Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | kurtilas Maharatul Kalam




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah       :  MAN 3 Padang  
Mata Pelajaran     :  BAHASA ARAB
Materi Pokok        :  البيانات الشخصية ( الحوار ) 
Kelas/Semester     :  X/ I
Alokasi Waktu       :  6 JP    

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1. Menyadari bahwa kemampuan berbicara adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah Swt.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
4.1. Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :البيانات الشخصية dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :لبيانات الشخصية dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1.   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan  kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.2.     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar,  observasi dan negosiasi.
2.1.1.    Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil observasi
4.1.1.    Mengidentifikasi teks lisan tentang : :لبيانات الشخصية
4.1.2.    Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar
4.2.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan : :لبيانات الشخصية dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.2.2.    Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :لبيانات الشخصية

D.     Materi Pembelajaran
A.     Mufrada tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B.     Gambar yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)

E.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Scientific
2.      Al-tartib ghair munazhzham,

F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
A.     Media :   Alat Audio - Gambar - In Focus
B.     Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x Kemenag 2015, Kamus al Munawwir,

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
 1. Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Memulai pembelajaran dengan membaca Basmallah
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
Mengamati :
d.  Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah dipelajari
e.  Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu  melakukan percakapan tentang البيانات الشخصية
f.  Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran hiwar yang akan diberikan
2. Kegiatan inti
Menannya :
a.  Guru menanyakan siswa tentangالبيانات الشخصية dan siswa menjawab sesuai dengan kemampuannya
b.  Guru mengoreksi jawaban siswa yang mengalami kesalahan
c.  Guru memberi contoh percakapan tentang البيانات الشخصية  disertai dengan penjelasan mengenai arti kata yang masih belum difahami siswa.
Mencoba :
d. Siswa mempraktekkan hiwar (percakapan) tentang البيانات الشخصية
e.  Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
3. Penutup
Menalar :
a.    Siswa diminta mengerjakan latihan-latihan membuat konsep hiwar secara tertulis
Mengkomunikasikan :
b.  Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
c.  Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
d.  Guru menutup pembelajaran

H.     Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap   
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis 
Tes Pilihan
Tes Unjuk Kerja 
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

A.     Penilaian sikap
Lembar  Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….


















Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
SKOR
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan
1

menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

B. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) (KI 3)
       Jenis/Teknik Penilaian                              :  Tes lisan
       Bentuk Instrumen Penilaian                     :  Berupa saling bertanya bergantian
     Soal :


Mengetahui
Kepala                                                                                             

----------------------------------
NIP:

Padang,  Juli 2015
Guru Bahasa Arab



---------------------------------
NIP:  


Komentar

Postingan Populer