Makalah MPBA Analisis RPP 2012 | Pasca IAIN IB
PERENCANAAN
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
FAHMUL MASMU’
DI MADRASAH ALIYAH
I.
Pendahuluan
Pembelajaran yang baik
terjadi melalui melalui suatu proses yang sistematis. Agar suatu kegiatan dapat
dilakukan dengan baik dan sistematis tentu harus direncanakan dengan baik.
Dengan demikian guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran tentu harus
membuat perencanaan dengan baik.
Suatu perencanaan
pemlajaran tergantung pada kemampuan guru untuk mengembangkannya, karena tugas
guru berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran yang menjadi
tanggung jawabnya. Demikian juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Guru bahasa
Arab harus mampu membuat perencanaan pembembelajaran dengan baik dan tepat,
agar tujuan dari pembelajaran itu dapat tercapai.
Pembelajaran bahasa Arab
ada empat kemahiran, yakni istima’. Kalam, qiraah dan kitabah.
dalam makalah ini akan dibahas tentang: Perencanaan dan strategi pembelajaran fahmul
masmu’ dan analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh
salah seorang guru bahasa Arab tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model
Bukittinggi.
II.
Pembahasan
a.
Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Fahmul
Masmu’
Salah satu prinsip
linguistik menyatakan bahwa bahasa yang pertama-tama adalah ujaran, yakni
bunyi-bunyi bahasa yang diucapkan dan bisa didengar. Atas dasar itulah beberapa
ahli pengajaran bahasa menetapkan satu prinsip bahwa pengajaran bahasa harus di
mulai dengan mengajarkan aspek-aspek pendengaran dan pengucapan sebelum membaca
dan menulis.
Secara umum tujuan latihan
menyimak adalah agar siswa dapat memahami ujaran dalam bahasa Arab, baik bahasa
sehari-hari maupun bahasa yang digunakan dalam forum resmi.[1]
Dalam menyajikan materi
istima’ memerlukan metode dan strategi pembelajaran agar materi yang diajarkan
dapat dipahami siswa dengan baik. Adapun metode pembelajaran istima’ memiliki
tahapan demi tahapan ketika menyajikan kepada siswa. Tahapan-tahapan sebagai
berikut:
1. Tahapan
pengenalan
Tahapan pengenalan
bertujuan agar siswa dapat mengidentifikasi bunyi-bunyi bahasa Arab. Pengenalan
ini sangat penting karena sistem tata bunyi bahasa Arab banyak yang berbeda
dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang dikenal siswa. Disamping itu bunyi
bahasa Arab ada juga yang sama dengan bunyi bahasa pelajar, ada yang mirip ada
yang sama sekali berbeda sehingga tidak
dikenal (asing).
2. Tahapan
mendengarkan dan menirukan
Pada tahap kedua siswa
mengenal bunyi-bunyi bahasa Arab yang mereka dengar lalu dilatih untuk
mengucapkan dan memahami makna yang dikandung dalam ujaran tersebut. Tahapan
mendengar dan menirukan difokuskan pada pengucapan vokal panjag, dan pendek,
ber-tasydid dan tidak ber-tasydid yang tidak dikenal dalam bahasa
Indonesia.
3. Tahapan
mendengar dan memahami
Tahapan mendengar dan
memahami memiliki beberapa tahapan dalam menyajikannya yakni dengan cara
melihat dan mendengar, membaca dan mendengar, serta mendengar dan meragakan.
Dari penjelasan di atas
tentang perencanaan dan strategi pembelajaran, maka tugas guru adalah
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode dan strategi
pembelajaran.
RPP pada hakekatnya merupakan
perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan
dilakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian rencana pelaksanaan pembelajaran
merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran.[2]
b. Analisis
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru bahasa Arab tentang Fahmul Masmu’ di
Madrasah Aliyah (MAN) Model Bukittinggi.
Pisau analisis yang digunakan untuk menganalisis RPP ini adalah:
1). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun
2007 tanggal 23 November 2007 tentang standar proses
Dalam RPP seorang guru, harus ada beberapa komponen-komponen, yakni:
1. Identitas
mata pelajaran
2. Standar
kompetensi
3. Kompetensi
dasar
4. Indikator
pencapaian kompetensi
5. Tujuan
pembelajaran
6. Materi
ajar
7. Alokasi
waktu
8. Metode
pembelajaran
9. Kegiatan
pembelajaran
1) Pendahuluan
2) Kegiatan
inti
3) Penutup
10. Penilaian
hasil belajar
11. Sumber
belajar[3]
2) Peraturan Menteri Agama Nomor 02 tahun 2008
tentang kurikulum
RPP yang akan dianalisis berkaitan denga Kompetensi Dasar tema الحضارة الاسلامية khusus (istima’)
KD:
1.1 Mengidentifikasi bunyi,
ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang الحضارة الاسلامية
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MAN Model Bukittinggi
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Program : XII / IPA &
IPS
Semester : GANJIL
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 3x 45 menit.
Standar kompetensi : Menyimak
memahami informasi lisan berbentuk paparan atau
dialog tentang الحضارة
الاسلامية
Kompetensi dasar
: Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat )
dalam suatu konteks dengan tepat tentang الحضارة الإسلاميّة
Indikator :
·
Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة
الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·
Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة
الاسلامية
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar selesai, diharapkan siswa mampu :
·
Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة
الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·
Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة
الاسلامية
II.
MATERI AJAR
الحضارة الإسلاميّة
المفردات :
أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء-
المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج
روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم
التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ظهر يظهرُ- تفكّر
يتفكّرُ فى- إستحضر يستحضِرُ- إعتبر يعتبِرُ- أسّس يؤسِّسُ- إبتكرَ يبتكِرُ- لقّبَ
يلقّبُ-إكتشف يكتشِفُ.
III.
METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Istiqraiyah
·
Tikraariyah
IV.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
·
Salam serta memperhatikan kondisi siswa dan ruang belajar.
·
Berdo’a, baca Al-quran dan Asmaul Husna
·
Absensi
·
Apersepsi tentang materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan tujuan pelajaran serta memberikan motifasi
b.
Kegiatan Inti
v
Eksplorasi
·
Guru memperdengarkan mufradat yang esensial tentang
الحضارة الإسلاميّة kepada siswa
·
Guru
bersama siswa mencari informasi tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru memperdengarkan materi hiwar kepada siswa,
siswa mendengarkan dengan seksama.
v
Elaborasi
·
Siswa
melafazkan mufradat yang esensial tentang الحضارة
الإسلاميّة
dengan makhraj , guru memperhatikan bacaan
siswa
·
Siswa
melafazkan materi hiwar kalimat demi kalimat
·
Siswa membuat kalimat baru dengan menggunakan mufradat baru yang telah
disediakan.
v
Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik positif tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru memberikan penguatan / penegasan tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang الحضارة
الإسلاميّة
c.
Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru
melakukan refleksi terhadap tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi
yang disajikan
·
Guru
membahas kendala-kendala siswa dalam memahami materi pembelajaran
·
Menutup
pelajaran dengan membacakan lafaz hamdalah
V.
ALAT / SUMBER BELAJAR
v Alat Belajar
·
Carth
·
Kartu mufradat
v Sumber belajar
·
Buku pelajaran bahasa arab untuk
kelas XII, hal 2, DR.D Hidayat, 2008.
·
Kamus bahasa arab.
VI.
PENILAIAN
a.
Kognitif
·
Jenis tagihan : tes lisan
·
Intrumen :
أ.
أذكر المفردات الجديدة عنْ الحضارة الإسلاميّة على
أقل عشر مفردات.
ب.
أكتبْ
الجملَ بإستعمالِ المفردات الجديدة عنْ الحضارة الاسلامية.
NO
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
|
Motivasi
|
Kerjasama
|
Inisiatif
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
b.
Afektif
Kunci jawaban :
أ.
أحوال
الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة
البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد
الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل-
القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ب.
ظهر إهتمام المسلمون بالعلوم التجريبيّة مثل الكمياء
و الفزياء و الطبّ.
Rubrik Penilaian :
NO
|
Aspek penilaian
|
Indikator
|
Ya
|
sedang
|
Tidak
|
1
|
lafaz
|
Apakah makharijul
huruf dibacakan dengan jelas, benar dan tepat .
|
|
|
|
2
|
Mufradat
|
Apakah mufradat
dapat digunakan dalam kalimat-kalimat benar dan tepat.
|
|
|
|
Keterangan : Ya
= 3 Sedang = 2 Tidak
= 1
NA = Skor yang diperoleh x Skor
Skor Maksimal
Contoh:
Siswa A memperoleh skor ya = 3 3 x
10 = 7,5
4
Mengetahui Bukittinggi, juni 2012
Kepala Man 1 Bukittinggi Guru Mata Pelajara
Dra.REFINEL.M.Pd Linda Ely
Yano S.A,g
NIP.
196004061989032001 NIP. 150
404 220
RPP guru atas nama Linda Ely Yano S.A,g ini
terdapat beberapa yang harus disempurnakan kalau berpedoman kepada Permendiknas
tentang komponen-komponen RPP
1. Komponen-komponen RPP-nya
sudah lengkap, namun belum sesuai dengan urutan yang terdapat dalam
permendiknas Nomor 41 tahun 2007.
2. Tujuan pembelajaran perlu
berpedoman pada tiga tahapan dalam materi istima’, yakni tahapan
pengenalan bunyi, tahapan mendengarkan dan menirukan dan tahapan mendengar dan
memahami.
3. Materi perlu dilengkapi sesui
dengan tujuan yang akan dicapai atau materi terlampir.
4. Kegiatan awal banyak memakan
waktu (berdo’a, baca al-quran dan asmaul husna), cukup pilih salah satunya.
5. Dalam evaluasi perlu
memperhatikan indikator yang akan dicapai
Berikut ini penulis menawarkan RPP alternative
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MAN Model Bukittinggi
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Program : XII / IPA &
IPS
Semester : GANJIL
Pertemuan ke : 1
Standar kompetensi : Menyimak
memahami informasi lisan berbentuk paparan atau
dialog tentang الحضارة
الاسلامية
Kompetensi dasar
: Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu
konteks
dengan tepat tentang الحضارة الإسلاميّة
Indikator :
·
Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة
الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·
Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة
الاسلامية
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar selesai, diharapkan siswa mampu :
·
Menirukan mufradat yang berkaitan dengan الحضارة
الاسلامية sesuai dengan makhraj.
·
Menggunakan mufradat baru dalam kalimat tentang الحضارة
الاسلامية
II.
MATERI AJAR
الحضارة الإسلاميّة
المفردات :
أحوال الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء-
المنهج التجريبية- الحضارة البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج
روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم
التّشريح- عامل ج عوامل- القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ظهر يظهرُ- تفكّر
يتفكّرُ فى- إستحضر يستحضِرُ- إعتبر يعتبِرُ- أسّس يؤسِّسُ- إبتكرَ يبتكِرُ- لقّبَ
يلقّبُ-إكتشف يكتشِفُ.
III. ALOKASI WAKTU : 3x 45 menit
IV.
METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Istiqraiyah
·
Tikraariyah
V.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
·
Salam serta memperhatikan kondisi siswa dan ruang belajar.
·
Berdo’a
·
Absensi
·
Apersepsi tentang materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan tujuan pelajaran serta memberikan motifasi
b.
Kegiatan Inti
v
Eksplorasi
·
Guru memperdengarkan mufradat yang esensial tentang
الحضارة الإسلاميّة kepada siswa
·
Guru
bersama siswa mencari informasi tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru memperdengarkan materi hiwar kepada siswa,
siswa mendengarkan dengan seksama.
v
Elaborasi
·
Siswa
melafazkan mufradat yang esensial tentang الحضارة
الإسلاميّة
dengan makhraj , guru memperhatikan bacaan
siswa
·
Siswa
melafazkan materi hiwar kalimat demi kalimat
·
Siswa membuat kalimat baru dengan menggunakan mufradat baru yang telah
disediakan.
v
Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik positif tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru memberikan penguatan / penegasan tentang الحضارة
الإسلاميّة
·
Guru bersama siswa menyimpulkan tentang الحضارة
الإسلاميّة
c. Kegiatan Akhir
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru
melakukan refleksi terhadap tingkat keberhasilan siswa dalam memahami materi
yang disajikan
·
Guru
membahas kendala-kendala siswa dalam memahami materi pembelajaran
·
Menutup
pelajaran dengan membacakan lafaz hamdalah
VI.
PENILAIAN
a.
Kognitif
·
Jenis tagihan : tes lisan
·
Intrumen :
أ.
أذكر المفردات الجديدة عنْ الحضارة الإسلاميّة على
أقل عشر مفردات.
ب.
أكتبْ
الجملَ بإستعمالِ المفردات الجديدة عنْ الحضارة الاسلامية.
ت. Guru membacakan
mufradat/kalimat dalam pilihan ganda, siswa menentukan jawaban yang sesuai
dengan bacaan guru
NO
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
|
Motivasi
|
Kerjasama
|
Inisiatif
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
b.
Afektif
Kunci jawaban :
أ.
أحوال
الكونِ – العلوم التجريبيّة – الكمياء- الفزياء- المنهج التجريبية- الحضارة
البشرية- بحث ج بحوث- مصنّفات- حامض الكبريتك- رائد ج روّادٌ- علم الضّوء- أبعاد
الأرض- كسوف الشّمس- محورٌ- مرصادٌ- دورة دمويّة- علم التّشريح- عامل ج عوامل-
القرون الوسطى- سيطرة عظمى.
ب.
ظهر إهتمام المسلمون بالعلوم التجريبيّة مثل
الكمياء و الفزياء و الطبّ.
Rubrik Penilaian :
NO
|
Aspek penilaian
|
Indikator
|
Ya
|
sedang
|
Tidak
|
1
|
Lafaz
|
Apakah makharijul
huruf dibacakan dengan jelas, benar dan tepat .
|
|
|
|
2
|
Mufradat
|
Apakah mufradat
dapat digunakan dalam kalimat-kalimat benar dan tepat.
|
|
|
|
Keterangan : Ya
= 3 Sedang = 2 Tidak
= 1
NA = Skor yang diperoleh x Skor
Skor Maksimal
Contoh:
Siswa A memperoleh skor ya = 3 3 x
10 = 7,5
VII.
ALAT / SUMBER BELAJAR
v Alat Belajar
·
Carth
·
Kartu mufradat
v Sumber belajar
·
Buku pelajaran bahasa arab untuk
kelas XII, hal 2, DR.D Hidayat, 2008.
·
Kamus bahasa arab.
Mengetahui Bukittinggi, juni 2012
Kepala Man 1 Bukittinggi Guru Mata Pelajara
Dra.REFINEL.M.Pd Linda Ely
Yano S.A,g
NIP.
196004061989032001 NIP. 150 404 220
III. Penutup
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan
komponen terpenting dalam pelaksanaan proses pembelajaran, RPP digunakan
sebagai pemandu guru dalam menyampaika materi pelajaran kepada siswa dalam
kelas. Guru adalah sebagai pembuat perencanaan, dan yang melaksanakan yang
telah direncanakan lalu mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan.
Dari analisis RPP yang dilakukan, berdasarkan Permendiknas No. 2007 dan Permenag No. 02 2008 ditemukan
beberapa hal yang perlu disempurnakan oleh guru yang bersangkutan diantaranya:
DAFTAR PUSTAKA
Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi
Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
Mulyasa, E., Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan suatu Panduan Praktis, Bandung: PT.. Remaja Rosda
Karya, 2008
Permendiknas No. tahun 2007 tentang Standar Proses
Permenag No. 02 tahun 2008 tentang
kompnen-komponen RPP
Komentar
Posting Komentar