Contoh RPP Bahasa Arab Kelas X | kurtilas Maharatul Kalam
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MAN 3 Padang
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Materi Pokok :
البيانات الشخصية
( الحوار )
Kelas/Semester : X/ I
Alokasi Waktu : 6 JP
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret menggunakan, mengurai,
merangkai, modifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Menyadari bahwa kemampuan
berbicara adalah nikmat yang penting yang dianugerahkan oleh Allah Swt.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
4.1. Melakukan dialog
sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik :البيانات الشخصية dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan
sesuai konteks
4.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :لبيانات الشخصية dengan memperhatikan unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.1.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk
memperteguh keimanan
1.1.2. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui gambar, observasi dan
negosiasi.
2.1.1. Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi
2.1.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil
observasi
4.1.1. Mengidentifikasi teks lisan tentang : :لبيانات الشخصية
4.1.2. Melakukan
dialog sederhana sesuai konteks dengan
tepat dan lancar
4.2.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk mengungkapkan : :لبيانات الشخصية dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya
secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.2.2. Menyampaikan berbagai informasi lisan
sederhana tentang :لبيانات الشخصية
D.
Materi
Pembelajaran
A.
Mufrada
tentang Biodata Pribadi (terlampir)
B. Gambar yang berkaitan dengan Biodata Pribadi (terlampir)
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
Scientific
2. Al-tartib
ghair munazhzham,
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
A. Media : Alat Audio - Gambar
- In Focus
B. Sumber Belajar : Buku Bahasa Arab kls x
Kemenag 2015, Kamus al Munawwir,
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
b. Memulai pembelajaran dengan membaca
Basmallah
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
Mengamati :
d.
Siswa diajak untuk mengingat-ingat kembali mufradat yang telah
dipelajari
e.
Guru meyampaikan tujuan pembelajaran pada saat ini, yaitu melakukan percakapan tentang البيانات الشخصية
f.
Guru memberi penjelasan mengenai tehnik pembelajaran hiwar yang akan
diberikan
2. Kegiatan inti
Menannya :
a.
Guru menanyakan siswa tentangالبيانات الشخصية dan siswa menjawab
sesuai dengan kemampuannya
b.
Guru mengoreksi jawaban siswa yang mengalami kesalahan
c.
Guru memberi contoh percakapan tentang البيانات الشخصية disertai dengan penjelasan mengenai arti kata
yang masih belum difahami siswa.
Mencoba :
d. Siswa mempraktekkan hiwar
(percakapan) tentang البيانات الشخصية
e.
Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa
3. Penutup
Menalar :
a.
Siswa
diminta mengerjakan latihan-latihan membuat konsep hiwar secara tertulis
Mengkomunikasikan :
b.
Guru memberi penilaian terhadap latihan yang dikerjakan siswa
c.
Guru memberi kunci jawaban mengenai latihan yang diberikan
d. Guru menutup pembelajaran
H.
Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes
Pilihan
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes
Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
A. Penilaian sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian sikap
RUBRIK
|
SKOR
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan yang cukup sering
dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya
usaha sungguh-sungguh dalam
melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
B. Penilaian Pengetahuan (Kognitif) (KI
3)
Jenis/Teknik Penilaian : Tes lisan
Bentuk Instrumen Penilaian : Berupa saling bertanya bergantian
Soal :
Mengetahui
Kepala
----------------------------------
NIP:
|
|
Padang, Juli 2015
Guru Bahasa Arab
---------------------------------
NIP:
|
Komentar
Posting Komentar