SILABUS SKI KELAS IV MI KURIKULUM 2013



SILABUS PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran             : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                           : IV
Semester                     : 1 (Ganjil)
Kompetensi Inti           :
KI 1           : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2           : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman, guru, dan tetangganya.
KI 3           :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4           :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan  yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1     Meyakini  kebenaran dari Allah swt.  walaupun banyak tantangan yang harus  dihadapi sebagai implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah di  tahun-tahun awal kenabian.
1.2     Meyakini Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
1.3     Mengamalkan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi semangat hijrah para sahabat Rasulullah ke Habasyah..





Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.1  Membiasakan bersikap tabah dengan       meneladani  ketabahan Nabi Muhammad        Saw.  dan para sahabat dalam        berdakwah.
2.2 Membiasakan diri meneladani kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
2.3 Merefleksikan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah dalam kehidupan sehari-hari.




























Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan



3.1 Mengetahui contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.

4.1 Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan sahabat dalam berdakwah.



3.1.1
Menyebutkan contoh tantangan yang dialami Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah
3.1.2
Menyebutkan contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah.
3.1.3
Menyebutkan contoh tantangan yang dialami para sahabat dalam berdakwah
3.1.4
Menyebutkan contoh-contoh ketabahan para sahabat dalam berdakwah.
4.1.1
Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah.
4.1.2
Menceritakan ketabahan sahabat dalam berdakwah.













Ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah


Mengamati:
·  Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita tentang kegiatan dakwah Nabi Saw. dan para sahabat..

Menanyakan:
·   Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·   Mengidentifikasi contoh-contoh tantangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Mengidentifikasi contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Mendiskusikan materi pelajaran secara berkelompok.

Mengasosiasi:
·   Merumuskan dan menulis contoh-contoh tantangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Merumuskan dan menulis contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Merumuskan hasil diskusi dalam buku catatan/ lembar kerja.
·   Menulis cerita ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan sahabat dalam berdakwah dengan bahasa sendiri pada lembar kerja/buku catatan
dan menyerahkan kepada guru untuk mendapatkan penilaian.
·   Menghubungkan hikmah dari contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah dengan tantangan berdakwah sekarang.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan

Mengkomunikasi:
·   Membacakan contoh-contoh tantangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Membacakan contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam berdakwah.
·   Membacakan hasil diskusi secara bergantian.
·   Memajang tulisan pada papan pajangan kelas.
·   Melakukan refleksi.


·   Tes tulis/lisan: Penguasaan materi tentang dakwah Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat.

·  Kinerja: Mempresentasikan hasil diskusi.

·  Portofolio:
Hasil catatan/tulisan cerita tentang  ketabahan Nabi Muhammad Saw. dan sahabat dalam berdakwah.

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.


5 TM
(10 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2 Memahami ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2 Menceritakan kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.

3.2.1 
Menyebutkan beberapa contoh kepribadian Nabi Muhammad Saw.
3.2.2
Menjelaskan pengertian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.

3.2.3
Menunjukkan ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
3.2.4
Menunjukkan bukti kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2.1
Menulis cerita kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
4.2.1
Menceritakan kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.


Kepribadian Nabi Muhammad Saw.

Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita tentang Kepribadian Nabi Muhammad Saw.

Menanya:
·   Menanyakan hal-hal atau kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita/ pelajaran sebelumnya.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami kepribadian Nabi Muhammad Saw.
dengan melakukan tanya jawab.
·   Bersama-sama mengidentifikasi Kepribadian Nabi Muhammad Saw.
·   Mendiskusikan kepribadian Nabi Muhammad Saw. secara berkelompok.

Mengasosiasi:
·   Merumuskan makna Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·   Merumuskan  ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·   Merumuskan bukti-bukti Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·   Merumuskan hasil diskusi tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw.
·   Menghubungkan kepribadian Nabi Muhammad Saw. dengan kehidupan sekarang.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan.


Mengkomunikasi:
·   Menulis dan menyebutkan secara bergantian tentang: contoh kepribadian Nabi Muhammad Saw., makna Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam, ciri-ciri  kepribadian Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam, dan bukti Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat seluruh alam/ informasi lain yang mendukung.
·   Membacakan hasil diskusi tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw. secara bergiliran di depan kelas.
·   Melakukan refleksi.
·   Menulis cerita kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.
·   Menceritakan kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.


·  Tes tertulis:
Penguasaan materi pelajaran tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw.

Menulis cerita kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.

·   Kinerja: Mempresentasikan hasil diskusi

Menceritakan kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.


4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3 Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.

4.3   menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.


3.1.1         
Menyebutkan tantangan yang dihadapi kaum muslimin pada masa-masa permulaan dakwah Islam.
3.1.2
Menjelaskan secara sederhana keadaan negeri Habasyah.
3.1.3
Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.1. 4
Menyebutkan tujuan Sahabat hijrah ke Habasyah
4.1.1
Menjelaskan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
4.1. 2
Menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.






Hijrah ke Habasyah.

Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar/ media/ peta / cerita tentang hijrah ke Habasyah.

Menanyakan:
·   Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.

Mengekplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·   Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi kaum muslimin pada masa-masa permulaan dakwah Islam.
·   Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
·   Mengidentifikasi tujuan Sahabat hijrah ke Habasyah
·   Mendiskusikan peristiwa hijrah ke Habasyah.

Mengasosiasi:
·   Merumuskan hasil tanya jawab tentang hijrah ke Habasyah.
·   Merumuskan hasil diskusi tentang peristiwa hijrah ke Habasyah.
·   Menghubungkan hikmah hijrah ke Habasyah dengan kehidupan sekarang.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan.

Mengkomunikasi:
·   Menulis dan membacakan hasil tanya jawab secara bergiliran di depan kelas.
·  Mempresentasikan  hasil diskusi tentang peristiwa hijrah.
·  Bercerita secara bergantian tentang peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah di depan kelas.
·  Menulis cerita/ paparan sederhana tentang  peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah dalam lembar kerja/ buku tugas.
·   Memajang tulisan/ paparan pada papan pajangan di kelas.
·   Melakukan refleksi.

·  Tes tulis: Penguasaan materi tentang sebab-sebab hijrah ke Habasyah.

·  Kinerja: Mempresentasikan hasil diskusi.
·  Penilaian produk/ portofolio : paparan/cerita tentang peristiwa hijrah ke Habasyah

·  Pengamatan::
Sikap Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.

5 TM
(10 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung








SILABUS PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran             : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                           : IV
Semester                     : 2 (Genap)
Kompetensi Inti           :
KI 1           : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2           : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman, guru, dan tetangganya.
KI 3           :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4           :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan  yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menunaikan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi semangat hijrah Rasulullah Saw. ke Thaif .
1.2   Mengamalkan salat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
1.3   Menghayati karunia Allah yang dilimpahkan kepada masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
1.4   Membiasakan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai implementasi semangat hijrah Rasulullah ke Yastrib.





Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


2.1 Menunjukkan  kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa hijrah ke Thaif dalam perilaku sehari-hari.
2.2 Menunjukkan hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. dalam perilaku sehari-hari.
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari kehidupan masyarakat Yastrib sebelum hijrah yang
      tidak bertentangan dengan ajaran Islam dalam perilaku sehari-hari.
2.4 Menunjukkan nilai-nilai positif dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib dalam perilaku sehari-hari.




Observasi
Penilaian Diri
Penilaian Sejawat
Jurnal/Catatan


3.1 Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah. ke Thaif.

4.1   Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.

3.1.1
Menjelaskan keadaan masyarakatThaif.
3.1.2
Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah. ke Thaif.
3.1.3
Menyebutkan tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
4.2.1
Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.
4.2. 2
Menceritakan kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa hijrah ke Thaif.




Hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif.

Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar/peta/ media/ cerita tentang hijrah ke Thaif.

Menanya:
·   Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan pesan gambar/ isi cerita.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·   Mengidentifikasi keadaan mayarakat Thaif.
·   Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·   Mengidentifikasi tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·  Mendiskusikan peristiwa hijrah ke Thaif.

Mengasosiasi:
·   Menganalisis keadaan masyarakat Thaif.
·   Merumuskan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·   Merumuskan tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif.
·   Merumuskan hasil diskusi tentang peristiwa hijrah ke Thaif.
·   Menghubungkan hikmah/ibrah hijrah ke Thaif dengan pentingnya semangat perubahan di masa sekarang.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan.

Mengkomunikasi:
·   Menjelaskan keadaan masyarakat Yatsrib secara bergantian.
·   Menyebutkan sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif secara bergantian.
·   Menyebutkan tujuan Nabi Muhammad Saw. hijrah ke Thaif secara bergantian.
·   Mempresentasikan hasil diskusi.
·   Menceritakan kembali secara lisan/tertulis peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·   Menceritakan kembali secara lisan/tertulis kesabaran Nabi Muhammad Saw. dalam peristiwa hijrah ke Yatsrib.
·   Melakukan refleksi.

·  Tes tulis: Penguasaan materi tentang sebab-sebab hijrah ke Thaif.

·  Kinerja:
Presentasi hasil diskusi.

·  Penilaian produk/ portofolio:
Paparan/ cerita tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif dan kesabaran Nabi Saw. dalam peristiwa hijrah ke Thaif.

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.2 Mengenal latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
4.2 Menceritakan  kembali peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

3.2.1
Menyebutkan dasar (ayat) Al-qur’an tentang isra’mi’raj.
3.2.2
Menjelaskan pengertian isra’-mi’raj.
3.2.3
Menyebutkan sebab-sebab  Nabi Muhammad Saw  di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
3.2.4
Menyebutkan tujuan Nabi Muhammad Saw. di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
4.2.1    
Menceritakan  kembali peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.





Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita yang berhubungan dengan peristiwa isra’ mi’raj.

Menanya:
·   Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami materi pelajaran dalam buku ajar dengan melakukan tanya jawab.
·   Mengidentifikasi latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt. .
·  Mendiskusikan peristiwa penting di dalam Isra Mi’ra

Mengasosiasi:
·   Merumuskan latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt.
·   Merumuskan hasil diskusi.
·   Menghubungkan hikmah isra’ mi’raj dengan perilaku yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan.

Mengkomunikasi:
·   Menyebutkan latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’ Mi’rajkan Allah Swt. secara bergantian.
·  Mempresentasikan hasil diskusi.
·  Bercerita secara bergantian tentang peristiwa penting di dalam Isra Mi’raj di depan kelas.
·  Menulis cerita/ paparan sederhana tentang  peristiwa penting di dalam Isra Mi’raj dalam lembar kerja/ buku tugas.
·   Menunjukkan hikmah isra’ mi’raj.
·   Melakukan refleksi.

·  Tes lisan dan tulis: Penguasaan materi tentang latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’- Mi’rajkan Allah Swt. dan peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

·  Kinerja:
Presentasi hasil diskusi.

·  Penilaian produk/ portofolio:
Paparan tentang peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual dan Sikap soial pada waktu kegiatan pembelajaran berlangsung melalui Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.

5 TM
(10 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.3 Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
4.3 Menceritakan keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.

3.3.1
Menyebutkan agama dan kepercayaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3. 2
Menjelaskan keadaan sosial masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3.3
Menjelaskan keadaan politik masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3. 4
Menyebutkan mata pencarian masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
3.3.5
Menjelaskan keadaan ekonomi masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
4.3.1 
Menceritakan keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.






Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar (peta), media/ cerita tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw..

Menanya:
·   Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.
·   Dengan diberikan stimulus peserta didik saling bertanya tentang keadaan (agama, sosial, politik , ekonomi) masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw. melalui tanya jawab.
·   Mendiskusikan Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw. secara berkelompok.

Mengasosiasi:
·   Menganalisis keadaan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
·   Merumuskan hasil diskusi.
·   Menceritakan secara tertulis/ membuat paparan sederhana tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.
·   Menghubungkan hikmah pembelajaran dengan perilaku yang seharusnya dilaksanakan/ dihindari.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan.

Mengkomunikasi:
·   Menjelaskan secara bergiliran keadaan masyarakat Yatsrib sebelum Nabi Muhammad Saw. hijrah.
·   Mempresentasikan hasil diskusi
·   Membacakan paparan  tentang Keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw. secara bergiliran di depan kelas.
·   Melakukan refleksi.

·  Tes lisan dan tulis: Penguasaan materi tentang latar belakang Nabi Muhammad Saw  di-Isra’- Mi’rajkan Allah Swt. dan peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

·  Penilaian kinerja/unjuk kerja terhadap
presentasi diskusi.

·  Penilaian produk/ portofolio:
Paparan tentang peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran dengan observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.

5 TM
(10 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung


3.4   Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
4.4  Menceritakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib. 

3.4.1
Menjelaskan tekanan yang dihadapi kaum muslimin dari kafir Quraisy.
3.4.2
Menjelaskan sikap kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw.
3.4.3
Menjelaskan sikap penduduk Yatsrib terhadap dakwah Islam.
3.4.4
Menjelaskan perintah Allah untuk berhijrah.
4.4.1 
Menceritakan sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib. 

Sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.

Mengamati:
·   Mengamati dengan cermat gambar/ media/ cerita tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.

Menanya:
·   Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadian yang berhubungan dengan isi gambar/ cerita.

Mengeksplorasi:
·   Membaca materi pelajaran dalam buku ajar dengan cermat.
·   Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·   Mendiskusikan sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib secara berkelompok.


Mengasosiasi:
·   Merumuskan hasil diskusi.
·   Menulis paparan sederhana tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.
·   Menghubungkan hikmah pembelajaran dengan perilaku yang seharusnya dilakukan/ dihindari.
·   Bersama-sama membuat kesimpulan

Mengkomunikasikan:
·   Mempresentasikan hasil diskusi.
·   Membacakan hasil paparan  tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib secara bergiliran di depan kelas.
·   Memajang hasil paparan pada papan pajangan di kelas.
·   Melakukan refleksi.

·  Tes tulis: Penguasaan materi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib

·  Penilaian produk/ portofolio:
Paparan tentang sebab hijrah Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib

·  Pengamatan:
Sikap Spiritual, dan sikap sosial pada waktu proses pembelajaran dengan observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.

4 TM
(8 x 35)
·  Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI
·  Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Poster/ gambar sesuai materi
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi
·  Lingkungan sekitar yang mendukung








Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer