Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | Kurtilas Maharatul Kitabah
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 3 Padang
Mata
Pelajaran :
Bahasa Arab
Materi
Pokok : البيانات الشخصية ( الكتابة )
Kelas/Semester : X. 1
Alokasi Waktu : 4 JP
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Menyadari bahwa kemampuan berbicara adalah
nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah Swt.
2.1. Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
4.3. Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk
mengungkapkan:البيانات الشخصية dengan
memperhatikan unsur المعرفة و النكرة secara benar dan
sesuai konteks.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
memperteguh keimanan
1.1.2.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui gambar,
observasi dan negosiasi.
2.1.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi
biodata pribadi
2.1.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan
hasil observasi
4.3.1. Menyusun tek tulis terkait tentang البيانات
الشخصية sesuai
dengan struktur المعرفة و النكرة Dalam kalimat.
D.
Materi Pembelajaran
A.
Materi kitabah dengan mengunakan struktur isim
nakirah dah ma’rifah dengan tema tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B. Slide
yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific
2. Al-tartib ghair munazhzham,
3. Istizwaj
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A. Media :kartu kata , Gambar, In Focus
B. Alat : Papantulis
C. Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2014, Kamus al Munawwir, Mulakhas Qawa’idul Lugah
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru mengecek kesiapan Peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran.
b. Pembelajaran dimulai dengan
pembacaan doa
Mengamati :
b. Siswa diajak untuk
mengingat-ingat kembali mufradat yang telah
dipelajari sebagai persiapan pembelajaran kitabah
c. Guru menanyakan apakah peserta
didik masih ingat apa yang dimaksud
dengan konsep perbandingan.
d. Guru meminta peserta didik
memberikan contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
e. Guru meyampaikan tujuan
pembelajaran pada saat ini, yaitu membuat kalimat yang berkaitan dengan tarkib
yang telah dipelajari
f. Guru memberi penjelasan mengenai
tehnik pembelajaran kitabah yang akan
diberikan
2. Kegiatan inti
Menanya :
a Guru memberikan pancingan agar Peserta didik
mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap perbedaan المعرفة و النكرة.
b. Guru melakukan tanya jawab
dengan siswa bahwa pembelajaran kitabah ini berkaitan dengan pembelajaran
tarkib tentang المعرفة و النكرة
Mencoba :
c. Siswa disuruh membuat kalimat
dengan arahan yang berupa contoh
d. Guru menunjukkan المعرفة و النكرة
e. Peserta didik menyusun kalimat
baru di luar tema yang mengandung المعرفة و النكرة
Menalar :
d. Guru memerintahkan siswa
menterjemahkan arti kitabah yang telah ditulis
Mengkomunikasikan :
e. Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk Menyajikan kalimat yang mengandung kalimat المعرفة و النكرة yang dibuatnya dan Peserta didik yang lain
Memberikan tanggapan.
f. Guru memberikan penguatan
terhadap hasil presentasi dan tanggapan peserta didik yang lain, meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya,
sehingga peserta didik mendapat pemahaman yang utuh tentang المعرفة و النكرة
3. Penutup
a. Guru memberi penilaian terhadap
latihan yang dikerjakan siswa
b. Guru mengoreksi
kesalahan-kesalahan siswa dalam membuat kitabah.
c. Guru menutup pembelajaran.
H.
Penilaian
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Pilihan
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
A. Penilaian sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
|
SKOR
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan yang cukup sering
dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
B. Penilaian
Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
Jenis/Teknik Penilaian : Tes Tulisan
Bentuk Instrumen Penilaian :
Berupa menyusun kata, isian
Soal :
Mengetahui
Kepala
--------------------------
NIP:
|
|
Padang, Juli 2015
Guru
Bahasa Arab
--------------------------------
NIP:
|
Komentar
Posting Komentar