Materi Kisi-Kisi UAMBN B.Arab Keagamaan 2015/2016




Materi Kisi-Kisi UAMBN B.Arab Keagamaan 2015/2016

Materi
No
Indikator
التَرْكِيْب
الـمَوْضُوْع
1.    حُرُوْفُ اْلـجَرِّ
2.    مُبْتَدَاء مُؤَخَّر
3.    جُمْلَة اِسْمِيَّة
4.    اِسْمُ الاِشَارَة
5.    إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا
6.    أَفْعَالُ الْخَمسَة
7.    النَعْت
8.    إسْمُ التَفْضِيْل
9.    تَصْرِيْف الْفِعْل
10.   مَفْعُوْل لِأجْلِهِ
11.   مَفْعُوْل مُطْلَق
12.   إستفهام
13.   مَصْدَر
14.   قَصَر
15.   التَشْبِيْه
16.   الــمَجَاز

1.    التعارف
2.    الحياة العائلية
3.    المهنة والهواية
4.    الشباب والعمل
5.    نظام المدرسة
6.    مسجد المدرسة
7.    أهمية القرآن
8.         الحياة الدينية
9.        من أخلاق الرسول
10.    التجارة الخارجية
11.    أهمية اللغة العربية
12.    الوطن العربي












1
Melengkapi dialog rumpang dengan ungkapan yang tepat
2
Melengkapin dialog rumpang dengan kata tanya yang tepat
3
Menentukan sinonim (مرادف) dari kata yang bergaris di bawah
4
Menentukan gagasan dari sebuah paragraf
5
Melengkapi kalimat rumpang dengan huruf jarr yang tepat
6
Menentukan informasi dari sebuah wacana
7
Menentukan struktur Mubtada’ Muakhkhar jumlah ismiyah
8
Mencocokkan gambar dengan kalimat yang sesuai
9
Menyusun kata acak dengan struktur jumlah ismiyah
10
Menyusun kalimat acak
11
Melengkapi dialog rumapang dengan kata yang tepat
12
Memilih makna kata yang bergaris di bawah
13
Melengkapi kalimat rumpang dengan isim isyarah yang tepat
14
Mencocokkan gambar dengan jenis pekerjaan
15
Menjawab pertanyaan sesuai informasi wacana yang ada
16
Menyusun kata acak dengan menggunakan إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا
17
Menentukan antonim  ( ضِدّ ) kata yang bergaris di bawah
18
Melengkapi dialog rumpang
19
Menentukan pokok pikiran (فِكْرَة رَائِسِيَّة ) dari wacana
20
Menentukan informasi tersirat dari wacana
21
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
22
Menentukan fungsi أَنَّ dalam sebuah kalimat
23
Melengkapi kalimat rumpang dengan Af’al al-Khamsah
24
Menentukan kalimat dengan gambar yang cocok
25
Melengkapi kalimat rumpang dengan na’at
26
Menyusun kata acak
27
Menentukan perubahan mashdar muawwal  menjadi mashdar sharih
28
Menentukan tema dari dialog
29

29
Menentukan makna dan gagasan secara tepat
30
Menyusun kata acajk
31
Menentukan kandungan yang berisi struktur isim tafdhil
32
Membuat bahasa arab dari kalimat sederhana yang mengandung isim tafdhil
33
Menterjemahkan kalimat kebahasa indonesia
34
Melengkapi kalimat rumpang dengan fi’il yang sesuai
35
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang sesuai
36
Menentukan kalimat yang cocok dengan gamabar
37
Menentukan jabatan kata  (i”rab) dari kalimat yang digaris bawahi (maf’ul liajlih)
38
Menentukan kalimat yang mengandung struktur maf’ul liajlih
39
Menentukan jabatan kata  (i”rab) dari kalimat yang digaris bawahi (maf’ul mithlak)
40
Menentukan tema wacana
41
Menentukan tema (tersirat dari wacana
42
Menentukan makna kosa kata yang bergaris di bawah
43
Menentukan pokok pikiran utama (فِكْرَة رَائِسِيَّة )dari wacana
44
Melengkapai kalimat rumpang dengan kata tanya
45
Melengkapi kalimat rumpang dengan isim yang sesuai
46
Memilih sinonim ( مُرَادِف ) kata
47
Menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar
48
Menentukan Adad Qashar  dari sebuah kalimat
49
Menentukan musyabbah bih  dari sebuah kalimat
50
Memilih kalimat yang mengandung majaz







1.       Huruf Jarr
إِلَى
Ke, kepada, sampai

بِـــــــــ
Di, dengan, karena
أَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ
أَرْسَلَ اللهُ مُحَمَّدًا إِلَى النَّاس
أَسْكُنُ بِالمَدِيْنَةِ
نَكْتُبُ بِالْقَلَمِ
عَلَى
Kepada, di atas
عَنْ
Dari, tentang
نَزَلَ الْوَحْي عَلَى الرَّسُولِ
أَنَامُ عَلَى السَّرِيْر
بَيْتِي بَعِيْدٌ عَنِ الْمَدْرَسَةِ
نَتَكَلَّمُ عَنْ هَذِهِ الآيَة
فِي
Di, di dalam, pada
كَــــــ
Seperti
فِيْ الْفَصْلِ طُلَّابٌ
أُصَلِّي فِيْ الْمَسْجِدِ
لِي هِوَايَات كَثِيْرةُ كَالْقِرَاءَةِ
العِلْم كَالْنُّورِ
لِــــــــ
Untuk, kepunyaan
مِنْ
Dari, berasal dari, termasuk
الخَادِمَةُ تَطْبُخُ لَنَا الطَعَام
لِمَنْ هَذَا الْكِتَاب؟
هُوَ مِنَ القَااهِرَةِ
نَدْرُسُ مِنَ السَّاعَةِ السَّابِعَة

2.       Mubtada Muakhkhar
الأمَثِلَة
مرفُوْعَات الأَسْمَاء
رقم
خَالِدٌ طَالِبٌ
الـمُدَرِّسُ جَالِسٌ
الـمُبْتَدَأ وَ الْخَبَر
Muftada dan khabar
1
عِنْدِي صَدِيْقٌ
لِكُلِّ أُمَّةٍ أَعْيَادٌ
الخَبَر الـمُقْتَدَم و الـمُبْتَدَأ الـمُؤَخَّر
Khabar muqaddam dan muftada muakhhar
2

3.       Jumlah Ismiyah

4.       Ism isyarah
5.    الأسْمَاء الإشَارَة
الـمُؤَنَّث
(perempuan)
الـمُذَكَّر
(Laki-laki)
Jauh
dekat
jauh
Dekat
تِلْكَ
هَذِهِ
ذَلِكَ
هَذَا


6.       Inna dan saudaranya
7.       Fi’il yang lima
8.       Na’at
النَعْت
الـمـَنْعُوْت

عَاقِـــــلٌ
عَاقِلُـــــوْنَ
عَاقِلــَانِ
طَالِـــــــبٌ
طَالِبُـــونَ
طَالِبَــانِ
المَرفُوْع
عَاقِـــــلًا
عَاقِلِــيــْنَ
عَاقِلــَيـــنِ
طَالِـــــــبًا
طَالِبِـــــيـْنَ
طَالِبَــيْــنِ
المَنْصُوْب
عَاقِـــــلٍ
عَاقِلِــيــْنَ
عَاقِلــَيـــنِ
طَالِـــــــبٍ
طَالِبِـــــيـْنَ
طَالِبَــيْــنِ
المَخْفُوْض

9.       Ism tafdhil
إسم التفضيل
الأمثلة لإسم التفضيل
1.       المكتبة العامة اوسع من مكتبة المدرسة
2.       تلك الحجرة أضيق من هذه الحجرة
3.       المكتبة الدولية من أكبر  المكتبات فى إندونيسيا
4.       المكتبة من أكبر الحجرات فى مدرستنا
5.       الحجرات الكبرى فى المكتبة للنسخ

ملاحظة
‌أ.       إسم التفضيل اسم مصوغ على وزن "افعل" للدلالة على ان شيئين اشتركا فى صفة وزاد احمدهما على لآخر فيها
‌ب. إذا كان حجردا من "أل" يجب إفراده وتذكيره
‌ج.  إذا كان محلى بأل وجبت مطابقته لموصوفه
إذا كان مؤنثا فهو على وزن فعلى مثل "الحجرات الكبرى"

10.   Tashrif fi’il
مبتداء (ضمائر)
خبر (مضارع)
مبتداء (ضمائر)
خبر (مضارع)
هُوَ
يَدْرُسُ
أَنْتُمَا
تَدْرُسَانِ
هُمَا
يَدْرُسَانِ
أَنْتُمْ
تَدْرُسُوْنَ
هُمْ
يَدْرُسُوْنَ
أنْتُنَّ
تَدْرُسْنَ
هِيَ
تَدْرُسُ
أَنَا
أَدْرُسُ
هُنَّ
تَدْرُسْنَ
نَحْنُ
نَدْرُسُ
أَنْتَ
تَدْرُسُ



11.   Naf’ul li ajlih
الأمثلة للمفعول لأجله
1.           يزور سفيان بوجور بحثا عن الهواء.
2.           أنا أخذ معي مظلة خوفا من المطر.
3.           يبقى أحمد في البيت طلبا للراحة.
4.           أنت تفضل القراءة رغبة في العلم.
5.           لاتقتلوا أولادكم خشية إملاق.

ملاحظة
المفعول لأجله هو اسم منصوب يبين سبب الفعل وعلة حصوله
Maf’ul liajlih adalah isim mansub yang menyebabkan terjadinya perbuatan
قُمْتُ إِكْرَامًا لَكَ
“saya berdiri karena memuliakanmu”

12.   Maf’ul muthlaq
أمثلة
أ‌.        1. أبدعت الطبقة الوسطى في الصناعات إبداعا
2. أدى المعرض دوره أداء
ب. 3. اهتمت الحكومة الإندونيسية بالشؤن التربوية اهتماما كبيرا
4. استقبلت إندونيسا المستشمر الأجنبي استقبالا حارا
5. تطورت الصناعة تطورات
6 . قرأ التلاميذ القران قراءتين

1.    المفعول المطلق اسم منصوب مأخوذ من لفظ الفعل
Maf’ul muthlaq adalah ism mansub yang diambil dari lafaz fi’il sebelumnya
اهتمت الحكومة الإندونيسية بالشؤن التربوية اهتماما


13.   Istifham (kata tanya)
Diantara huruf istifham adalah
هَلْ ( apakah )– مَنْ (Siapa  ) – مَا ( apa )– مَاذَا ( apa ) - لِــمَاذَا ( kenapa)

14.   Mashdar
مَصْدَر الثلاثي المجرد
المَاضِي
المُضَارِع
المَصْدَر
كَتَبَ
يَكْتُبُ
كِتَابَةً
رَسَمَ
يَرْسُمُ
رَسْمًا/الرَسْم
طَبَخَ
يَطْبَخُ
طَبْخًا/الطَبْخ

15.   Qashar
آدَاتُ\حُرُوْفُ اْلقَصْر huruf qashar:
1.     النفي والاستثناء: لَا اِلهَ إِلاَّ الله
2.     إنما : إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ
3.     العطف بـ "لا" أو "لكن" أو "بل"

16.   Tasybih
-       أمثلة تشبيه
1.        محمد كالنور في الهداية.
الــمُشَبَّه
اَدَاةُ التَّشْبِيْه
الـمُشَبَّه بِه
وَجْهُ الشَّبَه
محمد
كـــــــ
النور
في الهداية

Tasybih

A.    Pengertian Tasybih
Tasybih adalah menyerupakan sesuatu dengan sesuatu yang lain karena memiliki kesamaan sifat di antara kedua hal tersebut, dengan menggunakan adat (alat) tasybih, baik disebutkan maupun tidak.

B.     Rukun-rukun Tasybih
1.  Musyabbah (sesuatu yang hendak diserupakan)
2.  Musyabbah bih (sesuatu yang diserupai)
3.  Wajhus syibhi (sifat yang terdapat pada kedua hal itu)
4.  Adaatut tasybih (huruf/kata yang menyatakan penyerupaan)

C.    Pembagian Tasybih
1)  Tasybih mursal
Tasybih mursal adalah tasybih yang adat tasybihnya disebutkan, contoh :
أَنَا كَالمَاءِ إنْ رَضِيتُ صَفَاءًا وَإذَا مَا سَخِطْتُ كُنْتُ لَهِيبًا
Huruf yang bergaris bawah adalah salah satu adat tasybih yakni كَ
2) Tasybih muakkad
Tasybih muakkad adalah tasbih yang adat tasybihnya tidak disebutkan, contoh :
أينَ أزْمَعتَ أيُّهَذا الهُمَامُ    نَحنُ نَبتُ الرُبَا وأنتَ الغَمَامُ
“kemanakah tuan hendak menuju, wahai Raja yang pemurah? Kami adalah tumbuh-tumbuhan pegunungan dan Tuan adalah mendung”

Dalam bait ini adat tasybih tidak disebutkan, karena penyair ingin menunjukkan bahwa musyabbah adalah musyabbah bih itu sendiri. Oleh karena itu ia tidak menyebutkan adat tasybih yang memberi kesan bahwa musyabbah lebih lemah dari musyabbah bih.
3) Tasybih mujmal
Tasybih mujmal adalah tasybih yang tidak disebutkan wajh syibhnya, contoh:
وَكَأَنَّ الشَمْسَ المُنِيرةَ دِينَارٌ جَلَّتهُ حَدَائِدَ الضَرَائِبِ
“Matahari yang bersinar itu bagaikan dinar yang tampak kuning cemerlang yang ditempa besi cetakannya”

Penyair menyerupakan matahari ketika terbit dengan dinar yang baru saja selesai dicetak. Ia tidak menyebutkan wajah syibhnya dan hanya mengandalkan kita untuk menangkapnya sendiri, yakni warna kekuning-kuningannya yang mengkilat.
4) Tasybih mufashal
Tasybih mufashal adalah tasybih yang disebutkan wajah syibhnya, contoh:
العَالِمُ سِرَاجُ أُمَّتِهِ فى الهِدَايَةِ وتَبْدِيدِ الظَّلاَمِ
“orang berilmu itu pelita bagi umatnya dalam memberi petunjuk dan menghilangkan kegelapan”

Kalimat yang bergaris bawah di atas adalah wajh syibhnya. Wajh syibhnya dijelaskan dan dirinci.
5) Tasybih baligh
Tasybih baligh tasybih yang tidak disebutkan wajah syibh dan adat tasybihnya, contoh:
أينَ أزْمَعتَ أيُّهَذا الهُمَامُ    نَحنُ نَبتُ الرُبَا وأنتَ الغَمَامُ
“kemanakah tuan hendak menuju, wahai Raja yang pemurah? Kami adalah tumbuh-tumbuhan pegunungan dan Tuan adalah mendung”
Penyair tidak menyebutkan adat tasybih dan wajh syibhnya, karena akan memberi kesan bahwa musyabbah lebih lemah dari musyabbah bih, dan memaksakan bahwa kesamaan sifat dari kedua hal itu hanya pada satu sifat, dan tidak pada sifat yang lain


17.   Majaz
Hakikat dan Majaz

Hakikat adalah lafadz yang menunjukkan makna asli. Sedang majaz adalah lafadz yang tidak menunjukkan makna asli. Contoh:
الأسد : الحيوان المفترس (الحقيقة)
                 الرجل الشجاع (المجاز)

Majaz dibagi menjadi tiga yaitu majaz lughawi, mursal, dan aqli.
 Majaz lughawi adalah lafadz yang digunakan bukan makna sebenarnya, karena ada hubungan disertai karinah yang mencegah peletakkan makna sesungguhnya. Karinah adalah kata yang mencegah peletakkan makna asli.

قَامَت تُظَلِّلُنِي مِن الشَّمسِ          نَفسٌ أحَبُّ إليََّ مِن نَفسِي
قَامَت تُظَلِّلُنِي وَمِن عَجَبٍ شَمسٌ تُظَلِّلُنِي مِن الشَّمسِ
“Telah berdiri menaungiku dari teriknya matahari, seorang yang lebih aku cintai daripada diriku sendiri. Ia telah menaungiku, amat mengherankan, bila ada matahari menaungiku dari teriknya matahari”

Kata assyamsu pada baris kedua bait kedua menyatakan dua makna. Makna pertama adalah makna majazi berarti orang yang bercahaya wajahnya, yang menyerupai kecemerlangan matahari, sedang makna kedua adalah makna hakiki, yakni matahari yang ada di langit. Bila diperhatikan, makna majazi dan makna hakiki ini berkaitan. Kaitan/hubungan kedua makna tersebut disebut dengan musyaabahah (saling menyerupai).

 Majaz Aqli
Menyandarkan fi’il atau kata yang serupa kepada apa yang bukan perbuatannya. Karinahnya seperti majaz lughawi, yakni menghalangi peletakkan/penyandaran makna sebenarnya. Penyandaran dari majaz aqli adalah penyandaran pada sabab fi’il, waktu fi’il atau mashdarnya, atau penyandaran fa’il pada maf’ulnya, atau sebaliknya maf’ul pada fa’ilnya.
نَهَارُ الزَّاهِدِ صَائِمٌ وَلَيلُهُ قَائِمٌ
“Siangnya Zahid berpuasa dan malamnya berdiri (shalat)”

Dalam syair ini, puasa disandarkan kepada siang, bukan kepada Zahid di mana ia adalah pelaku. Padahal siang itu tidak berpuasa yang berpuasa adalah orang yang hidup pada siang itu. Dan berdiri shalat disandarkan kepada malam. Padahal malam itu berdiri, tap yang berdiri adalah orang yang shalat pada malam itu. Jadi, pada syair ini fi’il/kata yang serupa dengannya disandarkan pada kata yang bukan tempat sandaran sebenarnya. Penyandaran majaz aqli dalam syair ini adalah waktu fi’il.
 Majaz Mursal
Majaz mursal adalah kata yang digunakan bukan pada makna asal, karena tidak ada hubungan musyabahah, dan karinahnya menghalangi pemahaman makna asli.
Hubungan makna hakiki dan makna majazi dalam majaz mursal ini ada beberapa, yakni :as-sababiyyah, al-musabbabiyyah, al-juz’iyyah, al-kulliyah, al-mahaliyyah, al-haliyyah.
قال تعالى : وَيُنَزِّلُ لَكُم مِن السَّمَاء رِزقًا .........
“... dan menurunkan untukmu rizki dari langit”

Yang dimaksud rizki pada ayat ini adalah hujan. Rizki tidak diturunkan oleh Allah dari langit, melainkan air hujan, di mana dengan air itu tumbuh-tumbuhan menjadi hidup dan menjadi sumber rizki bagi kita. Demikianlah, maka rizki adalah musabbab/akibat dari turunnya hujan. Jadi hubungannya adalah al-musabbabiyyah.

Balaghoh Majaz Mursal dan Aqli

Jika kita perhatikan contoh-contoh majaz mursal dan majaz aqli di atas, kebanyakan majaz itu mengemukakan makna singkat. Seperti contoh berikut :
هَزَمَ القائِدُ الجَيشَ (komandan itu menyisihkan pasukan musuh)
Keringkasan ungkapan tersebut adalah salah satu jenis balaghoh.
Di samping itu, dalam majaz mursal ada kemahiran memilih titik singgung antara makna asli dan majazi, seperti menyebut intelijen dengan mata, menyebut telinga dengan orang yang mudah tersinggung, dan contoh lainnya. Atau dalam majaz aqli ada penyandaran sesuatu kepada sebabnya, tempat dan waktunya karena balaghoh memang mengharuskan pemilihan sebab yang kuat, tempat dan waktu yang khusus juga.
Dan jika kita perhatikan lagi, kebanyakan majaz mursal dan aqli menggunakan ungkapan yang mubalaghoh (berlebih-lebihan) dan berpengaruh, menjadikan majaz itu menarik hati. Seperti contoh berikut :
لَستُ أدرِي أهُوَ فى أنفِهِ أم أنفُهُ فِيهِ
“saya tidak tahu apakah ia yang berada di hidungnya, ataukah hidungnya yang ada pada dia”

Dalam buku referensi penulis, disebutkan bahwa majaz mursal masuk bagian dalam majaz lughawi.

Komentar

Postingan Populer