SILABUS AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : IV (Empat)
Semester : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Meyakini kekuasaan Allah SWT. melalui kalimat
tayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah).
1.2 Meyakini Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm,
al- Hwdr,
al-‘Adl,
dan al-oakam.
1.3
Meyakini
adanya kitab-kitab Allah SWT.
1.4 Menghayati sifat hormat
dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
1.5 Memiliki sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai
implementasi dalam
meneladani kisah Masyitah.
1.6 Memiliki sikap menghindari kufur nikmat
sebagai implementasi menghindari dari kisah
Tsa’labah.
|
|
|||||
2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
sesuai ketentuan syar’i.
2.2 Mencontoh
sifat Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm,
al- Hwdr,
al-‘Adl,
dan al-oakam.
2.3
Terbiasa mengamalkan isi kandungan
kitab-kitab Allah SWT.
2.4 Memiliki sikap hormat
dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai
implementasi dalam
meneladani kisah Masyitah.
2.6 Memiliki
sikap menghindari kufur nikmat sebagai implementasi menghindari dari
kisah Tsa’labah.
|
|
|||||
3.1
Mengetahui kalimat tayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah).
4.1
Melafalkan kalimat tayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
dan artinya.
|
3.1.1
Mengidentifikasi lafal kalimat thayyibah
Lw oaula
Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
3.1.2
Menunjukkan arti kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
3.1.3
Menunjukkan waktu mengucap Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
3.1.4
Menerjemahkan kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
3.1.5 Menjelaskan
hikmah mengucap Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
4.1.1 Melafalan
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
4.1.2 Menuliskan
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
4.1.2 Menghafalkan
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
|
Kalimat ayyibah
Lw oaula
Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
|
Mengamati
·
Mengamati gambar dan lafal kalimat thayyibah
Lw oaula
Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah) yang ada di buku
pegangan siswa atau tayangan di LCD/multi media lainya.
Menanya
·
Membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati.
·
Guru memberikan stimulus siswa untuk membuat pertanyaan yang ada
hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
·
Bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang diamati.
·
Berdiskusi tentang arti dan hikmah kalimat thayyibah
Lw oaula
Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
·
Menuliskan kalimat thayyibah tersebut dengan benar dan menghafalkan
beserta artinya
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali kesimpulan yang telah dipelajari
·
Mendemonstrasikan pelafalan
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
|
Tugas
· Menghafalkan kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
Observasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
· Menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
· Menulis
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
Tes lisan
· Melafalkan
kalimat thayyibah Lw
oaula Walw
Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm
(oauqalah)
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2
Mengenal
sifat-sifat Allah SWT.
yang terkandung dalam al-Asmw’
al-ousnw
(al-Mu’min, al-‘Azrm,
al- Hwdr,
al-‘Adl,
dan al-oakam).
4.2 Melafalkan
al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam). dan artinya.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
lafal al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
3.2.2 Menunjukkan
arti al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
3.2.3 Menjelaskan
bukti-bukti al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
3.2.4 Menjelaskan
cara meneladani sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
3.2.5 Menjelaskan hikmah mengucap al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
4.2.1 Melafadzkan
al-Asma’ al-Husna (al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
4.2.1
Menulis lafal al-Asma’ al-Husna al-(al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
4.2.1
Menghafal lafal al-Asma’ al-Husna al-(al-Mu’min, al-‘Adzim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
|
Sifat-sifat Allah SWT. yang
terkandung dalam al-Asmw’
al-ousnw
(al-Mu’min, al-‘Azrm,
al- Hwdr,
al-‘Adl,
dan al-oakam).
|
Mengamati
· Siswa mengamati gambar yang
ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut
bersama teman-temannya.
· Guru menuliskan kalimat
asmaul husna di papan tulis.
Menanya
· Siswa membuat pertanyaan
tentang gambar yang ada di buku cetak. Termasuk kegiatan apa yang sedang
dilakukan dalam gambar tersebut
· Guru memancing siswa untuk
membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
· Berdiskusi atau bertanya
jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar yang ada.
· Siswa menyampaikan
pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui tentang asmaul husna
· Siswa dibimbing guru
melafadzkan dua kalimat asmaul husna dengan benar dan fasih.
· Guru meminta siswa untuk
membaca artinya dan berusaha menghafalkannya.
Mengasosiasi
· Membuat kesimpulan dari materi asmaul husna
Mengomunikasikan
· Menyampaikan kembali isi
kesimpulan yang telah dipelajari dengan cara mengucapkannya di hadapan
teman-temannya
· Menyampaikan cara meneladani
asmaulh husna di hadapan temannya
|
Tugas
·
Menghafalkan asmaul husna beserta artinya
Observasi
·
Mengamati siswa selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
·
Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
Tes lisan
·
Hafalan asmaul husna beserta artinya
Test performen
·
Mempresentasikan cara meneladani salah satu
asmaul husna
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3
Mengetahui adanya kitab-kitab Allah SWT. sebagai implementasi dari pengamalan rukun Iman
ke-3 (tiga).
4.3 Menceritakan
kitab-kitab Allah SWT. beserta nabi yang
menerimanya.
|
3.3.1 Menjelaskan pengertian kitab Allah
3.3.2 Menyebutkan jumlah kitab Allah
3.3.3 Menyebutkan nama-nama kitab Allah dan nabi
penerimanya
3.3.4 Menjelaskan hikmah berpegang teguh kepada
kitab Allah
4.3.5 Menuliskan cerita tentang kitab Allah
4.3.1 Menceritakan
kitab-kitab Allah SWT. beserta nabi yang menerimanya.
|
Iman kepada Kitab-kitab Allah
|
Mengamati
· Siswa mengamati gambar yang
ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut
bersama teman-temannya.
· Siswa mengamati tayangan yang
berisi berbagai macam kitab yang dibaca oleh pemeluknya
Menanya
· Siswa membuat pertanyaan
tentang gambar dan suasana sekitar.
·
Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan
yang ada hubungannya dengan materi kitab Allah
Mengekplorasi
· Guru meminta siswa untuk
menyatakan pendapatnya tentang tayangan yang telah dilihat dan menyampaikan
pendapatnya
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi
yang telah dipelajari tentang kitab-kitab Allah
Mengomunikasikan
· Siswa menyampaikan kembali
isi kesimpulan tentang kitab-kitab Allah di depan kelas secara
bergantian. Bisa juga siswa diminta pendapatnya tentang kitab suci yang
dijadikan pedoman hidupnya
|
Tugas
·
Menghafalkan nama-nama kitab beserta nabi
penerimanya
Observasi
·
Mengamati siswa selama proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
·
Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes performen
·
penampilan siswa dalam menyampaikan
pendapatnya di depan kelas
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4
Memahami sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyimulasikan
sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.4.1 Menjelaskan
pengertian sikap hormat
3.4.2
Menjelaskan pengertian sikap patuh
3.4.3 Menunjukkan
contoh-contoh sikap hormat dan patuh
3.4.4 Menjelaskan
hikmah bersikap hormat dan patuh
3.4.5 Menjelaskan
akibat tidak bersikap hormat dan patuh
4.4.1 Menyimulasikan sikap hormat
dan patuh
4.4.2 Memaparkan
contoh kisah dengan tema hormat dan patuh
|
Mengamati
· Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa
mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya
tentang
perilaku akhlak terpuji hormat dan
patuh
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh
·
Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
· Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya
tentang perilaku
akhlak hormat dan patuh
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka
ketahui.
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh yang telah dipelajari.
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang materi perilaku
akhlak terpuji hormat dan patuh
· Siswa memaparkan contoh sikap hormat dan patuh yang
bisa dilakukan baik di rumah atau sekolah
|
Tugas
· Mencari contoh sikap hormat dan patuh baik kepada
guru atau kepada orang tua. Siswa memberikan komentar atas gambaryang
mencerminkan sikap patuh dan hormat yang dibawanya.
Observasi
· Mengamati siswa selama kegiatan proses pembelajaran
dengan mengisi rubrik yang telah disusun
· Mengamati siswa mempraktikkan sikap yang
mencerminkan perilaku hormat dan patuh
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
|
3.5 Mendeskripsikan
sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan dalam kisah Masyitah.
4.5 Menyimulasikan
sikap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan sebagai implementasi dalam
meneladani kisah Masyitah.
|
3.5.1 Menyebutkan
pengertian tabah dan sabar
3.5.2
Menyebutkan pengertian sabar
3.5.3 Menunjukkan
contoh-contoh sikap
tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan
3.5.4 Mengidentifikasi
keteladanan yang bisa diambil dari kisah Masyithah
3.5.5 Menjelaskan
hikmah bersikap tabah dan sabar
4.5.1 Menyimulasikan sikap tabah
dan sabar
4.5.2 Memaparkan
kisah keteladanan Masyithah
|
Mengamati
·
Siswa melihat tayangan yang mengisahkan tentang perjuangan Masyithah
dalam mempertahankan agamanya. Jika tidak siswa bisa juga mendengarkan cerita
guru yang berkisah tentang Masyithah.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang tayangan atai kisah yang telah
disampaikan oleh guru.
· Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada
hubungannya dengan materi sabar dan
tabah
Mengekplorasi
· Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya
tentang sabar dan tabah.
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka diskusikan
dengan temannya.
Mengasosiasi
· Membuat kesimpulan dari materi sabar dan tabah.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan materi sabar dan tabah yang telah
dipelajari pada saat ini.
·
Siswa diminta membuat pernyataan yang merupakan cerminan sikap akan
menerapkan perilaku sabar dan
tabah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tugas
· Siswa diminta untuk selalu mempraktikkan sikap sabar
dan tabah dalam kehidupan sehari-hari
|
2 TM
(4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
|
3.6
Mendeskripsikan kisah Tsa’labah sebagai
implementasi dalam menghindari sifat
tercela kufur nikmat.
4.6 Menceritakan kisah Tsa’labah sebagai bentuk
menghindari akhlak tercela kufur nikmat.
|
3.6.1 Menjelaskan
pengertian kufur nikmat
3.6.2
Menjelaskan kisah Tsa’labah
3.6.3
Menunjukkan sifat
tercela yang dimiliki kisah
Tsa’labah
3.6.4 Mengidentifikasi
pelajaran yang bisa diperoleh dari kisah Tsa’labah
3.6.5
Menganalisis pelajaran dari kisah Tsa’labah
4.6.1 Menuliskan
cerita tentang kisah Tsa’labah
4.6.2 Memaparkan
kisah Tsa’labah
4.6.3 Menyimulasikan
kisah Tsa’labah
|
Mengamati
· Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak tentang akhlak tercela
yaitu sikap Tsa’labah
· Atau siswa melihat tayangan tentang kisah Tsa’labah,
jika tidak maka siswa bisa mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru
atau perwakilan siswa yang telah mengatahui tentang kisah tersebut.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan kisah
Tsa’labah.
·
Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
·
Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya kisah Tsa’labah
dihubungkan dengan kegiatan kehidupan sehari-hari.
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui
kepada teman-temannya.
· Berdiskusi tentang kisah Tsa’labah.
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi kisah
Tsa’labah
·
Menjelaskan bagaimana cara menghindari perilaku tercela yang ada dalam kisah Tsa’labah
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan tantang materi akhlak tercela
tentang kisah Tsa’labah
|
Observasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
Tugas
· Mempraktikkan menjauhi sikap tidak baik sebagaimana
yang telah mereka pelajari dari kisah Tsa’labah
|
·
2
TM
· (4 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas : IV (Empat)
Semester : Genap
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Meyakini
Allah SWT.
melalui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum).
1.2 Meyakini
Allah SWT.
sebagai as-Salwm,
dan al- Latrf.
1.3 Meyakini adanya nabi dan rasul Allah SWT.
1.4 Menghayati adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
1.5 Menolak sifat munafik.
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
|||||
2.1 Terbiasa mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.
2.2 Mencontoh sifat
Allah SWT.
sebagai as-Salwm,
dan al- Latrf.
2.3
Meneladani sifat terpuji nabi dan rasul Allah
SWT.
2.4 Terbiasa beradab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Menghindari sifat munafik.
|
·
Observasi
·
Penilaian Diri
·
Penilaian Sejawat
· Jurnal/Catatan
|
|||||
3.1
Mengetahui kalimat tayyibah (As-salwmu ‘alaikum). Mengetahui
kalimat tayyibah (As-salamu ‘alaikum).
4.1 Mendemonstrasikan cara mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i
|
3.1.1 Mengidentifi-
kasi lafal kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.2
Menunjukkan arti kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.3 Membaca
kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.4 Menyebutkan
waktu yang tepat mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
3.1.5 Menjelaskan
hikmah mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
4.1.1 Melafalkan
kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dengan fasih
4.1.2 Mempraktikkan
mengucap kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dalam setiap kesempatan
|
Kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan
teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dari gambar tersebut.
·
Guru memancing siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi kalimat thayyibah Assalamu’alaikum yang sedang
dipelajari
Mengekplorasi
· Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya
tentang kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka
ketahui.
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi kalimat kalimat thayyibah Assalamu’alaikum yang telah dipelajari
brsama-sama.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang kalimat thayyibah
Assalamu’alaikum yang telah dipelajari pada bab ini kepada teman-yamannya.
·
Siswa menyampaikan contoh-contoh penggunaan kalimat thayyibah Assalamu’alaikum dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
· Menulis lafadz kalimat thayyibah Assalamu’alaikum
dengan baik dengan cara mencontoh tulisan yang ada di buku atau di papan
tulis. Siswa melengkapinya dengan artinya.
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
Tes lisan
· Membaca lafadz Assalamu’alaikum dengan fasih
beserta artinya
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2
Mengenal sifat-sifat Allah SWT
yang terkandung dalam al-Asmw’ al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf). Mengenal
sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif).
4.2 Melafalkan kalimah al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf). Melafalkan kalimah as-Salam,
dan al- Latif.
|
3.2.1 Membaca
al-Asmw’ al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf).
3.2.2 Mengartikan al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf)
3.2.3 Mengidentifikasi bukti bahwa Allah bersifat as-Salwm,
dan al- Latrf
3.2.4 Menyebutkan cara meneladani sifat Allah yang
terkandung dalam al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf).
3.2.5 Menjelaskan hikmah membaca al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf)
4.2.1 Menulis lafal al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf). beserta artinya
4.2.2 Menulis arti al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf)
4.2.3 Menghafalkan al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf)
|
al-Asmw’
al-ousnw
(as-Salwm, dan
al- Latrf).
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan
teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang sifat-sifat Allah SWT yang terkandung
dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif).
·
Guru mendorong siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
·
Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman tentang sifat-sifat
Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif) dengan teman sebangkunya.
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka
ketahui.
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi sifat-sifat Allah SWT yang terkandung
dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif) yang telah
dipelajari.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari sifat-sifat
Allah SWT yang terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif) pada bab ini.
·
Siswa menyampaikan atau memaparkan cara meneladani sifat Allah yang
terkandung dalam al-Asma’
al-Husna (as-Salam,
dan al- Latif)
|
Tugas
· Menulis asmaul husna dengan baik dengan cara
mencontoh tulisan yang ada di buku atau di papan tulis. Siswa melengkapinya
dengan artinya.
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian singkat
Tes lisan
· Hafalan lafadz asmaul husna beserta artinya
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3 Menjelaskan nama-nama nabi, Rasul
Allah SWT. dan Ulul
Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.
4.3 Menyajikan
peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.
|
3.3.1 Menyebutkan
nama nama nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
3.3.2 Menyebutkan
sifat wajib bagi rasul
3.3.3
Menunjukkan arti sifat wajib bagi rasul
3.3.4
Menjelaskan kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
3.3.5 Mengidentifi- kasi keteladanan yang bisa
diambil dari kisah rasul Ulul ‘Azmi
4.3.1 Membuat
peta konsep nama-nama nabi Ulul ‘Azmi
4.3.2 Memaparkan
peta konsep tentang nama-nama rasul Ulul ‘Azmi
|
Kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan
teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
·
Guru menayangkan salah satu film yang mengisahkan tentang perjuangan
rasul yang termasuk Ulul ‘Azmi
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi.
·
Guru mendorong siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi kisah nabi yang termasuk Ulul
‘Azmi.
Mengekplorasi
· Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya
tentang nabi yang termasuk dalam kelompok Ulul ‘Azmi
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka
ketahui.
Mengasosiasi
· Membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
Diantaranya tentang keteladanan yang bisa diambil dari kisah tersebut
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari pada proses
pembelajaran hari ini.
·
Siswa menyampaikan atau memaparkan salah satu kisah nabi yang termasuk Ulul ‘Azmi di hadapan teman
sekelasnya
|
Tugas
· Siswa menghafalkan nama-nama nabi yang termasuk Ulul
‘Azmi beserta mu’jizat yang dimilikinya.
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun.
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan
· Siswa memaparkan kisah tentang salah satu nabi yang
termasuk Ulul ‘Azmi dihadapan teman-temannya.
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4 Menjelaskan adab bertamu dan berteman dalam
kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyimulasikan adab
bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
Menyimulasikan
adab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari
|
3.4.1 Menjelaskan adab bertamu
3.4.2
Menjelaskan adab berteman
3.4.3 Mengidentifika-
si keuntungan beradab yang baik ketika bertamu
3.4.4
Mengidentifika- si keuntungan beradab yang baik ketika berteman
3.4.5 Menjelaskan
akibat tidak beradab yang baik ketika bertamu
3.4.6
Menjelaskan akibat tidak beradab yang baik ketika berteman
4.4.1
Menyimulasi-kan adab bertamu
4.4.2
Menyimulasi-kan adab berteman
|
Adab bertamu dan berteman
|
Mengamati
·
Guru menayangkan film tentang adab bertamu atau adab berteman yang baik
atau yang tidak baik.
·
Siswa mengamati gambar atau tayangan yang diberikan.
·
Siswa mengamati dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama
teman-temannya.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar tersebut.
·
Guru memotivasi siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya
dengan materi yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
·
Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman sebangkunya tentang gambar
yang ada.
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka ketahui
tentang sikap
adab
bertamu dan
berteman
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari materi sikap ramah dan sopan santun
terhadap orang tua dan guru yang telah
dipelajari.
Mengomunikasikan:
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah mereka buat.
|
Tugas
· siswa mencari 10 alasan mengapa harus bersikap
santun kepada orang tua dan guru
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah disusun. Guru juga mengamati perilaku siswa selama
proses pembelajaran. Guru mengecek apakah materi yang disampaikan sudah bisa
dilaksanakan dengan baik atau belum
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan
· Mempraktikkan adab bertamu dan berteman
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.5 Menjelaskan sifat munafik, dampak negatif dan cara menghindarinya.
4.5 Menceritakan dampak negatif sifat munafik.
|
3.5.1 Menyebutkan
pengertian munafik
3.5.2 Mengidentifika-
si ciri-ciri sikap munafik
3.5.3
Menunjukkan contoh sikap munafik
3.5.4 Menjelaskan
akibat berperilaku sebagaimana sikap orang munafik
3.5.5 Menyebutkan
cara menghindari sikap munafik
4.5.1 Membuat
tulisan dengan tema munafik
4.5.2 Memaparkan
kisah tentang munafik
|
Menghindari sifat munafik
|
Mengamati
·
Siswa mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati dengan
teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya.
Menanya
·
Siswa membuat pertanyaan tentang gambar akhlak tercela:
sifat munafik
·
Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan yang ada hubungannya dengan
materi akhlak tercela:
sifat munafik yang sedang dipelajari
Mengekplorasi
·
Berdiskusi atau bertanya jawab dengan teman satu kelompoknya tentang
gambar yang ada.
·
Siswa menyampaikan pendapatnya atau pengetahuan yang telah mereka
ketahuisetelah berdiskusi dengan teman sekelompoknya.
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari akhlak tercela: sifat munafik
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan kembali isi kesimpulan yang telah dipelajari pada bab ini.
·
Menyampaikan pemaparan tentang sifat munafik termasuk bagaimana cara
menjauhi sifat tersebut
|
Tugas
· Siswa mencari beberapa contoh akhlak tercela yang
tidak boleh ditiru.
Orservasi
· Mengamati siswa selama proses pembelajaran dengan
mengisi rubrik yang telah dirancang sebelumnya
Tes tulis
· Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
Tes lisan
· Mempraktikkan menjauhiperilaku yang termasuk sifat munafik dalam kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan bersikap nifak.
|
3 TM
(6 x 35)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4
· Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak dan elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang mendukung
|
Komentar
Posting Komentar