KI dan KD Bahasa Arab Madrasah Aliyah
Semester
I Kelas X PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya, terkait topik :
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.2 Memahami cara memberitahu dan
menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, terkait topik:
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai
konteks penggunaannya.
3.3. Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya dari teks terkait topik
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري
yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon
stimulir terkait topik:
في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur
budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan
dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan
dan sikap terkait topik : في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطري dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budayasecara benar
dan sesuai konteks. 4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan informasi terkait topik : في الصف والمكتبة ؛ زيا رة عائلية ؛ في الطريْ
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
الفعل الماضي والفعل المضارع والفاعل المفرد
الألوان للمذكر والمؤنث
|
|
Semester
II Kelas X PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya, terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya. 3.2
Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap,
terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai konteks penggunaannya.
3.3.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
dari teks terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait
topik:
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية.
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap
terkait topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛
واجباتنا المنزلية والاجتماعية
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budayasecara benar dan sesuai konteks.
4.3.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi terkait
topik :
قضاء أوقات الفراغ ؛ الطعام والعمل ؛ واجباتنا المنزلية والاجتماعية
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
الجملة الفعلية والجملة الاسمية المفرد والجمع! –
ما وليس للنفي
|
|
Semester
I Kelas XI PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛ القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan aspek unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2 Memahami
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan aspek unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3. Membuat
analisis sederhana tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
dari teks terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل؛
yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengecek pemahaman,
mengungkapkan pertanyaan, dan cara meresponnya terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛ العصور الأولى ؛
القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu
dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛
القلب والعمل ؛
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks. 4.3
Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi
terkait topik :
المدرسة الإسلامية ومراحل اَ التعليمية ؛
المساجد في العصور الأولى ؛
القلب والعمل
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
الصفة المشب ةَ واسم التفضيل ومعاني )ما( ؛
النعت من المنسوب إليه والمووول والمفعول به المقدم –
) إنّ ، أنّ ( والجملة الاسمية
|
|
Semester
II Kelas XI PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan topikn.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
topikn.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه ،
dengan memperhatikan aspek unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2 Memahami
cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
؛ لوسرلا قلاخأ نم ؛ ةايحلا يف لمعلاو ناميلإا
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan aspek unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3. Membuat
analisis sederhana tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
dari teks terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
yang sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik
:
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan cara memberitahu
dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik:
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛
نزول القرآن والدعوة إليه
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3
Memproduksi teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan informasi
terkait topik :
الإيمان والعمل في الحياة ؛ من أخلاق الرسول ؛ نزول القرآن والدعوة إليه
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
أدوات الشرط غير الجازمة )إذا إن من لمّا (
|
|
Semester
I Kelas XII PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar..
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan topikn.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
topikn.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
و كلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.
Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,perasaan dan sikap
terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,struktur teks dan unsur budaya
dari teks terkait topik :
ةينآرقلا تايلآا
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
sesuai
konteks penggunaannya.
|
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimuli
terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan
menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
1. المقدمة : البلاغة و موضوع اَ
2. التشبيه : البليغ والتمثيل
3. الاستعارة التصريحية ) metafora ( والاستعارة المكنية( personifikasi )
4. الاستعارة التمثيلية والأمثال
5. المجاز المرسل وعلاقاته : الجزيئة والكلية، والسببية والمسببية،والمحلية
6. الكناية والتعريض ) metonimi, sindiran )
7. الإيجاز: إيجاز القصر وإيجاز الحذف ( elips )
|
|
Semester
II Kelas XII PK
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar..
|
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Memahami
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta,perasaan dan sikap terkait
topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur, teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.
Memahami secara sederhana unsur kebahasaan,struktur teks dan unsur budaya
dari teks terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
sesuai
konteks penggunaannya.
|
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon stimulir terkait topik
:
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan
menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan :
الآيات القرآنية
وما تيسر من الأحاديث والنبوية
وكلام العرب شعرا أو نثرا
dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks.
|
|
Tarkib
|
.1
القصر ) pemfokusan )
.2
التكرار ) pengulangan, repetisi )
.3
الالتفات ) inklinasi )
.4
السج! ) asonansi ( والجناس التام
.5
الطباق والمقابلة ) antitesis,
multipel-antitesis )
.6
المبالغة ) hiperbol )
|
|
Komentar
Posting Komentar