KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC "5 M"
KEGIATAN
|
AKTIVITAS
BELAJAR
|
MENGAMATI (OBSERVING)
|
MELIHAT, MENGAMATI, MEMBACA,
MENDENGAR, MENYIMAK (TANPA DAN DENGAN ALAT)
|
MENANYA
(QUESTIONING)
|
-MENGAJUKAN PERTANYAAN DARI YANG FAKTUAL SAMPAI KE
YANG BERSIFAT HIPOTESIS
-DIAWALI DENGAN BIMBINGAN GURU SAMPAI DENGAN MANDIRI
(MENJADI SUATU KEBIASAAN)
|
MENCOBA
(EXPERIMENTING)
|
-MENENTUKAN DATA YANG
DIPERLUKAN DARI PERTANYAAN YANG DIAJUKAN
-MENENTUKAN SUMBER DATA
(BENDA, DOKUMEN, BUKU, EKPERIMEN)
-MENGUMPULKAN DATA
|
MENGASOSIASI/MENALAR
(ASSOCIATING)
|
-MENGANALISIS DATA DALAM BENTUK MEMBUAT KATEGORI,
MENENTUKAN HUBUNGAN DATA/KATEGORI
-MENYIMPULKAN DARI HASIL ANALISIS DATA
-DIMULAI DARI UNSTRUCTURED-UNI STRUCTURE-MULTI
STRUCTURE-COMPLICATED STRUCTURE
|
MENGKOMUNIKASIKAN
(COMMUNICATING)
|
-MENYAMPAIKAN HASIL
KONEPTUALISASI
-DALAM BENTUK LISAN, TULISAN,
DIAGRAM, BAGAN, GAMBAR ATAU MEDIA LAINNYA
|
Komentar
Posting Komentar