FORMAT ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI dan TEKNIK PENILAIAN BAHASA ARAB
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, KD, IPK, MATERI, dan TEKNIK
PENILAIAN
Mata Pelajaran : B. Arab
Kelas : X/1
Materi :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan Ajaran Agama Islam
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
DOMAIN/
DIMENSI
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
AKTIVITAS
|
TEKNIK PENILAIAN
|
SIKAP
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar
|
1.1.1
Menunjukkan sikap syukur terhadap keteraturan hubungan makhluk
hidup dalam berbahasa
1.1.2.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Arab dan menggunakannya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk memperteguh keimanan
1.1.3
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Arab dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui gambar, observasi dan negosiasi
|
NON TES
|
|
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro -aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian d ari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
|
2.1.1
Mengimplementasikan sikap teliti,
tekun, dan disiplin dalam melakukan komunikasi yang dibutuhkan untuk
penyelesaian masalah pada suatu topic
observasi
|
NON TES
|
||
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
|
2.2.1
Menunjukkan sikap
tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Arab
untuk mengidentifikasi biodata pribadi
|
NON TES
|
|||
2.3
komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
2.3.1.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Arab
untuk menceritakan hasil
|
NON TES
|
|||
Pengetahuan
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, d an metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedur
al pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan.
|
3.1 .
Memahami cara penyampaian serta cara meresponnya terkait
topik :
آمال
المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan aspek unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 .
Mengidentifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta,
perasaan dan sikap terkait topik :
آمال
المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan aspek unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya yang sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.3.
Menganalisis secara sederhana tentang unsur kebahasaan,
struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik :
آمال
المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
yang sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
3.1.1
Menunjukkan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang
tersedia dengan tepat dan benar
3.1.2.
Menunjukkan tulisan kosa kata yang didengar sesuai gambar yang tersedia
dengan tepat dan benar
3.1.3
Melafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
3.1.4
Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang
diprogramkan dengan benar
3.1.5.
Melafalkan kata,
frasa atau kalimat yang terdapat pada teks qiraah dengan makraj dan intonasi
yang baik dan benar
3.1.6.
Memahami makna kosa kata sulit pada teks qiraah
3.2.1.
Menyusun huruf hijaiyah menjadi kosa kata sesuai topik dengan baik dan benar.
3.2.23 3.2.2
Menyusun kata acak menjadi kalimat sesuai topik dengan baik dan
benar
3.2.3
Menjawab pertanyaan dari teks
yang di dengar
3.2.4.
Menangkap pokok pikiran yang terdapat dalam
teks qiraah.
3.2.5.
Menyimpulkan isi kandungan
taks qiraah sesuai tema
3.2.6.
Menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan teks qiraah
3.3.1.
Menjawaban pertanyaan yang tersedia sesuai tema dengan
jawaban yang menggunakan struktur
kalimat secara tepat dan benar
3.3.2
menetukan kata yang tepat yang terdapat didalam kurung
dari ungkapan sesuai tema yang berkaitan dengan struktur kalimat secara tepat
3.3.3
Menulis jawaban dari pertanyaan yang disediakan sesuai
tema dengan jawaban yang menggunakan struktur kalimat dengan tepat
3.3.4.
menentukan dalam sebuah paragraf pendek terkai tema.
|
TES
|
|
Keterampilan
|
4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret da n ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
Mendemonstrasikan ungkapan tentang cara cara memberitahu
dan menanyakan fakta, dan perasaan serta sikap dalam meminta dan menawarkan
barang dan jasa terkait topik :
آمال
المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis yang mengungkapkan informasi
terkait topik :
آمال
المراهقين والصحة ؛ الرعاية الصحية ؛ النظافة في الإسلام
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
unsur budaya secara benar dan sesuai dengan konteks
|
4.1.1.
Melafalkan bunyi kata, frasa dan kalimat
yang didengar sesuai topik dengan tepat dan benar
4.1.2.
Memperagakan bunyi kata,
frasa dan kalimat bahasa arab yang didengar sesuai topik secara tepat dan benar
4.1.3
Mengidentifikasi teks lisan tentang tema
4.1.4.
Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancer
4.2.1.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengungkapkan tema dengan
memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar
dan sesuai dengan konteks
4.2.1.
Menyampaikan berbagai informasi
lisan sederhana tentang tema
|
Unjuk kerja
|
Padang, 26 November 2015
Tim Bahasa Arab
Komentar
Posting Komentar