Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | Kurtilas Maharatul Istima'



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                : MAN 3 Padang
Mata Pelajaran              : Bahasa Arab
Materi Pokok                  :  البيانات الشخصية ( المفردات أو الإستماع)
Kelas/Semester              : X / 1
Alokasi Waktu                :  4 JP

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait pe nyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan m ampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.1.  Menyadari bahwa kemampuan berbicara adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah Swt.
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
3.1.  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: البيانات الشخصية؛ baik secara lisan maupun tertulis
3.2.  Melafalkan kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: البيانات الشخصية
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan  kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.2.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar,  observasi dan negosiasi.
2.1.1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil observasi.
3.1.1.  Memasangkan kosa kata sesuai gambar yang tersedia
3.1.2.  Menentukan makna mufradat
3.2.1.  Menerapkan  kosa kata dalam kalimat yang benar

D.     Materi Pembelajaran
A.     Mufradat tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B.     Gambar yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)
E.      Metode Pembelajaran
A.     Istizwaj
B.     Tanya jawab
C.     Penugasan

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A.     Media :   Gambar - In Focus
B.     Alat/Bahan  : Kertas stiker
C.     Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2014, Kamus al Munawwir,

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
a.  Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.  Memulai pembelajaran dengan membaca Basmallah
c.  Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk.
Mengamati :
d.  Siswa melihat gambar yang berkaitan dengan mufradat, dan guru menanyakan makna yang terdapat pada gambar
e.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu mengenalkan mufradat yang berkaitan dengan البيانات الشخصية
f.   Guru menyuruh siswa melihat mufrodat yang ada, kemudian  menanyakan mufradat yang telah diketahui.
Kegiatan Inti
Menanya :
a.  Guru mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat tentang البيانات الشخصية
b.  Guru memerintahkan siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui dalam kamus atau di buku
c.  Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang لبيانات الشخصية
Mencoba :
d.  Guru memerintahkan siswa menutup buku, kemudian membacakan mufradat dan siswa menirukan
e.  Guru membacakan mufradat dan siswa mengartikan makna mufradat yang dibacakan guru
Menalar:
e.  Guru memerintahkan siswa untuk membaca mufradat dengan tepat beserta maknanya.
f.   Siswa mengidentifikasi gambar dan mufradat yang sesuai
g.  Siswa mengidentifikasi kalimat yang sesuai dengan gambar
h.  Guru memberi latihan (tadrib) untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap mufradat baru
i.   Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan mufradat siswa
Penutup
Mengkomunikasikan :
a.  Guru memberi kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
b.  Guru memberikan pesan dan penugasan kepada siswa
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya
d.  Guru menutup pembelajaran mufradat
H. PENILAIAN
A. Rubrik Penilaian Sikap (KI 1 dan KI 2)
RUBRIK PENILAIAN
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….

















Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
SKOR
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4


B. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
                   Jenis/Teknik Penilaian                              :  Tes Tulis
                  Bentuk Instrumen Penilaian                                     :  Berupa menghubungkan (iztizwaj)
Soal



RUBRIK PENILAIAN KEGIATAN SISWA
DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT TENTANG BIODATA PRIBADI

Nama : ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Judul : ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... Tanggal: ... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ... ...

Aspek
Skor
Kriteria
Komentar
ISI
27—30
Sangat baik-sempurna : sempurna menguasai mufradat

22—26
Cukup-baik: cukup menguasai mufradat

17—21
Sedang-cukup: kurang menguasai mufradat

13—16
Sangat kurang: sangat kurang menguasai mufradat

Struktur Teks dan kaidah
18—20
Sangat baik-sempurna: menguasai mufradat dengan fashih, gagasan terungkap padat, dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis, kohesif

14—17
Cukup-baik: kurang lancar menguasai mufradat; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

10—13
Sedang-cukup: tidak lancar menguasai mufradat; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

7—9
Sangat kurang: sangat kurang menguasai mufradat tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

Nilai Akhir = Skor Perolehan/Skor Maksimal x 10
C. Penilaian Psikomotor (KI 4)
Jenis/Teknik Penilaian                                   :  Penugasan
               Tugas Individu:
Susunlah kalimat tentang biodata pribadi !
فى - ذهب - أحمد - السنة الدراسية - المدرسة الثانوية - إلى - الحكومية    
RUBRIK PENILAIAN
NO

NAMA
ASPEK PENILAIAN

ISI
STRUKTUR
TEPAT (20)
KURANG TEPAT (15)
TIDAK TEPAT (5)
SESUAI (30)
KURANG SESUAI (20)
TIDAK SESUAI (10)









































Mengetahui
Kepala                                                                                             

--------------------------------
NIP:

Padang,    Juli 2015
Guru Bahasa Arab



----------------------------
NIP:  

Komentar

Postingan Populer