Makalah MPBA Analisis RPP 2012 | Pasca IAIN IB



PERENCANAAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
FAHMUL MASMU’ DI MADRASAH ALIYAH

I.         Pendahuluan
Pembelajaran yang baik terjadi melalui melalui suatu proses yang sistematis. Agar suatu kegiatan dapat dilakukan dengan baik dan sistematis tentu harus direncanakan dengan baik. Dengan demikian guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran tentu harus membuat perencanaan dengan baik.
Suatu perencanaan pemlajaran tergantung pada kemampuan guru untuk mengembangkannya, karena tugas guru berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Demikian juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Guru bahasa Arab harus mampu membuat perencanaan pembembelajaran dengan baik dan tepat, agar tujuan dari pembelajaran itu dapat tercapai.
Pembelajaran bahasa Arab ada empat kemahiran, yakni istima’. Kalam, qiraah dan kitabah. dalam makalah ini akan dibahas tentang: Perencanaan dan strategi pembelajaran fahmul masmu’ dan analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh salah seorang guru bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Bukittinggi.

II.      Pembahasan
a.      Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Fahmul Masmu’
Salah satu prinsip linguistik menyatakan bahwa bahasa yang pertama-tama adalah ujaran, yakni bunyi-bunyi bahasa yang diucapkan dan bisa didengar. Atas dasar itulah beberapa ahli pengajaran bahasa menetapkan satu prinsip bahwa pengajaran bahasa harus di mulai dengan mengajarkan aspek-aspek pendengaran dan pengucapan sebelum membaca dan menulis.
Secara umum tujuan latihan menyimak adalah agar siswa dapat memahami ujaran dalam bahasa Arab, baik bahasa sehari-hari maupun bahasa yang digunakan dalam forum resmi.[1]
Dalam menyajikan materi istima’ memerlukan metode dan strategi pembelajaran agar materi yang diajarkan dapat dipahami siswa dengan baik. Adapun metode pembelajaran istima’ memiliki tahapan demi tahapan ketika menyajikan kepada siswa. Tahapan-tahapan sebagai berikut:
1.     Tahapan pengenalan
Tahapan pengenalan bertujuan agar siswa dapat mengidentifikasi bunyi-bunyi bahasa Arab. Pengenalan ini sangat penting karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak yang berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal siswa. Disamping itu bunyi bahasa Arab ada juga yang sama dengan bunyi bahasa pelajar, ada yang mirip ada yang sama sekali berbeda  sehingga tidak dikenal (asing).
2.     Tahapan mendengarkan dan menirukan
Pada tahap kedua siswa mengenal bunyi-bunyi bahasa Arab yang mereka dengar lalu dilatih untuk mengucapkan dan memahami makna yang dikandung dalam ujaran tersebut. Tahapan mendengar dan menirukan difokuskan pada pengucapan vokal panjag, dan pendek, ber-tasydid dan tidak ber-tasydid yang tidak dikenal dalam bahasa Indonesia.
3.     Tahapan mendengar dan memahami 
Tahapan mendengar dan memahami memiliki beberapa tahapan dalam menyajikannya yakni dengan cara melihat dan mendengar, membaca dan mendengar, serta mendengar dan meragakan.
Dari penjelasan di atas tentang perencanaan dan strategi pembelajaran, maka tugas guru adalah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode dan strategi pembelajaran.
RPP pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.[2] 

b.     Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru bahasa Arab tentang Fahmul Masmu’ di Madrasah Aliyah (MAN) Model Bukittinggi.
Pisau analisis yang digunakan untuk menganalisis RPP ini adalah:
1). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang standar proses
Dalam RPP seorang guru, harus ada beberapa komponen-komponen, yakni:
1.     Identitas mata pelajaran
2.     Standar kompetensi
3.     Kompetensi dasar
4.     Indikator pencapaian kompetensi
5.     Tujuan pembelajaran
6.     Materi ajar
7.     Alokasi waktu
8.     Metode pembelajaran
9.     Kegiatan pembelajaran
1)     Pendahuluan
2)     Kegiatan inti
3)     Penutup
10.  Penilaian hasil belajar
11.  Sumber belajar[3]

2)  Peraturan Menteri Agama Nomor 02 tahun 2008 tentang kurikulum
     RPP yang akan dianalisis berkaitan denga Kompetensi Dasar tema الحضارة الاسلامية khusus (istima’)
KD:
1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang الحضارة الاسلامية























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MAN Model Bukittinggi
Mata Pelajaran       : Bahasa Arab
Kelas / Program     : XII / IPA & IPS
Semester                : GANJIL
Pertemuan ke         : 1
Alokasi waktu        :  3x 45 menit.


Standar kompetensi : Menyimak
                                    memahami informasi lisan berbentuk paparan atau
                                    dialog tentang الحضارة الاسلامية

Kompetensi dasar    : Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat )
                                    dalam suatu konteks dengan tepat   tentang الحضارة الإسلاميّة   

Indikator                 :
·       Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·       Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة الاسلامية
                                       

        I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar selesai, diharapkan siswa mampu :
·       Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·       Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة الاسلامية

      II.          MATERI  AJAR

الحضارة الإسلاميّة

المفردات :
أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ظهر  يظهرُ- تفكّر يتفكّرُ فى- إستحضر يستحضِرُ- إعتبر يعتبِرُ- أسّس يؤسِّسُ- إبتكرَ يبتكِرُ- لقّبَ يلقّبُ-إكتشف يكتشِفُ.

    III.          METODE PEMBELAJARAN
·       Tanya jawab
·       Istiqraiyah
·       Tikraariyah

    IV.          LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Awal
·       Salam serta memperhatikan kondisi siswa dan ruang belajar.
·       Berdo’a, baca Al-quran dan Asmaul Husna
·       Absensi
·       Apersepsi tentang materi yang sudah dipelajari
·       Menyampaikan tujuan pelajaran serta memberikan motifasi
b.     Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
·       Guru memperdengarkan mufradat yang esensial tentang الحضارة الإسلاميّة kepada siswa
·       Guru bersama siswa mencari informasi tentang الحضارة الإسلاميّة
·        Guru  memperdengarkan materi hiwar kepada siswa, siswa mendengarkan dengan seksama.
v  Elaborasi
·       Siswa melafazkan mufradat yang esensial tentang الحضارة الإسلاميّة dengan makhraj , guru memperhatikan bacaan siswa
·       Siswa melafazkan materi hiwar kalimat demi kalimat
·       Siswa membuat kalimat baru dengan menggunakan mufradat baru yang telah disediakan.
v  Konfirmasi
·       Guru memberikan umpan balik positif tentang الحضارة الإسلاميّة
·       Guru memberikan penguatan / penegasan tentang الحضارة الإسلاميّة
·       Guru bersama siswa menyimpulkan tentang  الحضارة الإسلاميّة
c.      Kegiatan Akhir
·       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·       Guru melakukan refleksi terhadap tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi yang disajikan
·       Guru membahas kendala-kendala siswa dalam memahami materi pembelajaran
·       Menutup pelajaran dengan membacakan lafaz hamdalah

      V.          ALAT / SUMBER BELAJAR
v Alat Belajar
·       Carth
·       Kartu mufradat
v Sumber belajar
·        Buku pelajaran bahasa arab untuk kelas XII, hal 2, DR.D Hidayat, 2008.
·       Kamus bahasa arab.

    VI.          PENILAIAN
                          a.          Kognitif
·       Jenis tagihan : tes lisan
·       Intrumen       :
أ‌.       أذكر  المفردات الجديدة عنْ الحضارة الإسلاميّة على أقل عشر مفردات.
ب‌.    أكتبْ الجملَ بإستعمالِ المفردات الجديدة عنْ الحضارة الاسلامية.
NO
Nama Siswa
Partisipasi
Motivasi
Kerjasama
Inisiatif
1





2





3





4





dst





                         b.          Afektif







Kunci jawaban :
أ‌.       أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ب‌.    ظهر  إهتمام المسلمون بالعلوم التجريبيّة مثل الكمياء و الفزياء و الطبّ.
Rubrik Penilaian :
NO
Aspek penilaian
Indikator
Ya
sedang
Tidak
1
lafaz
Apakah makharijul huruf dibacakan dengan jelas, benar dan tepat .



2
Mufradat
Apakah mufradat dapat digunakan dalam kalimat-kalimat benar dan tepat.




Keterangan :   Ya    = 3          Sedang = 2       Tidak   = 1                            
NA =   Skor yang diperoleh  x Skor
                                                                                    Skor Maksimal
 Contoh:  Siswa A memperoleh skor ya = 3              3       x    10    =  7,5
                                                                                   4
    
Mengetahui                                                                       Bukittinggi,   juni 2012   
Kepala Man 1 Bukittinggi                                                Guru Mata Pelajara




Dra.REFINEL.M.Pd                                                         Linda Ely Yano S.A,g
NIP. 196004061989032001                                              NIP. 150 404 220

RPP guru atas nama Linda Ely Yano S.A,g ini terdapat beberapa yang harus disempurnakan kalau berpedoman kepada Permendiknas tentang komponen-komponen RPP
1.     Komponen-komponen RPP-nya sudah lengkap, namun belum sesuai dengan urutan yang terdapat dalam permendiknas Nomor 41 tahun 2007.
2.     Tujuan pembelajaran perlu berpedoman pada tiga tahapan dalam materi istima’, yakni tahapan pengenalan bunyi, tahapan mendengarkan dan menirukan dan tahapan mendengar dan memahami.
3.     Materi perlu dilengkapi sesui dengan tujuan yang akan dicapai atau materi terlampir.
4.     Kegiatan awal banyak memakan waktu (berdo’a, baca al-quran dan asmaul husna), cukup pilih salah satunya.
5.     Dalam evaluasi perlu memperhatikan indikator yang akan dicapai








Berikut ini penulis menawarkan RPP alternative

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan : MAN Model Bukittinggi
Mata Pelajaran       : Bahasa Arab
Kelas / Program     : XII / IPA & IPS
Semester                : GANJIL
Pertemuan ke         : 1


Standar kompetensi : Menyimak
                                    memahami informasi lisan berbentuk paparan atau
                                    dialog tentang الحضارة الاسلامية
Kompetensi dasar    : Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
                                   konteks dengan tepat   tentang الحضارة الإسلاميّة   
Indikator                 :
·       Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·       Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة الاسلامية
                                        

I.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar selesai, diharapkan siswa mampu :
·       Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·       Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة الاسلامية

II.          MATERI  AJAR

الحضارة الإسلاميّة

المفردات :
أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ظهر  يظهرُ- تفكّر يتفكّرُ فى- إستحضر يستحضِرُ- إعتبر يعتبِرُ- أسّس يؤسِّسُ- إبتكرَ يبتكِرُ- لقّبَ يلقّبُ-إكتشف يكتشِفُ.

III.       ALOKASI WAKTU        :  3x 45 menit

IV.        METODE PEMBELAJARAN
·       Tanya jawab
·       Istiqraiyah
·       Tikraariyah

V.          LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Awal
·       Salam serta memperhatikan kondisi siswa dan ruang belajar.
·       Berdo’a
·       Absensi
·       Apersepsi tentang materi yang sudah dipelajari
·       Menyampaikan tujuan pelajaran serta memberikan motifasi

b.     Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
·       Guru memperdengarkan mufradat yang esensial tentang الحضارة الإسلاميّة kepada siswa
·       Guru bersama siswa mencari informasi tentang الحضارة الإسلاميّة
·        Guru  memperdengarkan materi hiwar kepada siswa, siswa mendengarkan dengan seksama.
v  Elaborasi
·       Siswa melafazkan mufradat yang esensial tentang الحضارة الإسلاميّة dengan makhraj , guru memperhatikan bacaan siswa
·       Siswa melafazkan materi hiwar kalimat demi kalimat
·       Siswa membuat kalimat baru dengan menggunakan mufradat baru yang telah disediakan.

v  Konfirmasi
·       Guru memberikan umpan balik positif tentang الحضارة الإسلاميّة
·       Guru memberikan penguatan / penegasan tentang الحضارة الإسلاميّة
·       Guru bersama siswa menyimpulkan tentang  الحضارة الإسلاميّة



c.      Kegiatan Akhir
·       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·       Guru melakukan refleksi terhadap tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi yang disajikan
·       Guru membahas kendala-kendala siswa dalam memahami materi pembelajaran
·       Menutup pelajaran dengan membacakan lafaz hamdalah

VI.            PENILAIAN
a.      Kognitif
·       Jenis tagihan : tes lisan
·       Intrumen       :
أ‌.       أذكر  المفردات الجديدة عنْ الحضارة الإسلاميّة على أقل عشر مفردات.
ب‌.    أكتبْ الجملَ بإستعمالِ المفردات الجديدة عنْ الحضارة الاسلامية.
ت‌.    Guru membacakan mufradat/kalimat dalam pilihan ganda, siswa menentukan jawaban yang sesuai dengan bacaan guru

NO
Nama Siswa
Partisipasi
Motivasi
Kerjasama
Inisiatif
1





2





3





4





Dst





b.     Afektif








Kunci jawaban :
أ‌.       أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ب‌.    ظهر  إهتمام المسلمون بالعلوم التجريبيّة مثل الكمياء و الفزياء و الطبّ.
Rubrik Penilaian :
NO
Aspek penilaian
Indikator
Ya
sedang
Tidak
1
Lafaz
Apakah makharijul huruf dibacakan dengan jelas, benar dan tepat .



2
Mufradat
Apakah mufradat dapat digunakan dalam kalimat-kalimat benar dan tepat.





Keterangan :   Ya    = 3          Sedang = 2       Tidak   = 1                            
NA =   Skor yang diperoleh  x Skor
                                                                                    Skor Maksimal
 Contoh:  Siswa A memperoleh skor ya = 3              3       x    10    =  7,5


 VII.          ALAT / SUMBER BELAJAR
v Alat Belajar
·       Carth
·       Kartu mufradat
v Sumber belajar
·        Buku pelajaran bahasa arab untuk kelas XII, hal 2, DR.D Hidayat, 2008.
·       Kamus bahasa arab.


    
Mengetahui                                                                       Bukittinggi,   juni 2012   
Kepala Man 1 Bukittinggi                                                Guru Mata Pelajara




Dra.REFINEL.M.Pd                                                         Linda Ely Yano S.A,g
NIP. 196004061989032001                                              NIP. 150 404 220


III.    Penutup
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan komponen terpenting dalam pelaksanaan proses pembelajaran, RPP digunakan sebagai pemandu guru dalam menyampaika materi pelajaran kepada siswa dalam kelas. Guru adalah sebagai pembuat perencanaan, dan yang melaksanakan yang telah direncanakan lalu mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan.
Dari analisis RPP yang dilakukan, berdasarkan Permendiknas No.    2007 dan Permenag No. 02 2008 ditemukan beberapa hal yang perlu disempurnakan oleh guru yang bersangkutan diantaranya:



DAFTAR PUSTAKA

Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan suatu Panduan Praktis, Bandung: PT.. Remaja Rosda Karya, 2008
Permendiknas No.    tahun 2007 tentang Standar Proses
Permenag No. 02 tahun 2008 tentang kompnen-komponen RPP


[1] Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2005), h. 103
[2]E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan suatu Panduan Praktis, (Bandung: PT.. Remaja Rosda Karya, 2008), h. 213  
[3] Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang standar proses

Komentar

Postingan Populer