SILABUS FIQIH KELAS VII MTs KURIKULUM 2013
SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
Mata Pelajaran: Fikih Islam Satuan Pendidikan:
Madrasah Tsanawiyah Kelas/Smt
: VII(Tujuh)/ Ganjil
Kompetensi Inti*
:
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis
1.2.
Menghayati ketentuan salat lima waktu
1.3.
Menghayati ketentuan waktu salat lima waktu
1.4.
Menghayati makna azan dan ikamah
1.5.
Meyakini ketentuan salat
berjamaah
1.6.
Meyakini pentingnya sujud sahwi
1.7.
Meyakini manfaat zikir dan doa
|
1. Observasi kegiatan
2. Penilaian
diri sendiri
3. Penilaian antar teman
4. Catatan-Jurnal Guru
|
|||||
2.1
Membiasakan diri bersuci dari hadas dan najis
2.2
Membiasakan diri
salat lima waktu
2.3
Membiasakan salat tepat waktu
2.4
Membiasakan azan
dan ikamah
2.5
Membiasakan diri
salat berjamaah
2.6
Terbiasa sujud sahwi apabila ada yang lupa dalam salat
2.7
Senantiasa berzikir
dan doa setelah salat
|
1. Observasi kegiatan
2. Penilaian
diri sendiri
3. Penilaian antar teman
4. Catatan-Jurnal Guru
|
|||||
3.1. Memahami
hadas dan najis dan tata cara menyucikan
4.1.Mendemonstrasikan tata cara bersuci
dari hadas dan najis
|
3.1.1 Menyebutkan pengertian najis
3.1.2 Menunjukkan dalil tentang najis
3.1.3 Menjelaskan macam – macam najis
3.1.4 Membedakan macam – macam najis
3.1.5 Menerapkan tatacara bersuci dari najis
3.1.6 Menyebutkan pengertian hadats
3.1.7 Menunjukkan dalil tentang hadats
3.1.8 Menjelaskan macam – macam hadats
3.1.9 Membedakan macam – macam hadats
3.1.10 Menerapkan tatacara bersuci hadats
4.1.1
Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
4.1.2
Mendemostrasikan tatacara bersuci dari
najis
|
1. Pengertian najis dan dalilnya
2. Macam-macam najis dan tata cara
bersuci
3. Pengertian hadats dan dalilnya
4. Macam-macam hadats dan tata cara
bersuci
5. Alat-alat bersuci dan macam-macam air
6. Mendemontrasikan tatacara bersuci
dari najis dan hadats
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak.
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian dan tatacara bersuci
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data tentang ketentuan hadats dan najis, serta
tata cara bersuci
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
presentasi kelompok
lain
-
Mengidentifikasi
ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis
-
Menganalis
hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis
-
Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab
bagi yang tidak bersih
ketika beristinjak
-
Memotivasi
peserta didik agar
senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu,
mandi, tayamum, dan tata cara istinja)
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan bersuci
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2
TM
(4
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.2 Memahami
ketentuan salat lima waktu
4.2 Mempraktikkan
salat lima waktu
|
3.3.1
mengidentifikasi pengertian salat lima waktu
3.3.2
menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat lima waktu
3.3.3
menjelaskan rukun salat
3.3.4
menjelaskan rukun salat
3.3.5
menjelaskan sunah salat
3.3.6
menjelaskan yang membatalkan salat
4.2.1.
mendemontrasi kan
salat lima waktu
|
1. ketentuan
salat lima waktu
2. praktek
salat lima waktu
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
gerakan salat
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi tentang salat lima waktu
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
salat lima waktu
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat lima
waktu
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
presentasi kelompok
lain
- Membuat bagan tentang ketentuan salat lima waktu
-
Mengemukakan pendapat tentang
hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah
-
Memotivasi peserta didik agar
senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Menperagakan
tatacara salat lima waktu
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Memaparkan bagan
tentang ketentuan salat lima waktu
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2
TM
(4
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.3 Memahami
waktu-waktu salat lima waktu
4.3 Menpresentasi
kan penentuan waktu salat lima waktu
|
3.2.1
mengidentifikasi ketentuan waktu melaksanakan salat lima waktu
3.2.2
menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat lima waktu
3.3.3
menjelaskan waktu-waktu
yang dilarang dalam salat
|
Ketentuan
waktu salat lima waktu
Waktu-waktu
yang dilarang untuk salat
Pengertian
sujud sahwi dan sebab-sebabnya
Tata
cara sujud sahwi
Waktu
salat lima waktu
Praktek
sujud sahwi
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
waktu-waktu salat lima waktu
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi tentang waktu salat
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
waktu-waktu salat lima waktu
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang waktu salat lima waktu
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat analisis tentang ketentuan waktu salat lima
waktu
- Merumuskan hikmah penentuan waktu-waktu salat lima
waktu
-
Mengemukakan pendapat tentang
hikmah dari kisah tentang sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya
-
Memotivasi peserta didik agar
melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan
bagan tentang waktu-waktu salat lima waktu
-
Mensimulasikan
tatacara penentuan waktu salat lima waktu
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
·
|
2
TM
(4
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.4 Memahami ketentuan azan dan ikamah
4.4 Mempraktikkan azan dan ikamah
|
3.4.1
Menyebutkan pengertian azan dan ikamah
3.4.2
Menunjukkan hukum azan dan ikamah
3.4.3
Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah
4.4.1 Mendemontrasikan tata
cara azan ikamah
|
1.
Pengertian dan hukum azan dan ikamah
2.
Ketentuan azan dan ikamah
3.
Praktek azan dan ikamah
|
Mengamati
-
Mengamati gambar orang
azan dengan adabnya
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi tentang pengertian azan ikamah
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
azan ikamah
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang azan ikamah
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat analisis adab muadzin
- Merumuskan syarat-syarat muadzin
-
Menyimpulkan hikmah dari kisah
dahsyatnya Azan
-
Memotivasi peserta didik agar
terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika adzan masuk setelah menyimak
kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara azan ikamah
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan azan ikamah
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
1
TM
(2
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.5 Menganalisis ketentuan salat berjamaah
4.5 Mendemonstrasikan
tata cara salat berjamaah
|
3.5.1
Menyebutkan pengertian salat berjamaah
3.5.2
Menunjukkan dalil salat berjamaah
3.5.3
Menunjukkan manfaat salat berjamaah
3.5.4
Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam
3.5.5 Menjelaskan tata cara membuat saf
3.5.6 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.5.7
Menjelaskan ketentuan imam yang lupa
4.5.1
Mempraktekkan tata cara salat berjamaah
|
1.
Pengertian dan dalil salat berjamaah
2.
Manfaat salat berjamaah
3.
Tatacara salat berjamaah
4.
Praktek salat berjamaah
|
Mengamati
-
Mengamati gambar shaf
salat berjama’ah dan orang yang masbuk
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi tentang pengertian dan ketentuan
salat berjamaah
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
salat berjamaah
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat
berjamaah
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat analisis ketentuan salat berjamaah
- Merumuskan manfaat salat berjamaah dan udzur meninggalkannya
-
Menyimpulkan hikmah dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah
-
Memotivasi peserta didik agar
rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara salat berjamaah
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat berjamaah
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2
TM
(4
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.6 Memahami
ketentuan sujud sahwi
4.6 Memperagakan
sujud sahwi
|
3.6.1
mengidentifikasi pengertian sujud sahwi
3.6.2 menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi
3.6.3
menunjukkan tata cara sujud sahwi
4.6.1
memperagakan sujud sahwi
|
Pengertian
sujud sahwi dan sebab-sebabnya
Tata
cara sujud sahwi
Waktu
salat lima waktu
Praktek
sujud sahwi
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
orang sujud sahwi
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca materi tentang sujud sahwi
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang
sujud sahwi
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang ketentuan sujud sahwi
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat analisis tentang ketentuan sujud sahwi
- Merumuskan hikmah disyariatkannya sujud sahwi
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan
bagan tentang ketentuan sujud sahwi
-
Mensimulasikan
tatacara sujud sahwi.
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
1
TM
(2
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.7. Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
4.7 Mendemonstrasi kan zikir setelah
salat
|
3.7.1
Menyebutkan pengertian zikir
3.7.2
Menunjukkan dalil tentang zikir
3.7.3
Menyebutkan pengertian doa
3.7.4
Menunjukkan dalil tentang doa
3.7.5
Menjelaskan manfaat zikir dan doa
3.7.6 Menjelaskan tata cara zikir dan doa
4.7.1
Memperagakan zikir setelah
salat
4.7.2
Melafalkan doa setelah shalat
|
1.
Pengertian dan dalil zikir dan doa
2.
Manfaat berzikir dan berdoa
3.
Adab berdoa dan berzikir
4.
Praktek berdoa dan berzikir sesudah
salat
|
Mengamati
-
Mengamati gambar adab
berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah salat
-
Menyimak hasil pengamatan
gambarnya
-
Membaca materi tentang pengertian doa dan zikir,
manfaat dan adab berdoa dan berzikir sesudah salat
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan.
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang doa
dan zikir sesudah salat
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang zikir dan doa sesudah
salat
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat analisis tata cara berzikir dan berdoa
- Merumuskan manfaat berzikir dan berdoa
-
Merumuskan hikmah dari kisah Unta
Menjadi Saksi Bagi Orang Yang Difitnah
-
Memotivasi peserta didik agar
terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Memaparkan
bagan tentang ketentuan berzikir dan berdoa sesudah salat
-
Mendemonstrasikan
tatacara berzikir dan berdoa sesudah salat
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
2
TM
(4
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
SILABUS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran: Fikih Islam Satuan Pendidikan:
Madrasah Tsanawiyah Kelas/Smt
: VII(Tujuh)/ Genap
Kompetensi Inti*
:
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Meyakini
kewajiban melaksanakan salat Jum’at
1.2
Menerima ketentuan salat Jamak dan Qasar
1.3
Meyakini
kewajiban salat dalam berbagai keadaan
1.4
Menghayati
hikmah dari salat sunah
|
1. Observasi kegiatan
2. Penilaian
diri sendiri
3. Penilaian antar teman
4. Catatan-Jurnal Guru
|
|||||
2.1 Membiasakan melaksanakan salat Jum’at
2.2 Membiaskana salat Jamak dan Qasar
2.3
Terbiasa melaksanakan
salat wajib dalam berbagai kedaan
2.4
Terbiasa melakukan salat sunah
|
1. Observasi kegiatan
2. Penilaian diri
sendiri
3. Penilaian antar teman
4. Catatan-Jurnal Guru
|
|||||
3.1. Memahami ketentuan salat Jum’at
4.1. Mempraktikkan salat Jum’at
|
3.1.1
Menyebutkan pengertian salat Jum’at
3.1.2
Menunjukkan dasar hukum salat Jum’at
3.1.3
Menjelaskan perbuatan sunah yang terkait dengan salat Jum’at
3.1.4
Menjelaskan syarat mendirikan salat Jum’at.
3.1.5
Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung
3.1.6
Menjelaskan rukun khutbah
Jum’at
3.1.7
Menjelaskan syarat khutbah Jum’at
4.1.1
Memperagakan khutbah Jum’at
4.1.2
Mendemonstrasi kan tata cara salat Jum’at
|
1. Pengertian salat Jum’at
2. Dasar hukum salat Jum’at
3. Sunah pelaksanaan salat Jum’at
4. Syarat salat Jum’at
5. Khutbah salat Jum’at
6. Tata cara khutbah dan salat Jum’at
|
Mengamati
-
Mengamati gambar pelaksanaan
salat Jum’at dan khatib berkhutbah
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian dan tatacara salat dan khutbah Jum’at
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dan khutbah Jum’at
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat Jum’at
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
-
Menbuat
analisis ketentuan salat Jum’at
-
Merumuskan
hikmah disyariatkannya salat Jum’at
-
Merumuskan hikmah dari kisah “Khutbah
Abu Nawas”
-
Memotivasi peserta didik agar
senantiasa melaksanakan salat Jum’at dengan benar setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara salat dan khutbah Jum’at
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan salat dan khutbah Jum’at
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
4
TM
(8
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.2
Memahami ketentuan
salat Jamak dan Qasar
4.2.
Mempraktekan salat Jamak dan Qasar
|
3.2.1 Menjelaskan
pengertian salat jamak
3.2.2 Menyebutkan
macam-macam salat jamak
3.2.3
Mengidentifikasi syarat salat jamak
3.2.4 Menjelaskan
tata cara salat jamak
3.2.5 Menjelaskan
pengertian salat qasar
3.2.6 Mengidentifikasi
syarat-syarat salat qasar
3.2.7 Membedakan
salat jamak dengan salat qasar
4.2.1
Mendemonstrasi kan tata cara salat jamak
4.2.2
Mendemonstrasi kan tata cara salat qasar
|
1. Pengertian salat jamak
2. Macam-macam dan syarat salat jamak
3. Tata cara salat jamak
4. Pengertian salat qasar
5. Syarat-syarat salat qasar
6. Perbedaan salat jamak dengan salat
qasar
7. Praktek salat jamak dan salat qasar
|
Mengamati
-
Mengamati gambar musafir
salat jamak dan salat qasar
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian dan tatacara salat jamak dan qasar
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat jamak dan qasar
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang salat jamak dan salat
qasar
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
- Membuat bagan tentang ketentuan salat jamak dan
salat qasar
-
Merumuskan
manfaat salat jamak dan salat qasar
-
Menyimpulkan hikmah dari kisah
yang terkait dengan salat jamak dan qasar
-
Memotivasi peserta didik agar
menghayati akan pentingnya salat setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
tatacara salat jamak dan qasar
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan salat jamak dan qasar
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.3
Memahami
kaifiat salat dalam berbagai keadaan
4.3.
Memperagakan salat dalam keadaan sakit
|
3.3.1 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan
darurat
3.3.2 Menjelaskan tata cara salat dalam
keadaan sakit
3.3.3 Menjelaskan tata cara salat dalam
kendaraan
4.3.1 Mendemonstrasi kan cara
salat dalam keadaan sakit
4.3.2 Mendemonstrasi kan cara salat diatas kendaraan
|
1.
Salat dalam
keadaan darurat
2.
Tata cara salat
dalam keadaan sakit dan salat dalam kendaraan
3.
Praktek
salat dalam keadaan sakit dan salat diatas kendaraan
|
Mengamati
-
Mengamati gambar orang
sakit salat dalam keadaan berbaring, duduk, dalam kendaraan
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian dan tatacara salat dalam keadaan darurat
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dalam keadaan
darurat
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang ketentuan salat dalam
keadaan sakit dan dalam kendaraan
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa
presentasi hasil
kelompok lain
- Membuat analisis tentang tata cara salat dalam
keadaan darurat
-
Merumuskan hikmah dari kisah
yang terkait dengan salat dalam keadaan darurat
-
Memotivasi peserta didik senantiasa
menjaga pelaksanaan salat lima waktu setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Mendemonstrasikan
salat dalam keadaan darurat (keadaaan sakit dan di
atas kendaraan)
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dalam keadaan darurat
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
3.4
Memahami
salat sunah muakkad dan salat sunah gairu muakkad
4.4. Memsimulasikan salat sunah muakkad dan salat sunah gairu muakkad
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian salat sunah muakkad
3.4.2 Menunjukkan
dasar hukum salat
sunah
3.4.3
Menjelaskan hikmah disyariatkannya salat sunah
3.4.4 Menjelaskan jenis salat muakkad sunah
3.4.5 Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad
4.4.1 Mempraktikkan
tata cara salat sunah muakkad
|
1. Pengertian salat sunah
2.
Dalil dan
hikmah salat sunah
3. Macam-macam salat sunah
4.
Tata cara salat sunnah
|
Mengamati
-
Mengamati gambar
orang salat dhuha, salat tarawih dan salat rawatib
-
Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-
Membaca
materi tentang pengertian dan tatacara salat
sunah muakkad dan salat
sunah ghairu
muakkad
Menanya
- Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
- Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat sunah muakkad dan salat sunah
ghairu muakkad
Eksperimen/explore
-
Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan
pertanyaan peserta didik
-
Mencari data dan informasi tentang salat sunah muakad dan
sunah ghairu muakkad
-
Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian
Mengasosiakan
- Menilai
dan menganalisa hasil
kelompok lain
-
Membuat
analisis tentang macam-macam salat sunah muakkad dan ghairu muakkad
-
Menyimpulkan
perbedaan antara salat sunah muakkad dengan ghairu muakkad
-
Merumuskan
hikmah disyariatkannya salat Dhuha dari kisah Salat
Sunah Dhuha Mempermudah Datangnya Rezeki
-
Memotivasi peserta didik agar
konsisten melaksanakan salat sunah setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-
Menyajikan
paparan bagan tentang ketentuan salat
sunah muakkad dan salat
sunah ghairu
muakkad
-
Mendemonstrasikan
salat sunah muakkad
dan salat sunah ghairu muakkad
-
Melaksanakan
tanya jawab
-
Merefleksi
terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan dan kedalaman informasi
yg diperoleh
§
Keaktifan dalam diskusi
§
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes
tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
·
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
·
Buku
rujukan yang sesuai dengan materi ajar
·
Gambar peta konsep sesuai materi
· Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas
penyampaian materi ajaar
· Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
· Lembar observasi dan Lembar penilaian
|
Bandung, 17 Juni 2014,
Tim Penyusun Silabus
Komentar
Posting Komentar