SILABUS AKIDAH AKHLAK X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN       : MADRASAH  ALIYAH                  
MATA PELAJARAN             : AKIDAH AKHLAK
KELAS/PEMINATAN              : ILMU-ILMU KEAGAMAAN


KOMPETENSI INTI :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

SILABUS KELAS X/ GANJIL
Kompetensi Dasar

Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menyadari pentingnya ber-akhlakul karimah dalam pergaulan remaja
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.2     Menghayati nilai-nilai sifat tobat, wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.3     Menyadari kewajiban menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.4     Menghayati nilai-nilai membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.5     Menyadari pentingnya menghindari perilaku tercela seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.1     Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.2     Membiasakan perilaku tobat,wara, qanw’ah, zuhud, dan amanah
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.3     Menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.4     Membiasakan membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur dengan adab yang baik
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.5     Menghindari perilaku tercela seperti perilaku Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
3.1.  Memahami akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

4.1.  Menunjukkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja


3.1.1     Menjelaskan pengertian Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
3.1.2     Menjelaskan ciri-ciri akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.1.3     Menyimpulkan intisari Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja.
3.1.4     Mengidentifikasi menghindari Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja.

4.1.1     Memaparkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remajaakhlak terpuji dalam pergaulan remajadengan baik dan benar.


Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
·     Mengamati berbagai kejadian yang berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·  Menanyakan pengertian Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
·  Menanyakan hikmah menghindari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, serta hadits terkait.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja.
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dengan kegiatan sehari-hari
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Akhlak Terpuji daam pergaulan remaja

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja berdasarkan hasil temuannya di lapangan
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
·     Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
·     Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang akhlak terpuji daam pergauan remaja  yang terjadi dalam kehidupan.
·     Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan akhlak terpuji daam pergaulan remaja
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang akhak terpuji daam pergaulan remaja.
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.2     Menganalisis sifat tobat,wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah serta cara membiasakannya.

4.2 Menunjukkan contoh sifat tobat,wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah



















3.2.1   Menguraikan cara-cara tobat.

3.2.2   Menjelaskan keutamaan sifat wara’

3.2.3   Mengidentifikasi Ciri-ciri sifat qana’ah

3.2.4   Menyebutkan ciri-ciri sikap zuhud.

3.2.5   Menyimpulkan Keutamaan sifat Amanah

4.2.1 Mencontohkan sifat amanah dalam kehidupan sehari-hari
























Akhlak Mahmudah (Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah)
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud dan Amanah.
·     Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·  Menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan gambar yang diamati sesuai topik yang dibahas

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah  dengan kegiatan sehari-hari.
·        Menganalisis hasil temuannya

Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan sifat Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sifat Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
·   Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.









2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.3.  Memahami pengertian dan bahaya dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) serta cara menghindarinya

4.3. Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)

3.3.1   Menjelaskan Pengertian dosa-dosa besar
3.3.2   Menyebutkan contoh-contoh dosa besar
3.3.3     Menguraikan cara menghindari perilaku mabuk-mabukan dan mengkonsumsi narkoba
3.3.4    Menyebutkan  cara-cara menghindari perilaku berjudi
3.3.5    Mengidentifikasi bahaya perbuatan zina dan pergaulan bebas
3.3.6   Menguraikan bahaya perilaku mencuri

4.3.1   Memperesentasikan cara-cara menghindari dosa besar














Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsum-si narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·     Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·  Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar yang diamati.

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan Dosa besar.
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik dengan Dosa besar

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan Dosa besar  dengan kehidupan sehari-hari.
·        Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan dosa besar.
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan mabuk-mabukan berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mabuk-mabukan

Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Observasi
·   Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung












3.4.  Memahami adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur serta hikmahnya

4.4.  Mempraktikkan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur

3.4.1. Mengidentifikasi adab membesuk orang sakit

3.4.2. Menyimpulkan hikmah membesuk orang sakit

3.4.3. Menguraikan adab takziyah.

3.4.4. Menyimpulkan hikmah takziyah

3.4.5. Menguraikan adab ziarah kubur

3.4.6 Mengidentifikasi hikmah adab ziarah kubur

4.4.1 Mensimulasikan adab membesuk orang sakit.
4.4.2. Memperagakan adab membesuk adab takziah
4.4.3.Mensimulasikan adab ziarah kubur


a. Adab Membesuk Orang Sakit dan Hikmahnya
b.Adab Takziyah dan hikmahnya
c. Adab Ziarah Kubur dan hikmahnya

Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur.
·     Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur

Menanya
·  Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar terkait tema

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur

Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan adab dalam Islam dengan kegiatan sehari-hari.
·     Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur.
·  Diskusi kelompok membahas hasil penggalian informasi
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




3.5.   Menganalisis perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth

4.5.  Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
3.5.1 Menjelaskan pengertian orang-orang orang durhaka
3.5.2 Menjelaskan tentang Abu Lahab dan Istrinya dan istri Nabi Luth
3.5.3 Menjelaskan perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
4.5.1 Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth

Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)

Mengamati
·       Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
·       Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)

Menanya
·        Menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan gambar terkait tema
·        Guru merespon pertanyaan siswa tersebut

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth.
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)

Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) dengan kejadian sehari-hari.
·     Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan penggaliannya dari beberapa sumber belajar
·     Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang kisah Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Kisah orang-orang  durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung






SILABUS AKHLAK KELAS X/ GENAP
Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.   Menyadari nilai-nilai hak asasi manusia yang dilindungi Islam
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.2.   Menghayati nilai-nilai mujwhadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.3.   Menyadari kewajiban menghindari riywtakabbur, nifwq, fwsiq, dan hasad
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
1.4.   Menghayati nilai-nilai akhlak terpuji dalam adab mengundang dan memenuhi undangan
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
1.5.   Menghayati akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.1.   Memahami hak asasi manusia yang dilindungi Islam
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.2.   Terbiasa melaksanakan mujwhadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan

-
-
2.3.   Menghindari perilaku riywtakabbur, nifwq, fwsiq, dan hasad
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.4.   Membiasakan akhlak  terpuji ketika mengundang dan menerima undangan
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
-
-
2.5.  Meneladani akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
-
-
-
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan
-
-
3.1. Memahami pandangan Islam mengenai hak asasi manusia

4.1. Mempresentasikan pandangan Islam mengenai Hak Asasi manusia

3.1.1 Menjelaskan pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)
3.1.2  Menguraikan prinsip-prinsip HAM dalam Islam

3.1.3. Menyebutkan HAM yang dilindungi oleh Islam

3.1.4. Menyebutkan beberapa pelanggaran HAM di Masyarakat

4.1.1 Mempresentasikan pandangan Islam mengenai Hak Asasi manusia

Hak Asasi Manusia (HAM)
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·  Menanyakan hal-hal yang berhubu-ngan dengan pengamatannya terkait tema
·  Guru member respons terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa

Mengumpulkan data
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan Hak Asasi Manusia (HAM) dengan kehidupan sehari-hari.
·        Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM)

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) berdasarkan hasil temuannya.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM)
Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Hak Asasi Manusia (HAM)yang terjadi dalam kehidupan.

· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM)
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




3.2.  Menganalisis mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya

4.2.  Menunjukkan contoh mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya

3.2.1        Menguraikan keutamaan mujahadah an-nafsi (kontrol diri)

3.2.2        Menjelaskan cara membiasakan musabaqah bil khairat,

3.2.3        Menjelaskan pandangan Islam tentang etos kerja

3.2.4        Menyebutkan ciri-ciri sikap Dinamis

3.2.5        Menguraikan Keutamaan perilaku Inovatif

3.2.6        Menjelaskan ciri-ciri perilaku kreatif


4.2.1  Mempresentasikan contoh mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya


a. Mujahadah an-nafsi (kontrol diri),
b.Musabaqah bil khairat,
c. Etos Kerja
d. Dinamis,
e. Inovatif
f. Kreatif
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
·     Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif

Menanya
·    Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pengamatan terkait tema
·    Guru merespon berbagai pertanyaan siswa

Mengeksplore
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Akhlak Terpuji tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan Akhlak Terpuji tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif dengan kehidupan sehari-hari.
·        Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif  berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




3.3.  Menganalisis pengertian dan bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya.

4.3.   Mempresentasikan contoh sifat riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya


3.3.1 Menjelaskan riya
3.3.2 Menyebutkan bahaya takabbur

3.3.3 Menguraikan bahaya hasad

3.3.4 Menyebutkan cara menghindarii nifaq

3.3.5. Menjelaskan bahaya dari sifat Hasad

4.3.1.Memaparkan contoh sifat  riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad


a. Riya
b. Takabbu,
c. Nifaq
d. Fasiq
e. Hasad
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad.
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.

Menanya
·    Menanyakan beberapa hal terkait dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
·    Guru member respons terhadap pertanyaan yang muncul

Mengeksplorasi
·      Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
·      Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang  tentang riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad dengan kehidupan sehari-hari.
·        Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad.
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad

Tugas:
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya.
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bahaya riyatakabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




3.4.   Memahami adab mengundang dan memenuhi undangan

4.4.   Mempraktikkan adab mengundang dan memenuhi undangan

3.4.1  Menjelaskan adab mengundang

3.4.2. Menguraikan hikmah adab mengundang

3.4.3  Menjelaskan adab memenuhi undangan

3.4.4  Menjelaskan hikmah adab menerima undangan


4.4.1   mensimulasikan adab mengundang dan memenuhi undangan
Adab dalam Islam.
a.    Adab mengun-dang
b.   Adab memenuhi undangan
Mengamati
·     Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan
·     Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan

Menanya
·    Menanyakan beberapa hal terkait pengamatannya sesuai tema
·    Guru memberi respon terhadap pertanyaan siswa

Mengeksplore
·     Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang adab mengundang dan memenuhi undangan

Mengasosiasikan
·        Mencari hubungan Adab dalam Islam adab mengundang dan memenuhi undangan dengan kehidupan sehari-hari.
·        Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan dengan kehidupan sehari-hari
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan adab mengundang dan memenuhi undangan
Tugas:
·  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang adab mengundang dan memenuhi undangan
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas

Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan  dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang adab mengundang dan memenuhi undangan
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung




3.5.   Menganalisis akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.

4.5.  Menceritakan kisah teladan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
3.5.1 Menguraikan akhlak utama Abu Bakar as-Siddiq r.a.
3.5.2 Menguraikan akhlak utama Umar bin Khattab r.a.
3.5.3 Menguraikan akhlak utama Usman bin  affan r.a
3.5.4 Menguraikan akhlak utama Ai bin Abi Taib r.a.

4.5.1 Menceritakan kisah teladan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.



Kisah-Kisah orang-orang salih.
a.    Abu Bakar as-Siddiq r.a.,
b.   Umar bin Khattab r.a.,
c.    Usman bin Affan r.a., dan
d.   Ali Bin Abi Talib r.a.

Mengamati
·    Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Kisah orang-orang salih. (Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.)
·     Menyimak penjelasan guru yang berkaitan dengan Kisah Khulafaur Rasyidin
Menanya
·  Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tampilan gambar atau tayangan video
·  Guru merespon terhadap pertanya-an yang muncul dari para siswa

Mengeksplorasi
·  Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
·  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.

Mengasosiasikan
·  Mencari hubungan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a. dengan kehidupan sehari-hari.
·  Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kisah Khulfaur Rasyidin

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak utama dari khulfaur Rasyidin
·      Menyampaikan hasil temuan  tentang berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
Tugas:
·   Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
·  Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
·  Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

Observasi
·   Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.dalam kehidupan sehari-hari

Portofolio,
·   Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
·   Membuat laporan penelusuran tentang hal-hal yang berkaitan dengan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
2 TM
(4 x 45 Menit)
·  Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014

·  Al-Qur’an dan Terjamahanya

·  Buku penunjang lainnya  yang relevan

·  Media cetak dan elektronik sesuai materi

·  Lingkungan sekitar yang mendukung





Hotel de Java, 16-18 Juli 2014 M/
18-21  Ramadhan 1435 H
Tim Penyusun Silabus Akhlak Madrasah Aliyah

Komentar

Postingan Populer