SILABUS SKI KELAS IV MI KURIKULUM 2013
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : IV
Semester :
1 (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Meyakini kebenaran dari Allah swt. walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai implementasi nilai-nilai
dakwah Rasulullah di tahun-tahun awal
kenabian.
1.2
Meyakini
Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
1.3
Mengamalkan
kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi
semangat hijrah para sahabat Rasulullah ke Habasyah..
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
2.1
Membiasakan bersikap tabah dengan
meneladani ketabahan Nabi
Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
2.2 Membiasakan diri meneladani kepribadian Nabi
Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
2.3 Merefleksikan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw.
menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
3.1 Mengetahui contoh-contoh ketabahan
Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
4.1 Menceritakan ketabahan Nabi
Muhammad Saw. dan sahabat dalam berdakwah.
|
3.1.1
Menyebutkan
contoh tantangan yang dialami Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah
3.1.2
Menyebutkan
contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad
Saw. dalam berdakwah.
3.1.3
Menyebutkan
contoh tantangan yang dialami para sahabat dalam berdakwah
3.1.4
Menyebutkan contoh-contoh ketabahan para sahabat
dalam berdakwah.
4.1.1
Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad Saw. dalam
berdakwah.
4.1.2
Menceritakan ketabahan sahabat dalam berdakwah.
|
Ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah
|
Mengamati:
·
Mengamati dengan cermat gambar/
media/ cerita tentang kegiatan dakwah Nabi Saw. dan para sahabat..
Menanyakan:
·
Menanyakan
hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami
materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh tantangan Nabi Muhammad
Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad
Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Mendiskusikan
materi pelajaran secara berkelompok.
Mengasosiasi:
·
Merumuskan
dan menulis contoh-contoh tantangan
Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Merumuskan
dan menulis contoh-contoh ketabahan
Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Merumuskan
hasil diskusi dalam buku catatan/ lembar kerja.
·
Menulis
cerita ketabahan Nabi Muhammad Saw.
dan sahabat dalam berdakwah dengan bahasa sendiri pada lembar kerja/buku
catatan
dan
menyerahkan kepada guru untuk mendapatkan penilaian.
·
Menghubungkan
hikmah dari contoh ketabahan Nabi
Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah dengan tantangan berdakwah
sekarang.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan
Mengkomunikasi:
·
Membacakan contoh-contoh tantangan Nabi Muhammad Saw.
dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Membacakan contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw.
dan para sahabat dalam berdakwah.
·
Membacakan
hasil diskusi secara bergantian.
·
Memajang
tulisan pada papan pajangan kelas.
·
Melakukan refleksi.
|
·
Tes
tulis/lisan: Penguasaan materi tentang dakwah Nabi Muhammad Saw. dan para
sahabat.
· Kinerja:
Mempresentasikan hasil diskusi.
·
Portofolio:
Hasil catatan/tulisan
cerita tentang ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan sahabat dalam
berdakwah.
·
Pengamatan:
Sikap
Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung
melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
5 TM
(10 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2 Memahami ciri-ciri kepribadian Nabi
Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2 Menceritakan kemuliaan akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat
bagi seluruh alam.
|
3.2.1
Menyebutkan beberapa contoh
kepribadian Nabi Muhammad Saw.
3.2.2
Menjelaskan pengertian Nabi
Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
3.2.3
Menunjukkan
ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai
rahmat bagi seluruh alam.
3.2.4
Menunjukkan
bukti kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2.1
Menulis cerita
kemuliaan akhlak Nabi Muhammad Saw.
sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2.1
Menceritakan
kemuliaan akhlak Nabi Muhammad Saw.
sebagai rahmat bagi seluruh alam.
|
Kepribadian Nabi
Muhammad Saw.
|
Mengamati:
·
Mengamati dengan cermat gambar/
media/ cerita tentang Kepribadian Nabi Muhammad Saw.
Menanya:
·
Menanyakan
hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita/ pelajaran
sebelumnya.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami kepribadian Nabi Muhammad Saw.
dengan
melakukan tanya jawab.
· Bersama-sama mengidentifikasi Kepribadian Nabi
Muhammad Saw.
· Mendiskusikan kepribadian Nabi Muhammad Saw.
secara berkelompok.
Mengasosiasi:
·
Merumuskan
makna Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh
alam.
·
Merumuskan ciri-ciri kepribadian
Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·
Merumuskan
bukti-bukti Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·
Merumuskan hasil diskusi tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw.
·
Menghubungkan
kepribadian Nabi Muhammad Saw. dengan kehidupan sekarang.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi:
·
Menulis dan
menyebutkan secara bergantian tentang: contoh kepribadian Nabi Muhammad Saw.,
makna Nabi Muhammad Saw. sebagai
rahmat bagi seluruh alam, ciri-ciri
kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam, dan bukti Nabi
Muhammad Saw. sebagai rahmat seluruh alam/ informasi lain yang mendukung.
·
Membacakan
hasil diskusi tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw.
secara bergiliran di depan kelas.
·
Melakukan refleksi.
·
Menulis cerita kemuliaan
akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
· Menceritakan
kemuliaan akhlak Nabi Muhammad Saw.
sebagai rahmat bagi seluruh alam.
|
· Tes tertulis:
Penguasaan
materi pelajaran tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw.
Menulis cerita kemuliaan
akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
· Kinerja: Mempresentasikan
hasil diskusi
Menceritakan kemuliaan akhlak
Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·
Pengamatan:
Sikap
Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung
melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
4 TM
(8 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3 Mengetahui
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
4.3
menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
|
3.1.1
Menyebutkan
tantangan yang dihadapi kaum muslimin pada masa-masa permulaan dakwah Islam.
3.1.2
Menjelaskan
secara sederhana keadaan negeri Habasyah.
3.1.3
Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.1. 4
Menyebutkan tujuan Sahabat hijrah ke Habasyah
4.1.1
Menjelaskan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
4.1. 2
Menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
|
Hijrah ke Habasyah.
|
Mengamati:
· Mengamati
dengan cermat gambar/ media/ peta / cerita tentang hijrah ke Habasyah.
Menanyakan:
·
Menanyakan
hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
Mengekplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami
materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·
Mengidentifikasi
tantangan yang dihadapi kaum muslimin pada masa-masa permulaan dakwah Islam.
·
Mengidentifikasi
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan
sahabat hijrah ke Habasyah.
·
Mengidentifikasi
tujuan Sahabat hijrah ke Habasyah
·
Mendiskusikan
peristiwa hijrah ke Habasyah.
Mengasosiasi:
·
Merumuskan
hasil tanya jawab tentang hijrah ke Habasyah.
·
Merumuskan
hasil diskusi tentang peristiwa hijrah ke Habasyah.
·
Menghubungkan
hikmah hijrah ke Habasyah dengan
kehidupan sekarang.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi:
·
Menulis dan
membacakan hasil tanya jawab secara
bergiliran di depan kelas.
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang peristiwa hijrah.
·
Bercerita
secara bergantian tentang peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah di depan kelas.
·
Menulis
cerita/ paparan sederhana tentang peristiwa
hijrah Sahabat ke Habasyah dalam lembar kerja/ buku tugas.
·
Memajang
tulisan/ paparan pada papan pajangan di kelas.
·
Melakukan refleksi.
|
· Tes
tulis:
Penguasaan materi tentang sebab-sebab
hijrah ke Habasyah.
·
Kinerja:
Mempresentasikan hasil diskusi.
·
Penilaian
produk/ portofolio : paparan/cerita tentang peristiwa
hijrah ke Habasyah
· Pengamatan::
Sikap
Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran melalui observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
5 TM
(10 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : IV
Semester :
2 (Genap)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menunaikan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk
implementasi semangat hijrah Rasulullah Saw. ke Thaif .
1.2 Mengamalkan salat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
1.3 Menghayati karunia Allah yang dilimpahkan kepada masyarakat Yatsrib
sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
1.4 Membiasakan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai implementasi
semangat hijrah Rasulullah ke Yastrib.
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
2.1 Menunjukkan kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam
peristiwa hijrah ke Thaif dalam perilaku sehari-hari.
2.2 Menunjukkan
hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj
Nabi Muhammad Saw. dalam perilaku sehari-hari.
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari
kehidupan masyarakat Yastrib sebelum hijrah yang
tidak
bertentangan dengan ajaran Islam dalam perilaku sehari-hari.
2.4 Menunjukkan
nilai-nilai positif dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib dalam perilaku
sehari-hari.
|
Observasi
Penilaian
Diri
Penilaian
Sejawat
Jurnal/Catatan
|
|||||
3.1 Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah.
ke Thaif.
4.1
Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.
|
3.1.1
Menjelaskan
keadaan masyarakatThaif.
3.1.2
Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah. ke Thaif.
3.1.3
Menyebutkan tujuan
Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
4.2.1
Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.
4.2. 2
Menceritakan kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa hijrah ke
Thaif.
|
Hijrah
Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.
|
Mengamati:
· Mengamati
dengan cermat gambar/peta/ media/ cerita tentang hijrah ke Thaif.
Menanya:
·
Menanyakan
hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan pesan gambar/ isi
cerita.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami
materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·
Mengidentifikasi
keadaan mayarakat Thaif.
·
Mengidentifikasi
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·
Mengidentifikasi
tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·
Mendiskusikan peristiwa
hijrah ke Thaif.
Mengasosiasi:
·
Menganalisis
keadaan masyarakat Thaif.
·
Merumuskan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·
Merumuskan tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·
Merumuskan
hasil diskusi tentang peristiwa hijrah ke Thaif.
·
Menghubungkan
hikmah/ibrah hijrah ke Thaif dengan pentingnya semangat perubahan di masa
sekarang.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi:
·
Menjelaskan
keadaan masyarakat Yatsrib secara bergantian.
·
Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif secara bergantian.
·
Menyebutkan tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif secara bergantian.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi.
·
Menceritakan
kembali secara lisan/tertulis peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·
Menceritakan
kembali secara lisan/tertulis kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa
hijrah ke Yatsrib.
·
Melakukan refleksi.
|
· Tes
tulis:
Penguasaan materi tentang sebab-sebab
hijrah ke Thaif.
·
Kinerja:
Presentasi hasil diskusi.
· Penilaian produk/ portofolio:
Paparan/
cerita tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif dan kesabaran
Nabi Saw. dalam peristiwa hijrah ke Thaif.
· Pengamatan:
Sikap
Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran melalui observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
4 TM
(8 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.2 Mengenal latar belakang Nabi Muhammad Saw di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
4.2 Menceritakan kembali peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
|
3.2.1
Menyebutkan
dasar (ayat) Al-qur’an tentang isra’mi’raj.
3.2.2
Menjelaskan
pengertian isra’-mi’raj.
3.2.3
Menyebutkan sebab-sebab
Nabi Muhammad Saw di-Isra’
Mi’rajkan Allah Swt.
3.2.4
Menyebutkan tujuan Nabi
Muhammad Saw. di-Isra’ Mi’rajkan
Allah Swt.
4.2.1
Menceritakan kembali peristiwa
penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi
Muhammad Saw.
|
Peristiwa
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
|
Mengamati:
· Mengamati
dengan cermat gambar/ media/ cerita yang berhubungan dengan peristiwa isra’
mi’raj.
Menanya:
·
Menanyakan
hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami
materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·
Mengidentifikasi
latar belakang Nabi Muhammad Saw di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt. .
·
Mendiskusikan peristiwa
penting di dalam Isra Mi’ra
Mengasosiasi:
·
Merumuskan latar belakang Nabi Muhammad Saw
di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
·
Merumuskan
hasil diskusi.
·
Menghubungkan
hikmah isra’ mi’raj dengan perilaku yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi:
·
Menyebutkan latar belakang Nabi Muhammad Saw
di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt. secara bergantian.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi.
·
Bercerita
secara bergantian tentang peristiwa penting di dalam Isra Mi’raj di depan kelas.
·
Menulis
cerita/ paparan sederhana tentang peristiwa
penting di dalam Isra Mi’raj dalam lembar kerja/ buku tugas.
·
Menunjukkan
hikmah isra’ mi’raj.
·
Melakukan refleksi.
|
· Tes lisan dan tulis: Penguasaan materi
tentang latar belakang Nabi Muhammad
Saw di-Isra’- Mi’rajkan Allah Swt. dan
peristiwa penting di dalam Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
· Kinerja:
Presentasi hasil diskusi.
· Penilaian produk/ portofolio:
Paparan
tentang peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
·
Pengamatan:
Sikap
Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung
melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
5 TM
(10 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.3
Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
4.3
Menceritakan keadaan masyarakat Yastrib
sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
|
3.3.1
Menyebutkan agama dan
kepercayaan masyarakat Yastrib sebelum
hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3. 2
Menjelaskan keadaan sosial masyarakat Yastrib sebelum
hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3.3
Menjelaskan keadaan politik masyarakat Yastrib sebelum hijrah
Nabi Muhammad Saw.
3.3. 4
Menyebutkan mata pencarian masyarakat Yastrib sebelum hijrah
Nabi Muhammad Saw.
3.3.5
Menjelaskan keadaan ekonomi masyarakat
Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
4.3.1
Menceritakan keadaan
masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
|
Keadaan
masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
|
Mengamati:
· Mengamati
dengan cermat gambar (peta), media/ cerita tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw..
Menanya:
·
Menanyakan
hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
·
Dengan
diberikan stimulus peserta didik saling bertanya tentang keadaan (agama,
sosial, politik , ekonomi) masyarakat Yastrib sebelum
hijrah Nabi Muhammad Saw.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Memahami
keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad
Saw. melalui tanya jawab.
·
Mendiskusikan
Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi
Muhammad Saw. secara berkelompok.
Mengasosiasi:
·
Menganalisis
keadaan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
·
Merumuskan
hasil diskusi.
·
Menceritakan
secara tertulis/ membuat paparan sederhana tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
·
Menghubungkan
hikmah pembelajaran dengan perilaku yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi:
·
Menjelaskan
secara bergiliran keadaan masyarakat Yatsrib sebelum Nabi Muhammad Saw.
hijrah.
·
Mempresentasikan
hasil diskusi
·
Membacakan
paparan tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
secara bergiliran di depan kelas.
·
Melakukan refleksi.
|
· Tes lisan dan tulis: Penguasaan materi
tentang latar belakang Nabi Muhammad
Saw di-Isra’- Mi’rajkan Allah Swt. dan
peristiwa penting di dalam Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
·
Penilaian
kinerja/unjuk kerja terhadap
presentasi
diskusi.
· Penilaian produk/ portofolio:
Paparan
tentang peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
·
Pengamatan:
Sikap
Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran dengan observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
5 TM
(10 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
3.4 Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad
Saw. ke Yatsrib.
4.4 Menceritakan
sebab-sebab hijrah
Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
|
3.4.1
Menjelaskan tekanan yang dihadapi kaum muslimin dari kafir
Quraisy.
3.4.2
Menjelaskan sikap kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw.
3.4.3
Menjelaskan sikap penduduk Yatsrib terhadap dakwah Islam.
3.4.4
Menjelaskan perintah Allah untuk berhijrah.
4.4.1
Menceritakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke
Yatsrib.
|
Sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
|
Mengamati:
· Mengamati
dengan cermat gambar/ media/ cerita tentang sebab
hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
Menanya:
·
Menanyakan
hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
Mengeksplorasi:
·
Membaca materi pelajaran dalam buku
ajar dengan cermat.
·
Mengidentifikasi
sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·
Mendiskusikan
sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib secara
berkelompok.
Mengasosiasi:
·
Merumuskan
hasil diskusi.
·
Menulis
paparan sederhana tentang sebab hijrah Nabi Muhammad
Saw. ke Yatsrib.
·
Menghubungkan
hikmah pembelajaran dengan perilaku yang seharusnya dilakukan/ dihindari.
·
Bersama-sama membuat kesimpulan
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
hasil diskusi.
·
Membacakan
hasil paparan tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib
secara bergiliran di depan kelas.
·
Memajang
hasil paparan pada papan pajangan di kelas.
·
Melakukan refleksi.
|
· Tes
tulis:
Penguasaan materi sebab-sebab hijrah
Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib
· Penilaian produk/ portofolio:
Paparan
tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib
· Pengamatan:
Sikap
Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran dengan observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
|
4 TM
(8 x 35)
|
·
Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MI
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·
Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai
·
Poster/ gambar sesuai
materi
·
Media cetak dan elektronik sesuai
materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
|
👍
BalasHapus