SILABUS AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas                           : IV (Empat)
Semester                    : Ganjil

Kompetensi Inti         :
KI 1       : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4       : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Meyakini kekuasaan Allah SWT. melalui kalimat tayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah).
1.2  Meyakini Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam.
1.3     Meyakini adanya kitab-kitab Allah SWT.
1.4  Menghayati sifat hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
1.5   Memiliki sikap tabah dan sabar dalam        menghadapi cobaan sebagai implementasi       dalam meneladani  kisah Masyitah.
1.6   Memiliki sikap menghindari kufur nikmat sebagai implementasi menghindari dari kisah  Tsa’labah.



  • Observasi
  • Penilaian Diri
  • Penilaian Sejawat
  • Jurnal/Catatan


2.1   Terbiasa membaca kalimat tayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah) sesuai ketentuan syar’i.
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam.
2.3     Terbiasa mengamalkan isi kandungan kitab-kitab Allah SWT.
2.4  Memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
2.5   Memiliki sikap tabah dan sabar dalam        menghadapi cobaan sebagai implementasi       dalam meneladani  kisah Masyitah.
2.6   Memiliki sikap menghindari kufur nikmat sebagai implementasi menghindari dari kisah  Tsa’labah.



  • Observasi
  • Penilaian Diri
  • Penilaian Sejawat
  • Jurnal/Catatan


3.1   Mengetahui kalimat tayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah).
4.1   Melafalkan kalimat tayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah) dan artinya.
3.1.1  Mengidentifikasi lafal kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
3.1.2  Menunjukkan arti kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
3.1.3  Menunjukkan waktu mengucap Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
3.1.4  Menerjemahkan kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
3.1.5  Menjelaskan hikmah mengucap Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
4.1.1  Melafalan kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
4.1.2  Menuliskan kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
4.1.2  Menghafalkan kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
Kalimat ayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)

Mengamati
·     Mengamati gambar dan lafal kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah) yang ada di buku pegangan siswa atau tayangan di LCD/multi media lainya.

Menanya
·     Membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati.
·     Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati.
·     Berdiskusi tentang arti dan hikmah kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·     Menuliskan kalimat thayyibah tersebut dengan benar dan menghafalkan beserta artinya

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari
·      Mendemonstrasikan pelafalan kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)
Tugas
·       Menghafalkan kalimat thayyibah  Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)

Observasi
·      Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
·     Menulis  kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)

Tes lisan
·     Melafalkan  kalimat thayyibah Lw oaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah)

2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2   Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam  al-Asmw’ al-ousnw (al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam).
4.2   Melafalkan al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam). dan artinya.
3.2.1  Mengidentifikasi lafal al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
3.2.2  Menunjukkan arti al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
3.2.3  Menjelaskan bukti-bukti al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
3.2.4  Menjelaskan cara meneladani sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
3.2.5  Menjelaskan hikmah mengucap al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
4.2.1  Melafadzkan al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
4.2.1  Menulis lafal al-Asma al-Husna al-(al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).
4.2.1  Menghafal lafal al-Asma al-Husna al-(al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-Adl, dan al-Hakam).


Sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam  al-Asmw’ al-ousnw (al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam).
Mengamati
·      Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
·      Guru menuliskan kalimat asmaul husna di papan tulis.

Menanya
·      Siswa membuat pertanyaan tentang gambar yang ada di buku cetak. Termasuk kegiatan apa yang sedang dilakukan dalam gambar tersebut
·      Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang ada.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui tentang asmaul husna
·     Siswa dibimbing guru melafadzkan dua kalimat asmaul husna dengan benar dan fasih.
·     Guru meminta siswa untuk membaca artinya dan berusaha menghafalkannya.

Mengasosiasi
·      Membuat kesimpulan dari materi asmaul husna

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari dengan cara mengucapkannya di hadapan teman-temannya
·     Menyampaikan cara meneladani asmaulh husna di hadapan temannya

Tugas
·      Menghafalkan asmaul husna beserta artinya

Observasi
·      Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat

Tes lisan
·     Hafalan asmaul husna beserta artinya

Test performen
·      Mempresentasikan cara meneladani salah satu asmaul husna
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3   Mengetahui adanya kitab-kitab Allah SWT. sebagai implementasi dari pengamalan rukun Iman ke-3 (tiga).
4.3   Menceritakan kitab-kitab Allah SWT. beserta nabi yang menerimanya.
3.3.1  Menjelaskan pengertian kitab Allah
3.3.2  Menyebutkan jumlah kitab Allah
3.3.3  Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan nabi penerimanya
3.3.4  Menjelaskan hikmah berpegang teguh kepada kitab Allah
4.3.5  Menuliskan cerita tentang kitab Allah
4.3.1  Menceritakan kitab-kitab Allah SWT. beserta nabi yang menerimanya.

Iman kepada Kitab-kitab Allah
Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
·     Siswa mengamati tayangan yang berisi berbagai macam kitab yang dibaca oleh pemeluknya

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang gambar dan suasana sekitar.
·     Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi kitab Allah

Mengekplorasi
·     Guru meminta siswa untuk menyatakan pendapatnya tentang tayangan yang telah dilihat dan menyampaikan pendapatnya

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari tentang kitab-kitab Allah

Mengomunikasikan
·      Siswa menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang kitab-kitab Allah di depan kelas secara bergantian. Bisa juga siswa diminta pendapatnya tentang kitab suci yang dijadikan pedoman hidupnya

Tugas
·     Menghafalkan nama-nama kitab beserta nabi penerimanya

Observasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian

Tes performen
·     penampilan siswa dalam menyampaikan pendapatnya di depan kelas
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.4   Memahami sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  Menyimulasikan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.1  Menjelaskan pengertian sikap hormat
3.4.2  Menjelaskan pengertian sikap patuh
3.4.3  Menunjukkan contoh-contoh sikap hormat dan patuh
3.4.4  Menjelaskan hikmah bersikap hormat dan patuh
3.4.5  Menjelaskan akibat tidak bersikap hormat dan patuh
4.4.1  Menyimulasikan sikap hormat dan patuh
4.4.2  Memaparkan contoh kisah dengan tema hormat dan patuh

Mengamati
·      Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya tentang perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh

Menanya
·      Siswa membuat pertanyaan tentang gambar perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh
·      Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang perilaku akhlak hormat dan patuh
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui.

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh yang telah dipelajari.

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang materi perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh
·      Siswa memaparkan contoh sikap hormat dan patuh yang bisa dilakukan baik di rumah atau sekolah

Tugas
·     Mencari contoh sikap hormat dan patuh baik kepada guru atau kepada orang tua. Siswa memberikan komentar atas gambaryang mencerminkan sikap patuh dan hormat yang dibawanya.

Observasi
·     Mengamati siswa selama kegiatan proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun
·     Mengamati siswa mempraktikkan sikap yang mencerminkan perilaku hormat dan patuh

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat

2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.5  Mendeskripsikan sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan dalam kisah Masyitah.
4.5  Menyimulasikan sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai implementasi dalam meneladani kisah Masyitah.
3.5.1  Menyebutkan pengertian tabah dan sabar
3.5.2  Menyebutkan pengertian sabar
3.5.3  Menunjukkan contoh-contoh sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan
3.5.4  Mengidentifikasi keteladanan yang bisa diambil dari kisah Masyithah
3.5.5  Menjelaskan hikmah bersikap tabah dan sabar
4.5.1  Menyimulasikan sikap tabah dan sabar
4.5.2  Memaparkan kisah keteladanan Masyithah

Mengamati
·      Siswa melihat tayangan yang mengisahkan tentang perjuangan Masyithah dalam mempertahankan agamanya. Jika tidak siswa bisa juga mendengarkan cerita guru yang berkisah tentang Masyithah.

Menanya
·      Siswa membuat pertanyaan tentang tayangan atai kisah yang telah disampaikan oleh guru.
·      Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi sabar dan tabah

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang sabar dan tabah.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka diskusikan dengan temannya.

Mengasosiasi
·      Membuat kesimpulan dari materi sabar dan tabah.

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan materi sabar dan tabah yang telah dipelajari pada saat ini.
·     Siswa diminta membuat pernyataan yang merupakan cerminan sikap akan menerapkan perilaku sabar dan tabah dalam kehidupan sehari-hari.
Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian

Tugas
·     Siswa diminta untuk selalu mempraktikkan sikap sabar dan tabah dalam kehidupan sehari-hari

2 TM
(4 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.6   Mendeskripsikan kisah Tsa’labah sebagai implementasi dalam menghindari  sifat tercela kufur nikmat.
4.6   Menceritakan kisah Tsa’labah sebagai bentuk menghindari akhlak tercela kufur nikmat.
3.6.1  Menjelaskan pengertian kufur nikmat
3.6.2  Menjelaskan kisah Tsa’labah
3.6.3  Menunjukkan sifat tercela yang dimiliki kisah Tsa’labah
3.6.4  Mengidentifikasi pelajaran yang bisa diperoleh dari kisah Tsa’labah
3.6.5  Menganalisis pelajaran dari kisah Tsa’labah
4.6.1  Menuliskan cerita tentang kisah Tsa’labah
4.6.2  Memaparkan kisah Tsa’labah
4.6.3  Menyimulasikan kisah Tsa’labah

Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak tentang akhlak tercela yaitu sikap Tsa’labah
·     Atau siswa melihat tayangan tentang kisah Tsa’labah, jika tidak maka siswa bisa mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru atau perwakilan siswa yang telah mengatahui tentang kisah tersebut.

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan kisah Tsa’labah.
·     Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya kisah Tsa’labah dihubungkan dengan kegiatan kehidupan sehari-hari.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui kepada teman-temannya.
·     Berdiskusi tentang kisah Tsa’labah.

Mengasosiasi
·      Membuat kesimpulan dari materi kisah Tsa’labah
·      Menjelaskan bagaimana cara menghindari perilaku tercela yang ada dalam kisah Tsa’labah

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan tantang materi akhlak tercela tentang kisah Tsa’labah
Observasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat

Tugas
·     Mempraktikkan menjauhi sikap tidak baik sebagaimana yang telah mereka pelajari dari kisah Tsa’labah
·     2 TM
·     (4 x 35)
·     Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·     Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·     Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·     Media cetak dan elektronik sesuai materi
·     Lingkungan sekitar yang mendukung




SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas                           : IV (Empat)
Semester                    : Genap

Kompetensi Inti         :
KI 1       : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3       : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4       : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai as-Salwm, dan al- Latrf.
1.3     Meyakini adanya nabi dan rasul Allah SWT.
1.4     Menghayati adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
1.5     Menolak sifat munafik.



·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian Sejawat
·     Jurnal/Catatan


2.1     Terbiasa mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai as-Salwm, dan al- Latrf.
2.3     Meneladani sifat terpuji nabi dan rasul Allah SWT.
2.4     Terbiasa beradab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
2.5     Menghindari sifat munafik.



·     Observasi
·     Penilaian Diri
·     Penilaian Sejawat
·     Jurnal/Catatan


3.1   Mengetahui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum).                                Mengetahui kalimat tayyibah (As-salamu ‘alaikum).
4.1  Mendemonstrasikan cara mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i
3.1.1  Mengidentifi- kasi lafal kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.2  Menunjukkan arti kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.3  Membaca kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.4  Menyebutkan waktu yang tepat mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.5  Menjelaskan hikmah mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
4.1.1  Melafalkan kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dengan fasih
4.1.2  Mempraktikkan mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dalam setiap kesempatan
Kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dari gambar tersebut.
·     Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi kalimat thayyibah Assalamu’alaikum yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui.

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi kalimat kalimat thayyibah Assalamu’alaikum yang telah dipelajari brsama-sama.

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang kalimat thayyibah Assalamu’alaikum yang telah dipelajari pada bab ini kepada teman-yamannya.
·     Siswa menyampaikan contoh-contoh penggunaan kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dalam kehidupan sehari-hari

Tugas
·     Menulis lafadz kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dengan baik dengan cara mencontoh tulisan yang ada di buku atau di papan tulis. Siswa melengkapinya dengan artinya.

Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat

Tes lisan
·     Membaca lafadz Assalamu’alaikum dengan fasih beserta artinya
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2   Mengenal sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf).                                     Mengenal sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif).
4.2   Melafalkan kalimah al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf).              Melafalkan kalimah as-Salam, dan al- Latif.
3.2.1  Membaca al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf).
3.2.2  Mengartikan al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf)
3.2.3  Mengidentifikasi bukti bahwa Allah bersifat as-Salwm, dan al- Latrf
3.2.4  Menyebutkan cara meneladani sifat Allah yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf).
3.2.5  Menjelaskan hikmah membaca al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf)
4.2.1  Menulis lafal al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf). beserta artinya
4.2.2  Menulis arti al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf)
4.2.3  Menghafalkan al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf)
al-Asmw al-ousnw (as-Salwm, dan al- Latrf).
Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif).
·     Guru mendorong siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman tentang sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif) dengan teman sebangkunya.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui.

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif) yang telah dipelajari.

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif) pada bab ini.
·     Siswa menyampaikan atau memaparkan cara meneladani sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma al-Husna (as-Salam, dan al- Latif)

Tugas
·     Menulis asmaul husna dengan baik dengan cara mencontoh tulisan yang ada di buku atau di papan tulis. Siswa melengkapinya dengan artinya.

Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat

Tes lisan
·     Hafalan lafadz asmaul husna beserta artinya
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3    Menjelaskan nama-nama nabi, Rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.
4.3    Menyajikan peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.

3.3.1  Menyebutkan nama nama nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
3.3.2  Menyebutkan sifat wajib bagi rasul
3.3.3  Menunjukkan arti sifat wajib bagi rasul
3.3.4  Menjelaskan kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
 3.3.5  Mengidentifi- kasi keteladanan yang bisa diambil dari kisah rasul Ulul ‘Azmi
4.3.1  Membuat peta konsep nama-nama nabi Ulul ‘Azmi
4.3.2  Memaparkan peta konsep tentang nama-nama rasul Ulul ‘Azmi
Kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
·     Guru menayangkan salah satu film yang mengisahkan tentang perjuangan rasul yang termasuk Ulul ‘Azmi

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang gambar nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi.
·     Guru mendorong siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi.

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang nabi yang termasuk dalam kelompok Ulul ‘Azmi
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui.

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari. Diantaranya tentang keteladanan yang bisa diambil dari kisah tersebut

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari pada proses pembelajaran hari ini.
·     Siswa menyampaikan atau memaparkan salah satu kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi di hadapan teman sekelasnya

Tugas
·     Siswa menghafalkan nama-nama nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi beserta mu’jizat yang dimilikinya.

Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun.

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian

Tes lisan
·     Siswa memaparkan kisah tentang salah satu nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi dihadapan teman-temannya.
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.4    Menjelaskan adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
4.4    Menyimulasikan adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
                                                      Menyimulasikan adab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari
3.4.1  Menjelaskan adab bertamu
3.4.2  Menjelaskan adab berteman
3.4.3  Mengidentifika- si keuntungan beradab yang baik ketika bertamu
3.4.4  Mengidentifika- si keuntungan beradab yang baik ketika berteman
3.4.5  Menjelaskan akibat tidak beradab yang baik ketika bertamu
3.4.6  Menjelaskan akibat tidak beradab yang baik ketika berteman
4.4.1  Menyimulasi-kan adab bertamu
4.4.2  Menyimulasi-kan adab berteman
Adab bertamu dan berteman
Mengamati
·     Guru menayangkan film tentang adab bertamu atau adab berteman yang baik atau yang tidak baik.
·     Siswa mengamati gambar atau tayangan yang diberikan.
·     Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang gambar tersebut.
·     Guru memotivasi siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang ada.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui tentang sikap adab bertamu dan berteman

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari materi sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru yang telah dipelajari.

Mengomunikasikan:
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah mereka buat.

Tugas
·     siswa mencari 10 alasan mengapa harus bersikap santun kepada orang tua dan guru

Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah disusun. Guru juga mengamati perilaku siswa selama proses pembelajaran. Guru mengecek apakah materi yang disampaikan sudah bisa dilaksanakan dengan baik atau belum

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian

Tes lisan
·     Mempraktikkan adab bertamu dan berteman
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.5    Menjelaskan sifat munafik, dampak negatif dan cara menghindarinya.
4.5    Menceritakan dampak negatif sifat munafik.

3.5.1  Menyebutkan pengertian munafik
3.5.2  Mengidentifika- si ciri-ciri sikap munafik
3.5.3  Menunjukkan contoh sikap munafik
3.5.4  Menjelaskan akibat berperilaku sebagaimana sikap orang munafik
3.5.5  Menyebutkan cara menghindari sikap munafik
4.5.1  Membuat tulisan dengan tema munafik
4.5.2  Memaparkan kisah tentang munafik
Menghindari sifat munafik
Mengamati
·     Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.

Menanya
·     Siswa membuat pertanyaan tentang gambar akhlak tercela: sifat munafik
·     Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi akhlak tercela: sifat munafik yang sedang dipelajari

Mengekplorasi
·     Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman satu kelompoknya tentang gambar yang ada.
·     Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahuisetelah berdiskusi dengan teman sekelompoknya.

Mengasosiasi
·     Membuat kesimpulan dari akhlak tercela: sifat munafik

Mengomunikasikan
·     Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari pada bab ini.
·     Menyampaikan pemaparan tentang sifat munafik termasuk bagaimana cara menjauhi sifat tersebut

Tugas
·     Siswa mencari beberapa contoh akhlak tercela yang tidak boleh ditiru.

Orservasi
·     Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan mengisi rubrik yang telah dirancang sebelumnya

Tes tulis
·     Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian

Tes lisan
·     Mempraktikkan menjauhiperilaku yang termasuk sifat munafik dalam kehidupan sehari-hari.
·     Mempresentasikan bersikap nifak.
3 TM
(6 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung




Komentar

Postingan Populer