SILABUS AKIDAH AKHLAK X MA KEAGAMAAN KURIKULUM 2013
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN : MADRASAH ALIYAH
MATA PELAJARAN : AKIDAH
AKHLAK
KELAS/PEMINATAN : ILMU-ILMU KEAGAMAAN
KOMPETENSI
INTI :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
SILABUS
KELAS X/ GANJIL
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari pentingnya ber-akhlakul karimah dalam pergaulan
remaja
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2 Menghayati nilai-nilai sifat tobat, wara’, qana’ah,
zuhud, dan amanah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.3 Menyadari kewajiban
menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba,
berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.4 Menghayati
nilai-nilai membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.5
Menyadari pentingnya menghindari perilaku tercela seperti yang
dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1
Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2
Membiasakan perilaku tobat,wara’, qanw’ah, zuhud, dan
amanah
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.3
Menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi
narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4
Membiasakan membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
dengan adab yang baik
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5
Menghindari perilaku tercela seperti perilaku Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1. Memahami akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
4.1.
Menunjukkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
3.1.1
Menjelaskan
pengertian Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
3.1.2
Menjelaskan ciri-ciri akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
3.1.3
Menyimpulkan intisari Akhlak Terpuji dalam pergaulan
remaja.
3.1.4
Mengidentifikasi menghindari
Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja.
4.1.1
Memaparkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan
remajaakhlak terpuji dalam pergaulan remajadengan baik dan benar.
|
Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
· Mengamati berbagai kejadian yang berkaitan
dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan
sehari-hari.
Menanya
· Menanyakan pengertian Akhlak Terpuji
dalam pergaulan remaja
· Menanyakan hikmah menghindari akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja, serta hadits terkait.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja.
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak
dan elektronik tentang Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dengan kegiatan sehari-hari
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan Akhlak Terpuji daam pergaulan remaja
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja berdasarkan hasil temuannya di lapangan
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
· Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan Akhlak Terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang akhlak terpuji daam pergauan remaja yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan akhlak terpuji daam pergaulan remaja
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
akhak terpuji daam pergaulan remaja.
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.2 Menganalisis
sifat tobat,wara’, qana’ah, zuhud, dan amanah serta cara
membiasakannya.
4.2 Menunjukkan contoh sifat tobat,wara’, qana’ah,
zuhud, dan amanah
|
3.2.1 Menguraikan cara-cara tobat.
3.2.2 Menjelaskan keutamaan sifat wara’
3.2.3 Mengidentifikasi Ciri-ciri sifat qana’ah
3.2.4 Menyebutkan ciri-ciri sikap zuhud.
3.2.5 Menyimpulkan Keutamaan sifat Amanah
4.2.1 Mencontohkan sifat amanah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Akhlak Mahmudah
(Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah)
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud dan
Amanah.
· Mengamati berbagai berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
· Menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan gambar yang
diamati sesuai topik yang dibahas
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah,
Zuhud, dan Amanah.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah.
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan Tobat,
Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan
Amanah dengan kegiatan sehari-hari.
·
Menganalisis
hasil temuannya
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan sifat Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah berdasarkan hasil temuannya di
lapangan.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan sifat Tobat, Wara’, Qana’ah,
Zuhud, dan Amanah.
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Tobat,
Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan
Amanah
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
· Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan Tobat, Wara’, Qana’ah,
Zuhud, dan Amanah dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan Amanah yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan Tobat, Wara’, Qana’ah, Zuhud, dan
Amanah.
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.3. Memahami
pengertian dan bahaya dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba,
berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri) serta cara menghindarinya
4.3. Mempresentasikan cara menghindari dosa besar (mabuk-mabukan,
mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
3.3.1
Menjelaskan Pengertian dosa-dosa besar
3.3.2 Menyebutkan
contoh-contoh dosa besar
3.3.3 Menguraikan cara menghindari perilaku mabuk-mabukan dan
mengkonsumsi narkoba
3.3.4 Menyebutkan
cara-cara menghindari perilaku berjudi
3.3.5 Mengidentifikasi bahaya perbuatan zina dan
pergaulan bebas
3.3.6 Menguraikan bahaya perilaku mencuri
4.3.1 Memperesentasikan cara-cara menghindari
dosa besar
|
Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsum-si narkoba, berjudi,
zina, pergaulan bebas dan mencuri)
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan dosa besar (mabuk-mabukan,
mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
· Mengamati berbagai berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi,
zina, pergaulan bebas dan mencuri)
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi,
zina, pergaulan bebas dan mencuri) dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
· Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar yang diamati.
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan
dengan Dosa besar.
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak
dan elektronik dengan Dosa besar
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan Dosa
besar dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan dosa besar.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan mabuk-mabukan berdasarkan hasil
temuannya di lapangan.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mabuk-mabukan
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina,
pergaulan bebas dan mencuri)
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Observasi
· Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan dosa besar
(mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan
mencuri) dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang dosa
besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas
dan mencuri) yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan dosa besar
(mabuk-mabukan, mengkonsumsi narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan
mencuri)
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.4. Memahami adab
membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur serta hikmahnya
4.4. Mempraktikkan adab
membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
|
3.4.1. Mengidentifikasi adab
membesuk orang sakit
3.4.2. Menyimpulkan hikmah membesuk orang sakit
3.4.3. Menguraikan adab takziyah.
3.4.4. Menyimpulkan
hikmah takziyah
3.4.5. Menguraikan adab ziarah kubur
3.4.6 Mengidentifikasi hikmah adab ziarah kubur
4.4.1 Mensimulasikan adab membesuk orang sakit.
4.4.2. Memperagakan adab membesuk adab takziah
4.4.3.Mensimulasikan adab ziarah kubur
|
a. Adab Membesuk
Orang Sakit dan Hikmahnya
b.Adab Takziyah dan
hikmahnya
c. Adab Ziarah Kubur
dan hikmahnya
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah
dan ziarah kubur.
· Mengamati berbagai berbagai kejadian yang
berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
Menanya
· Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan gambar terkait tema
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak
dan elektronik tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan adab dalam Islam dengan kegiatan sehari-hari.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit,
takziyah dan ziarah kubur
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan adab
membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan adab membesuk orang sakit,
takziyah dan ziarah kubur
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang adab
membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur.
· Diskusi kelompok membahas hasil penggalian informasi
· Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan adab membesuk orang sakit,
takziyah dan ziarah kubur dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang adab membesuk orang sakit, takziyah dan
ziarah kubur yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan adab membesuk orang sakit, takziyah dan ziarah kubur
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.5. Menganalisis perilaku tercela Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth
4.5. Menceritakan kisah
Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
|
3.5.1 Menjelaskan pengertian orang-orang orang durhaka
3.5.2 Menjelaskan tentang Abu Lahab dan
Istrinya dan istri Nabi Luth
3.5.3 Menjelaskan perilaku
tercela Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth
4.5.1 Menceritakan kisah Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi
Luth
|
Kisah orang-orang durhaka (Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth)
|
Mengamati
·
Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Kisah orang-orang
durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
·
Mengamati berbagai berbagai kejadian yang berkaitan dengan Kisah orang-orang
durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
Menanya
·
Menanyakan
hal-hal yang berhubungan dengan gambar terkait tema
·
Guru merespon
pertanyaan siswa tersebut
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan Kisah orang-orang durhaka (Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang Kisah orang-orang durhaka (Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth)
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan Kisah
orang-orang durhaka (Abu
Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) dengan kejadian sehari-hari.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Kisah orang-orang durhaka (Abu
Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan
penggaliannya dari beberapa sumber belajar
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang kisah Kisah orang-orang
durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Kisah orang-orang
durhaka (Abu Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth)
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Kisah orang-orang durhaka (Abu
Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang Kisah
orang-orang durhaka (Abu
Lahab dan istrinya dan istri Nabi Luth) yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan Kisah orang-orang durhaka (Abu Lahab dan
istrinya dan istri Nabi Luth)
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
SILABUS AKHLAK
KELAS X/ GENAP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Menyadari nilai-nilai hak asasi manusia yang dilindungi Islam
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.2. Menghayati
nilai-nilai mujwhadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.3. Menyadari kewajiban menghindari
riyw’ takabbur, nifwq, fwsiq, dan hasad
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.4. Menghayati
nilai-nilai akhlak terpuji dalam adab mengundang dan memenuhi undangan
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
1.5. Menghayati akhlak
utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan
r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.1.
Memahami hak asasi manusia yang dilindungi Islam
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.2.
Terbiasa melaksanakan mujwhadah an-nafsi (kontrol diri), musabwqah bil khairwt, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.3.
Menghindari perilaku riyw’ takabbur, nifwq, fwsiq, dan hasad
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.4.
Membiasakan akhlak
terpuji ketika mengundang dan menerima undangan
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
2.5.
Meneladani akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar
bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
-
|
-
|
-
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawa
Jurnal/Catatan
|
-
|
-
|
3.1. Memahami pandangan Islam mengenai hak asasi manusia
4.1. Mempresentasikan pandangan Islam mengenai Hak Asasi
manusia
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian Hak Asasi Manusia
(HAM)
3.1.2 Menguraikan prinsip-prinsip HAM
dalam Islam
3.1.3. Menyebutkan HAM yang dilindungi oleh Islam
3.1.4. Menyebutkan beberapa pelanggaran HAM di Masyarakat
4.1.1 Mempresentasikan pandangan
Islam mengenai Hak Asasi manusia
|
Hak Asasi Manusia (HAM)
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia
(HAM)
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan
sehari-hari.
Menanya
· Menanyakan hal-hal yang berhubu-ngan dengan pengamatannya
terkait tema
· Guru member respons terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa
Mengumpulkan data
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
Hak Asasi Manusia (HAM) dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan
hasil temuan tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan Hak Asasi
Manusia (HAM) berdasarkan hasil temuannya.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM)
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Hak Asasi
Manusia (HAM)
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam
kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang Hak Asasi Manusia (HAM)yang terjadi dalam
kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan Hak Asasi Manusia (HAM)
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.2. Menganalisis mujahadah
an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi
muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
4.2. Menunjukkan contoh
mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos
kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
|
3.2.1
Menguraikan keutamaan mujahadah an-nafsi (kontrol diri)
3.2.2
Menjelaskan cara membiasakan musabaqah bil khairat,
3.2.3
Menjelaskan pandangan Islam tentang etos kerja
3.2.4
Menyebutkan ciri-ciri sikap Dinamis
3.2.5
Menguraikan Keutamaan perilaku Inovatif
3.2.6
Menjelaskan ciri-ciri perilaku kreatif
4.2.1
Mempresentasikan contoh mujahadah an-nafsi (kontrol
diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis,
inovatif dan kreatif serta cara membiasakannya
|
a. Mujahadah an-nafsi (kontrol diri),
b.Musabaqah bil khairat,
c. Etos
Kerja
d. Dinamis,
e. Inovatif
f. Kreatif
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi
(kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,
dinamis, inovatif dan kreatif
· Mengamati berbagai berbagai kejadian yang
berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah
bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
Menanya
· Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pengamatan terkait
tema
· Guru merespon berbagai pertanyaan siswa
Mengeksplore
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil
khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak
dan elektronik tentang Akhlak
Terpuji tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah
bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan Akhlak Terpuji tentang mujahadah
an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja
pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan
hasil temuan tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil
khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan
mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos
kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif berdasarkan hasil temuannya di lapangan.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mujahadah an-nafsi
(kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,
dinamis, inovatif dan kreatif
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang mujahadah
an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi
muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan mujahadah an-nafsi
(kontrol diri), musabaqah bil khairat, etos kerja pribadi muslim,
dinamis, inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah
bil khairat, etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan mujahadah an-nafsi (kontrol diri), musabaqah bil khairat,
etos kerja pribadi muslim, dinamis, inovatif dan kreatif
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.3. Menganalisis
pengertian dan bahaya riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
serta cara menghindarinya.
4.3. Mempresentasikan
contoh sifat riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta
cara menghindarinya
|
3.3.1
Menjelaskan riya
’
3.3.2 Menyebutkan bahaya takabbur
3.3.3 Menguraikan bahaya hasad
3.3.4 Menyebutkan cara menghindarii nifaq
3.3.5. Menjelaskan bahaya dari sifat Hasad
4.3.1.Memaparkan contoh sifat riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
|
a. Riya’
b. Takabbu,
c. Nifaq
d. Fasiq
e. Hasad
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad.
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta cara
menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
· Menanyakan beberapa hal terkait dengan riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad
· Guru member respons terhadap pertanyaan yang muncul
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang tentang riya’ takabbur, nifaq, fasiq,
dan hasad
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
bahaya riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad dengan
kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan
hasil temuan tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan riya’ takabbur, nifaq, fasiq,
dan hasad
|
Tugas:
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang bahaya riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad serta cara menghindarinya.
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan bahaya riya’ takabbur,
nifaq, fasiq, dan hasad serta
cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang bahaya riya’ takabbur, nifaq, fasiq,
dan hasad serta cara menghindarinya yang terjadi dalam kehidupan.
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan bahaya riya’ takabbur, nifaq, fasiq, dan hasad serta
cara menghindarinya
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.4. Memahami adab
mengundang dan memenuhi undangan
4.4. Mempraktikkan
adab mengundang dan memenuhi undangan
|
3.4.1 Menjelaskan adab mengundang
3.4.2.
Menguraikan hikmah adab mengundang
3.4.3 Menjelaskan adab memenuhi undangan
3.4.4 Menjelaskan hikmah adab menerima undangan
4.4.1 mensimulasikan adab mengundang dan memenuhi
undangan
|
Adab dalam Islam.
a.
Adab mengun-dang
b.
Adab memenuhi
undangan
|
Mengamati
· Mengamati gambar atau video tentang
sesuatu yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi
undangan
· Mendengar, melihat, dan menyimpulkan berbagai kejadian yang
berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan
Menanya
· Menanyakan beberapa hal terkait pengamatannya sesuai tema
· Guru memberi respon terhadap pertanyaan siswa
Mengeksplore
· Menentukan sumber informasi yang ada di lingkungannya
berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi
undangan
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak
dan elektronik tentang adab mengundang dan memenuhi
undangan
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
Adab dalam Islam adab mengundang dan memenuhi
undangan dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan
hasil temuan tentang berbagai hal yang
berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi
undangan
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan dengan
kehidupan sehari-hari
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan adab mengundang dan memenuhi undangan
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang adab mengundang dan memenuhi undangan
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan
tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan adab mengundang dan memenuhi undangan dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
· Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik
individu maupun kelompok tentang adab
mengundang dan memenuhi undangan
· Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan
dengan adab mengundang dan memenuhi
undangan
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
3.5. Menganalisis akhlak utama dari Abu Bakar
as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi
Talib r.a.
4.5. Menceritakan kisah
teladan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan
r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
3.5.1 Menguraikan akhlak utama Abu
Bakar as-Siddiq r.a.
3.5.2 Menguraikan akhlak utama Umar
bin Khattab r.a.
3.5.3 Menguraikan akhlak utama Usman
bin affan r.a
3.5.4 Menguraikan akhlak utama Ai
bin Abi Taib r.a.
4.5.1 Menceritakan kisah teladan Abu Bakar as-Siddiq r.a.,
Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
Kisah-Kisah orang-orang salih.
a.
Abu Bakar
as-Siddiq r.a.,
b.
Umar bin Khattab
r.a.,
c.
Usman bin Affan
r.a., dan
d.
Ali Bin Abi Talib
r.a.
|
Mengamati
·
Mengamati gambar atau video tentang sesuatu yang berkaitan dengan Kisah
orang-orang salih. (Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman
bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.)
·
Menyimak penjelasan guru yang berkaitan dengan Kisah Khulafaur
Rasyidin
Menanya
· Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tampilan gambar atau
tayangan video
· Guru merespon terhadap pertanya-an yang muncul dari para siswa
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kisah Abu Bakar
as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi
Talib r.a.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media
cetak dan elektronik tentang Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a.,
Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab
r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a. dengan kehidupan
sehari-hari.
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kisah Khulfaur Rasyidin
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak utama dari khulfaur Rasyidin
· Menyampaikan hasil temuan
tentang berbagai hal yang berkaitan dengan akhlak utama dari Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab
r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
Tugas:
·
Mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber tentang Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a.,
Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
· Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
Observasi
·
Menilai kegiatan
pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan kisah Abu
Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali
Bin Abi Talib r.a.dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
·
Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a., Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a.,
dan Ali Bin Abi Talib r.a.
·
Membuat laporan
penelusuran tentang hal-hal yang berkaitan dengan Abu Bakar as-Siddiq r.a.,
Umar bin Khattab r.a., Usman bin Affan r.a., dan Ali Bin Abi Talib r.a.
|
2 TM
(4 x 45 Menit)
|
· Buku Pedoman Guru Mapel
Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Buku Pegangan Siswa
Mapel Akhlak MA Peminatan Keagamaan, Kemenag RI, 2014
· Al-Qur’an dan
Terjamahanya
· Buku penunjang
lainnya yang relevan
· Media cetak dan
elektronik sesuai materi
· Lingkungan sekitar yang
mendukung
|
Hotel
de Java, 16-18 Juli 2014 M/
18-21
Ramadhan 1435 H
Tim
Penyusun Silabus Akhlak Madrasah Aliyah
Komentar
Posting Komentar