KI dan KD Bahasa Arab Madrasah Aliyah



Semester I Kelas X PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya, terkait topik :
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, terkait topik:
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik:
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
 4.2. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik : في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budayasecara benar dan sesuai konteks. 4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik : في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
الفعل الماضي والفعل المضارع والفاعل المفرد
الألوان للمذكر والمؤنث





Semester II Kelas X PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya, terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya. 3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik:
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budayasecara benar dan sesuai konteks.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛ واجباتنا المنزلية والاجتماعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
الجملة الفعلية والجملة الاسمية المفرد والجمع!
ما وليس للنفي




Semester I Kelas XI PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛ القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
 المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3. Membuat analisis sederhana tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
 المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل؛
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengecek pemahaman, mengungkapkan pertanyaan, dan cara meresponnya terkait topik :
 المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛ العصور الأولى ؛
القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛
القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.3 Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛
القلب والعمل
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
الصفة المشب ةَ واسم التفضيل ومعاني )ما( ؛
النعت من المنسوب إليه والمووول والمفعول به المقدم
) إنّ ، أنّ ( والجملة الاسمية


Semester II Kelas XI PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan topikn.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan topikn.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه ،
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
 ؛ لوسرلا قلاخأ نم ؛ ةايحلا يف لمعلاو ناميلإا
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3. Membuat analisis sederhana tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
 الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait topik :
 الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛ نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
أدوات الشرط غير الجازمة )إذا إن من لمّا (



Semester I Kelas XII PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar..

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan topikn.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan topikn.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
و كلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2. Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,perasaan dan sikap terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
 ةينآرقلا تايلآا
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
sesuai konteks penggunaannya.







4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimuli terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
1.  المقدمة : البلاغة و موضوع اَ
2.   التشبيه : البليغ والتمثيل
3.   الاستعارة التصريحية ) metafora ( والاستعارة المكنية( personifikasi )
4.   الاستعارة التمثيلية والأمثال
5.   المجاز المرسل وعلاقاته : الجزيئة والكلية، والسببية والمسببية،والمحلية
6.   الكناية والتعريض ) metonimi, sindiran )
7.  الإيجاز: إيجاز القصر وإيجاز الحذف ( elips )







Semester II Kelas XII PK

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar..

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1. Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,perasaan dan sikap terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur, teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
sesuai konteks penggunaannya.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
 الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.

Tarkib
.1 القصر ) pemfokusan )
.2 التكرار ) pengulangan, repetisi )
.3 الالتفات ) inklinasi )
.4 السج! ) asonansi ( والجناس التام
.5 الطباق والمقابلة ) antitesis, multipel-antitesis )
.6 المبالغة ) hiperbol )



Komentar

Postingan Populer