Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | Kurtilas Maharatul Kitabah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah        : MAN 3 Padang               
Mata Pelajaran      : Bahasa  Arab   
Materi Pokok         : البيانات الشخصية ( الكتابة )  
Kelas/Semester      :  X. 1    
Alokasi Waktu        :  4 JP

A.     Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1.  Menyadari bahwa kemampuan berbicara adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah Swt.
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan:البيانات الشخصية  dengan memperhatikan unsur المعرفة و النكرة secara benar dan sesuai konteks.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan  kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.2.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar,  observasi dan negosiasi.
2.1.1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil observasi
4.3.1. Menyusun tek tulis terkait tentang  البيانات الشخصية sesuai dengan struktur المعرفة و النكرة Dalam kalimat.

D.     Materi Pembelajaran
A.        Materi kitabah dengan mengunakan struktur isim nakirah dah ma’rifah dengan tema tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B.        Slide yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)

E.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Scientific
2.      Al-tartib ghair munazhzham,
3.      Istizwaj

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A.     Media                :kartu kata ,  Gambar,  In Focus
B.     Alat     : Papantulis 
C. Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2014, Kamus al Munawwir, Mulakhas Qawa’idul Lugah

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.  Guru mengecek kesiapan Peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
b.  Pembelajaran dimulai dengan pembacaan doa
Mengamati :
b.  Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah  dipelajari sebagai persiapan pembelajaran kitabah
c.  Guru menanyakan apakah peserta didik  masih ingat apa yang dimaksud dengan konsep perbandingan.
d.  Guru meminta peserta didik memberikan contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
e.  Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu membuat kalimat yang berkaitan dengan tarkib yang telah dipelajari
f.  Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran kitabah  yang akan diberikan
2. Kegiatan inti
Menanya :
a   Guru memberikan pancingan agar Peserta didik mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap perbedaan المعرفة و النكرة. 
b.  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa bahwa pembelajaran kitabah ini berkaitan dengan pembelajaran tarkib tentang  المعرفة و النكرة
Mencoba :
c.  Siswa disuruh membuat kalimat dengan arahan yang berupa contoh
d.  Guru menunjukkan  المعرفة و النكرة
e.  Peserta didik menyusun kalimat baru di luar tema  yang mengandung  المعرفة و النكرة
Menalar :
d.  Guru memerintahkan siswa menterjemahkan arti kitabah yang telah ditulis
Mengkomunikasikan :
e.  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk Menyajikan kalimat yang mengandung kalimat المعرفة و النكرة yang dibuatnya dan Peserta didik yang lain Memberikan tanggapan.
f.  Guru memberikan penguatan terhadap hasil presentasi dan tanggapan peserta didik yang lain,  meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya, sehingga peserta didik mendapat pemahaman yang utuh tentang المعرفة و النكرة
3. Penutup
a.  Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
b.  Guru mengoreksi kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat kitabah.
c.  Guru menutup pembelajaran.

H.     Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap  
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik



A.     Penilaian sikap
Lembar  Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….

















Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
SKOR
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

B. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
       Jenis/Teknik Penilaian               :  Tes Tulisan
       Bentuk Instrumen Penilaian      :  Berupa menyusun  kata, isian
     Soal :




Mengetahui
Kepala                                                                                             

--------------------------
NIP:

Padang,    Juli 2015
Guru Bahasa Arab




--------------------------------
NIP:  

Komentar

Postingan Populer