FORMAT ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI dan TEKNIK PENILAIAN BAHASA ARAB



ANALISIS  KETERKAITAN  SKL, KI, KD, IPK, MATERI, dan TEKNIK PENILAIAN

Mata Pelajaran          : B. Arab
Kelas                           :  X/1
Materi                        :   
KI 1                             : Menghayati dan mengamalkan Ajaran Agama Islam
KI 2                             : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
KI 3                             : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan  peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
KI 4                             : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang  dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



DOMAIN/
DIMENSI
KI
KD
INDIKATOR
AKTIVITAS
TEKNIK PENILAIAN
SIKAP
 1. 
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1
Menunjukkan sikap syukur terhadap keteraturan hubungan makhluk hidup dalam berbahasa

1.1.2.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sesuai dengan  kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan

1.1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar,  observasi dan negosiasi


NON TES
  2.
  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro -aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian d ari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
 2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1.1
Mengimplementasikan sikap teliti, tekun, dan disiplin dalam melakukan komunikasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian masalah pada suatu topic
observasi


NON TES
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan

2.2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab untuk mengidentifikasi biodata pribadi




NON TES
2.3
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.3.1.  
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab untuk menceritakan hasil

NON TES
Pengetahuan
 3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, d an metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedur al pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
3.1 .  
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait topik :
آمال المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.















3.2 .  
Mengidentifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap terkait topik :
آمال المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.






3.3.
Menganalisis secara sederhana tentang unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
آمال المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
yang sesuai dengan konteks penggunaannya
 3.1.1
Menunjukkan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar
 3.1.2.
Menunjukkan tulisan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia dengan tepat dan benar
 3.1.3
Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
3.1.4
Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar

3.1.5.
Melafalkan kata, frasa atau kalimat yang terdapat pada teks qiraah dengan makraj dan intonasi yang  baik dan benar
3.1.6.
Memahami makna kosa kata sulit pada teks qiraah


 3.2.1.
Menyusun huruf hijaiyah menjadi kosa kata sesuai topik dengan baik dan benar.
3.2.23 3.2.2
Menyusun kata acak menjadi kalimat sesuai topik dengan baik dan benar
 3.2.3
Menjawab pertanyaan dari teks yang di dengar
3.2.4.
Menangkap pokok pikiran yang terdapat dalam teks qiraah.
3.2.5.
Menyimpulkan isi kandungan taks qiraah sesuai tema
 3.2.6. 
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks qiraah

 3.3.1.
Menjawaban pertanyaan yang tersedia sesuai tema dengan jawaban yang menggunakan  struktur kalimat secara tepat dan benar
 3.3.2
menetukan kata yang tepat yang terdapat didalam kurung dari ungkapan sesuai tema yang berkaitan dengan struktur kalimat secara tepat
 3.3.3
Menulis jawaban dari pertanyaan yang disediakan sesuai tema dengan jawaban yang menggunakan struktur kalimat  dengan tepat
3.3.4.
 menentukan  dalam sebuah paragraf pendek terkai tema.


TES
Keterampilan
 4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret da n ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
 4.1.
Mendemonstrasikan ungkapan tentang cara cara memberitahu dan menanyakan fakta, dan perasaan serta sikap dalam meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik :
آمال المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis yang mengungkapkan informasi terkait topik :
آمال المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
  4.1.1. 
Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat yang didengar sesuai topik dengan tepat dan benar
  4.1.2.
Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa arab yang didengar sesuai topik  secara tepat dan benar
4.1.3
Mengidentifikasi teks lisan tentang tema
4.1.4.
Melakukan dialog  sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancer


4.2.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan tema dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
4.2.1.
Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang  tema



Unjuk kerja


Padang, 26 November 2015
Tim Bahasa Arab

Komentar

Postingan Populer