mengidentifikasi persamaan atau perbedaan tentang adab
membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
· Menyimpulkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
Mengkomunikasikan:
· Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
2 TM
(4 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
3.5.
Menganalisiskisah keteladanan Ashabul Kahfi
4.5.
Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi
|
3.5.1. Menjelaskan kisah Ashabul
Kahfi.
3.5.2. Mengidentifikasi hikmah
kisah Ashabul Kahfi
3.5.3. Menganalisis isi kisah keteladanan Ashabul Kahfi.
3.5.4. Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani Ashabul
Kahfi.
3.5.5. Menyimpulkan isi kisah keteladanan Ashabul Kahfi.
4.5.2. Menyajikan cuplikan kisah menarik
keteladanan Ashabul
Kahfi
|
Kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
|
Mengamati:
· Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Menanya:
· Memberi tanggapan tentang kisah yang dibaca tentang Membaca
buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Mengeksplorasi:
· Menggali
informasi tentang cerita keteladanan Askahbul Kahfi
Mengasosiasikan:
· Menyusun cerita secara sistematis tentang kisah
keteladanan Askahbul Kahfi
· Membuat resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi
Mengkomunikasikan:
· Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman
informasi yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang
materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3 TM
(6 x 40)
|
·
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku pedoman guru mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang mendukung
·
Akses internet
yang mendukung
|
Bandung,
17 Juli 2014
Tim
Penyusun Silabus

Komentar
Posting Komentar